Mengenal Air Aki dan Kisaran Harganya di Pasaran

Air aki tentu bukan lagi sesuatu yang baru bagi para pemilik kendaraan, baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Air aki adalah cairan peredam yang terdapat di dalam baterai aki basah, sehingga baterai bisa bekerja dengan baik pada kendaraan. 

Jika melihat penjelasan di atas, maka sudah jelas air aki mobil maupun jenis air aki lainnya tidak akan ditemukan dalam jenis baterai kering. Baterai kering tidak akan menggunakan air aki sama sekali, sebab mekanisme baterai ini bisa bekerja dengan baik tanpa tambahan air aki. 

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Apa itu Air Aki?

loader

Air Aki

Sebelum membahas lebih jauh tentang harga air aki mobil dan juga harga air aki motor, ada baiknya untuk memahami dengan baik apa itu air aki terlebih dahulu. air aki merupakan cairan peredam sel yang digunakan pada baterai basah kendaraan. 

Sedangkan aki itu sendiri merupakan salah satu komponen yang penting di dalam sistem kelistrikan kendaraan. Pada dasarnya, terdapat dua jenis aki yang lazim digunakan pada kendaraan, yakni aki basah dan juga aki kering yang tidak membutuhkan air aki sama sekali. 

Aki akan berfungsi untuk melakukan penyimpanan dan juga penyaluran daya listrik kepada berbagai komponen yang terdapat di dalam kendaraan, sehingga masing-masing komponen ini bisa bekerja dengan baik dan membuat kendaraan berfungsi dengan semestinya. 

Daya listrik yang sudah tersalurkan ke berbagai komponen tersebut akan terisi kembali dengan otomatis, di mana pengisian tersebut biasanya dilakukan oleh salah satu komponen kelistrikan kendaraan, yakni alternator. Hal ini akan memungkinkan daya listrik selalu dalam kondisi yang stabil, sehingga risiko terjadinya korsleting bisa dihindari. 

Jika aki kering atau yang dikenal dengan aki MF (Maintenance Free) tidak memerlukan cairan untuk mekanismenya, maka aki basah justru sebaliknya. Aki basah akan memerlukan cairan untuk mendukung kinerjanya pada kendaraan, inilah yang menjadi fungsi utama air aki itu sendiri. 

Selain itu, perawatan kedua jenis aki ini juga akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Saat aki kering mengalami kerusakan, maka aki tersebut perlu diganti dengan yang baru. Namun jika aki basah yang mengalami kerusakan, maka aki tersebut masih bisa dirawat/ diperbaiki dengan cara mengganti cairannya saja. 

Jenis dan Fungsi Air Aki 

Pada dasarnya, air aki mobil dan juga air aki motor sama saja. Kedua kendaraan ini menggunakan air aki merah serta air aki biru. Harga air aki mobil dan harga air aki motor ini juga sama saja di pasaran. Namun jika ingin melakukan penggantian aki kendaraan, penting untuk memahami dan membeli jenis air aki yang tepat sejak awal. 

Berikut ini adalah 2 jenis air aki yang biasa digunakan pada kendaraan bermotor dan fungsinya:

Jenis Pengertian Fungsi
Air Aki Merah

Air Aki Merah ini dikenal juga dengan nama air zuur. Pada umumnya, air aki merah ini berwarna kuning, namun ada juga produsen yang mengeluarkannya dalam warna bening saja. Jenis yang satu ini disebut air aki merah, sebab label kemasan serta tutup botolnya juga berwarna merah, di mana hal tersebut menandakan cairan ini mengandung sifat asam yang kuat. 

Air aki zuur ini mengandung sifat elektrolit yang begitu kuat, sehingga perlu kehati-hatian yang tinggi. Jika kulit terkena cairan ini, bukan tidak mungkin akan terjadi iritasi atau masalah kulit lainnya. Hal yang sama juga bisa terjadi pada komponen kendaraan yang terkena air zuur ini.

Air aki mobil yang satu ini berfungsi untuk menyimpan listrik dan mendistribusikannya kepada sejumlah komponen kelistrikan yang terdapat pada kendaraan, agar berbagai komponen tersebut bisa bekerja dengan maksimal. 
Air Aki Biru

Air Aki yang satu ini juga dikenal dengan nama air suling. Ini merupakan cairan yang sudah melalui beberapa kali proses demineralisasi/ penyulingan, sehingga telah bebas dari kandungan mineral. Proses penyulingan ini dibutuhkan, karena mineral sendiri bersifat korosif dan bisa merusak aki. 

Harga air aki biru sendiri terbilang murah di pasaran. Sebagaimana namanya, air aki yang satu ini menggunakan label serta tutup botol berwarna biru, di mana hal tersebut menjadi penanda bahwa cairan ini tak berbahaya. 

Air aki mobil ini digunakan untuk menambah air aki, jika cairan aki sudah mulai habis/ mengering. Cairan ini juga akan berfungsi untuk meredam suhu pada baterai kendaraan, terutama ketika kendaraan digunakan untuk perjalanan yang panjang.

Perbedaan Air Aki Merah dengan Air Aki Biru 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara air aki merah dan air aki biru: 

Perbedaan Air Aki Merah Air Aki Biru
Kemasan Air aki merah menggunakan label dan juga tutup botol yang berwarna merah, di mana hal ini menandakan bahwa cairan tersebut berbahaya. Air aki biru menggunakan label dan tutup botol berwarna biru, yang menandakan cairan tersebut tidak berbahaya. 
Masa Pakai Masa pakai antara 1,5 hingga 2 tahun Air aki biru akan membutuhkan penggantian/ pengisian yang lebih sering.

Karakteristik

Air aki merah memiliki kandungan elektrolit serta asam sulfat, sehingga memiliki sifat korosif yang bisa menimbulkan kerusakan pada benda-benda tertentu. Air aki biru merupakan cairan yang sudah melalui proses penyulingan dan bebas mineral, sehingga cairan ini lebih aman ketika terkena pada area kulit.
Cara Penggunaan Digunakan ketika pertama kali melakukan pengisian air pada aki kendaraan. Digunakan setiap kali cairan aki sudah mengalami penyusutan/ berkurang.

Berapa Harga Air Aki? 

loader

Aki Mobil Berada Tepat Di Samping Mobil

Jika berniat untuk melakukan pembelian air aki, maka ada baiknya untuk mengetahui harga air aki mobil dan juga harga air aki motor terlebih dahulu, agar memiliki gambaran yang jelas. Pada dasarnya, harga air aki mobil dan juga harga air aki motor ini tergantung pada merek dan kapasitas air aki itu sendiri.

Berikut ini adalah kisaran harga beberapa air aki terkini yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

  • Yuasa Air Zuur 1 Liter Rp12.000,- 
  • Yuasa Air Accu 1 Liter Rp12.000,- 
  • Willbern Air Accu Rp11.000,- 
  • Cap Singa Air Accu 1 Liter Rp8.000,- 
  • Cap Singa Air Zuur 1 Liter Rp10.000,- 
  • RCA Air Accu 1 Liter Rp5.000,- 
  • RCA Air Zuur 1 Liter Rp6.000,- 
  • Fajar Air Accu 1 Liter Rp5.000,- 
  • NS Air Accu 1 Liter Rp7.000,- 
  • NS Air Zuur 1 Liter Rp8.000,-
  • PUMA Air Accu 1 Liter Rp8.000,-
  • PUMA Air Accu 20 Liter Rp85.000,-
  • PUMA Air Zuur 20 Liter Rp130.000,-
  • PUMA Air Zuur 1 Liter Rp8.000,- 

Gunakan Air Aki yang Tepat untuk Kendaraan 

Air aki adalah cairan yang penting untuk meredam suhu yang terdapat pada baterai kendaraan. Cairan ini bisa ditemukan dalam dua varian yang berbeda, sehingga penting untuk memahami fungsi keduanya. Gunakan air aki yang tepat pada baterai, agar komponen tersebut bisa bekerja dengan baik pada kendaraan. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi aki untuk memastikan komponen-komponen listrik dalam mobil dapat berfungsi.