Sebelumnya kami telah memberikan informasi mengenai Toyota Rush sebagai mobil SUV yang cukup di gemari di Indonesia. Namun disegmen mobil mini SUV, Toyota Rush tidak hanya sendiri dan menguasai pasar. Pesaing terberat Toyota Rush itu hadir dari Daihatsu yaitu Daihtsu Terios.

Seperti yang kita ketahui, meskipun Daihatsu dan Toyota berjalan dibawah naungan Astra, kedua pabrikan kendaraan berkualitas ini selalu menghadirkan suasana persaingan yang selalu meramaikan pasar otomotif tanah air. Seperti pada informasi dari kami sebelumnya, Toyota dan Daihatsu telah menunjukan tajinya bersaing pada segmen mobil LCGC dan Low MPV serta pada segmen mobil mini SUV ini.

Daihatsu Terios merupakan salah satu mobil mewah yang turut meramaikan pasar otomotif Indonesia. Dengan desain yang lebih gagah dan tangguh, Daihatsu Terios tampil sangat percaya diri. Daihatsu merancang setiap bagian komponen Terios dengan sentuhan istimewa sehingga menghasilkan desain eksterior yang lebih modern hingga memiliki interior yang canggih dengan berbagai fitur – fitur yang nyaman.

Sebagai mobil mini SUV andalan di kelasnya, Daihatsu memiliki spesifikasi yang cukup lengkap dan menawan. Diantaranya adalah mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc, kapasitas ruang kabin dapat menampung 7 penumpang dewasa, desain eksterior dengan aura yang lebih gagah dan tangguh dan masih banyak yang lainnya. Sebagai mobil mini SUV, Daihatsu Terios tak lupa memberikan fitur yang sangat sakral fungsinya pada setiap mobil yaitu keamanan dan kenyamanan. Dengan menawarkan 4 pilihan tipe / jenis mobil, Daihatsu Terios memiliki banyak kelebihan di setiap tipe nya. Selain itu, Daihatsu juga menyediakan 2 pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan yang lebih kepada pengguna, Daihatsu Terios juga memberikan pilihan yang cukup lengkap dan tentunya sesuai dengan keinginan orang banyak. Baiklah, untuk dapat mengenali mobil mini SUV milik Daihatsu ini, mari kita simak ulasan di bawah ini.

Desain Daihatsu Terios

Daihatsu Terios   Daihatsu Terios   Daihatsu Terios

Penampilan yang gagah dan lebih tangguh serta tampak sangat elegan. Kira – kira kata ini lah yang cocok untuk sebuah mobil mini SUV milik Daihatsu ini. pertama – tama kita akan melirik bagian muka mobil. Pada bagian ini terdapat Front Bumper Guard dengan Skid Plate sehingga perawakan muka mobil mini SUV milik Daihatsu ini sangat terlihat gagah dan sangar. Di atas bagian bumper terdapat headlamp yang tampil dengan 2 sudut runcing dan 2 sudung yang melengkung. Headlamp ini mampu memberikan cahaya yang terang meskipun di daerah yang kaya akan cahaya namun tidak menyilaukan mata para pengguna jalan lainnya. Tampilan Headlamp milik Daihatsu Terios ini terbilang sangat gagah. Selain itu, pada bagian bumper depan juga telah di sematkan foglamp yang di desain dengan ukuran yang bulat. Dan yang terakhir pada bagian depan mobil terdapat kap mesin yang sangat maskulin, roof antena dan tak lupa pula side body moulding.

Daihatsu Terios   Daihatsu Terios   Daihatsu Terios

Sekarang kita coba lirik bagian samping body mobil. Pada bagian ini, Daihatsu menyematkan sebuah lampu sein yang terdapat pada spion. Pada bagian velg dari Terios, Daihatsu telah memberikan penutup velg yang lebih dinamis daripada generasi sebelumnya. Pada tipe tertinggi dari mobil mini SUV milik Daihatsu ini telah di sematkan pelindung bumper depan dan bumper belakang, dengan demikian tampilan Daihatsu Terios menjadi momok menakutkan bagi kompetitor di kelasnya.

