Setelah sukses di segmen mobil hatchback melalui Mazda 2, kini pabrikan asal Jepang ini meluncurkan mobil sedan yaitu Mazda 6. Tak berbeda jauh dengan Mazda 2, kehadiran Mazda 6 di pasar otomotif Indonesia sempat di ragukan oleh para pecinta otomotif, pasalnya mobil sedan ini hadir saat tenarnya mobil – mobil hatchback maupun crossover. Akan tetapi, Mazda 2 berhasil mencuri perhatian para pecinta otomotif di Indonesia maupun dunia. Hal ini dapat kita lihat pada berbagai penghargaan yang di terimanya.

Sedangkan di segmen mobil sedan, Mazda 6 juga memiliki perkembangan penjualan yang cukup baik signifikan. Bagaimana tidak, mobil sedan milik Mazda ini telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan sejak awal peluncurannya. Penghargaan – penghargaan tersebut berupa Best Big Sedan tahun 2015 oleh majalah “Auto Bid Award”, mendapatkan rating tertinggi yaitu Awards 2013 Winner sebagai Best User Medium Car, Best Upper Medium Car tahun 2013 dari Fleet World, dan Editor’s Award Mazda SKYACTIV tahun 2012 dari Fleet World. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa keraguan para pecinta otomotif di saat pertama peluncuran Mazda 6 di nilai kurang efektif.

Sebagai mobil sedan high class, Mazda 6 hadir dengan segudang fitur dan kelengkapan yang canggih dan tampilan yang super mewah ala Mazda. Selain memiliki tampilan yang super mewah nan elegan, Mazda 6 di bekali dengan mesin yang tangguh dengan teknologi andalan Mazda yaitu SkyActiv. Tipe mesin yang di gunakan oleh Mazda 2 adalah SkyActiv-G DOHC berkapasitas 2.488 cc. Mesin SkyActiv milik Mazda ini terkenal akan performa nya yang tangguh kelas dunia. Untuk mengenal mobil sedan milik Mazda ini lebih dalam lagi, mari simak ulasan di bawah ini.

Desain Mazda 6

Desain Mazda 6   Desain Mazda 6

Selama ini kita mengenal mobil – mobil milik Mazda dengan konsep yang elegan berupa desain Kodo, “Soul of Motion”. Pada varian mobil sedannya ini, Mazda telah menyempurnakan konsep tersebut agar terlihat lebih menarik dan menawan. Tampilan yang tersebut dapat kita rasakan pada desain eksterior yang di usungnya. Pertama – tama dari sisi depan kita akan menemukan front grill yang mana tampil dengan ukuran yang besar sehingga membuat mobil sedan milik Mazda ini semakin sporty dan stylish. Mazda turut mendesain tampilan headlamp dengan konsep bersudut lancip sehingga kombinasi antara headlamp dengan sudut lancip dan front grill yang besar membuat mobil ini tampak sangat elegan. Selain itu, Mazda juga menambahkan list berwarna chrome melintang melewati front grill yang menghubungkan ke dua headlamp tersebut.

Desain Mazda 6   Desain Mazda 6

Sekarang kita alih kan pandangan pada bagian body samping. Di sini terlihat bahwa desain mobil sedan milik Mazda ini sangat bagus dan lebih terlihat sporty. Mazda 6 memancarkan aura mobil kelas premium yang pastinya dapat membuat banyak orang tercengang. Lekukan – lekukan body Mazda 6 terlihat sangat elegan dan tidak ketinggalan zaman atau sudah termasuk kekinian. Di bagian body samping ini tak banyak kita temukan aksen – aksen yang berlebihan karena desain body samping mobil di rancang lebih simple namun tetap menggunakan material berkualitas sehingga tetap tampil sebagai mobil class premium.

Desain Mazda 6   Desain Mazda 6

Yang terakhir pada bagian body belakang. Seperti kebanyakan mobil – mobil sedan masa kini, Mazda 6 memiliki desain body belakang yang lebih pendek. Namun satu hal yang membedakan Mazda 6 dengan mobil – mobil sedan lainnya yaitu lampu belakang mobil ini di desain lebih sipit sehingga semakin membuat mobil ini tampak elegan dan sporty. Secara keseluruhan, tampilan eksterior mobil sedan milik Mazda ini sangat menawan ditambah lagi dimensi Mazda 6 tergolong sangat proporsional yaitu 4.865 mm x 1.849 mm x 1.450 mm.

