11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole

Kawasan Cikole Bandung merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Bandung. Terdapat beragam tempat wisata yang memanjakan mata, menenangkan pikiran, dan hati di akhir pekan. Tak heran kalau tempat wisata di Cikole Bandung selalu ramai pengunjung, ya!

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Cikole Bandung

loader

Berencana liburan ke Cikole Bandung akhir pekan depan? Berikut ini 11 rekomendasi tempat wisata yang tak boleh sampai terlewatkan. Nanti nyesel, lho!

1. Orchid Forest Cikole

Pertama, ada Orchid Forest Cikole Bandung yang menyuguhkan pemandangan malam hari nan indah. Wisata ini merupakan tempat budidaya dan konservasi bunga anggrek. Bagi yang suka sama bunga anggrek, wajib mampir!

Jenis bunga anggrek yang ada di sini bervariasi. Ada yang dari dalam maupun luar negeri. Kamu bisa datang di malam hari untuk rasakan suasana liburan yang berbeda sambil menyeberangi jembatan gantung penuh lampu kekuningan.

Harga Tiket:

  • Rp40.000 (WNI), Rp100.000 (WNA)
  • Tambahan asuransi LHI perhutani sebesar Rp7.500 (WNI) dan Rp10.000 (WNA)

2. Lembang Park and Zoo

Jika kamu mencari tempat wisata di kawasan Cikole Lembang, tempat ini pas untukmu. Ada berbagai satwa yang bisa dilihat di sini, seperti burung, bebek, merak, beruang madu, lutung budeng, hingga rakun. Tempat ini bahkan memiliki area indoor sendiri yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto bersama berbagai unggas.

Selain melihat binatang, tempat ini menyediakan wahana bermain yang tak kalah seru. Bisa cobain naik perahu, kano, atau kuda sambil mengelilingi kebun binatang. Dijamin seru, deh!

Harga Tiket:

  • Senin – Jumat: Rp50.000 per orang
  • Sabtu – Minggu (hari besar): Rp70.000 per orang

3. Floating Market Lembang

Kota Banjarmasin punya Pasar Terapung, begitu pula dengan Cikole Lembang. Ada Floating Market Lembang, yang dibangun di atas danau buatan. Berbeda dari Pasar Terapung yang menjual sayur-mayur, Floating Market menjual aneka kuliner khas Bandung.

Ada pula berbagai jajanan tradisional yang patut dicoba, seperti lotek, batagor, karedok, dan masih banyak lagi. Di tempat ini, terdapat permainan yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Silakan dicoba agar liburanmu semakin seru sebelum kembali bekerja. 

Harga Tiket:

  • Rp30.000 per orang

4. Terminal Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole Lembang juga wajib dikunjungi. Pasalnya, tempat ini menggabungkan konsep wisata alam, outbound, dan kuliner yang membuat liburan berkesan. Ditambah lagi dengan pemandangan hutan pinus di atas lahan seluas 9 hektar yang menyegarkan mata.

Satu hal yang tak kalah unik dari tempat ini adalah bentuk bangunan yang mengusung konsep vintage. Benar-benar mirip seperti tinggal di pedesaan. Apalagi seluruh hunian yang ada di sini dibuat dari kayu asli.

Harga Tiket:

  • Rp15.000 per orang (di luar penginapan, wisata outbound, dan wahana bermain)

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

5. Farmhouse Susu Lembang

Farm House Lembang menjadi tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung, baik di hari biasa maupun weekend. Wajar saja, tempat ini berada di jalur utama Bandung-Lembang. Selain karena letaknya strategis, tempat ini menyuguhkan spot foto instagramable.

Objek wisata yang paling banyak diburu adalah rumah hobit. Bangunan rumahnya terbuat dari kayu dan batu, dikelilingi taman khas bernuansa Eropa. Tersedia juga kostum ala-ala Eropa yang bisa kamu sewa saat berkunjung ke sini.

Harga Tiket:

  • Rp30.000 per orang

6. De Ranch

Ingin menunggangi kuda bak koboi? Kamu bisa datang ke De Ranch. Wisata Cikole Lembang inipun menyediakan wahana bermain yang seru, seperti flying fox, balon air, the gold hunter, dan trampoline. 

Di tempat ini kamu juga bisa berlatih cara memerah susu sapi. Bisa latihan memanah juga, tapi hanya untuk orang dewasa saja. Jika masih di bawah umur, kamu bisa coba wahana lain yang disebutkan di atas.

Harga Tiket:

  • Rp15.000 per orang

7. Rainbow Garden Lembang

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Jepang untuk melihat Rainbow Garden. Pesona taman dengan bunga berwarna-warni juga bisa ditemukan di Cikole Lembang, kok. Tempat ini berada di dalam Floating Market, Lembang. 

Terdapat berbagai jenis bunga yang bisa ditemukan di sini. Menariknya lagi, sebagian bunga yang ada di sini bisa dimakan. Jangan lupa abadikan momen bahagia di tempat ini, ya!

Harga Tiket:

  • Rp10.000 per orang

Baca Juga:  8 Tips Memilih Resort untuk Liburan

8. The Great Asia Afrika

Liburan ke daerah Cikole Lembang kurang lengkap rasanya kalau tidak menyempatkan diri ke The Great Asia Afrika. Tempat ini memiliki beberapa area yang dibangun menyerupai bangunan dari berbagai negara. Ada Negara Indonesia, Jepang, India, Korea, Afika, dan Animal Park. 

