Full Service Broker, Jenis Pialang yang Tawarkan Layanan Terlengkap bagi Investor

Dalam berinvestasi, peran pialang berjangka luas dipahami oleh para investor dan pemilik modal sebagai badan usaha yang melakukan transaksi komoditas berdasar kontrak derivatif serta kontrak berjangka. Perusahaan pialang menarik sejumlah dana dan surat berharga tertentu untuk dijadikan jaminan maupun margin yang menjamin kegiatan transaksi. 

Sebagai komponen penting di dunia investasi, tahukah kamu jika ada banyak jenis perusahaan pialang berjangka dengan cakupan layanan yang berbeda? Salah satunya adalah full service broker, yaitu jenis perusahaan pialang berjangka yang cukup populer di kalangan investor karena kelengkapan dan kualitas layanan yang ditawarkannya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu full service broker, termasuk layanan yang ditawarkan, cara kerja, keunggulan dan kekurangan, serta berbagai hal penting seputarnya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Full Service Broker

loader

Jadi, apa yang dimaksud dengan full service broker? Pada dasarnya, full service broker adalah perusahaan broker berlisensi yang menyediakan berbagai jenis layanan khusus pada setiap kliennya. 

Layanan yang ditawarkan tersebut mencakup nasihat dan riset, perencanaan pensiun, tips pajak, dan investasi. Bahkan, klien broker jenis ini bisa mendapatkan akses pada saham IPO dan pasar internasional dengan lebih mudah.  

Tentunya, layanan yang ditawarkan oleh broker jenis ini memiliki tarif yang terbilang tinggi dibanding jenis broker lain. Oleh karena itu, pastikan jika segala layanan yang ditawarkan oleh full service broker sesuai dengan kebutuhan agar tidak terpaksa membayar biaya mahal tanpa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Dengan kelengkapan layanan yang ditawarkannya, tentu ada banyak alasan kenapa full service broker kerap dipilih oleh investor. Yang pertama adalah broker jenis ini bisa menyediakan keahliannya bagi orang yang tidak memiliki waktu untuk menanggapi masalah keuangannya, seperti perencanaan pajak dan properti. Tapi, bagi orang yang hanya membutuhkan layanan perdagangan atau investasi, discount broker jauh lebih ideal dipilih karena perbedaan tarif biayanya.   

Cara Kerja Full Service Broker

Layanan yang ditawarkan oleh full service broker mencakup dukungan dan interaksi untuk memfasilitasi perencanaan trading, keuangan, dan pengelolaan portofolio investasi. Selain itu, broker jenis ini juga menawarkan layanan manajemen kekayaan atau harta milik kliennya. Dalam menyediakan layanannya tersebut, setiap klien masing-masing akan memperoleh 1 penasihat keuangan ataupun stockbroker individu sehingga bisa lebih maksimal menyesuaikan kebutuhannya. 

Klien atau nasabah dari full service broker mendapatkan keuntungan berupa bantuan broker secara personal untuk mengatasi kebutuhan investasinya, baik untuk manajemen keuangan atau investasi. Mayoritas perusahaan broker ini menyediakan akses secara online dan platform trading yang berisi riset fundamental, eksekusi order, dan fitur analisis teknikal yang bisa dimanfaatkan para kliennya.  

Keunggulan dan Kekurangan Full Service Broker

Dengan cakupan layanan yang lengkap dan terpadu, ada banyak keunggulan yang ditawarkan oleh full service broker kepada para klien dan nasabahnya, antara lain:

  • Perusahaan yang menawarkan layanan full service broker memiliki departemen riset yang besar dan terjamin untuk menyediakan hasil analisis yang detail dan akurat sesuai kondisi kliennya. Dengan begitu, mereka bisa memberikan dasar rekomendasi yang optimal bagi setiap nasabahnya. 
  • Mereka juga memiliki divisi bank investasi yang bisa menyediakan akses pada klien investor terakreditasinya pada produk keuangan khusus, seperti IPO atau initial public offering, senior notes, instrumen utang, saham preferen, dan kesempatan investasi alternatif lainnya. 
  • Broker jenis ini juga sering kali memiliki serangkaian produk buatannya sendiri, seperti reksa dana, manajemen portofolio, asuransi, pinjaman, dan ETF.
  • Terdapat kantor fisik yang bisa diakses oleh klien untuk memenuhi kebutuhannya.

Sementara untuk kekurangan dari full service broker adalah sebagai berikut. 

  • Biaya yang dibebankan cenderung lebih mahal dari jenis broker lain.
  • Produk atau layanan yang ditawarkan tidak jarang juga memberi keuntungan secara langsung bagi perusahaannya
  • Risiko transparansi dan minimnya pengambilan keputusan sendiri oleh investor.

Biaya yang Dibebankan Full Service Broker

loader

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, full service broker membebankan biaya layanan yang bisa dibilang jauh lebih mahal dibanding jenis broker lain, khususnya discount broker. Pada dasarnya, penentuan biaya layanan pada full service broker tergantung dari hubungan klien dengan perusahaan yang bersangkutan. 

Tapi, umumnya, biaya yang dibebankan mencakup biaya transaksi saat trading dan biaya pengelolaan portofolio investasi dengan persentase tertentu. Dengan biaya yang lebih besar tersebut, klien bisa mendapatkan layanan dan atensi yang lebih menyeluruh sehingga mampu mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

Apakah Full Service Broker Layak Diambil Investor?

Sebagai layanan yang menawarkan paket komplit yang mampu memenuhi semua kebutuhan keuangan kliennya, full service broker tentu layak untuk diambil dengan beberapa catatan. Yang pertama, layanan dari jenis broker ini patut diambil jika kamu tidak bisa melakukan riset sendiri terhadap aktivitas investasi dan ingin lebih praktis. 

Alasan yang kedua, jika kamu memiliki nilai kekayaan yang besar dan ingin memiliki skenario investasi yang spesifik, cara singkat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan jasa full service broker. Biasanya, layanan broker ini dipilih oleh individu dengan nilai kekayaan tinggi yang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dari bunga dan dividen investasi saja. Selain itu, individu yang bersedia membayar mahal untuk layanan keuangan terlengkap dan komplit juga seringkali menjadikan broker ini sebagai pilihan. 

Jadi, Tertarik untuk Gunakan Layanan Full Service Broker?

Layanan yang lengkap, spesifik, dan terjamin dari full service broker memang bisa menjadi langkah praktis dalam mengelola kekayaan dan investasi sesuai kebutuhan, bahkan yang tak tersedia pada jenis broker lain. Tapi, agar bisa mendapatkan layanan tersebut, ada beban biaya cukup mahal yang harus dibayarkan. Nah, setelah memahami penjelasan di atas, apakah jasa yang ditawarkan oleh full service broker sesuai dengan kebutuhanmu?