Panduan Memilih Kursi di Pesawat, Dapatkan Experience yang Sempurna

Pesawat merupakan moda transportasi yang paling sering dipilih traveler saat jalan-jalan ke luar pulau atau luar negeri. 

Akan tetapi, tidak banyak orang yang memerhatikan pemilihan kursi. Padahal sebenarnya kursi yang terbaik di pesawat bisa memberikan experience atau pengalaman yang lebih menyenangkan saat berada di langit. Bahkan tidak sedikit orang yang merasa mood-nya lebih baik ketika berada di kursi yang tepat.

Baca Juga: Sebelum Memesan Hotel, Ketahui Pengertian dan 5 Klasifikasinya Berikut Ini!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Panduan Memilih Kursi di Pesawat

loader

Panduan Memilih Kursi di Pesawat

Ingin tahu bagaimana caranya memilih kursi terbaik di pesawat? Berikut panduannya.

  1. Pesan Tiket Secepatnya

    Tips pertama yang perlu diterapkan adalah memesan tiket penerbangan jauh-jauh hari agar bisa memilih kursi terbaik. Saat memesan jauh hari, masih banyak kursi yang tersedia atau available. Jadi kesempatan mendapatkan kursi terbaik akan lebih besar.

    Bukan hanya mengamankan kursi terbaik saja, kamu juga berkesempatan mendapatkan tiket lebih murah. Caranya tentu saja bisa dengan berburu diskon, cashback, atau keuntungan lainnya.

  2. Cari Tahu Denah Pesawat

    Banyak yang mengatakan jika mencari tahu denah pesawat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan kursi yang terbaik.

    Berikut ini merupakan beberapa nomor kursi yang sering dianggap terbaik:

    Maskapai

    Detail Informasi

    Lion Air

    Berdasarkan testimoni penumpang, kursi yang terbaik armada Airbus 330 salah satunya yaitu kursi yang dekat dengan pintu keluar. Sedangkan kursi terbaik untuk Boeing 737 adalah kursi nomor 17 dan juga 20.

    Citilink

    Kebanyakan armada yang dipakai pesawat Citilink adalah Airbus 320. Pada armada tersebut, kursi terbaiknya yaitu nomor 14.

    Batik Air

    Untuk maskapai Batik Air, biasanya menggunakan pesawat Boeing 737 dan Airbus 320 sebagai armadanya. Kursi terbaiknya tentu saja sama seperti Lion Air dan Citilink.

  3. Pertimbangkan Kursi di Depan Sayap

    Ingin suasana yang tenang selama penerbangan berlangsung tanpa terganggu bunyi mesin? Kursi terbaik yang bisa dipilih berada di deretan depan, khususnya bagian depan sayap. 

    Suara mesin di sayap akan terdengar sampai belakang sayap, dan biasanya dapat menimbulkan adanya getaran. Jadi jika tidak ingin terganggu, pilih kursi di bagian depan sayap.

  4. Pertimbangkan Kursi di Deretan Paling Kiri

    Tips selanjutnya bisa diaplikasikan pada pesawat tiga baris. Biasanya pesawat tiga baris ini dipakai untuk penerbangan jarak jauh (long flight). 

    Jika memakai pesawat tersebut, kamu bisa memilih deretan kursi yang paling kiri. Pasalnya pintu boarding di bagian kiri, jadi bisa keluar lebih cepat.

  5. Usahakan Jauh dari Pintu

    Tidak sempat memesan kursi yang dekat dengan pintu? Tenang saja, kursi deretan belakang tidak selalu buruk untuk dijadikan pilihan.

    Dibandingkan di bagian tengah, sebaiknya memilih kursi di bagian belakang. Pasalnya di bagian ini space-nya lebih lega, jadi bisa meluruskan kaki dengan lebih nyaman.

  6. Jangan Duduk di Bagian Lorong yang Menuju Toilet 

    Ada kursi terbaik, tapi ada juga kursi yang dianggap kurang nyaman oleh sebagian besar penumpang pesawat. Jika menggunakan pesawat 3 baris atau 2 lorong, usahakan tidak duduk di bagian lorong yang menuju ke arah toilet.

    Orang-orang yang ingin menuju toilet pastinya melewati bagian lorong tersebut. Kamu yang sebenarnya ingin beristirahat jadi terganggu karena lalu lalang penumpang lain. 

  7. Pilih Kursi saat Check In

    Masih belum berhasil juga mendapatkan kursi terbaik? Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah menanyakan pada petugas bagian check in

    Tanyakan mana kursi yang terbaik di dalam pesawat. Setelah itu, tanyakan juga apakah ada kursi terbaik yang kosong karena pembatalan? Jika beruntung, kamu akan mendapatkan kursi terbaik. 

  8. Daftar Program Miles

    Program miles merupakan program loyalty yang memberikan poin pada pelanggan di setiap transaksi pembelian tiket penerbangan. Jika poinmu sudah banyak, maka bisa menukarnya dengan benefit tertentu. 

    Salah satunya yaitu menaikkan tiket kelas penerbangan. Misalnya, dari kelas ekonomi menjadi ekonomi premium, bisnis, atau first class. Dengan begitu, memilih kursi terbaik dan nyaman akan lebih mudah.

  9. Pilih Sendiri Saat Pesan Tiket Online

    Pemesanan tiket online sering dipilih karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Jika akan memesan tiket secara online, usahakan untuk melakukannya sendiri. 

    Dengan begitu, kamu bisa menentukan sendiri mana kursi yang diinginkan. Pasalnya orang lain tentu saja tidak tahu mana kursi terbaik yang sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga: Gak Usah Bete! 11 Kegiatan Ini Bikin Waktu Tunggu Boarding Pesawat Makin Asyik

Pilih Kursinya dan Nikmati Penerbangan dengan Nyaman

Menarik, bukan? Ternyata untuk mendapatkan kursi yang terbaik di dalam pesawat bukan hal yang sulit. 

Dari mulai memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, mencari tahu denah tempat duduk, hingga mendaftar program miles. Posisi tempat duduk terbaik akan membuatmu mendapatkan experience terbaik selama di perjalanan. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Begini Tips Mengatasi Cemas ketika Turbulensi Pesawat