Agar terasa seperti ada di luar negeri, pengelola The Great Asia Afrika juga menyediakan baju khas dari setiap negara. Kamu bisa berfoto memakai baju tersebut sambil berdiri di bangunan khas negara yang bersangkutan. Jangan lupa mencicipi kuliner yang ada di sini untuk mengisi tenaga sebelum mampir ke tempat wisata Cikole Lembang lainnya.

Harga Tiket:

  • Rp50.000 per orang

9. Bandung Treetop Adventure Park

Ingin mencoba tempat wisata yang lain daripada biasanya? Silakan datang ke Bandung Treetop Adventure Park, tempat wisata outbound sekaligus rekreasi alam. Tempat ini hadir dengan konsep FUN, jadi kamu bisa menemukan sejumlah permainan yang penuh tantangan di sini.

Terdapat enam sirkuit permainan, yaitu Yellow, Blue, Orange, Discovery, Black, dan Red. Setiap sirkuit dapat dimasuki apabila sudah memenuhi kategori umur yang ditetapkan. Misalnya, anak-anak umur 4 tahun ke bawah dapat memasuki sirkuit Yellow karena tinggi lintasannya kurang dari 2 meter.

Harga Tiket:

  • Rp15.000 per orang

10. Pine Forest Camp Lembang

Selanjutnya yang kalah menarik adalah Pine Forest Camp Lembang. Tempat ini memang ditujukan untuk camping, jadi kamu bisa menemukan banyak peralatan berkemah di sini. Areanya dikelilingi oleh hutan pinus nan asri.

Ada lima wahana yang ditawarkan oleh wisata alam Cikole Lembang ini, yaitu Offroad Adventure, Outbound Salam Percil, Outbound Training Team Building, Adventure Kids Camp, dan flying fox. Jika kamu mau menguji adrenalin, bisa coba wahana permainan yang menantang, seperti low rope maupun high rope. 

Harga Tiket:

  • Rp25.000 per orang
  • Rp50.000 untuk sewa peralatan camping

11. Grace Rose Farm

Jika kamu tertarik berkunjung ke tempat budidaya dan konservasi tanaman, bisa datang ke Grace Rose Farm. Di sini terdapat berbagai spesies bunga mawar yang indah. Dijamin tak akan menyesal bila berkunjung ke sini.

Di tempat ini, kamu bisa mempelajari proses budidaya bunga mawar. Mulai dari pembibitan, okulasi, dan pada akhirnya panen. Tempatnya dikemas dengan nuansa ala Eropa yang bikin kamu tambah nyaman berlama-lama di sini.

Harga Tiket:

  • Rp25.000 per orang

Baca Juga: Bebas Rasa Khawatir dengan Asuransi Perjalanan Domestik

Tips Wisata di Cikole Bandung

loader

Meski Bandung tak jauh dari Jakarta, nyatanya ada beberapa tips wisata yang perlu kamu ketahui. Alhasil, sensasi wisatamu nanti jauh lebih menyenangkan.

1. Bawa Kendaraan Pribadi

Tips pertama, sebaiknya bawa kendaraan pribadi. Selain lebih mudah berpindah tempat wisata, kamu pun dapat menghemat pengeluaran untuk transportasi. Apalagi kalau jumlah orang yang berlibur 5-6 orang.

Bayangkan kalau tidak bawa kendaraan, mau pergi ke mana saja pasti repot. Memang ada transportasi online, tapi tidak semua mau mengambil kalau tujuannya ke daerah Cikole Lembang. Terlalu macet, apalagi di akhir pekan.

2. Datang Saat Akhir Bulan

Tingkat keramaian di Cikole Lembang mungkin sedikit berkurang di akhir bulan. Maklum, uang sudah pas-pasan. Di saat seperti inilah kamu bisa liburan ke Bandung, khususnya bila kamu ingin menghindari keramaian dan kemacetan.

Naik kendaraan pribadi pasti lebih enak karena kondisi jalanan agak plong. Tempat wisata yang dapat dikunjungi pun banyak. Pastinya lebih santai juga.

3. Siapkan Budget

Tips terakhir adalah siapkan budget. Tentang banyaknya, bisa berbeda-beda tergantung lama liburan, tempat menginap, tempat wisata dan aneka restoran yang dikunjungi. Untuk liburan selama 2 hari 1 malam, misalnya, kamu harus siapkan budget Rp1.000.000.

Biaya tersebut sudah termasuk transportasi. Tentu bisa lebih hemat kalau kamu pergi ramai-ramai, sharing makanan, datang ke tempat wisata gratis, dan memilih penginapan yang murah meriah. Balik lagi ke referensi kamu sendiri, ya!

Rencanakan Liburanmu ke Cikole Bandung

Sudah tak sabar ingin liburan ke Cikole Bandung? Silakan susun itinerary sekarang juga, jadi waktu hari H tiba tinggal berangkat saja. Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan dan jangan lupa juga untuk selalu menyiapkan asuransi perjalanan untuk liburan panjang kamu baik itu tujuan liburan lokal seperti ke Cikole Bandung atau keluar negeri untuk melindungi kamu dari berbagai risiko perjalanan yang bisa datang kapan saja.

Baca Juga: Ragam Jenis dan Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburanmu yang Lebih Menyenangkan