Produsen kendaraan roda empat Mazda pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2009 silam. Mengingat pada tahun tersebut di Indonesia sedang marak – maraknya mobil varian hatchback seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Melalui PT. Mazda Motor Indoneisa (MMI), pabrikan kendaraan roda empat ini meluncurkan mobil hatchback yaitu Mazda 2 yang di kabarkan akan menjadi pesaing utama dari mobil hatchback milik Honda dan Toyota tersebut. Di lihat dari nama besar Mazda dalam dunia otomotif, Mazda 2 di prediksi mampu mencuri hati para pecinta otomotif terutama di Indonesia. Berbekal nama besar mobil kelas dunia, Mazda 2 hadir menggunakan desain yang sporty dengan DNA “Zoom – Zoom”, berbagai fitur keselamatan yang lengkap, kualitas material kelas dunia hingga performa yang tangguh.

Jika di bandingkan dengan pabrikan mobil asal negeri Sakura, Mazda merupakan pabrikan yang tidak terlalu sering bahkan sangat jarang memperkenalkan mobil – mobil baru milik mereka. Pasalnya Mazda lebih memfokuskan pengembangan di bidang teknologi  dan pembaruan pada tiap lini – lini produksinya. Hal ini dapat kita lihat pada pengembangan teknologi yang di terapkan pada produk mobil hatchback milik mereka ini hingga mampu meraih hingga 50 penghargaan bergengsi kelas dunia. Tak tanggung – tanggung pula, Mazda 2 telah di nobatkan sebagai mobil hatchback yang memiliki fitur keselamatan terbaik menurut penilaian EURO NCAP. Mobil ini mampu meraih point maksimal yaitu 5 bintang. Teknologi ini pun tak di hilangkan oleh Mazda pada mobil varian hatchback mereka yang meluncur di Indonesia.

Mazda 2 tak hanya di kenal sebagai mobil hatchback yang memiliki standar keselamatan kelas dunia saja. Di lihat dari segi desain, mobil milik Mazda ini hadir dengan tampilan luar maupun dalam yang sangat menawan nan elegant. Hal ini dapat kita lihat pertama – tama pada desain eksterior yang mana Mazda 2 hadir sebagai mobil hatchback yang berbeda di bandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Penampilan luar Mazda 2 terlihat lebih sporty dan sangat atletis berkat komposisi material berkualitas yang di milikinya. Yang ke dua tampak pada desain interior yang terkesan mewah dan cocok bagi kaum muda yang fleksible.

Tak tanggung – tanggung, pada tipe tertinggi dari Mazda 2 telah di sematkan jantung pacu yang sangat bertenaga. Hal ini dapat kita lihat pada tipe mesin yang di gunakan berkode MZR 1.500 cc DOHC dengan 16 katup pada 4 silinder yang mampu berpacu dengna performa yang sangat luar biasa di bandingkan dengan mobil – mobil hatchback sekelasnya. Selain itu, Mazda 2 juga telah di topang dengan teknologi canggih milik mereka yaitu teknologi SkyActiv yang mana teknologi ini merupakan pengembangan dari 4 komponen yaitu mesin, rasio, sasis dan body sehingga mengendarai mobil ini menjadi semakin nyaman dan menyenangkan. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan dari mobil hatchback milik Mazda ini. Kami telah menyediakan ulasan yang lebih lengkap pada setiap sisi – sisi mobil hatchback ini. Selengkapnya, mari simak ulasan di bawah ini.

Desain Mazda 2

Desain Mazda 2   Desain Mazda 2   Desain Mazda 2

Bukan Mazda namanya jika tidak hadir dengan desain yang menawan. Pasalnya pabrikan kendaraan roda empat ini memiliki cita rasa fashion yang sangat tinggi. Kita bisa membuktikan hal ini pada setiap jenis dan mobil Mazda yang telah resmi hadir di pasaran selalu menghadirkan desain yang sporty, menawan, stylish dan elegan. Hal ini di terapkan pula pada mobil hatchback milik mereka ini. Jika di lihat dari sisi eksterior, Mazda 2 hadir dengan desain yang lebih modern dan paling menarik di kelasnya. Di lihat dari sisi depan terlihat headlamp multireflektor yang di rancang dengan desain lebih futuristik dan cantik. Headlamp ini telah mendukung multiteknologi canggih yaitu dengan menggabungkan teknologi proyektor dengan parabola serta lampu LED plus LED DR sehingga dapat meningkatkan pencahayaan yang di hasilkan serta tampil lebih cantik dan elegan. Sedangkan pada bagian fascia, Mazda 2 tampil sangat mempesona berkat desain front grill berbentuk segitiga terbalik serta di hiasi dengan aksen chrome yang semakin memperkuat tampilan mobil hatchback ini. Sedangkan pada bagian bawah terdapat front bumper yang di rancang lebih aerodinamis terlihat seperti mengikuti alur body depan. Front bumper milik Mazda 2 ini di sempurnakan dengan foglamp yang tampil gagah dan ergonomis serta memiliki siluet teardrop.

Desain Mazda 2   Desain Mazda 2

Sekarang kita alihkan pandangan pada bagian body samping mobil. Jika kita perhatikan secara seksama, desain body samping mobil hatchback milik Mazda ini terlihat sangat atletis dengan siluet dinamis mirip dengan gerakan salah satu hewan tercepat di dunia yaitu cheetah. Lekukan – lekukan yang terdapat pada alur body samping mobil ini terlihat sangat menawan serta memberikan kesan tangguh bagi para penggunanya. Yang terakhir kita lirik pada bagian body belakang. Sektor belakang mobil ini pun tak luput dari perhatian banyak orang, pasalnya Mazda 2 mendesain bagian buritan dengan sentuhan yang ajaib. Pertama – tama terlihat pada bagian stoplamp yang mana Mazda 2 telah di sematkan teknologi rear combination lamps sehingga pemberian informasi melalui instrument lampu LED secara realtime semakin baik dan sempurna. Mazda mendesain stoplamp mobil hatchback miliknya ini dengan konsep horizontal yang melebar hingga bagian back door. Secara keseluruhan baik di bagian body depan, samping hingga belakang Mazda 2 tampil dengan konsep yang menawan dan sporty sehingga memancarkan aura yang lebih dari sekedar hatchback modern.

Interior Mazda 2

Interior

Desain Interior milik Mazda 2 sangat terasa nyaman sebagai mobil kelas hatchback. Mazda menggunakan dashboard yang telah di lengkapi dengan berbagai instrumen yang futuristik seperti panel speedometer yang terbagi atas tiga cluster utama, tombol Drive Selection Switch, panel Transmission Lock berupa tombol (+) dan (-) sehingga pengemudi dapat dengan mudah mengatur transmisi dengan mudah, tombol Paddle Shift, Climate Control AC, AUX In with USB Connector integrated to iPod, MZD Connect, Commander Control, hingga Active Driving Display. Tak hanya itu saja, ruang kabin Mazda 2 hadir dengan balutan material yang mewah serta sangat nyaman jika berada di dalamnya.

Interior Mazda 2   Interior Mazda 2   Interior Mazda 2

 

Warna Mazda 2

Warna Mazda 2

Mazda 2 hadir dengan 6 pilihan warna yang sangat stylish. Keenam warna tersebut adalah : 

  • Aluminium Metallic
  • Black Mica
  • Dynamic Blue Mica
  • Metropolitan Grey Mica
  • Snowflake White Pearl Mica
  • Soul Red

Fitur Mazda 2

Fitur Mazda 2   Fitur Mazda 2   Fitur Mazda 2

Salah satu kelebihan Mazda 2 terdapat pada kelengkapan fiturnya yang mana pada semua tipe telah di sematkan fitur – fitur keamanan berstandar international yaitu berupa SkyActiv Body bermaterial ultrahigh-tensile steel, Dual SRS Airbags, 3-point Seatbelts for All Seating Positions, ISOFIX child-seat anchors, Dynamic Stability Control (DSC), Power Door Locks, Immobilizer, Burglar Alarm, One-touch Auto Open/Close, Rear Parking Sensors, Traction Control System (TCS), Emergency Stop Signal (ESS) System, Hill Launch Assist (HLA), Auxillary-audio input jack (3.5mm mini-stereo), USB input ports (iPod® compatible), Standard Audio with 4 speakers, dan 7-inch hi-res TFT Touch Screen Display.

Fitur Mazda 2   Fitur Mazda 2   Fitur Mazda 2

Tipe / Jenis Mazda 2

Dengan menjajal kendaraan roda empat pada segmen hatchback, Mazda 2 hadir dengan 3 tipe yaitu tipe V, R, dan GT. Seperti biasanya, ke tiga tipe ini tidak serta merta memiliki fitur dan kelengkapan yang sama persis. Tipe GT merupakan tipe tertinggi dari mobil Mazda 2 hadir dengan fitur dan kelengkapan yang lebih komplit. Sedangkan tipe R menduduki posisi ke dua dan tipe V menduduki posisi yang terakhir atau dengan kata lain tipe V memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih sedikit di bandingkan dengan tipe R dan GT.

Untuk spesifikasi Mazda 2 GT pada bagian eksterior telah memiliki foglamp, parking sensor dengan 4 titik, camera parkir, keyless entry, knalpot berdesain chrome, headlamp yang telah mendukung teknologi LED & Auto Levelling, Velg R 16. Sedangkan di bagian interior tipe GT telah menggunakan bahan material kulit untuk menyelimuti setir kemudinya. Untuk fitur dan kelengkapan pada tipe ini pun sangat lengkap dan tidak di miliki oleh ke dua tipe lainnya yaitu center display, Rotarry Comander, Rain Sensor, Padlle Shift, GPS, Smart City Brake Support (SCBS), Rear Croos Traffic Alert (RCTA), dan Advanced Blind Sport Monitoring (ABSM). Sebagai informasi tambahan, fitur SCBS, RCTA, dan ABSM merupakan teknologi canggih yang di kembangkan oleh Mazda. Fitur ini termasuk dalam 1 paket yaitu technology i_activsense. Smart City Brake Support (SCBS) merupakan teknologi yang mengandalkan pancaran near-infrared (NIR) yang berfungsi untuk mengukur jarak mobil dengna kendaraan yang berada di depan maupun di belakang. Fitur ini sangat berguna pada lalu lintas yang padat. Cara kerja SCBS pun sangat simple yang mana sistem akan secara otomatis mengaktifkan rem ketika jarak kendaraan terlalu dekat dengan kendaraan lain yang berada di depan. Sistem ini akan bekerja ketika jarak aman telah terlewati sehingga memiliki resiko tabrakan. SCBS hanya bekerja ketika laju dari kendaraan sekitar 4 sampai dengan 30 km/jam. Rear Croos Traffic Alert (RCTA) merupakan teknologi yang mampu mendeteksi ancaman lain yang datang dari arak kiri dan kanan mobil. Sistem ini akan bekerja maksimal ketika sedang memundurkan kendaraan dari tempat parkir. Apabila terdapat ancama baik berupa kendaraan lain yang sedang melaju dari sisi kiri dan kanan ketika memundurkan mobil dari tempat parkir, maka sistem akan secara otomatis menyalakan lampu LED yang terdapat pada bagian spion serta memberikan peringatan berupa alarm di dalam ruang kabin kepada pengemudi. Yang terakhir adalah Advanced Blind Sport Monitoring (ABSM). ABSM merupakan teknologi pintar yang akan memberikan peringatan kepada pengemudi apabila terdapat objek yang tak terlihat pada kaca spion ketika hendak mendahului kendaraan lain atau pun berpindah ke jalur yang lain. Sistem ini telah terintegrasi dengan radar milliwave yang terdapat pada back bumper. ABSM akan beroperasi secara optimal apabila kendaraan berakselerasi pada kecepatan 30 km/jam maka secara otomatis sistem akan memindai keadaan serta kondisi aman baik di sisi kiri, kanan, maupun belakang kendaraan. Jika sistem mendeteksi bahaya, maka peringatan akan di berikan melalui lampu LED yang terdapat pada spion bagian luar serta memberikan peringatan kepada pengemudi melalui alarm pada ruang kabin.

Tipe GT memang memiliki fitur dan kelengkapan yang sangat lengkap, akan tetapi tipe R juga memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih baik ketimbang tipe V. Spesifikasi tipe R pada umumnya telah di miliki oleh tipe GT sehingga perbedaan tipe R dan GT terdapat pada fitur dan kelengkapan berupa Velg R 16 yang mana tipe R hanya menggunakan Velg R 15, Rain Sensor, Padlle Shift, GPS serta technology I_Activsense. Sedangkan untuk fitur kelengkapan lainnya sama saja dengan tipe GT yaitu memiliki foglamp, parking sensor dengan 4 titik, camera parkir, keyless entry, knalpot berdesain chrome, dan headlamp yang telah mendukung teknologi LED & Auto Levelling.

Tipe V sebagai tipe terendah dari Mazda 2 cukup memberikan kontribusi yang baik di kelasnya. Sebagai tipe yang terendah, Mazda 2 V hadir dengan fitur dan kelengkapan yang lebih sedikit di bandingkan tipe R dan GT. Tipe V belum memiliki foglamp, center display, rotarry comander, sensor parkir tanpa kamera, headlamp halogen, dan keyless entry.

Dilihat dari keseluruhan perbedaan yang ada pada setiap tipe Mazda 2 di rasa cukup wajar karena pada umumnya perbedaan ini hanya terdapat pada beberapa fitur tambahan saja sedangkan untuk fitur utama dari mobil ini sama saja pada setiap tipenya. Untuk ringkasan dari perbedaan tipe – tipe Mazda 2, kami telah menyediakan tabel perbedaan agar kita dapat membedakan semua tipe mobil ini dengan mudah. Mari simak tabel di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Mazda 2

Pembeda

Tipe

V

R

GT

M/T

A/T

M/T

A/T

Foglamp

-

Ya

Ya

Parking Sensor

Ya

Ya, 4 titik

Ya, 4 titik

Camera Parking

-

Ya

Ya

Keyless Entry

-

Ya

Ya

Knalpot Design

Standard

Chrome

Chrome

Headlamp

Halogen

LED & Auto Levelling

LED & Auto Levelling

Velg

R 15

R 15

R 16

Steering

Standar

Berlapis Kulit

Berlapis Kulit

Center Display

-

Ya

Ya

Rotarry Comander

-

Ya

Ya

Rain Sensor

-

-

Ya

Padlle Shift

-

-

Ya

GPS

-

-

 

Smart City Brake Support (SCBS)

-

-

Ya

Rear Croos Traffic Alert (RCTA)

-

-

Ya

Advanced Blind Sport Monitoring (ABSM)

-

-

Ya

           

 

Spesifikasi Mazda 2

Setelah kita mengetahui perbedaan dari setiap tipe Mazda 2, ada baiknya pula kita mengetahui spesifikasi lengkap dari mobil hatchback milik Mazda ini. Untuk selengkapnya mari simak tabel di bawah ini :

Spesifikasi Mazda 2

Model

V

R & GT

Mesin

Tipe Mesin (cc)

SKYACTIV-G 1.5L In-line 4 cylinder, DOHC 16 valve
with Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)

SKYACTIV-G 1.5 In-line 4 cylinder, DOHC 16 Valve
with Dual S-VT (sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)

Kapasitas Isi Silinder (cc)

1,496

Diameter x Langkah (mm)

74.5 x 85.8

Rasio Kompresi

13.0 : 1

Tenaga Maksimum kW(PS)/rpm

81 (110) / 6,000

Torsi Maksimum Nm(kgm)/rpm

141 (14.37) / 4,000

Idling Stop System

i-STOP

Sistem Pengabutan Bahan Bakar

Electronically Controlled Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

44

Jenis Bahan Bakar (recommended)

Unleaded gasoline 91RON or above

Dimensi

P x L x T (mm)

4,060 x 1,695 x 1,495

Jarak Sumbu Roda (mm)

2,570

Jarak Pijak Depan (mm)

1,495

Jarak Pijak Belakang (mm)

1,485

Ground Clearance (mm)

152

Berat Kosong (kg)

1,025 (M/T) – 1,038 (A/T)

1,038

Jarak Radisu Putar Minimal (mm)

4.7

Transmisi

Sistem Transmisi

Front Wheel Drive (FWD)

Tipe Transmisi

SKYACTIV-MT
6-speed manual (M/T) / SKYACTIV-DRIVE
6-speed automatic (A/T)

SKYACTIV-DRIVE6-speed automatic with Active Adaptive Shift and Direct Mode

Sasis

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Solid disc

Tipe Steering

Rack & Pinion

Power Assist

Electric Power Assist Steering (EPAS)

Suspensi Depan

SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut

Suspensi Belakang

SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam

Kaki-kaki

Ban

15 x 5-1/2 J Aluminium Alloys (type V & R) – 16 x 5-1/2 J Aluminium Alloys (type G)

16 x 5-1/2 J Alumunium Alloys

Velg

185/65R15 (type V & R) – 185/60R16 ((type G)

185/60R16

 

Teknologi Mesin Mazda 2

Tak lengkap rasanya membahas spesifikasi mobil tanpa melirik bagian jantung pacunya. Untuk spesifikasi jantung pacu Mazda 2 tergolong tangguh dengan menggunakan mesin tipe SKYACTIV-G 1.5 L In-Line DOHC berkapasitas 1.496 cc dengan 16 katup pada 4 silinder serta telah mendukung teknologi Dual Sequential Valve Timing (S-VT) dan Electronic Throttle Control (ETC). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 110 Ps/6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 141 Nm/4.000 rpm. Selain itu, konsumsi BBM mobil ini pun tergolong irit berkat teknologi Electronically Controlled Direct Injection yang di padukan dengan Idling Stop System i-STOP. Akan tetapi, mesin milik Mazda 2 ini hanya dapat menggunakan bahan bakar bensin dengan jenis RON91 ke atas sehingga tidak memungkinkan menggunakan BBM jenis premium. Meskipun demikian, secara keseluruhan tenaga mesin mobil hatchback milik Mazda ini sangat tangguh di kelasnya di tambah lagi dengan teknologi canggih andalan Mazda yaitu SkyActive Drive.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit mobil mazda mazda 2 : 

Syarat Kredit Mazda Mazda 2

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Mazda 2 Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.