Review Mobil Mazda CX-3

Sukses dengan Mazda2 yang berhasil menyabet penghargaan Japan Car The Year 2014 - 2015 di Negara asalnya, Mazda kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan 4 mobil sekaligus kepada pangsa pasar Amerika dan Eropa dalam event Los Angeles Auto Show 2014 yakni Mazda CX-5 Facelift, Mazda6 Facelift, Mazda2 Skyactive dan Mazda CX-3. Mobil yang di gadang gadang Mazda sebagai penanding Honda HR-V ini nyatanya memiliki body yang lebih kecil dari pada seri sepantarannya CX-5, namun memiliki desain yang hampir sama dengan seri seri keluaran Mazda lainnya lantaran seri ini masih menganut KODO – Soul Of Motion Design. Perbedaan dengan seri yang lain hanya terletak pada desain lampu yang lebih tajam dan membuat mobil ini terkesan lebih berkharisma layaknya Audi Q3 versi Facelift.

Sementara untuk desain keseluruhan, hampir semua mobil keluaran Mazda memiliki bentuk yang sama. Bahkan CX-3 ini pun tak jauh berbeda dengan Mazda CX-5. Hal tersebut dapat Anda lihat dari sisi dashboard dan interior khas Mazda. Meski tergolong berbadan cukup bongsor, namun Mazda CX-3 ini memiliki dapur pacu yang cukup mumpuni dengan dukungan dapur pacu berkapasitas 2000 cc serta dilengkapi dengan 4 silinder yang membuatnya cukup bertenaga. Kendaraan ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari mobil mobil dengan performa tinggi namun tetap memiliki desain yang lain daripada yang lain.

Bahkan seri CX-3 ini di sebut sebut memiliki tenaga mecapai 104dk dengan sokongan kapasitas mesin mencapai 1.500 cc untuk seri Skyactive-D dan 2.000 cc untuk versi Skyactive-G yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118dk hingga 140dk. Selain dapur pacu yang cukup mumpuni, CX-3 ini juga memiliki fitur kontrol Taksi yang mampu membuat dapur pacu semakin sempurna dengan konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit di kelasnya dengan dukungan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 62 liter dan merupakan kapasitas bahan bakar yang cukup besar untuk mobil tipikal crossover.

Desain Mazda CX-3

Memiliki desain yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh mobil besutan Mazda membuat mobil ini semakin istimewa. Hal tersebut di dukung dengan balutan front grill yang fit dan accent berupa chromium yang semakin membuat mobil ini semakin elegan, dan mewah namun tak kehilangan kesan garang lantaran memiliki desain facelift yang khas berupa garis desain lampu depan yang lebih tajam.

Selain itu, CX-3 ini memiliki pijakan atau yang baisa disebut dengan ground clearance (jarak antara tanah dengan body mobil bagian pijakan) yang cukup tinggi, sehingga Anda tak perlu khawatir jika melalui jalanan offroad. Seperti telah disebutkan sebelumnya, CX-3 ini di sebut sebut merupakan tandingan mobil HR-V yang merupakan besutan dari Honda. Hal tersebut dapat Anda lihat dari desain yang hampir mirip dengan hadirnya sirip hiu alias Shark Fin yang berfungsi sebagai antenna FM/AM serta receiver GPS pada bagian kap mobil. Selain itu, desain yang elegan juga dapat Anda temui dari desain stop lamp yang terletak pada bagian atas belakang mobil satu ini.

 

Dibuat dengan desain kerangka Crossover membuat ukuran panjang mobil ini mencapai 4.275mm, mobil ini pun memiliki desain yang cukup panjang yang tentunya akan berimplikasi pada kabin yang lebih luas lantaran lebarnya bisa mencapai 1.765 dan memiliki tinggi mencapai 1.535mm. Untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tentunya mobil ini cocok untuk Anda ajak bepergian. Utamanya untuk melintasi jalanan dengan medan yang cukup berat sekalipun.

Interior Mazda CX-3

Bicara mengenai mobil, tentunya tak akan lepas dari ulasan seputar interior mobil itu sendiri untuk menunjang kenyamanan berkendara. Beberapa fitur berteknologi tinggi pun telah disematkan dalam mobil crossover satu ini. Berikut adalah beberapa fitur interior yang bisa Anda dapatkan pada Mazda CX-3

MZD Connect, The Benchmark of In-Vehicle Connectivity System: Mobil mobil terbaru layaknya CX-3 kini telah mengusung berbagai kelebihan konektivitas internet untuk menunjang mobilitas yang sempurna. Salah satunya adalah dengan hadirnya MZD Connect yang memungkinkan Anda terhubung dengan internet selama berkendara tanpa perlu membuka handphone demi menjaga keselamatan selama berkendara. Selain itu, Anda pun dapat memutar lagu dengan bantuan Bluetooth serta koneksi entertainment AM/FM serta CD Player yang dapat menambah kenyamanan Anda dalam berkendara. MZD Connect ini juga telah dilengkapi dengan fitur pembaca SMS dengan volume yang cukup keras serta navigasi atau GPS dengan akurasi cukup tinggi berkat hadirnya Shark Fin. Fasilitas fasilitas tersebut akan semakin menambah pengalaman Anda dalam berkendara bersama Mazda CX-3.

Full-Automatic Climate Control System, salah satu kelebihan dari Mazda CX-3 adalah adanya fitur full-automatic climate control dengan varian intensitas udara cukup banyak dan mampu menyesuaikan diri dengan cepat, baik penghangat ruangan maupun pendingin ruangan atau Air Conditioner.

 

The Difference Is In The Details: Seperti telah di singgung sebelumnya, interior dari Mazda selalu berbeda dengan mobil besutan produsen besar lainnya yang telah lebih dulu mengenalkan produk produknya di pasaran. Mazda CX-3 dirancang dengan sangat detail dengan sentuhan metallic yang tajam, serta sentuhan sentuhan upholstery yang lembut membuat interior yang sangat kontras namun tetap berkelas. Kemewahan pada mobil satu ini juga didukung dengan adanya desain seat yang stylish serta door trim yang ekslusif.

Navigation System: Salah satu teknologi terbaru yang disematkan pada Mazda CX-3 adalah smart navigation system yang mana memungkinkan Anda untuk menentukan destinasi melalui GPS yang dapat diperintahkan melalui pesan suara dari pengendara serta mencari lokasi dari daftar kontak yang telah Anda simpan pada SD media card.

   

Fitur satu ini terbilang cukup menarik lantaran belum semua model mobil mobil degan desain crossover memiliki isyarat perintah suara seperti yang telah dibenamkan dalam Mazda CX-3.

Warna Mazda CX-3

Bicara mengenai varian warna, Mazda CX-3 lebih dominan memiliki warn warna yang cenderung gelap dengan balutan aksen yang shiny, sehingga membuat mobil satu ini terkesan lebih elegan. Satu warna yang terbilang cukup cerah dari mobil crossover ini adalah warna Soul Red yang membuatnya terkesan lebih sporty dan tampilan yang lebih fresh. Sementara warna warna lain yang dapat Anda pilih antara lain: 

  • Machine Grey
  • Titanium Flash
  • Snowflake White Pearl
  • Jet Black
  • Soul Red

Fitur Mazda CX-3

Mobil mobil dengan tipikal crossover rata rata memiliki fitur keamanan yang jauh lebih maju dibandingkan mobil mobil citycar biasa yang sudah lebih dulu beredar di pasaran. Berikut adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Mazda CX-3

Salah satu fitur menarik dari Mazda CX-3 yang tidak dimiliki mobil sekelasnya adalah fitur Adaptive LED Headlights atau ALH yang mampu mengenali potensi bahaya saat berkendara di saat malam hari. Sistem ini secara otomatis akan melakukan adjustment terhadap visibilitas pada kecepatan mobil tingkat rendah serta mengatur jangkauan sorot lampu jarak jauh untuk menghindari silaunya cahaya yang dapat mengakibatkan kendaraan dari arah sebaliknya. Selain itu, fitur satu ini juga berfungsi menaikkan aksis optic lampu jarak dekat pada saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi untuk jangkauan lampu yang lebih luas. Sistem ini mampu mengontrol lampu LED secara presisi sehingga mampu menyesuaikan kondisi saat Anda berkendara.

Dynamic Stability Control (DSC) with Traction Control System (TCS), Fitur satu ini rata rata telah dimiliki oleh mobil dengan tipikal crossover. DSC yang telah dilengkapi dengan TSC memungkinkan daya pengereman yang diletakkan pada setiap roda dapat di control dengan baik untuk menghindari adanya understeer atau oversteer. Fitur satu ini di sebut sebut pula mampu mempertahankan stabilitas kendaraan saat menikung di jalanan yang licin atau pada saat kondisi mendadak (sudden steering inputs).

Tak diragukan lagi, untuk mobil jenis crossover layaknya CX-3 ini dukungan keselamatan selama berkendara adalah suatu hal yang mutlak. Salah satu kelebihan dari CX-3 ini adalah adanya fitur airbags di seluruh bagian kabin bagian depan. Diantaranya terletak pada bagian depan, samping, hingga curtain. Dengan adanya proteksi menyeluruh ini membuat pengalaman berkendara Anda semakin nyaman lantaran dilindungi secara optimal dan menyeluruh untuk menghindari syok fisik serta cidera yang berlebihan.

Fitur selanjutnya yang menjadi kelebihan CX-3 ini adalah penggunakaan body structure yang mendukung performa keselamatan benturan kelas dunia. Body structure CX-3 ini menggunakan ultra high tensile steel yang menyeluruh, sehingga mampu memberikan kekuatan  untuk menghindari kerusakan interior yang semakin parag namun memiliki beban yang cukup ringan yang berimplikasi pada saat kendaraan ini melaju dengan kecepatan tinggi.

  

 

Tipe / Jenis Mazda CX-3

Letak Pebedaan

Mazda CX-3 Touring

Mazda CX-3 Grand Touring

Sunroof Electric

Ada

Tidak Ada

Tyres & Wheels 215/60R16 with 16 x 6-1/2J aluminium wheels

Tidak Ada

Ada

Tyres & wheels 215/50R18 with 18 x 7J aluminium wheels

Tidak Ada

Ada

Radiator Grill

Ada

Tidak Ada

Side Garnish

Black

Bright

Steering Wheel Leather

Tidak Ada

Ada

Audio System 7-inch centre display, commander control

Tidak Ada

Ada

Meter Type Tachometer

Digital

Analog

Seat Upholestery

Fabric

Leather

Airbags

Front

Front , Curtain & Side

Adaptive Front-lightning System (AFS)

Tidak Ada

Ada

Blind Spot Monitoring

Tidak Ada

Ada

Superlock System

Tidak Ada

Ada

Spesifikasi Mazda CX-3

Dimensi dan Berat

   Over all length

mm

4.275

   Over all width

mm

1.765

   Over all height

mm

1.535

   Front Tread 

mm

1.525

   Rear Tread 

mm

1.520

   Ground Clearence

mm

160

   Kerb weight

Kg

1.279/1.290

   Minimum turning radius

M

5.3

 

Mesin

   Type

 

SKYACTIVE-G 2.0 
In Line, 4 cylinder DOHC, 16-valve

   Displacement

cc

1,998

   Bore x stroke

mm

83.5 x 91.2

   Comprassion rasio

 

13.0:1

   Maximum Power

KW (PS)/rpm

109(148,2)/6,000

   Minimum torque

Nm (Kg-m)/rpm

192(19.6)/2,800

   Fuel tank capacity

L

48

 

Transmisi

   Drive System

SKYACTIVE-DRIVE

   Transmission type

6 Speed automatic

   Gear ratio

1st

3.552

2nd

2.022

3rd

1.452

4th

1.000

5th

0.708

6th

0.599

Revere

3.893

Final

4.325

 

 

Eksterior

Touring

Grand Touring

   Sunroof

Electric 

 

-

   Tyres & wheels

215/60R16 with 16 x 6-1/2J aluminium wheels

-

 

 

215/50R18 with 18 x 7J aluminium wheels 

-

 

   Front wipers

Intermittent - Timing adjustable with rain sensor 

   

   Headlamps

LED with daytime running lamp and automatic levelling

ü   

ü   

 

Automatic On/Off function

ü   

ü   

   Front fog lamps

LED type

ü   

ü   

   Rear combination lamps

LED type

ü   

ü   

   Radio antenna

Shark fin type

ü   

ü   

   Radiator grill 

Material color

 

-

 

Silver

-

 

   Side garnish

Black

 

-

 

Bright

-

 

 

 

Interior

   Mazda Connect

 

 

 

   Active Driving Display

Head-up display (HUD)

ü   

ü   

   Streering Wheel

Leather

-

ü   

Audio control bluetooth and Auto cruise control switches

ü   

ü   

   Shift knob and parking brake knob

Leather

ü   

ü   

   Audio system

AM/FM radio, CD player (MP3 compatible) with DVD

ü   

ü   

Bose system with 7 speakers

ü   

ü   

7-inch centre display, commander control

-

ü   

   Bluetooth hands-free system

 

ü   

ü   

   Navigation System

 

ü   

ü   

   Back-up monitor system

 

ü   

ü   

   External device connection hub

AUX jack, USB port

ü   

ü   

   Air conditioner

Full-automatic

ü   

ü   

   Console Panel

Soft + stich (passenger panel)

ü   

ü   

   Meter type tachometer

Digital

ü   

-

Analog

-

ü   

   Trip compuer

4 items

 

ü   

   Convinience

 

 

 

   Smart keyless

 

ü   

ü   

   Keyles start/stop button

 

ü   

ü   

   Seat Upholstery

Leather

-

ü   

 

Adjustable head restrants (for all occupants)

ü   

ü   

 

60:40-split fold-down mechanism

ü   

ü   

   Walk awaay lock

 

ü   

ü   

   Coming/Leaving home light

 

ü   

ü   

 

Keamanan

   Airbags

Front

 

ü   

Curtain & side

-

ü   

   Dynamic stability control (DSC) and Traction Control System (TCS)

 

 

ü   

   Adaptive Front-lightning System (AFS)

 

-

ü   

   Cruise control

 

ü   

ü   

   Parking Sensor (Rear)

Center + corner

ü   

ü   

   Blindspot monitoring (BSM)

 

-

ü   

   Superlock system

 

-

ü   

   Burglar alarm

 

ü   

ü   

   Spare tire

Temporary

ü   

ü   

Kesimpulan

Sebagai salah satu produsen mobil kelas dunia, Mazda nyatanya tak tanggung tanggung dalam membekali setiap koleksinya. Dengan mengeluarkan tipikal mobil Crossover semakin menambah banyak pilihan mobil berkelas dengan harga yang relatif terjangkau namun memiliki fasilitas premium. Mulai dari sisi interior, dapur pacu hingga penggunaan teknologi mutakhir.

Mengusung konsep crossover tentunya membuat mobil satu ini telah dilengkapi dengan fasilitas keamanan tingkat tinggi. Hal tersebut pun telah di sematkan dalam mobil CX-3 keluaran terbaru ini. Jadi untuk Anda yang sedang membandingkan mobil ini dengan mobil tipikal crossover keluaran terbaru lainnya, Anda patut memperhitungkan CX-3 lantaran fitur yang di usungnya yang lengkap, serta mengutamakan keselamatan pengemudinya.

Demikian lah ulasan Mazda CX-3, selalu perhatikan fitur fitur utama sebelum memilih mobil yang akan Anda gunakan agar lebih maksimal serta mampu memenuhi kebutuhan mobilitas Anda. Semoga berguna!

Syarat Kredit Mazda CX-3

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit Mazda CX-3, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.