Asuransi Keluarga: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Senantiasa diberkati kesehatan pada seluruh anggota keluarga merupakan anugerah terbesar yang bisa dimiliki oleh seseorang. Sayangnya, tak sedikit dari kamu yang seringkali terlupa akan hal tersebut dan tak begitu memerhatikan kondisi kesehatan. Baru saat penyakit menyerang, kamu menyadari bahwa kesehatan memiliki harga yang mahal.

Tidak secara figuratif, faktanya, biaya kesehatan semakin hari memang semakin tinggi dan memunculkan kekhawatiran. Karena itu, kamu perlu menyiapkan proteksi sedini mungkin agar saat masalah kesehatan benar-benar muncul, finansial tidak sampai kewalahan mengatasinya.

Salah satu cara agar kesehatan keluarga terjamin adalah melalui asuransi keluarga. Saat ini, produk asuransi kesehatan keluarga sudah cukup banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Namun, karena hal tersebut pula masyarakat kerap merasa bingung bagaimana cara memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhannya.

Tak perlu khawatir, Cermati telah merangkum segala informasi penting tentang asuransi keluarga. Berikut adalah informasinya.

Baca Juga: Hemat dan Praktis, Ini Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Keluarga 

Pengertian Asuransi Keluarga

loader

Apa Itu Asuransi Keluarga?

Asuransi keluarga adalah jenis produk asuransi yang khusus dirancang untuk melindungi setiap anggota keluarga terhadap berbagai risiko kesehatan pada satu polis. Karena itu, produk asuransi ini bisa menjadi pilihan praktis dan tepat daripada menyiapkan asuransi kesehatan sendiri-sendiri terhadap setiap anggota keluarga. 

Pada dasarnya, asuransi kesehatan keluarga mampu memberikan perlindungan terhadap 5 anggota keluarga, antara lain, tertanggung utama atau ayah dan ibu, serta tertanggung anak. Meski begitu, karena persaingan perusahaan asuransi yang begitu ketat, tak jarang kamu bisa mendapatkan tawaran produk asuransi keluarga dengan cakupan tertanggung tambahan atau lainnya.

Apa Saja Keuntungan Memiliki Asuransi Keluarga?

  1. Proteksi Kesehatan Tepat Guna pada Setiap Anggota Keluarga

    Saat memiliki asuransi keluarga, nasabah bisa memilih layanan rumah sakit sampai dokter dengan lebih leluasa. Jika dibandingkan dengan BPJS Kesehatan atau tunjangan kesehatan kantor, asuransi keluarga terbaik mampu memberikan perlindungan yang lebih lengkap serta sesuai dengan kebutuhan keluarga. Selain itu, prosedurnya juga lebih simpel sehingga tindakan medis bisa segera didapatkan tanpa menimbulkan berbagai risiko fatal yang tak perlu. 

  2. Premi Lebih Terjangkau

    Karena langsung memberikan perlindungan terhadap banyak orang sekaligus, umumnya premi asuransi keluarga akan lebih murah. Biaya administrasi pada produk asuransi ini pun relatif lebih kecil, namun tetap bisa memberikan manfaat perlindungan yang optimal kepada seluruh anggota keluarga.

  3. Melengkapi Fasilitas Kesehatan yang Bisa Didapatkan

    Asuransi keluarga dapat berperan untuk menutup protection gap pada fasilitas kesehatan yang mungkin didapatkan. Sebagai contoh, proteksi kesehatan yang tak dijamin oleh BPJS Kesehatan bisa dipersiapkan melalui asuransi ini. 

  4. Dapat Menyesuaikan Manfaat dengan Kemampuan dan Kebutuhan

    Setiap orang dan keluarga pasti memiliki kebutuhan proteksi kesehatan yang berbeda. Pada asuransi keluarga, nasabah mampu menyesuaikan perlindungan pada polisnya sesuai dengan kondisi keluarga. Misalnya, tambahan asuransi jiwa, nilai tunai, hingga pengembalian premi saat dibutuhkan di masa depan. 

  5. Mengamankan Tabungan Keluarga

    Dengan asuransi keluarga, kamu tidak perlu takut tabungan keluarga atau dana darurat terkuras habis untuk membayar tagihan rumah sakit. Hal ini karena asuransi keluarga akan menanggung pengeluaran tersebut asal sesuai dengan ketentuan pada polisnya. 

  6. Cocok Menjadi Pengendali Risiko 

    Masalah kesehatan adalah musibah yang bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Kekhawatiran akan masalah tersebut bisa dikendalikan dengan menyediakan asuransi keluarga. Jadi, kamu pun bisa lebih nyaman dan aman menjalani hari karena perlindungan kesehatan keluarga telah terjamin.

Manfaat yang Dijamin Asuransi Keluarga

  1. Proteksi Harian pada Perawatan Rumah Sakit

    Asuransi kesehatan keluarga terbaik akan memberikan proteksi harian pada perawatan rumah sakit jika tertanggung perlu menjalaninya, baik itu karena kecelakaan atau penyakit. Nominal manfaat disesuaikan dengan uang pertanggungan yang sudah dipilih.

  2. Proteksi Harian pada Perawatan ICU

    Manfaat ini akan diberikan jika pihak tertanggung mengalami kecelakaan atau sakit. Nominal manfaat hariannya juga disesuaikan dengan jumlah uang pertanggungan yang sudah dipilih. 

  3. Rawat Jalan Pasca Perawatan

    Kamu juga bisa mendapatkan perlindungan rawat jalan saat didiagnosis dengan penyakit yang berkaitan dengan perawatan medis sebelumnya. Biasanya, manfaat ini dibayarkan sesuai jumlah tagihan sampai mencapai limit maksimal.

