12 Oleh-oleh Jepang yang Wajib Dibeli!

Sedang berlibur ke Negeri Sakura? Jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta yang sedang menunggu di rumah ya! 

Di Jepang, ada banyak sekali rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu beli. Setiap oleh-oleh memiliki cita rasa khas Jepang yang unik ditambah bentuknya yang variatif dan menarik. Pastinya, kamu tak bisa menemukan oleh-oleh ini selain di Jepang.

Nah, buat kamu yang sedang bingung mau beli oleh-oleh Jepang apa, berikut rekomendasinya!

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Asli Khas Malaysia

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jepang

1. Matcha

loader

Matcha adalah bubuk teh hijau yang terbuat dari daun teh yang digiling halus. Teh hijau Jepang sangat terkenal karena memiliki rasa yang unik dan aroma yang khas.

Matcha sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti, meningkatkan metabolisme dan membantu menjaga kesehatan jantung. Selain bisa menikmatinya dalam bentuk seduhan langsung, kamu juga bisa membeli teh matcha bubuk sebagai buah tangan untuk dibawa pulang, lho.

2. Mochi

loader

Setelah matcha, rekomendasi selanjutnya adalah mochi, siapa sih yang tak kenal dengan kue kenyal khas Jepang satu ini? Mochi adalah kue tradisional Jepang yang terbuat dari beras ketan yang digiling halus dan dicampur dengan gula. 

Kue ini diisi dengan aneka macam isian seperti kacang merah, stroberi, atau es krim. Mochi ini sangat ikonik dan jadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli sehabis liburan dari Jepang.

3. Tokyo Arare

loader

Sumber: fooddiversity.today

Selain mochi, kue tradisional Jepang lainnya yang wajib dibeli adalah Tokyo arare. Tokyo arare adalah kue tradisional Jepang yang terbuat dari beras ketan dan campuran kecap asin. Untuk varian rasanya ada 4 pilihan, yakni seaweed, matcha, wasabi, dan red pepper.

Kue tradisional satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan asin, cocok untuk kamu yang tak terlalu suka makanan manis. Oh ya, untuk rekomendasi outletnya ada di daerah Senzoku dan Nakamise Street ya.

4. Kibi Dango

loader

Sumber: www.halalmedia.jp

Kibi dango adalah camilan khas dari wilayah Okayama di Jepang, camilan ini punya 4 pilihan rasa yang bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari rasa plain, kinano, white peach, dan matcha.

5. Ote Manju

loader

Sumber: setouchifinder.com

Ote manju adalah camilan yang dibuat dari kacang merah Hokkaido dan beras Bizen, kemudian dibungkus menggunakan sirozarato.

6. KitKat Jepang

loader

Sumber: www.femina.co.id

Untuk kamu yang punya keluarga pencinta cokelat dan makanan manis, coba bawakan mereka oleh-oleh Jepang satu ini. Namanya adalah KitKat.

KitKat di Jepang memiliki banyak varian rasa yang unik, seperti teh hijau, stroberi, hingga kacang merah. Selain itu, kemasan Kitkat Jepang juga sangat menarik dan bisa menjadi koleksi.

7. Sake

loader

Hot Sake (Sumber: jw-webmagazine.com)

Sake adalah minuman beralkohol tradisional Jepang yang terbuat dari beras yang telah difermentasi. Sake biasanya diminum bersama-sama dengan makanan Jepang atau sebagai buah tangan untuk teman dan keluarga.

Ada banyak sekali jenis sake, mulai dari sake yang memiliki rasa ringan hingga sake yang memiliki rasa yang kuat.

8. Wagashi

loader

Sumber: www.orientalmarket.es

Rekomendasi oleh-oleh berupa kue tradisional Jepang selanjutnya adalah Wagashi. Wagashi adalah kue tradisional Jepang yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan, gula, dan kacang merah.

Kue ini biasanya disajikan bersama dengan teh hijau dan memiliki banyak varian rasa. Wagashi adalah oleh-oleh yang cocok untuk para pencinta makanan manis, tertarik membelinya?

9. Samurai Ramen Umami

loader

Sumber: www.amazon.com

Jepang memang terkenal dengan olahan mienya yang lezat yang dinamakan ramen. Mumpung lagi ada di Jepang, coba beli mie ramen instan asli sana. 

Salah satu brand yang banyak direkomendasikan adalah Samurai Ramen Umami yang bebas MSG dan daging, cocok untukmu yang vegetarian.

Harga ramen instan ini mulai dari 190 Yen saja lho untuk kemasan ekonomisnya. Kalau kamu sedang kangen dengan nuansa Jepang, makan ramen instan ini mungkin bisa sedikit mengobati kerinduanmu! 

10. Momiji Manju

loader

Sumber: dive-hiroshima.com

Selanjutnya ada momiji manju yang merupakan kue tradisional Jepang yang memiliki bentuk seperti daun maple, teksturnya lembut, dan dalamnya ada isian selai kacang. Wisatawan bisa membeli kue ini di sekitar wilayah Hiroshima.

11. Permen Brown Sugar

loader

Sumber: id.aliexpress.com

Ini merupakan permen tradisional khas Jepang yang bisa kamu temukan di kawasan Okinawa, Jepang. Karena terbuat dari gula tebu khas Okinawa, rasa permen satu ini cukup manis dan tidak bikin “eneg”.

12. Bourbon Alfort

loader

Sumber: shopee.co.id

Merupakan camilan berupa biskuit cokelat yang terbuat dari susu cokelat, tepung gandum, dan berbagai resep rahasia khusus. Teksturnya lembut, bentuknya juga unik berupa persegi (biasa dengan gambar kapal laut di permukaannya). Jangan khawatir, makanan ini telah konfirmasi status kehalalannya oleh Halal Food Japan, lho.

Baca Juga: Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manado, Unik dan Menarik untuk Dicoba!

Tetap Sesuaikan dengan Budget!

Nah, itulah rekomendasi oleh-oleh khas Jepang yang bisa kamu beli saat liburan ke Jepang. Selain ke-12 rekomendasi di atas, tentunya masih ada banyak sekali oleh-oleh khas Negeri Bunga Sakura ini yang bisa kamu beli. Seperti produk fashion dan aksesoris menarik lainnya.

Namun, apapun yang kamu beli untuk oleh-oleh pastikan semuanya tetap sesuai budget, ya. Agar, setelah liburan hidup tetap menyenangkan dan bebas pikiran.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Jepang, Syarat Masuk Jepang 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik