Satu lagi keluaran terbaru mobil Jepang yang megusung konsep SUV Hatback yang modelnya cukup menarik perhatian beberapa peminat mobil yakni Suzuki SX4 - S  Cross. Mobil Suzuki SX4 - S  Cross pertama kali diluncurkan pada tahun 2006 dan diperkenal kan ke pasar Indonesia pada tahun 2007. Dan pada pertengahan Agustus 2016 kemaren pada event Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, PT. Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan luncuran terbarunya yaitu Suzuki SX4 - S  Cross  yang juga merupakan generasi penerus dari X-Over (SX4 generasi pertama) di mana generasi tersebut saat ini sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia.

Meski penguasaan pasar Suzuki tidak segila pesaing satu negaranya yaitu Toyota dan Honda. Suzuki SX4 - S  Cross tetap mengusung desain yang stylish dan dinamis. Tekhnologi yang ditawarkan Suzuki SX4 - S  Cross ini tidak main – main dan mampu menyaingi pesaing – pesaing lain dikelasnya antara lain mesin pacunya yang bakal dibekali dengan jenis mesin M15A, DOHC, VVT yang berkapasitas 1.491 cc di mana tenaga mesin tersebut akan disalurkan melewati 2 tipe transmisi, manual maupun automatic. Sehingga, mesin Suzuki SX4 - S  Cross   ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih optimal. Secara tampilan pun demikian Suzuki SX4 - S  Cross   di desain dengan kesan yang tangguh dan dinamis yang akan membantu Anda yang memiliki mobilitas tinggi di perkotaan maupun berbagai medan Dengan desain yang berkiblat style Eropa, pabrikan Suzuki yang satu ini terlihat lebih stylish dan dinamis. Kapasitas kabin dan penumpang yang lebih lapang bisa dipastikan bahwa SS4 ini bisa mencuri hati Anda sebagai mobil keluarga dengan konsep yang lebih modern. Selain Desain dan performa yang baik, kisaran harga penjualannya pun terbilang menengah untuk kelasnya yaitu memiliki kisaran harga 200 jutaan . Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas satu per satu spesifikasi mesin dan performa, design interior dan eksterior, tipe dan harganya dibawah ini.

Desain Suzuki SX4 S-Cross

Desain Suzuki SX4 S-Cross

Desain eksterior Suzuki SX4 - S  Cross mengusung sistem aerodinamika  dan  berkonsep Discovery Redefined  yang menggambarkan ketangguhan dan sporty. Tampilan tangguh terlihat jelas dari segala sisi yang cocok untuk diajak berpetualang di jalur off road. Mulai dari bagian wajah yang terlihat lebar dengan “mata” besar, makin elegan karena tambahan detail krom pada gril dan bemper. Cahaya lampu depan bisa diatur naik turun sesuai kebutuhan. Head lamp yang besar dan melebar tersebut menambah kesan yang mewah ditambanh dengan  fog lamp pada bagian bawah juga nampak seimbang dengan bumper yang tinggi, meskipun fog lamp disini masih dengan bentuk yang bulat. Dilengkapi dengan HID Projector Headlamp with LED + Leveling Feature & Auto Headlight On yang memang dirancang dengan konsep stylish yang pencahayaannya bisa dengan fokus cahaya yang lebih presisi dan area distribusi penyinaran yang luas membuat pengendara lebih mudah mengendalikan sinar yang dikeluarkan. Tampilan depan Suzuki SX4 - S  Cross dipercantik dengan emblem Suzuki tepat pada bagian tengah

Pada Bagian tengah Suzuki SX4 - S  Cross, ukuran dimensi SX4 yang panjang yakni 4300 mm x 1765 mm  x 1590 mm terlihat sebagai mobil SUV yang cukup lapang. Di desain dengan lekukan garis yang terkesan elegan, Chrome Front Grill yang dilengkapi dengan Front, Side and Rear Skid Plate with Silver Accent dan Stainless Roof Rails membuat Suzuki SX4 - S  Cross memiliki daya tarik tertentu bagi pecinta otomotif. Jarak poros roda Suzuki SX4 - S  Cross ini adalah  2,6 m, jarak terendah body dengan tanah 180 m, dan radius putar minimum 5,2 m, jarak pijak roda depan dan belakang berukuran 1500/1495 mm, dan berbobot hingga 1670 kg yang memungkinkan penggunaan yang terasa nyaman memacu kendaraan ini

