Tentang Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil bekas adalahj sebuah layananan pembiayaan yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan untuk para pemohon kredit atau nasabah yang ingin membeli mobil bekas dengan cepat dan mudah. Kebutuhan masyarakat akan mobil pribadi semakin meningkat tiap harinya, maka untuk mendapatkan sebuah kendaraan pribadi dengan harga yang terjangkau banyak orang yang memilih mengambil kredit mobil bekas sebagai alternatif dibandingkan dengan kredit mobil baru. Dengan menggunakan fasilitas kredit mobil bekas, Anda dapat memperoleh program pembiayaan mobil bekas dengan suku bunga yang ringan dan tenor pengembalian yang cukup lama yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam pembiayaan kredit mobil bekas, Anda dapat memilih lembaga pembiayaan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pembiayaan yang diberikan bisa berasal dari bank atau berbagai lembaga keuangan lainnya seperti multifinance. Jumlah pembiayaan ini kemudian akan dihitung sebagai pinjaman sesuai dengan harga mobil yang akan Anda beli. Pembayaran pinjaman dana tersebut nantinya akan dilakukan dengan sistem angsuran/cicilan per bulan seperti cicilan kredit motor, KTA, KMG, atau KPR sesuai dengan suku bunga dan kebijakan yang berlaku pada produk tersebut.

Cermati.com bekerjasama dengan berbagai bank dan lemabaga keuangan ternama untuk menyediakan produk kredit mobil bekas terbaik seperti:

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan beli bekas:

  • Harga Mobil yang Jauh Lebih Murah:
    Salah satu alasan terpentung mengapa banyak orang memilih membeli mobil bekas adalah karena harga mobil yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru. Ditambah lagi, dengan adanya faktor penyusutan nilai barang secara berkala semakin membuat harga mobil baru turun sangat jauh ketika akan dijual kembali. Akan tetapi, mobil bekas memiliki standar harga jual dengan nilai penyusustan yang lebih rendah sehingga banyak orang mempertimbangkan membeli mobil bekas dibandingkan mobil baru.
  • Membeli Mobil karena Fitur yang Ditawarkan:
    Terkadang salah satu alasan mengapa orang membeli sebuah mobil bekas karena fitur yang terdapat pada mobil bekas tersebut sesuai dengan fitur yang dicari. Setiap orang pasti memiliki kriteria tersendiri akan mobil idamannya masing-masing, namun tidak jarang harga mobil tergolong cukup mahal. Dengan membeli mobil bekas, Anda dapat memilih spesifikasi mobil yang diinginkan secara khusus sesuai dengan kriteria yang diinginkan yang tentu saja dapat dibeli dengan harga terjangkau.
    Setiap tahun brand-brand otomotif ternama selalu meluncurkan atau merilis berbagai mobil baru dengan fitur dan spesifikasi yang lebih baik dari versi pendahulunya. Maka artinya, harga mobil bekas yang tersedia di pasaran semakin terjangkau karena perkembangan mobil baru yang semakin pesat. Artinya, selain harga yang semakin terjangkau jenis mobil yang tersedia akan semakin banyak dan memudahkan konsumen yang ingin mengajukan kredit mobil bekas.
  • Tersedianya Kredit Mobil Secara Online:
    Dengan tersedianya banyak program perbankan untuk kredit mobil bekas, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan nilai pinjaman dari bank yang diinginkan. Selain itu, dengan melakukan pengajuan kredit mobil bekas secara online Anda bisa mendapatkan suku bunga yang lebih ringan dan melalui proses atau persyaratan yang lebih mudah. Belum lagi, tenor cicilan yang ditawarkan juga memiliki jangka waktu yang cukup lama sehingga cicilan per bulan yang harus dibayarkan tidak memberatkan sang pemohon kredit.
  • Biaya Bulanan yang Lebih Murah:
    Memiliki mobil baru tentu untuk premi asuransi yang harus dibayarkan akan semakin besar. Selain itu, mobil keluaran terbaru juga wajib menggunakan bahan bakar non subsidi dari pemerintah yang tentunya akan menyebabkan pembengkakan ongkos bahan bakar per bulan bila sering digunakan dibandingkan dengan mobil bekas.
  • Depresiasi Harga Secara Berkala: Rata-rata harga mobil mengalami penurunan sekitar 15-25% per tahun selama 5 tahun sejak awal pembeliannya. Oleh karena itu daripada membeli mobil baru, lebih baik Anda mempertimbangkan membeli mobil bekas yang berumur lebih dari 5 tahun. Selain harganya yang lebih murah, depresiasi yang terjadi juga tidak sebesar mobil baru.
  • Suku bunga kredit mobil yang kompetitif
  • Proses pengajuan kredit yang cepat dan mudah
  • Tenor atau jangka waktu pelunasan hingga cukup lama hingga 5 tahun
  • Jumlah Pembiayaan Mencapai Ratusan Juta Rupiah
  • Mobil dapat digunakan meskipun pembayaran belum lunas
  • Jaminan asuransi terhadap mobil bekas yang dikreditkan
Selain alasan-alasan diatas,harga mobil juga mengalami kenaikan setiap tahun yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan harga tersebut adalah nilai tukar atau kurs mata uang, ongkos produksi, inflasi, dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Sehingga jika Anda membeli mobil bekas apalagi secara kredit Anda bisa menikmati mobil tersebut secara berkala tanpa mengurang