Interior Daihatsu Terios

  Interior Daihatsu Terios

Sekarang kita akan mengulas bagian dalam mobil ini. Di dalam ruang kabin, pengemudi dan penumpang semakin dimanja berkat fitur – fitur canggih yang di tawarkannya. Pertama – tama kita akan mengulas kabin bagian depan. Di sini terlihat dashboard yang kaya akan kecanggihan teknologi. Pada dashboard telah di sematkan beberapa teknologi canggih seperti Audio / Video Double DIN dengan AUX & USB Connector. Teknologii canggih dari Double DIN ini mampu terkoneksi dengan smartphone milik kita yang berbasis iPhone dan Android, sehingga kita bisa menyetel berbagai file musik ataupun video melalui smartphone. Di samping itu, pada output suara dari Audio / Video player ini di salurkan ke 4 buah speaker dengan kualitas bass yang mumpuni. Tentunya kita dapat dimanjakan berkat teknologi yang canggih ini.

Sekarang kita beralih kebagian jok penumpang. Daihatsu memang mengerti selera konsumen yang menginginkan jok empuk dan nyaman ketika di gunakan. Jok milik mobil mini SUV ini di rangkai menggunakan material terbaik di kelasnya dengan tingkat keempukan seperti layaknya kita duduk di atas kasur. Selain itu, pada bagian handle pintu milik Daihatsu ini di lapisi dengan cat berwarna chrome sehingga menjadikan mobil ini tampil lebih mewah. Dinilai secara keseluruhan tampilan Daihatsu Terios dapat di acungi jempol, terlebih lagi mobil mini SUV ini mampu membuat 7 orang penumpang dewasa merasa nyaman dan tidak kesempitan dalam setiap perjalanannya.

Warna Daihatsu Terios

Warna Daihatsu Terios

Generasi penerus Daihatsu Terios ini memiliki berbagai macam pilihan warna. Pilihan warna yang di tawarkan oleh Daihatsu pun sangat enak di pandang. Berikut 5 pilihan warna Daihatsu Terios :

  • Classic Silver
  • Icy White
  • Midnight Black
  • Rock Grey
  • Scarlet Red

Fitur Daihatsu Terios

Sebagai mobil mini SUV yang bersaing dengan Toyota Rush, Daihatsu Terios tak ingin kalah. Beberapa fitur canggih pun telah di sematkan pada mobil andalannya di segmen mobil mini SUV. Fitur – fitur yang wajib terdapat pada mobil mini SUV pun di kembangkan dengan teknologi canggih miliknya. Pada fitur keamanan, Daihatsu menyematkan sistem Dual SRS Airbag yang terdapat pada bagian depan khususnya bagi penumpang depan dan pengemudi. Seperti yang telah kita bahas pada review mobil – mobil sebelumnya, fitur keamanan menggunakan Dual SRS ini wajib di miliki oleh setiap kendaraan mini SUV.

Fitur Daihatsu Terios   Fitur Daihatsu Terios   Fitur Daihatsu Terios

Bahkan tak hanya mobil mini SUV saja yang di wajibkan memiliki fitur safety ini, pada setiap mobil di berbagai segmen juga telah di wajibkan penggunaan Airbags. Daihatsu juga telah menyematkan fitur seatbelt bagi setiap penumpang dan pengemudi bahkan terdapat pula seatbelt khusus bagi penumpang anak – anak. Pada tipe tertinggi dari Daihatsu Terios telah mendukung fitur back sonar atau yang biasa kita kenal denagn nama sensor mundur. Fitur ini dapat membantu pengemudi dalam memarkirkan kendaraan.

Yang kedua adalah fitur kenyamanan. Kenyamanan dalam berkendara menggunakan mobil mini SUV milik Daihatsu ini dapat kita rasakan berkat tersedianya fitur ABS. Dengan fitur ini pengemudi akan merasa nyaman ketika mengendarai dengan kecepatan rendah bahkan tinggi sekalipun. Selain itu, beberapa fitur entertainment seperti Audio / Video playaer juga telah di sematkan dengan teknologi 2 DIN.