Secara keseluruhan desain luar Suzuki SX4 - S  Cross ini adalah pembaharuan dari generasi pendahulunya. Sektor kaki – kaki yang diusung  adalah Sporty Gun Grey Metallic Alloy Wheel & Tire 205/60 R16 serta penggunaan tipe suspensi depan yang berjenis MacPherson Strut serta tipe suspensi belakang yang bejenis Torsion Beam membuat Suzuki SX4 - S  Cross S-Cross terlihat sporty dan kokoh Ditambah dengan fitur dengan Auto Rain Sensor yang berfungsi otomatis ketika hujan. Secara ringkas desain spesifikasi tertera pada tabel dibawah ini.

Spesifikasi Desain

Dimensi

Panjang Keseluruhan : 4300 mm

Lebar Keseluruhan : 1765 mm

Tinggi Keseluruhan : 1590 mm

Jarak Poros Roda : 2600 mm

Jarak Pijak Depan : 1500 mm

Jarak Pijak Belakang : 1495 mm

Jarak Terendah : 175 mm

Radius Putar Minimum : 5.3 m

Berat Kosong : 1.587 kg (4A/T), 1.572 kg (5M/T)

Berat Kotor : 1.670 kg

Tempat Duduk : 5 Persons

Suspensi / Kaki-Kaki

Sistem Kemudi : Rack & Pinion

Suspensi Depan : MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang : Torsion Beam

Rem Depan : Ventilated disc

Rem Belakang : Solid disc

Ukuran Ban : 225/60 R18

Interior Suzuki SX4 S-Cross

Interior Suzuki SX4 S-Cross

Luas ruang kabin yang lapang, memuat hingga 5 penumpang dan kapasitas kapasitas bagasi 430 liter, sAndaran kursi yang dapat di setting hingga 60 derajat membuat Anda leluasa bergerak di ruang dalam Suzuki SX4 - S  Cross. Pada Bagian depan, terdapat cukup banyak tombol di setir kemudi. Dilengkapi dengan Head Unit 7 Inch Touch Screen with Smartphone & Bluetooth Connection with Dual USB Port and HDMI Cable Port, mirroring to smartphone with black piano color instrument yang akan menghibur para penumpangnya, tak hanya itu saja SX4  terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem Steering Whell with Audio Switch Control, Cruise Control (MT & AT) dan Paddle Shift (AT Only) yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Interior Suzuki SX4 S-Cross

Nuansa hitam dan silver yang mendominasi membuat kabin lebih eksklusif begitu juga dengan bahan material kursi yang menyeimbangkan desain kabin nya dengan material yang berkualitas tinggi. Perpaduan desain tersebut akan terasa mewah dan nyaman untuk berada di dalam kabin Suzuki SX4 - S  Cross.

Warna Suzuki SX4 S-Cross

Warna Suzuki SX4 S-Cross

Suzuki SX4  S-Cross hadir dengan pilihan – pilihan warna yang elegan yaitu :

  • Urban Blue
  • Granite Grey
  • Pearl Arctic White
  • Premium Silver

Fitur Suzuki SX4 S-Cross

Fitur Suzuki SX4 S-Cross

Fitur keamanan yang dihadirkan Suzuki SX4 - S  Cross memang sudah tidak diragukan lagu, Dimulai dengan 7 airbag yang di tempatkan Suzuki pada bagian depan dan belakang., Electronic Stability Control (ESC), Suzuki’s Total Effective Control Technology (TECT) dimana teknologi ini mampu memnimalisir energi bentura dan adanya  eknologi Side Impact Beam yang mampu mencegah kerusakan parah pada bagian samping sehingga saat terjadi kecelakaan penumpang tetap dapat keluar karena pintu tidak terjepit, kemudian di dukung dengan sistim pengereman ABS, dengan menggunakan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist System (BAS) yang dapat menunjang pengereman yang lebih baik, fitur – fitur tersebut tentunya mampu menjamin keselamatan pengendara dan penumpang.

Suzukui SX4 ini juga dibekali dengan beberapa fitur tambahan seperti Sistem Keyless Entry dan push start button serta Sistem Immobilizer sehingga mobil tidak dapat dinyalakan dengan kunci asli. Tambahan fitur – fitur keamanan dan performa mesin yang hAndal tentunya membuat konsumen tidak ragu memilih Suzuki SX4 - S  Cross ini menjadi pilihan yang tepat. Secara ringkas tersaji pada tabel dibawah ini.

Keamanan dan Keselamatan

Sistem Rem F/R

Ventilated Disc/Disc, ABS, EBD

Airbag

Dual SRS

Kunci

Keyless, Immobilizer

Sensor

Parking, Rain

Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross

Fitur Suzuki SX4 S-Cross

Dihadirkan dengan dua pilihan mesin, 1.3 liter turbocharged DDiS 200 dengan daya rata-rata 90 bhp, 200Nm, dan 5 percepatan dengan penggerak roda depan. Pilihan lainnya adalah 1.6 liter turbocharged DDiS 320 yang memungkinkan untuk menghasilkan 120 bhp dan torsi 320Nm dengan transmisi manual 6 percepatan. Berbaisis pada mobil SUV Suzuki SX4 - S  Cross dibekali mesin berkapasitas silinder besar 1500 cc Dengan sistem DOHC VVT, sudah dapat dipastikan akselerasi dari Suzuki SX4 - S  Cross sangatlah responsif namun tetap hemat bahan bakar. Mengenai penggunaan bahan bakar, Suzuki sudah tidak asing lagi dengan image ‘irit’-nya. Begitupun dengan S-Cross. Dengan model SUV bermesin 1.3 liter turbocharged dapat menempuh 23 km/liter. Sedangkan pada 1.6 liter turbocharged memungkinkan untuk menempuh 22 km/liter.

Berbekal mesin yang hAndal dan berteknologi M15A yang diklaim akan mampu menghasilkan semburan tenaga 109 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai batas torsi maksimum hingga 138 Nm setiap putaran 4.400 rpm. Secara kapasitas tanki, Suzuki SX4 - S  Cross memiliki daya tampung hingga 48 liter untuk tannki bahan bakarnya. Selain daya tampung bahan bakar yang maksimal, penggunaannya pun juga maksimal dengan sistem pembakaran Multipoint Injection yang akan membuat mobil ini lebih irit bahan bakar dengan perbandingan kompresinya 10,3. Dengan desin mesin dan keunggulannya maka cukup pantas jika Suzuki SX4 - S  Cross dimasukan ke dalam kategori SUV yang berkualitas tinggi.  Secara ringkas terangkum dalam tabel dibawah ini

Mesin

Tipe

M15A, DOHC, VVT

Bore x Stroke

78.0 mm x 78.0 mm

Katup/Silinder

16-Apr

Tenaga Maksimal

109 PS/6000 rpm

Torsi Maksimal

138 Nm/4.400rpm

Transmisi

6AT/5MT

Volume Mesin

1,491 cc

Tangki Bahan Bakar

48 liter

Berdasarkan ulasan diatas, Suzuki SX4 - S  Cross diklaim mampu bersaing dipasarnya. Dibekali dengan mesin yang berkapasitas 1500 cc dan desain body yang tanggung membuat mobil besutan Suzuki ini dapat dihAndalkan untuk bermanuver diperkotaan ataupun jalan dengan medan off – road. Kelebihan – kelebihan yang ditawarkan Suzuki SX4 - S  Cross pun dinilai pantas jika harga jualnya dibanderol mulai dari Rp 200 Jutaan untuk tipe terbawah yaitu Suzuki SX4 - S  Cross MC 1.5 M/T dan Rp 230  Jutaan untuk tipe Suzuki SX4 - S  Cross RC1 1.5 A/T

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit suzuki SX4 S-Cross : 

Fitur Suzuki Swift

Syarat Kredit Suzuki SX4 S-Cross

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Suzuki SX4 S-Cross, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Fitur Suzuki Swift