Ternyata, Honda tak hanya menjajal pangsa pasar kendaraan roda dua saja, Honda telah lama pula menduduki posisi penting sebagai salah satu produsen kendaraan roda empat yang terlari di Indonesia. Dalam menciptakan kendaraan roda empat, Honda juga tidak ketinggalan zaman dan tak mau kalah dengan produsen – produsen terbaik lainnya seperti Daihatsu, Toyota, Suzuki, Mitsubishi dan lain sebagainya. Beberapa tahun yang lalu trend mobil ramah lingkungan sedang ramai di bicarakan di Indonesia. Seperti pembahasan kita sebelum nya, pada Review Daihatsu Ayla kita telah mengetahui bahwa mobil dengan konsep Low Cost Green Car (LCGC) merupakan city car yang membuat para pecinta otomotif jatuh hati. Meskipun pada awal peluncuran mobil LCGC ini mendapatkan sambutan yang kurang baik, akan tetapi beberapa bulan kemudian mobil LCGC menjadi trend pada dunia otomotif Indonesia.

Sepertinya Honda tak ingin kalah dengan para kompetitor lainnya, melalui PT. Honda Prospect Motor (HPM), Honda memperkenalkan mobil LCGC miliknya pada tahun 2013 lalu yaitu Honda Brio. Kehadiran Honda Brio yang di dahului oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla tak menggegerkan nyali Honda dalam merebut pangsa pasar mobil LCGC. Sebagai mobil LCGC, Honda Brio tampil lebih fresh, sporty, minimalis serta tak kalah dengan para kompetitor lainnya. Terlebih lagi Honda Brio memiliki karakter khusus ala anak muda zaman sekarang. Hal ini dapat di lihat dari bagian eksterior Honda Brio yang di desain dengan bentuk body meruncing ke arah depan serta dipadukan dengan fascia beraksen mewah. Selain itu, Honda Brio juga semakin diminati anak – anak muda Indonesia berkat dukungan mesin yang tangguh ala anak muda banget serta desain interior yang stylish serta memberikan kenyamanan lebih kepada para pengguna. Baiklah, agar kita lebih mengenal mobil LCGC milik Honda ini telah kami sediakan review Honda Brio di bawah ini.

Desain Honda Brio

Desain Honda Brio Desain Honda Brio 

Di lihat dari segi fisik, sebagai mobil LCGC Honda Brio memang tampil mungil dengan panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm. Dengan dimensi yang pas ini, Honda Brio tampil lebih kompak dan tidak goyah di terjang angin. Fisik milik Honda Brio ini dapat dikatakan sangat minimalis namun tetap stylish berkat desain headlight multireflektor 3D yang di desain dengan ukuran lebih lebar sehingga pencahayaan yang dihasilkan pun semakin maksimal. Di bagian depan mobil juga terdapat fascia yang di desain dengan bentuk seperti sabuk dan di taburi dengan warna chrome sehingga karakter mobil ini semakin tajam dan agresif. Tak hanya itu saja, pada bagian tengah frame fascia ini terdapat emblem logo Honda sebagai ciri khas mobil Honda ini. sedangkan pada bagian foglamp, Honda Brio telah disematkan foglamp berukuran kecil tanpa bingkai sama sekali. Foglamp milik Honda Brio ini memberikan sinar penerangan yang cukup baik di malam hari. Untuk melindungi bagian radiator, Honda Brio menggunakan Front Bumper yang berukuran cukup besar baginya serta memiliki cover yang di bangun dengan bahan fiberglass dengan aksen berwarna hitam sehingga tampilan mobil LCGC Honda ini semakin menarik.

Desain Honda Brio Desain Honda Brio

Sekarang kita ubah pandangan ke bagian samping body mobil. Honda Brio tak banyak memberikan kesitimewaan pada bagian samping mobil ini. Desain body samping Honda Brio cenderung polos tanpa lekukan yang berarti. Meskipun demikian, tampilan body samping mobil LCGC ini terlihat minimalis. Sedangkan pada bagian belakang mobil terdapat bumper with chrome garnish yang menjadikan mobil ini lebih istimewa ketimbang kompetitornya. Desain Stop lamp yang di letakkan pada sudut terluar body belakang semakin memperkental aura sporty mobil ini. Dan yang terakhir spoiler milik Honda Brio ini di desain dengan Tail Gate yang lebih stylish dan modern. Secara keseluruhan, tampilan eksterior Honda Brio sangat sporty, stylish, minimalis dan modern sehingga sangat cocok bagi kaula muda Indonesia.

Interior Honda Brio

Interior Honda Brio

Sekarang kita akan meraba bagian ruang kabin Honda Brio. Mobil LCGC ini memiliki desain interior yang minimalis namun tetap fungsional berkat fitur – fitur yang di tawarkan meskipun tidak begitu banyak. Hal ini cukup kita maklumi karena pada umumnya setiap mobil LCGC tidak menawarkan fungsi mewah pada interior dengan fitur – fitur super canggih mengingat mobil ini di banderol dengan harga yang cukup terjangkau. Secara keseluruhan, desain interior Honda Brio tampil dengan ruang kabin yang cukup luas. Pertama – tama pada bagian dashboard. Pada bagian ini terdapat panel – panel instrumen seperti audio system, USB port, dan AC yang terletak pada bagian tengah dashboard. Fitur – fitur tersebut cukup memberikan kualitas kenyamanan yang standar dalam berkendaraa. Sama halnya dengan bagian dashboard yang terdapat di depan kursi kemudi. Bagian ini hanya terlihat polos tanpa panel – panel instrument lainnya.

Sekarang kita pindahkan pandangan kebagain belakang tepatnya pada jok baris ke dua. Jok mobil LCGC Honda ini telah menggunakan material yang cukup baik serta empuk di gunakan. Pada bagian ini seluruh jok telah di sediakan seatbelt yang menjamin keselamatan para penumpang. Sedangkan pada bagian bagasi, Honda Brio memiliki bagasi dengan ukuran yang lebih kecil daripada mobil LCGC sekelasnya. Terlebih lagi sangat di sayangkan sekali jok baris kedua Honda Brio tidak dapat di lipat sehingga ruang penyimpanan mobil ini tidak dapat di tambahkan lagi. Akan tetapi, secara keseluruhan menilai dari kualitas interior yang di tawarkan serta material yang di gunakan, kita tidak bisa menganggap remeh city car milik Honda ini.

Warna Honda Brio

Warna Honda Brio

Kini Honda Brio tersedia dalam 6 pilihan warna yang siap mewarnai hidup mu. Pilihan warna yang dapat dipilih untuk Honda Brio adalah sebagai berikut :

  • Alabaster Silver Metallic
  • Crystal Black Pearl
  • Polished Metal Metallic
  • Racing Red
  • Sunset Orange
  • Taffeta White

Fitur Honda Brio

Fitur Honda Brio Fitur Honda Brio

Berbeda dengan mobil LCGC lainnya, Honda Brio memiliki fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih. Seperti yang telah kita bahas pada ulasan Review Daihatsu Ayla yang lalu, pada tipe terendah dari Daihatsu Ayla tidak terdapat fitur keselamatan yang paling penting berupan SRS Airbags. Tetapi, Honda lebih mengerti kebutuhan pengguna akan keselamatan tinggi. Pada setiap tipe Honda Brio telah di sediakan fitur keselamatan berupa rangka yang mengusung teknologi terbaru Honda yaitu Body G-CON + ACE dengan struktur rangka ini dapat memberikan perlindungan lebih kepada pengemudi maupun penumpang yang berada di dalam ketika terjadi benturan yang sangat keras sekalipun. Selain itu, fitur keselamatan lainnya yang terdapat pada mobil Honda Brio adalah Side Impact Beam, Pedestrian Protection, Dual SRS Airbags, Wave Key, Keyless Entry Immobilizer hingga Alarm System. Dengan fitur keselamatan yang lengkap ini menjadikan Honda sebagai pemenang dalam menjamin keselamatan pengguna.

Fitur Honda Brio Fitur Honda Brio

Sedangkan fitur kenyamanan yang terdapat pada mobil LCGC Honda ini terbilang cukup lengkap. Untuk meningkatkan kenyamanan bagi penumpang maupun pengemudi, Honda telah melengkapi city car miliknya ini dengan fitur multimedia berupa Single Disc, MP3/WMA, Audio System 2 DIN AM/FM, AUX, USB Port, Made of iPod hingga Rear & Front Speaker. Fitur – fitur ini dapat di gunakan sebagai hiburan selama perjalanan. Dan yang terakhir Honda Brio juga telah menyematkan sistem stabilitas kendaraan berupa EPS dan panel Eco Indicator. Panel ini dapat memberikan informasi yang lebih mendetil setiap saat sehingga pengemudi merasa nyaman dalam mengendarai kendaraan LCGC ini.

Fitur Honda Brio

Tipe / Jenis Honda Brio

Hingga saat ini, Honda Brio hadir dalam 6 tipe yaitu tipe Satya A, Satya S, Satya E, S, E, dan Sport. Dari setiap tipe memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan antara semua tipe terlihat pada warna interior dimana tipe Satya A, Satya S, dan S hanya mengusung 1 konsep warna sedangkan tipe Satya E, E, dan Sport mengusung 2 warna interior. Sama halnya juga dengan audio sistem, tipe Satya A, Satya S dan S hanya menggunakan sistem audio 1 DIN sedangkan tipe lainnya menggunakan sistem audio 2 DIN. Pada bagian mesin pada umumnya mobil Honda Brio tipe Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E menggunakan mesin 1.2L i-VTEC 88 Ps sedangkan tipe Sport menggunakan mesin yang lebih besar yaitu 1.3 L i-VTEC 100PS. Sedangkan pada bagian eksterior perbedaan utama terlihat pada foglamp dimana tipe Satya E, E, dan sport menggunakan desain foglamp yang baru sedangkan tipe lainnya masih mengusung konsep lama. Beralih ke fitur kenyamanan, Honda Brio tipe S, E, dan Sport telah mendukung ABS + EBD sedangkan ketiga tipe Satya belum mendukung sistem tersebut. Ini hanya sebagian besar perbedaan yang terdapat dari setiap tipe Honda Brio. Untuk mengetahui perbedaan yang lebih mendalam, kami telah menyediakan tabel perbedaan tipe – tipe Honda Brio yang lebih lengkap. Silahkan simak tabel berikut ini :

