Bersolek Sembari Tingkatkan Kekayaan, Ini 6 Keuntungan Investasi Emas Perhiasan

Sudah sejak lama emas dianggap sebagai aset bernilai tinggi dan digandrungi oleh banyak orang. Harganya yang cenderung mengalami kenaikan seiring waktu dan sifatnya yang likuid membuat tidak sedikit orang menjadikan logam mulia ini sebagai instrumen investasi. 

Tapi, bagaimana jika emas telah diolah menjadi produk perhiasan dan bukan emas batangan yang memiliki tingkat kemurnian tinggi? Apakah emas perhiasan masih tetap layak dan ideal dijadikan sebagai sarana investasi agar bisa memperoleh keuntungan dan meningkatkan kondisi keuangan di masa depan?

Jawabannya tentu saja emas perhiasan masih layak untuk dijadikan sebagai sarana investasi! Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan 6 keuntungan investasi emas perhiasan berikut ini.

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Keuntungan Investasi Emas Perhiasan

loader

Keuntungan Investasi Emas Perhiasan

1. Nilainya Masih Bisa Bertumbuh Seiring Waktu

Salah satu keuntungan investasi emas perhiasan adalah nilainya tetap bisa terus bertumbuh jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selayaknya emas batangan, emas perhiasan masih memiliki kandungan logam mulia tersebut sehingga nilainya akan terus bertambah tergantung dari pergerakan harga emas. 

Walaupun begitu, tergantung dari kadar kemurnian atau karat emas, kenaikan harga emas perhiasan tentu tidak setara dengan emas batangan atau emas murni. Hal ini dikarenakan emas perhiasan pasti sudah dicampur dengan jenis logam lain, seperti perak, tembaga, paladium, dan sebagainya yang nilainya tidak setinggi emas murni. 

Jadi, jangan khawatir jika membeli emas perhiasan akan membuat harganya terus menurun. Yang penting, pahami jika membeli produk emas jenis ini tidak akan memberi imbal hasil optimal selayaknya saat kamu berinvestasi dengan emas murni atau emas batangan. 

2. Harganya Terbilang Terjangkau dan Bisa Disesuaikan Budget

Bagi yang belum tahu, produk emas perhiasan memiliki kisaran harga yang cukup beragam dan mudah untuk disesuaikan dengan kondisi keuangan pembelinya. Misalnya, jika memiliki budget terbatas, kamu bisa membeli emas dengan kadar karat yang rendah karena pasti harganya lebih murah. 

Produk emas dengan kadar karat atau tingkat kemurnian yang rendah memiliki kandungan emas yang lebih sedikit. Sebagai contoh, untuk emas 9 karat, kandungan emas murninya adalah sekitar 37,5 persen dan sisanya adalah campuran logam lain seperti perak, tembaga, paladium, dan sebagainya. 

Karena memiliki lebih banyak kombinasi logam lain, perhiasan emas dengan kadar 9 karat tersebut dibanderol dengan harga jauh lebih rendah dibanding emas murni dan mudah dijangkau. Meski begitu, jika membandingkan emas batangan dan emas perhiasan dengan kadar karat setara, bisa jadi harga emas perhiasan lebih mahal. Alasannya karena terdapat biaya produksi dan desain untuk membuat emas perhiasan. 

3. Tergolong Aset Guna dengan Peluang Kenaikan Nilai

Pada dasarnya, emas perhiasan memang kurang optimal jika dijadikan sebagai aset investasi dibanding emas batangan dan lebih termasuk ke golongan aset guna. Meski begitu, tak menutup fakta jika harga emas perhiasan juga memiliki peluang kenaikan seiring waktu jika terus disimpan oleh pemiliknya dalam jangka panjang. 

Jadi, kalaupun berniat untuk membelinya sekaligus sebagai aksesoris, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan investasi emas perhiasan. Dalam catatan, jangan berharap pertumbuhan nilainya akan setinggi investasi emas batangan.

4. Bisa Dibeli atau Dijual di Banyak Tempat

Keuntungan investasi emas perhiasan lainnya adalah aset ini bisa dengan mudah dibeli atau dijual di toko emas terdekat. Hampir di semua kota di Indonesia pasti mempunyai toko emas yang memperjualbelikan emas perhiasan. 

Hal ini dikarenakan jual beli emas memang menjadi salah satu ladang bisnis yang menjanjikan dan hampir tidak pernah sepi peminat. Untuk itu, jika ingin investasi emas perhiasan, kamu tidak perlu repot mencari tempat untuk membeli atau menjualnya. Yang terpenting, pastikan legalitas dan kredibilitas tempat atau toko emas agar terhindar dari risiko penipuan. 

5. Menawarkan Banyak Model dan Kegunaan

Alasan lain kenapa investasi emas perhiasan menguntungkan adalah ada banyak jenis produk dengan model berbeda yang bisa kamu pilih, mulai dari kalung, cincin, gelang, hingga anting. Sehingga, ketika memiliki tujuan investasi sekaligus mempunyai aksesoris mewah, membeli emas perhiasan ini tentu cocok dijadikan pilihan. 

Di samping itu, bagi kamu yang berencana untuk menikah atau memberikan hadiah istimewa kepada pasangan, emas perhiasan ini tentu bisa menjadi pilihan yang bijak. Alasannya karena perhiasan emas memiliki kesan yang mewah dan romantis, serta nilainya berpeluang terus meningkat seiring waktu. 

6. Cara Bijak Bersolek Sambil Berinvestasi

Keuntungan investasi emas perhiasan yang terakhir adalah kerap dijadikan sebagai cara bijak untuk bersolek dan mempercantik diri, sembari memberi kesempatan untuk berinvestasi. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, logam mulia ini bisa memancarkan kesan mewah dan mampu menunjukkan kekayaan pemiliknya kepada siapa saja yang melihat. 

Terlebih jika dijadikan sebagai perhiasan, nilai emas tersebut akan berlipat ganda. Hal ini tentu saja bisa menjadikan emas perhiasan sebagai aset guna yang tak pernah gagal untuk mempersolek diri. Nilai emas sebagai instrumen investasi pun tidak akan hilang dan nilainya bisa terus berkembang dalam jangka panjang asal kamu bisa merawat kondisinya serta menghindari risiko kehilangan.

Ambil Keputusan Investasi Emas Perhiasan Sesuai Kebutuhan dan Tujuan

Dibanding emas batangan, keuntungan investasi emas perhiasan memang lebih rendah dan kurang optimal. Meski begitu, jika kamu ingin menggunakannya sebagai aksesoris untuk mempersolek diri, membeli emas perhiasan tentu menjadi pilihan yang tepat. Yang penting, sesuaikan keputusan untuk investasi emas perhiasan ini dengan kebutuhan dan tujuanmu agar tidak menyesal ke depannya.