10 Produk Asuransi yang Mesti Keluarga Anda Gunakan

Dalam kehidupan keluarga, kita tidak hanya dihadapkan pada masalah bagaimana cara menghidupi semua anggota keluarga semata. Ada banyak hal lain yang terkadang tidak dipikirkan, salah satunya adalah masalah asuransi. Berdasarkan jenis dan kepentingannya, ada 10 jenis produk asuransi yang penting digunakan untuk melindungi keluarga Anda. Apa saja? Ini dia pembahasannya.

1. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa via forbes.com

 

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang tersedia di Indonesia. Pada produk asuransi jiwa, hidup Andalah yang diasuransikan. Sebenarnya, produk ini memberikan proteksi pada orang-orang yang Anda sayangi, terlebih jika Anda adalah tulang punggung dan sumber keuangan mereka.

Karena kita tidak dapat memprediksi hal buruk yang akan terjadi, memiliki asuransi jiwa akan sangat membantu kehidupan keluarga Anda apabila terjadi sesuatu pada diri Anda. Saat memutuskan untuk memiliki asuransi jiwa, pastikan Anda telah menghitung gaji bulanan dan berapa lama Anda akan bekerja. Pastikan polis asuransi tersebut dapat meng-cover pendapatan yang hilang saat hal buruk menimpa Anda. Opsi yang paling efektif adalah asuransi jiwa berjangka karena polisnya memungkinkan Anda untuk membayar premi yang kecil namun pertanggungan yang dibayarkan cukup besar.

Asuransi jiwa sangat penting untuk dimiliki terlebih jika Anda adalah kepala keluarga yang masih aktif bekerja. Manfaat asuransi jiwa:

  • Sebagai bentuk antisipasi tidak terduga
  • Menjamin kondisi keuangan keluarga
  • Dapat digabung dengan produk asuransi lain
  • Dapat dijadikan produk investasi untuk masa depan

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan via designhealth.com

 

Saat ini, biaya Rumah Sakit sangat mahal. Meski Anda telah berusaha mati-matian untuk menjaga kesehatan, Anda tidak akan pernah tahu ‘jadwal’ Anda sakit. Asuransi kesehatan akan sangat membantu Anda saat keadaan tidak terduga terjadi.

Asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah adalah BPJS. Premi BPJS sangat meringkankan masyarakat namun dampaknya sangat positif karena mereka dapat berobat dan menyembuhkan penyakitnya berkat dana dari pemerintah.

Biaya rawat inap dan pengobatan yang semakin lama semakin mahal seharusnya sudah bisa menjadi alasan yang kuat untuk memiliki asuransi kesehatan. Ada banyak jenis asuransi kesehatan dengan polis yang berbeda-beda. Polis ini dapat membiayai Anda saat Anda harus rawat inap di Rumah Sakit. Anda juga tidak akan membebani pihak keluarga saat jatuh sakit karena biaya sudah di-cover oleh asuransi Anda.

Beberapa manfaat asuransi kesehatan yakni:

  • Sifatnya kondisional, disesuaikan dengan kebutuhan (rawat jalan, rawat inap, dan perawatan lain yang dibutuhkan).
  • Biaya perawatan ditanggung oleh asuransi Anda
  • Mengurangi beban ekonomi keluarga

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik: BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan?

3. Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan

Asuransi Kecelakaan via rackcdn.com

 

Asuransi kecelakaan mencegah keluarnya biaya tak terduga saat terjadi musibah. Perlu diketahui bahwa ada syarat dan kondisi tertentu (biasanya tertera di dalam polis) yang ditetapkan oleh pihak asuransi mengenai definisi kecelakaan tersebut. Misalkan, jika terbukti Anda mengemudi sambil mabuk, maka asuransi kecelakaan tidak akan menanggung beban biayanya. Pemerintah Indonesia juga menyediakan produk asuransi dari Jasa Raharja yang fokus menangani kecelakaan lalu lintas. Manfaat asuransi kecelakaan

  • Memberikan santunan pada ahli waris
  • Memberikan santunan apabila korban mengalami cacat
  • Mengganti biaya perawatan sampai dalam jumlah tertentu.

4. Asuransi Rumah

Asuransi Rumah

Asuransi Rumah via sprouleinsurance.com

 

Anda sedang mencicil rumah impian? Anda perlu asuransi rumah. Biasanya, rumah yang masih berstatus kredit akan langsung dilindungi oleh asuransi rumah. Untuk memilih asuransi rumah yang paling tepat, pastikan Anda meneliti polis yang ditawarkan. Apakah meng-cover kerusakan atau penggantian biaya saat Anda pindah rumah. Saat harga rumah kian melambung, asuransi ini merupakan produk yang wajib Anda punyai.

Perlu diingat bahwa asuransi rumah bergantung pada umur bangunan serta barang-barang yang terdapat di dalam rumah tersebut. Estimasi yang akurat harus melibatkan agen asuransi Anda. Pastikan pula polis asuransi tersebut meng-cover kecelakaan kerja saat membangun atau merenovasi rumah Anda. Selain tidur nyenyak, berikut adalah beberapa keuntungan memiliki asuransi rumah:

  • Perlindungan yang lengkap untuk segala kerugian yang terjadi
  • Mengganti rugi pihak ketiga

5. Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan via diamondlaw.ca

 

Banyak yang berpendapat bahwa asuransi kendaraan adalah opsional. Padahal, asuransi ini cukup penting manfaatnya.