Tipe / Jenis Daihatsu Terios

Daihatsu menawarkan kepada konsumen mobil mini SUV ini dengan 4 pilihan tipe yaitu Tipe X, tipe X – Extra, Tipe R dan Tipe R – Adventure. Dari setiap tipe memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk kita ketahui bersama, Daihatsu Terios X merupakan tipe yang paling bawah di antara Terios lainnya. Sedangkan tipe tertinggi di tempati oleh Daihatsu Terios R – Adventure. Baiklah mari kita simak perbedaan yang terdapat pada setiap tipe Daihatsu Terios.

Daihatsu Terios X merupakan tipe mobil mini SUV yang paling bawah dari Daihatsu Terios. Pada tipe ini terdapat headlamp dengan projector terbaru, lampu belakang yang telah menggunakan LED, side body moulding, velg standar 16”, AC Double Blower, electric power steering, height adjuster, Dual SRS Airbag, Child Safety lock dan window jam protection.

Daihatsu Terios X – Extra. Tipe ini telah memiliki semua fitur dan kelengkapan Daihatsu Terios X. Namun, tipe X – Extra memiliki fitur dan kelengkapan tambahan berupa penutup velg, cover pada ban serap, spions with seinlamp, Audio Dual DIN with 4 speaker, back sonar dan alarm.

Daihatsu Terios R. Tipe tertinggi nomor 2 dari Daihatsu Terios ini tampil lebih maskulin dan gagah dari pada ke dua tipe tersebut di atas. Tipe ini memiliki semua fitur dan kelengkapan dari tipe X dan X – Extra. Namun perbedaan yang terlihat terdapat pada beberapa fitur dan kelengkapanna yaitu grill chrome, foglamp, roof rail, rear spoiler, talang air, body kit yang lebih sporty, wiper pada bagian belakang, velg alloy 16”, headlamp light warning, head unit touch screen, audio steering switch, otomatic spions, hingga ABS.

Daihatsu Terios R – Adventure. Sebagai tipe yang tertinggi dari Daihatsu Terios, tentunya R – Adventure memiliki spesifikasi yang lebih lengkap. Tipe ini memiliki seluruh fitur dan kelengkapan milik Daihatsu Terios R. Perbedaannya hanya terdapat pada fitur – fitur istimewa milik R – Adventure ini seperti front under guard, grill chrome, muffler cutter, side stone guard, tecnology Daytime Running Light (DRL).  Perbedaan fitur yang di tawarkan tersebut dapat menajdi pilihan bagi kita yang menginginkan mobil mini SUV dengan berbagai ragam harga. Berikut tabel perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Terios.

Perbedaan Tipe Daihatsu Terios

Pembeda

Tipe

X

X – Extra

R

R - Adventure

lampu belakang LED

Ya

Ya

Ya

Ya

Side Body Moulding

Ya

Ya

Ya

Ya

Velg standar 16”

Standard 16”

Alloy 16”

Alloy 16”

Alloy 16”

AC Double Blower

Ya

Ya

Ya

Ya

Electric Power Steering

Ya

Ya

Ya

Ya

Height adjuster

Ya

Ya

Ya

Ya

Dual SRS Airbag

Ya

Ya

Ya

Ya

Child Safety lock

Ya

Ya

Ya

Ya

window jam protection

Ya

Ya

Ya

Ya

Cover velg

-

Ya

Ya

Ya

Cover ban serap

-

Ya

Ya

Ya

Spions with seinlamp

-

Ya

Ya

Ya

Audio Dual DIN with 4 speaker

-

Ya

Ya

Ya

Back sonar

-

Ya

Ya

Ya

Alarm

-

Ya

Ya

Ya

Grill chrome

-

-

Ya

Ya

Foglamp

-

-

Ya

Ya

Roof rail

-

-

Ya

Ya

Rear spoiler

-

-

Ya

Ya

Back Wiper

-

-

Ya

Ya

Headlamp light warning

-

-

Ya

Ya

Head unit touch screen

-

-

Ya

Ya

Audio steering switch

-

-

Ya

Ya

Otomatic spions

-

-

Ya

Ya

ABS

-

-

Ya

Ya

Front under guard

-

-

-

Ya

Grill chrome

-

-

-

Ya

Muffler cutter

-

-

-

Ya

Side stone guard

-

-

-

Ya

Daytime Running Light (DRL)

-

-

-

Ya

 

Spesifikasi Daihatsu Terios

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe Daihatsu Terios, kini kita akan membahas spesifikasi mobil ini. Berikut tabel spesifikasi mobil mini SUV milik Daihatsu ini.

Spesifikasi Daihatsu Terios

Spesifikasi

Daihatsu Terios TS

Daihatsu Terios TX

A/T

M/T

A/T

M/T

DIMENSI

Panjang x Lebarx Tinggi keseluruhan (mm)

4,385 x 1,695 x 1,695

4,385 x 1,745 x 1,740

Jarak sumbu roda (mm)

2685

Jarak pijak roda depan/belakang (mm)

1445/1460

Tinggi dari tanah (mm)

200

BERAT

Berat kosong/Total Kendaraan (kg)

1,180 / 1,615

1,170 / 1,590

1,215 / 1,625

1,200 / 1,615

KAPASITAS TEMPAT DUDUK

7 orang dewasa

PERFORMA

Radius putar minimum (m)

5.2

MESIN

Tipe

3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air

Kapasitas silinder (cc)

1495

Jumlah katup

16

Diameter x langkah (mm)

72.0 x 91.8

Tenaga maksimum (ps/rpm)

109/6000

Torsi maksimum (kg – Nm/rpm)

14.4/4.400

Sistem bahan bakar

EFI (Electronic Fuel Injection)

Jenis bahan bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas tangki bahan bakar (Liter)

45

TRANSMISI

Tipe

Otomatis, 4 kecepatan maju

Manual, 5 kecepatan maju

Otomatis, 4 kecepatan maju

Manual, 5 kecepatan maju

Perbandingan gigi

I: 2,731

I:3,769

I: 2,731

I: 3,796

II: 1,526

II:2,045

II: 1,526

II: 2,045

III: 1,000

III: 1,376

III: 1,000

III: 1,376

IV: 0,696

IV: 1,000

IV: 0,696

IV: 1,000

 

V: 0,838

 

V: 0,838

R: 2,290

R: 4,128

R: 2,290

R: 4,128

Rasio gigi akhir

5.857

5.571

5.857

5.571

SISTEM KEMUDI

Tipe

Rack & Finion dengan Electric Power Steering

REM

Depan / Belakang / Rem Parkir

cakram (disc) dengan booster drum,leading & trailing

SUSPENSI

Depan

MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer

Belakang

5-link, rigid-axle dengan per keong

BAN

Ukuran

215/65 R16

Tipe

Alloy Wheel

Teknologi Mesin Daihatsu Terios

Tiba saat nya kita akan mengulas bagian jantung pacu dari kendaraan roda empat milik Daihatsu ini. Untuk urusan memompa kekuatan laju kendaraan, Daihatsu menggunakan mesin dengan tipe 3 SZ-VE dengan teknologi DOHC. Mesin milik Daihatsu ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 1.495 cc dan dilengkapi dengan teknologi VVT-i. Dengan mesin yang tergolong tangguh ini, Daihatsu Terios mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 14.4 pada putaran mesin 4.400 rpm. Tenaga yang cukup besar ini mampu menakhlukan setiap medan jalan bahkan jalan yang terjal sekalipun. Selain itu, Daihatsu juga telah menyematkan fitur kemudi yang berteknologi Electric Power Steering (EPS) sehingga pengemudi tidak akan merasa kesulitan ketika mengendalikan mobil mini MPV ini.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu terios : 

Syarat Kredit Daihatsu Terios

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum anda mengambil kredit mobil terios, anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan anda.