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas secara kredit ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti:

  • Pilih Mobil yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan Anda:
    Anda perlu bandingkan mobil bekas apa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan bahwa jenis mobil yang Anda pilih sesuai dengan dana yang akan Anda keluarkan sehingga Anda tidak susah payah mencari dana tambahan untuk membayar cicilan mobil tersebut setiap bulannya. Kumpulkan juga berbagai informasi mengenai mobil jenis lain di keuntunganmobilbekas harga yang sama agar semakin memudahkan Anda untuk memilih mobil bekas yang tepat.
  • Jangan Melakukan Pembelian di Sembarang Tempat:
    Anda perlu menghindari membeli mobil di sembarang tempat karena bisa mendatangkan risiko kerugian dalam jangka panjang. Pilihlah situs pengajuan online yang terpercaya dan memiliki track record yang meyakinkan. Pastikan juga showroom atau dealer yang bekerjasama dengan bank tempat Anda mengajukan kredit mobil memiliki stok mobil yang Anda.
  • Jangan Melakukan Pengajuan Secara Terburu-Buru:
    Anda harus memiliki kontrol diri ketika berencana membeli sebuah mobil bekas. Artinya, Anda perlu lebih teliti dan membandingkan produk kredit yang paling tepat sebelum Anda memilih mobil bekas yang Anda inginkan.
  • Cek Kondisi Keseluruhan Mobil:
    Jangan sampai lupa untuk mengecek kondisi mobil bekas yang Anda beli secara keseluruhan. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam memeriksa kondisi mobil, Anda bisa meminta saudara atau kerabat dekat Anda yang lebih paham untuk membantu Anda mengecek kondisi mobil bekas tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa mengajak seorang montir yang benar-benar ahli dan tentunya bisa dipercaya agar Anda tidak salah pilih.
  • Cek Kelengkapan Dokumen Kendaraan:
    Setelah Anda mengecek kondisi mobil, melakukan pengecekan kelengkapan dokumen kendaraan yang Anda beli. Pastikan dokumen mobil bekas yang Anda terima lengkap baik secara hukum maupun secara teknis agar mobil tersebut bisa dipertanggungjawabkan suatu hari nanti bila dibutuhkan

Untuk mengajukan kredit mobil baru ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (ketika kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan berbeda di setiap daerah)

Untuk mengajukan kredit mobil baru ada beberapa syarat yang perlu Anda perhatikan. Syarat-syarat tersebut antara lain adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (ketika kredit lunas)
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (kebijakan berbeda di setiap daerah)

Pihak pembiayaan membutuhkan bukti otentik mengenai data calon nasabahnya. Untuk itu mereka akan meminta beberapa dokumen sebagai syarat pengajuan. Beberapa dokumen tersebut antara lain adalah:

Dokumen/Jenis Pekerjaan

Karyawan

Wirausaha

Profesional

Fotokopi KTP/KITAS*

     

Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT) 

     

Fotokopi Rekening Tabungan (3 bln terakhir)

     

Fotokopi Surat Izin Profesi

     

NPWP

     

Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP