Daihatsu memang terbilang kurang merajai pasar otomotif Indonesia, Daihatsu masih kalah jika bersaing dengan pabrikan asal jepang lainnya yakni Honda dan Toyota. Namun hal itu bukan berarti Daihatsu tidak memiliki produkan – produkan andalan yang memiliki teknologi canggih, terbukti dengan hadirnya Daihatsu Copen yang memiliki desain stylish dan mewah. Daihatsu Copen ini sendiri pertama kali hadir di Jepang yakni pada tahun 2002, mobil ini tidak memiliki mesin besar. Bahkan mobil ini hanya memiliki kapasitas mesin dibawah 1000 cc, namun tampilan yang rendi dan stylish menjadi nilai lebih dari Daihatsu Copen ini. Mobil ini dijual terbatas, bagi konsumen yang ingin memiliki mobil ini harus memesannya terlebih dahulu dan harus menunggu hingga 5 bulan lamanya baru dapat memiliki mobil ini . mobil dengan atap yang dapat dibuka ini cukup membuat konsumen menjadi penasaran terhadapnya, dengan desain yang stylish dan sporty menjadikan Daihatsu Copen ini cukup menjadi primadona dipasar otomotif Indonesia . pada Daihatsu ini juga terdapat beberapa fitur yang jarang ditemui di mobil – mobil lain seperti bodi yang dapat diganti dengan mudah, atap yang dapat dibuka, dan warna yang mencolok dan dapat diganti sesuai selera konsumen. Serta dengan teknologi mesin yang sangat irit bahan bakar membuat Daihatsu Copen ini cukup efisien jika digunakan untuk perjalanan jauh. Mobil dengan tampilan Eksterior yang mewah ini tentunya cocok jika digunakan semua kalangan terutama digunakan anak muda, tampilan yang stylish dan modern membuat pengguna yang menggunakan Daihatsu Copen ini akan semakin percaya diri ketika mengendarainya .  

Desain Daihatsu Copen

Desain Daihatsu Copen

Jika berbicara soal desain, tentunya Daihatsu Copen ini memiliki desain yang menarik perhatian konsumen, dengan konsep Roadster membuat setiap sisi dari Daihatsu Copen ini memiliki garis yang berkarakter dan dibuat dengan rangka dan bodi yang berkarakter pula. Sehingga membuat Daihatsu Copen ini terlihat begitu stylish dan sporty. Rangka yang digunakan Daihatsu Copen ini tergolong rangka D – Frame yang memiliki desain yang tidak memerlukan lapisan bodi berat seperti plat besi dan alumunium, hal ini membuat bodi dari Daihatsu Copen tersebut dapat langsung di pasang plastik resin yang fleksibel dan dapat dibongkar pasang. Desain D-Frame ini pun membuat Daihatsu Copen lebih stabil ketika berada diperjalanan, dengan desain kerangka yang saling terhubung dan berstruktur membuat Daihatsu Copen ini memiliki performa yang tangguh dijalanan. Pada bagian atapnya dapat terbuka secara otomatis dengan menggunakan sistem Electric Convertible Roof.

Desain Daihatsu Copen

Pada bagian bumper terdapat grille yang memiliki bentuk lubang besar  yang dilengkapi dengan lampu fog pada kedua sisinya membuat Daihatsu Copen ini semakin terlihat mewah. Pada bagian depan juga terdapat 11 pasang lampu yang dapat diganti oleh pemiliknya sehingga Daihatsu Copen ini sendiri dapat dimodifikasi sendiri oleh pemilik sesuai dengan kesukaan pemilik tersebut. Terdapat pula Headlamp yang terlihat tajam disetiap sudutnya dan jarak melebar pada tepian bodi dengan lampu LED yang membuat pencahayaan menjadi lebih terang, terdapat pula Foglamp yang membantu ketika mengendarai mobil ini pada saat hujan. Dengan bodi yang berdesain bulat dan sudut tajam pada bagian kanan dan kiri membuat Daihatsu Copen ini semakin memikat hati konsumen.

Desain Daihatsu Copen

Pada bagian belakang Daihatsu Copen ini sendiri juga dilengkapi dengan lampu yang memiliki kesan yang sporty. Pada bagian bawah dari Daihatsu Copen ini juga dilengapi dengan double exhaust yang membuat Daihatsu Copen ini semakin terlihat stylish dan modern. Dengan ukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.280 mm membuat Daihatsu Copen ini memiliki desain khas mobil mini. Jarak antara roda depan dan belakang yakni 2.230 mm serta ground clearance yang hanya memiliki jarak 115 mm.  Untuk urusan berat Daihatsu Copen ini memiliki berat yang ringan yakni hanya memiliki berat kosong 850kg. Struktur rangka bodi dari Daihatsu Copen ini juga didesain mampu meredam benturan sehingga memberikan keamanan yang lebih .

