7 Langkah Memulai Bisnis Kafe Board Games, Pemula Wajib Tahu

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis kafe tematik masih bisa jadi opsi yang cukup menarik untuk menghasilkan cuan. Salah satunya ada kafe bertema board game yang belakangan cukup banyak bermunculan.

Sama seperti namanya, kafe ini memang menonjolkan permainan papan sebagai daya tarik utama untuk menggaet pengunjung. Ditambah lagi, hampir semua kalangan suka bermain game, salah satunya adalah permainan papan alias game board.

Karena memang bisa dimainkan oleh hampir semua kalangan usia. Bisa dibilang, kafe jenis ini dikhususkan untuk para penggemar permainan board game. Meski tak menutup kemungkinan untuk pengunjung yang lain, namun fokus utamanya tetap pada pencinta board game.

Pangsa pasar dari kafe board game bukan hanya fokus dengan para penggemar game saja. Akan tetapi lebih luas lagi, seperti pangsa keluarga, komunitas dan sebagainya, sehingga kemungkinan jangkauannya menjadi lebih luas, tidak terpaku pada satu fokus saja.

Tertarik menjalankan bisnis kafe bertema board game, tapi bingung mau mulai dari mana? Simak tips mudah berikut selengkapnya seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Memiliki Minat pada Permainan Papan (Board Game)

Kunci pertama dan paling penting sebelum berencana membuka bisnis adalah minat dan ketertarikan terhadap apa yang akan dikembangkan. Dalam hal ini adalah board game sebagai ikon yang akan menarik calon pelanggan.

Sebab tanpa minat, seseorang cenderung kurang begitu peduli dan asal-asalan dalam mengerjakan sesuatu, begitu pun sebaliknya. Karenanya, penting untuk memiliki minat yang memang sesuai.

2. Melakukan Riset

Setelah minat sudah benar-benar dimiliki, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan sejumlah riset. Mulai dari melakukan riset terkait target market, bagaimana minat dan respon audiens hingga perkembangan kompetitor.

Ini menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan ketika membuka bisnis kafe board game. Sebab, dari riset yang dilakukan akan memberikan gambaran apakah bisnis tersebut menarik dan potensial untuk dikembangkan atau tidak.

3. Persiapan Modal

Bukan hanya sekedar bisa menguasai bidang dan punya minat saja, bisnis kafe board game tentunya juga memerlukan modal. Nantinya, modal akan digunakan untuk membiayai beberapa hal untuk memulai bisnisnya.

Seperti alokasi dana untuk sewa tempat, desain kafe, beli perlengkapan interior, peralatan F&B, dan tentunya membeli sejumlah board game sebagai pelengkap. Umumnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis kafe board game ini modal awal yang dibutuhkan kurang lebih Rp 600 jutaan.

4. Pemilihan Lokasi

Selanjutnya, faktor penting yang harus dipikirkan untuk memulai bisnis adalah lokasinya. Ada sejumlah indikator yang perlu dilihat dari sebuah tempat bisa digunakan untuk lokasi bisnis.

Hal pertama dilihat dari seberapa besar tingkat keramaian lokasi. Misalnya, di dalam sebuah kompleks perumahan akan berbeda tingkat keramaiannya dengan lokasi di pinggir jalan dekat kampus atau sekolah.

Pastikan, lokasi yang dipilih sesuai dengan target market yang memang dibidik agar semakin dilirik calon pelanggan.

Selanjutnya, pahami kebiasaan masyarakat di sekitar saat bermain game, ada tidaknya komunitas game dan tempat yang berada di area yang dekat dengan sekolah, kampus dan lain sebagainya.

Lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis, jadi jangan sampai salah pilih tempat untuk memulai bisnis, ya.

Baca juga: Kiat Sukses Membangun Usaha Kafe dengan Modal Minim

5. Perbanyak Koleksi

Sesuai konsepnya, maka kafe board game juga harus punya berbagai koleksi permainan papan alias board game. Karena memang ini menjadi fokus utama untuk menarik calon pelanggan.

Jadi pastikan, kafe menyediakan berbagai board game dalam berbagai jenis. Mulai dari children game, family game, classic game hingga strategy game. Supaya, dari anak-anak sampai orang dewasa bisa memainkannya dan betah berlama-lama di kafe.

Jika diperlukan, menyiapkan master game akan sangat membantu. Terutama bagi pengunjung yang tertarik, tapi belum tahu cara permainannya.

6. Tambahkan Menu Makanan dan Minuman yang Banyak Disukai

Selain menikmati suasana dan permainan papan, tak sedikit pengunjung yang memang datang untuk menikmati sajian yang ditawarkan. Meski mengandalkan konsep board game, pastikan jangan lupa untuk memanjakan pengunjung yang datang dengan menu-menu spesial.

Buat menu yang otentik, menarik, dan tentunya enak, serta bisa dinikmati siapa saja. Sehingga, mereka yang datang akan semakin betah berlama-lama di kafe atau bahkan memanggil semua teman-temannya untuk datang.

Namun, karena konsep kafenya memang untuk mewadahi para penggemar board game untuk bermain. Maka sebaiknya pilih menu makanan yang ringan dan simpel.

7. Lakukan Promosi dengan Tepat

Saat ini, promosi bisa dilakukan dengan mudah dan efektif, salah satunya dengan menggunakan sosial media. Misalnya dengan membuat akun khusus untuk kafe board game tersebut.

Nantinya, akun tersebut bisa digunakan untuk mengunggah keseharian kafe dan memberikan informasi menarik, seperti promo yang sedang berlangsung.

Selain itu, ajak komunitas untuk memainkan board game bersama, hingga mengadakan turnamen untuk menarik minat dan perhatian calon pelanggan baru.