Perbedaan Tipe – tipe Honda Brio

Pembeda

Tipe

Satya A

Satya S

Satya E

S

E

Sport

Color Interior

1 tone

1 tone

2 tone

1 tone

2 tone

2 tone

Audio System

1 DIN

1 DIN

2 DIN

1 DIN

2 DIN

2 DIN

Speakers

2 unit

4 unit

2 unit

4 unit

4 unit

4 unit

Mesin

1.2L i-VTEC 88 Ps

1.2L i-VTEC 88 Ps

1.2L i-VTEC 88 Ps

1.2L i-VTEC 88 Ps

1.2L i-VTEC 88 Ps

1.3 L i-VTEC 100PS

Transmision

5 M/T

5 M/T

5 M/T

5 A/T

5 A/T

5 M/T & 5 A/T

ECO Indicator

Ya

Ya

-

Ya

Ya

Ya

Pretensioner SeatBelt With Load Limiter

Ya

Ya + Seatback Pocket

Ya

Ya + Seatback Pocket

Ya + Seatback Pocket

Ya + Seatback Pocket

Imobilizer

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Electric Power Steering

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Power Window

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Color Door Handle

-

Black

Ya

Ya

Ya

Ya

Color Door Mirror

-

Black

Ya

Ya

Ya

Ya

14" Trim Wheel

-

Ya

Ya

-

-

-

Keyless Entry

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

Vanity Mirror

-

Ya

Ya

Ya

Ya

Ya

New Fog Lamp

-

-

Ya

-

Ya

Ya

New Rear Wiper

-

-

Ya

-

Ya

Ya

Rear Black Garnish

-

-

Ya

-

-

-

New Rear Chrome Garnish

-

-

-

Ya

Ya

-

ABS + EBD

-

-

-

Ya

Ya

Ya

New Rear Chrome Garnish

-

-

-

-

-

Ya

Security Alarm

-

-

-

-

-

Ya

 

Spesifikasi Honda Brio

Sepertinya biasanya, tipe tertinggi dari setiap mobil memiliki fitur – fitur yang lebih lengkap baik itu di bagian eksterior, interior dan fitur – fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih baik. Akan tetapi, setiap tipe Honda Brio juga memiliki fitur – fitur dan kelengkapan yang sama – sama tangguh di jajaran mobil LCGC. Seperti apa spesifikasinya ? Mari simak tabel spesifikasi di bawah ini :

Spesifikasi Honda Brio

Mesin

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1198 cc

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Jenis Baban Bakar

Bensin

Daya Maksimal

88 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimal

109 Nm/4.500 rpm

Transmisi

Manual/Automatic 5-Speed

Stadar Emisi

EURO 4

Dimensi

P x L x T

3.610 x 1.680 x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.345 mm

Jarak Terendah

165 mm

Berat Kosong

930 kg

Jumlah Penumpang (max)

5

Kapasitas Tangki BBM

35 L

Sistem Kemudi

Sistem

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD (tipe S&E only)

Kaki-kaki

Ban

175 / 65 R14

Velg

Steel Wheel 14″

 

Teknologi Mesin Honda Brio

Pada umumnya masyarakat enggan memilik mobil LCGC karena performanya yang di kabarkan tidak bagus. Akan tetapi Honda mampu menepis isu tersebut. Melalui Honda Brio, Honda ingin membuktikan bahwa mobil LCGC miliknya tidak main – main dalam berakselerasi. Pasalnya, mesin yang di gunakan oleh Honda Brio sudah mendukung teknologi i-VTEC + DBW SOHC sehingga mampu mendongkrak tenaga mesin sekaligus menghemat konsumsi bahan bakar. Mesin yang memiliki kapasitas 1.198 cc dengan 16 katup ini mampu memuntahkan tenaga maksimum mencapai 88 Ps / 6.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 109 Nm /4.500 rpm. Dengan tenaga ini Honda Brio dapat dikatakan sebagai mobil LCGC bertenaga kuda di kelasnya. Ditambah lagi Honda Brio telah menerima upgrade teknologi mesin dengan menggunakan teknologi Drive By Wire yang berfungsi untuk mengontrol thorttle valve agar dapat meningkatkan akselerasi serta menghemat konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu saja, Honda benar – benar tidak main – main dalam hal performa. Mesin milik mobil LCGC ini telah di sematkan fitur Patterned Skirt Coating sehingga mampu meminimalisir gesekan pada piston serta mengurangi suara bising pada mesin hingga mencapai performa maksimal. Honda mengklaim mesin terbaru di kelas LCGC ini telah teruji standar EURO 4 sehingga tergolong sangat ramah lingkungan. Dan yang terakhir adalah Honda Brio memiliki 2 pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit honda brio : 

Syarat Kredit Honda Brio

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil brio, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.