Meski Anda merasa sudah mengemudi dengan hati-hati, terkadang kecelakaan tidak dapat dihindari. Hal itu bisa terjadi kapan saja saat Anda berada di jalan. Untuk mengatasi hal tersebut, asuransi kendaraan adalah sesuatu yang tidak boleh terlewatkan. Saat mobil terserempet kendaraan lain atau tertabrak motor; biaya servisnya bisa mencapai jutaan Rupiah. Dengan adanya asuransi ini, Anda dapat meringankan beban Anda dan fokus pada pemulihan kesehatan.

Saat ini, premi asuransi kendaraan cukup meringankan karena sistemnya berjangka. Jadi, dengan membayar biaya yang murah per bulannya, Anda dapat memiliki perlindungan terhadap diri sendiri dan kendaraan yang Anda miliki. Ada banyak keuntungan yang didapat saat Anda mengasuransikan kendaraan yang dimiliki:

  • Anda tak lagi dihantui rasa khawatir
  • Terbebas dari beban biaya saat terjadi kecelakaan lalu lintas
  • Anda tak perlu menanggung beban pihak ketiga
  • Saat bencana alam merusak kendaraan Anda, Anda akan terbebas dari biaya servis

6. Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan

Asuransi Pendidikan via ajginternational.com

 

Asuransi pendidikan sangat penting untuk memastikan anak-anak memiliki masa depan yang berkualitas. Produk asuransi ini adalah sebagai bentuk persiapan selain memberikan perlindungan jiwa. Apabila terjadi musibah, asuransi pendidikan akan mengeluarkan uang ganti rugi yang diterima oleh ahli waris. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Menjamin pendidikan anak Anda di masa depan.
  • Meski pemberi pemasukan utama meninggal, pendidikan anak tetap akan terjamin.

Baca Juga: Asuransi Pendidikan Tidak Tepat Digunakan? Ini Dia Jawabannya

7. Asuransi Kerugian

Asuransi Kerugian

Asuransi Kerugian via platinumadjusters.com

 

Asuransi kerugian memberikan pertanggung jawaban terhadap resiko-resiko yang dapat menimbulkan kerugian seperti kebakaran, pencurian serta transportasi. Musibah-musibah tersebut dapat terjadi kapan saja terutama apabila Anda memiliki sebuah bisnis yang melibatkan banyak karyawan yang bisa kapan saja mengalami musibah saat bekerja. Apa saja keuntungan lain yang bisa didapat?

  • Menjamin harta Anda akan diganti ketika mendapat musibah seperti disebutkan di atas.

8. Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan via thecitychick.com

 

Produk asuransi perjalanan akan membuat kegiatan traveling Anda bebas dari rasa khawatir. Selain memberikan penutupan ganda, santunan yang diberikan produk asuransi ini dapat mengganti biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, serta santunan untuk ahli waris. Keuntungan lain yang bisa didapatkan diantaranya:

  • Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang.
  • Semua kerugian yang terjadi saat melakukan perjalanan akan ditanggung pihak asuransi.

9. Asuransi Pensiun

Asuransi Pensiun

Asuransi Pensiun via lighthousefinancialtax.com

 

Saat Anda pensiun, penghasilan bisa turun sangat drastis bahkan mencapai Rp0. Untuk itulah merencanakan anggaran untuk pensiun sangat penting. Saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya dana pensiun masih kurang. Namun jika perusahaan tidak menyediakan dana pensiun untuk Anda, sudah jadi kewajiban Anda untuk memilikinya di samping hanya menggunakan produk tabungan pensiun. Keuntungan yang bisa didapat antara lain:

  • Masa tua akan semakin menyenangkan
  • Anda akan semakin tenang dalam menjalani hidup

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan : Program dan Cara Mendaftarnya

10. Asuransi Syariah

Asuransi Syariah

Asuransi Syariah via mideaster.com

 

Tidak cuma produk kartu kredit saja yang sudah ada produk syariahnya, asuransi juga. Asuransi syariah adalah proteksi finansial yang mengacu pada prinsip syariah Islam. Ada banyak produk asuransi yang termasuk di dalam syariah dan jika Anda menginginkan produk yang sesuai dengan khaidah islami maka asuransi syariah bisa menjadi solusi pilihan yang tepat. Keunggulan lain yang bisa didapat adalah:

  • Anda tidak perlu takut produk asuransi yang digunakan haram atau tidak
  • Lebih fair karena merupakan hasil kesepakatan antara pihak asuransi dan nasabah

Pilih yang Merupakan Kebutuhan Utama

Meski kami menyebutkan ada 10 jenis produk asuransi yang mesti digunakan Anda dan keluarga. Pada dasarnya, tidak semuanya bersifat mesti segera dipenuhi. Pilih-pilihlah dulu apa saja produk asuransi yang merupakan kebutuhan Anda dan keluarga. Jangan sampai uang Anda keluar percuma untuk membayar premi asuransi yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jadi, hati-hati dalam memilih ya!