Interior Daihatsu Copen

Interior Daihatsu Copen

Selain desain eksteriornya saja yang menarik, Daihatsu juga merancang desain interior dari Daihatsu Copen ini takkalah menariknya.dengan 2 varian warna interior yang terdapat di Daihatsu Copen ini yaitu warna hitam yang merupakan warna yang netral dan warna serta warna cream. Daihatsu Copen ini hanya memiliki dua tempat duduk yang terdapat dua warna yang disediakan oleh pihak Daihatsu yaitu black dan beige. Tempat duduk dari Daihatsu Copen ini tergolong sangat nyaman, hal ini dikarenakan jok dari Daihatsu Copen ini sendiri tergolong sangat empuk. Pada bagian dashboardnya juga telah dilengkapi dengan fitur – fitur pendukung yang membuat pengendara semakin merasa nyaman ketika berkendara. Terdapat pula Opititron Combimeter yang membuat mobil lebih terlihat sporty. Pada bagian kemudi, pengemudi semakin dimanjakan dengan Leather Steering Wheel dengan tipe Rack & Pinion with Electric Power Steering yang semakin membuat pengemudi semakin mudah dan nyaman ketika mengemudi. Pada Handle transmisi, mobil ini menggunakan Chrome inside handle yang semakin menambah kesan mewah dan elegan.  

Warna Daihatsu Copen

Untuk varian warna, Daihatsu juga memberikan varian warna yang menarik untuk Daihatsu Copen ini, vaian warna dari Daihatsu Copen ini sendiri antalain Yellow Metallic, Pearl White, Orange, Matador Red, Liquid Silver, Glittering Silver, Crystal Blue, Black Mica.dengan varian – varian warna yang trendi tersebut membuat penampilan Daihatsu Copen ini sendiri semakin terlihat modern dan elegan.

 

Fitur Daihatsu Copen

Fitur Daihatsu Copen   Fitur Daihatsu Copen

Dengan desain eksterior dan interior yang elegan tersebut, tentunya daihatsu Copen ini sendiri memiliki fitur- fitur canggih yang semakin menambah kemewahan dari Daihatsu Copen ini sendiri, fitur – fitur tersebut seperti Opititron Combimeter yang menyelaraskan cahaya dengan semua fitur yang terdapat didalamnya, terdapat fitur start&stop engine yang memudahkan pengemudi untuk menyalakan dan mematikan mesin. Audio 2 Din dan layar berukuran 7 inch touchscreen yang dapat terintegrasi dengan flashdisk dan smartphone yang dapat digunakan untuk memutar lagu dan menonton video dan memiliki suara yang sempurna dengan menggunakan RTA yang memiliki frekuensi medium dan tinggi. Terdapat pula Volume speaker yang membuat pengendara dapat mengatur volume sesuai yang diinginkan dan AC independen yang bisa diatur oleh penumpang.

Fitur Daihatsu Copen   Fitur Daihatsu Copen

Serta untuk fitur keselamatannya, Daihatsu Copen memiliki konsep Advance Safety yang menggunakan Active and Passive Safety yang membuat keselamatan pengemudi dan penumpang menjadi prioritas utama. Dengan dilengkapi sistem pengereman ABS dan EBD yang berfungsi mencegah terjadinya roda mengunci dan dapat menyalurkan daya pengereman secara lebih optimal. Daihatsu Copen juga dilengkapi dengan Antilock Braking System yang membuat mobil tidak terpelanting ketika mobil mengalami pengereman mendadak. Terdapat pula Electronic Brake Distribution yang akan membuat distribusi tenaga pengereman sesuai untuk titik rem di Daihatcu Copen ini. Serta Daihatsu Copen juga dilengkapi dengan fitur Brake Over Ride System yang aktif ketika Gas dan Rem diinjak pada saat bersamaan. Terdapat pula dual SRS Airbag yang dapat melindungi bagian kepala ketika terjadi kecelakaan. Dan terkhir Daihatsu Copen ini juga dilengkapi dengan TAF sistem yang berguna mengurangi dampak dari tumbukkan.  Mobil Daihatsu Copen ini juga telah dilengkapi sistem EES yang akan berbunyi ketika mobil mulai mendekati suatu obyek yang keras, hal ini membuat pengemudi dapat lebih mudah untuk memarkirkan mobil ini.