  4. Proteksi Pembedahan

    Kamu juga bisa mendapatkan perlindungan rawat jalan saat didiagnosis dengan penyakit yang berkaitan dengan perawatan medis sebelumnya. Biasanya, manfaat ini dibayarkan sesuai jumlah tagihan sampai mencapai limit maksimal.

  5. Home & Away Service Assistance

    Bentuk manfaat ini adalah layanan pendampingan serta bantuan pada tertanggung. Baik saat ada di rumah atau melakukan konsultasi medis, rujukan, evaluasi, evakuasi medis saat keadaan darurat, bantuan resep, repatriasi medis, pemulangan jenazah, dan sebagainya. 

  6. Pengembalian Premi

    Proteksi istimewa lain yang ditawarkan oleh asuransi keluarga adalah manfaat pengembalian premi sesuai persentase serta kurun waktu yang telah ditentukan. Pengembalian premi ini bisa dilakukan baik ketika sudah pernah mengajukan klaim maupun tidak. 

  7. Bentuk Pembayaran Simpel

    Pembayaran pertanggungan pada asuransi keluarga ini ditawarkan dalam 2 bentuk, yakni reimbursement dan cashless. Nasabah bisa menentukan sendiri bentuk pembayaran mana yang lebih cocok dan sesuai kebutuhan. 

Baca Juga: 10 Produk Asuransi yang Mesti Keluarga Anda Gunakan

Batas Usia Pengajuan Asuransi Keluarga

Di setiap produk asuransi keluarga, batas usia pengajuannya bervariasi, tergantung dari kebijakan dan jenis produk yang dipilih. Meski begitu, terdapat acuan terkait rata-rata batas umur pengajuan asuransi keluarga dari yang terendah hingga tertinggi. 

Pada pihak tertanggung utama, usia minimal adalah 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Sedangkan untuk pasangan dan anggota keluarga lain, batas usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 60 tahun. Terakhir, untuk anak, batas usianya adalah 15 hari sampai 18 tahun bagi pelajar. 

Dari batas umur tersebut, kebanyakan perusahaan asuransi tawarkan masa perlindungan yang bisa diperpanjang sampai usia 70 hingga 85 tahun, bagi peserta utama dan pasangannya. Sementara bagi tertanggung anak, perpanjangan proteksi bisa dilakukan hingga usia 23 tahun. 

Tips Memilih Asuransi Keluarga Terbaik

loader

Tips Memilih Asuransi Keluarga Terbaik

Memilih asuransi keluarga terbaik tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

  1. Utamakan Klaim Cashless

    Dengan sistem klaim cashless, kamu hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi untuk mendapatkan perlindungan yang diperlukan di rumah sakit. Berbeda dengan sistem reimbursement yang mengharuskan nasabah untuk menalangi biaya pengobatan terlebih dulu baru nantinya mengajukan ganti rugi pada perusahaan asuransi.

  2. Cari Tahu Jaringan Mitra Rumah Sakit

    Jaringan mitra rumah sakit yang luas akan memudahkan nasabah agar bisa mendapatkan manfaat asuransi. Selain itu, pastikan bahwa kualitasnya terjamin dan lokasinya tidak jauh dari tempatmu tinggal. 

  3. Pilih Asuransi Keluarga Murni

    Memilih asuransi keluarga murni dapat menjamin perlindungan yang diberikannya optimal. Jika memilih asuransi keluarga dalam bentuk unit link, sebagian premi akan dialihkan pada instrumen investasi. Oleh karena itu, kamu perlu menjadikan proteksi asuransi keluarga sebagai prioritas, bukan pada aktivitas investasinya agar perlindungan yang diberikan maksimal.

  4. Prioritaskan Proteksi Rawat Inap

    Hal ini penting untuk dilakukan karena biaya rawat inap biasanya sangat masif. Baru saat perlindungan ini telah terjamin, kamu bisa menambah proteksi manfaat rawat jalan ketika mempunyai dana lebih untuk membayar preminya.

  5. Sesuaikan Premi dan Manfaat dengan Kebutuhan

    Siapa saja pasti ingin mendapatkan manfaat yang terbaik dari produk asuransi yang dipilihnya. Namun, tetap sesuaikan manfaatnya dengan kebutuhan agar tanggungan preminya menjadi lebih terjangkau. 

  6. Pilih yang Tak Memiliki Batas Per Perawatan

    Kebanyakan asuransi kesehatan keluarga ditawarkan dengan 2 jenis limit, yakni limit gabungan dan limit untuk per perawatan. Di antara keduanya, limit gabungan dirasa lebih menguntungkan karena nasabah terhindar dari adanya batasan biaya pada setiap tindakan medis oleh pihak rumah sakit. 

  7. Jangan Asal Ambil

    Tak sedikit produk asuransi yang ditawarkan via berbagai platform. Namun, dari mana pun kamu mendapatkan tawaran, pastikan untuk tak cepat tergoda dan cari tahu informasinya secara jelas lebih dulu. Jika masih ragu atau ada pertanyaan, minta kontak dari pihak yang menawarkan produk asuransi tersebut dan lakukan perbandingan dengan tawaran lainnya agar bisa mendapatkan layanan terbaik. 

Jamin Perlindungan Kesehatan Orang Tercinta dengan Asuransi Keluarga

Kesehatan dan umur panjang adalah harta paling berharga yang bisa dimiliki oleh seseorang. Untuk itu, agar kesehatan anggota keluarga terjamin, pastikan untuk memberikan perlindungan dari produk asuransi keluarga. 

Dengan begitu, saat masalah kesehatan menyerang, kamu tak lagi dibuat repot dengan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayar atau kesulitan mencari fasilitas kesehatan karena semuanya sudah terjamin oleh produk asuransi tersebut. 

Baca Juga: Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga