Apa itu Pterigium? Ini Biaya Operasi Pterigium dan Prosedurnya

Tahukah kamu dengan penyakit pterigium? Meski sangat asing di telinga masyarakat awam. Pterigium adalah menyerang bagian mata yang menyebabkan penglihatan terganggu dan pandangan menjadi samar atau ganda. Penyakit ini berbahaya jika tidak segera ditangani sehingga dokter menyarankan tindakan operasi. Lalu, berapa besaran biaya operasi pterigium dan apa saja sih prosedurnya?

Sebelum jauh membahas tentang biaya operasi pterigium serta prosedurnya, sedikit informasi terkait penyakit ini. Pterigium adalah kondisi dimana selaput putih pada mata menjadi keruh akibat pertumbuhan selaput merah muda. Pada beberapa kasus, pertumbuhan ini bisa mencapai kornea mata sehingga mengganggu penglihatan.

Penyebab dari pterigium sendiri belum diketahui pasti, tetapi beberapa faktor yang memicu risiko, di antaranya adalah mata kering yang sering terkena debu dan angin, serta paparan radiasi ultraviolet. Nah, karena dokter seringkali menyarankan tindakan operasi pada penyakit ini, yuk ketahui biaya operasi pterigium dan prosedurnya!

Biaya Operasi Pterigium

loader

Seperti kita ketahui, operasi merupakan tindakan medis yang biayanya cukup mahal karena ditangani oleh dokter ahli. Selain itu, tindakan operasi sedang hingga berat juga membutuhkan beberapa persiapan yang cukup matang, seperti pemeriksaan penunjang, dan lain sebagainya. Adapun, operasi pterigium sendiri merupakan tindakan bedah yang cukup berisiko karena dilakukan di area mata.

Untuk biaya operasi pterigium, tentunya berbeda-beda pada setiap fasilitas kesehatan atau Rumah Sakit (RS). Namun, estimasi biaya operasi pterigium di Indonesia sendiri sekitar Rp1 juta sampai Rp8 jutaan. Dilansir dari laman berbagai sumber, berikut beberapa estimasi biaya operasi pterigium yang bisa diketahui.

  1. Rumah Sakit Graha Juanda, Bekasi Rp1.100.000.
  2. Ciputra SMG Eye Clinic Setiabudi, Jakarta Rp1.500.000.
  3. Siloam Hospitals Surabaya Rp2.000.000.
  4. Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Rp3.450.000.
  5. Mayapada Hospital Bogor Rp4.550.000.
  6. Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar, Bali Rp4.735.000.
  7. Mayapada Hospitals Kuningan, Jakarta Rp8.995.000.

Itulah beberapa estimasi biaya operasi pterigium di Indonesia. Adapun, kamu perlu mengkonfirmasi apakah biaya tersebut hanya untuk tindakan operasi atau paket dengan lainnya. Kamu bisa datang langsung ke RS maupun menghubungi kontak yang tersedia di website.

Mengetahui besarnya biaya operasi pterigium, tentu hal ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Namun, kamu kini tidak perlu khawatir terkait biaya pelayanan kesehatan hingga tindakan operasi. Pasalnya pemerintah Indonesia mendukung pelayanan kesehatan mumpuni yang merata bagi masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan (BPJS) Kesehatan.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Biaya Operasi Pterigium dengan BPJS Kesehatan

Tindakan operasi pterigium menjadi salah satu yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Bahkan, tidak hanya biaya operasi pterigium, BPJS Kesehatan juga menanggung biaya pemeriksaan penunjang sebelum operasi, perawatan pasca operasi, serta obat-obatan. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat Indonesia yang mengalami pterigium, tetapi terkendala biaya untuk operasi.

Meski demikian, untuk bisa mendapatkan biaya operasi pterigium gratis dengan BPJS Kesehatan, kamu harus memenuhi syarat yang diminta. Beberapa syarat tersebut, di antaranya adalah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan aktif dan tidak menunggak iuran, mendapatkan surat rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, serta pemeriksaan, diagnosa, dan surat tindakan operasi dari dokter ahli di faskes tingkat lanjut.

Jika semua sudah terpenuhi, kamu bisa menjalankan operasi pterigium tanpa mengeluarkan biaya. Dengan demikian, kamu pun bisa lebih fokus pada prosedur operasi dan pemulihan.

Prosedur Operasi Pterigium

loader

Selain biaya, kamu juga memikirkan terkait prosedur operasi pterigium. Sebenarnya bagaimana sih proses bedah pterigium yang dialami pada bagian mata ini. Untuk itu, berikut adalah prosedur tindakan operasi pterigium yang bisa diketahui.

  1. Pertama-tama, dokter akan membius pasien sehingga tidak merasakan sakit selama operasi. 
  2. Lalu, dokter akan mulai membersihkan area sekitar mata sebelum melakukan pengangkatan pterigium. 
  3. Kemudian, barulah dokter melakukan operasi pengangkatan pterigium yang dilakukan bersamaan dengan beberapa jaringan konjungtiva yang terkait.
  4. Setelah pterigium diangkat, dokter menggantinya dengan cangkok jaringan membran terkait untuk mencegah pertumbuhan pterigium berulang.
  5. Terakhir, dokter akan menggunakan jahitan atau lem fibrin untuk mengamankan cangkok jaringan konjungtiva tetap berada pada posisinya.

Atasi Pterigium dengan Operasi Menggunakan BPJS Kesehatan

Itulah beberapa informasi tentang biaya operasi pterigium serta prosedur yang diterapkan. Perlu diketahui, mata menjadi bagian penting dalam kehidupan yang masuk dalam salah satu panca indera. Oleh karena itu, saat mata mengalami gangguan maka akan mengganggu aktivitas.

Kini, kamu tidak perlu lagi khawatir jika dokter mendiagnosa pterigium dan menyarankan tindakan operasi. Pasalnya dengan BPJS Kesehatan, kamu bisa menjalani pengobatan pterigium dengan gratis, termasuk biaya operasi pterigium. Kamu pun, bisa fokus pada kesembuhan dan pemulihan. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat, ya!