Fitur Daihatsu Copen   Fitur Daihatsu Copen

Tipe / Jenis Daihatsu Copen

Daihatsu Copen ini sendiri memiliki 2 tipe yaitu Daihatsu Copen M/T dan Daihatsu Copen CVT. Pada dasarnyan untuk kedua tipe dari Daihatsu Copen ini tidak memiliki perbedaan yang menonjol, perbedaan hanya terlihat pada sistem transmisi. Untuk Daihatsu Copen M/T menggunakan transmisi manual 5 speed, sedangkan untuk Daihatsu Copen CVT menggunakan sistem transmisi automatic CVT 7 speed . dapat dilihat bahwa perbedaan dari kedua tipe Daihatsu Copen yakni Daihatsu Copen M/T dan Daihatsu Copen CVT hanya terletak pada sistem transmisinya saja, namun tetap akan dirasakan perbedaan yang mencolok ketika mengendarai kedua tipe Daihatsu Copeng ini .

Spesifikasi Daihatsu Copen

Setelah mengetahui berbagai fitur yang terdapat di Daihatsu Copen, berikut merupakan spesifikasi dari Daihatsu Copen tersebut.

Spesifikasi Daihatsu Copen

Mesin

 

  • Tipe : KF, DOHC with intercooler turbo
  • Isi silinder : 658 cc
  • Daya Maksimum : 64 PS / 6.400 rpm
  • Torsi Maksimum : 9.4 Kg.m / 3.200 rpm
  • Fuel System : EFI (Electronic Fuel Injection)
  • Tipe Bahan Bakar : Unleaded Gasoline
  • Kapasitas : 30 L

 

Dimensi

  • Panjang x lebar x tinggi : 3395 x 1475 x 1280 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 2230 mm
  • Berat : 1040 kg

Transmisi

  • Tipe : Manual , 5-speed

Sistem Kemudi

  • Tipe : Rack & Pinion with Electric Power Steering

Sistem Suspensi

  • Depan : McPherson strut coil springs
  • Belakang : Torsion Beam coil springs

Sistem Rem

  • Depan : Ventilated Disc Brake
  • ·Belakang : Drum, Leading & Trailing

Ban

  • Wheels : Alloy Wheel 165/60 R14
  • Radius Putar : 4,6 m

Eksterior

 

  • LED Projector Head Lamp
  • LED Illumination Lamp
  • Fog lamp with Cover Garnish
  • Outer Mirror Black Paint
  • High Mount Stop Lamp
  • LED Stop Lap
  • Silver Painted Outside Handle
  • Rear Bumper with Black Garnish
  • Dual Exhaust

 

Interior

  • 2 color Variants Interior (Black & Beige)
  • Optitron Combi Meter
  • Leather Steering Wheel
  • Dashboard Garnish
  • Chrome Inside Handle

Fitur Kenyamanan

  • MID (Multi Informastion Display)
  • Audio steering Switch
  • 2 DIN audio Touch screen 7″
  • Start & Stop engine Button
  • Key Free System (alarm)
  • Request Switch
  • Tilt Steering
  • Convertible Roof

Fitur Performa

  • D-frame Structure Technology
  • Electronic Throttle system

Fitur Keamanan

  • TSC (Traction Control)
  • VSC (Vehicle Stability Control)
  • ABS+ EBD
  • Brake Oover Ride System
  • ESS (Emergency Stop Signal)
  • Dual SRS Air Bag
  • Pretensioner & force Limiter Seat Belt
  • TAF (Total Advance Function) Body

 

Teknologi Mesin Daihatsu Copen

Dengan desain eksterior dan interior yang terlihat mewah dan elegan, namun ada keunikan pada Daihatsu Copen ini, yaitu pada teknologi mesin, pada teknologi mesin Daihatsu Copen ini sendiri memiliki teknologi mesin model KF dengan mesin tipe DOHC with Intercooler dengan kapasitas tidak mencapai 1000 cc yakni hanya 658 cc yang memiliki daya maksimal 64 PS pada putaran 600 rpm dengan torsi maksimum 9.4 Kg/m pada 3.200 rpm. Dengan mesin tersebut Daihatsu Copen mempu menghasilkan hinga 64 tenaga kuda dan kecepatan maksimum 170 km/jam. Daihatsu Copen ini juga diklaim mampu melesat hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 11,7 detik.  Dan kapasitas tangki dari Daihatsu Copen ini adalah 30 liter. Pada karburator dari Daihatsu Copen ini juga memiliki teknologi Electronic Fuel Injection ( EFI ) yang akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih optimal sehingga lebih efisien.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu copen : 

Syarat Kredit Daihatsu Copen

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil copen, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.