Interior Mazda 6

Interior Mazda 6

Jika desain eksterior Mazda 6 tampil sangat sporty dan elegan ala mobil sedan high class, di sisi eksterior juga tak ingin ketinggalan. Aura kemewahan yang terasa pada bagian eksterior kembali dapat kita rasakan di dalam ruang kabin yang mana material – material pembangun ruang kabin Mazda 6 termasuk yang terbaik.

Interior Mazda 6   Interior Mazda 6

Selain itu, ruang kabin mobil sedan milik Mazda ini pun memiliki banyak fitur dan kelengkapan yang canggih. Pertama – tama kita lihat pada bagian dashboard, dimana kita akan menemukan berbagai macam panel – panel multifungsi yang semakin mempermudah pengoperasian kendaraan roda empat ini seperti Gauge Illumination Dimming Control, Trip Computer, LCD Touchscreen 7 inci, Lane Departure Warning System, Mazda Radar Cruise Control, High Beam Control System dan lain sebagainya. Ruang kabin milik Mazda 6 ini mampu menampung maksimal 5 orang dewasa yang mana pada setiap jok telah menggunakan material high quality leather sehingga mampu memberikan kenyamanan lebih baik.

Interior Mazda 6   Interior Mazda 6

Warna Mazda 6

Warna Mazda 6

Untuk pilihan warna, Mazda telah menyediakan beberapa tipe warna yang stylish antara lain : 

  • Jet Black Mica
  • Meteor Gray Mica
  • Snowflake White Pearl
  • Sonic Silver Metallic
  • Soul Red Metallic

Fitur Mazda 6

Fitur Mazda 6   Fitur Mazda 6

Untuk meningkatkan kepuasan para pengguna, Mazda telah menyematkan fitur – fitur dan kelengkapan penunjang keamanan dan kenyamanan. Pertama – tama fitur kemanaan. Mobil sedan milik Mazda ini memiliki fitur keamanan yang sangat lengkap sebagai mobil sedan class premium yaitu berupa Dual Front AirBags, Dual Front Side AirBags, Dual Side Air Curtains ketiga fitur ini mampu mengurangi resiko terjadinya cedera pada pengemudi maupun penumpang ketika terjadi kecelakan ataupun benturan mendadak lainnya. Selain itu, Mazda 6 juga dilengkapi dengan fiturf keamanan lainnya seperti Anti-theft alarm system, seat belt (pada setiap jok), Ventilated Discs, Solid Discs.

Fitur Mazda 6   Fitur Mazda 6

Di sisi kenyamanan, Mazda memiliki fitur – fitur dan kelengkapan yang akan menjamin rasa nyaman bagi pengguna. Fitur dan kelengkapan tersebut berupa Audio Unit (AM / FM / HD Radio CD Player) with 6 speakers, Bluetooth, Automatic Volume Control, USB, AUXiliary Audio Input Jacks, 5.8 inch colour Touchscreen Audio Display with SiriusXM®Satellite Radio lengkap dengan fin antenna. Dengan perpaduan antara fitur keamanan dan kenyamanan yang lengkap ala mobil kelas premium semakin membuat para penumpang dan pengemudi merasa puas.

Fitur Mazda 6   Fitur Mazda 6

 

Tipe / Jenis Mazda 6

Berbeda dengan Mazda 2, untuk mobil di segmen sedan ini Mazda hanya menyediakan 1 tipe yang mana perbedaan pada tipe ini hanya terdapat pada pilihan warna dan harga saja. Seperti yang telah di jelaskan pada point warna Mazda 6 tersebut di atas, mobil Mazda 6 varian Soul Red Version memiliki harga yang lebih mahal mencapai 3 juta dari varian Regular Colour. Meskipun hanya tersedia dalam 1 tipe, Mazda 6 memiliki aura yang berbeda di bandingkan mobil – mobil sedan lainnya. Hal ini dapat kita lihat pada penggunaan mesin SKYACTIV-G 2.5 L Inline 4 Cylinder DOHC valve berkapasitas 2.488 cc. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa mesin SKYACTIV ini tergolong kedalam mesin yang sangat tangguh dan cepat.

Perbedaan Tipe – tipe Mazda 6

Soul Red Version

Regular Colour

1 Warna yaitu Soul Red

4 warna yaitu Jet Black Mica, Meteor Grey Mica, Snowflake White Pearl, dan Sonic Silver Metalic.

Lebih mahal 3 juta rupiah

Lebih murah 3 juta rupiah

 

Spesifikasi Mazda 6

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai mobil Mazda 6 ini, mari simak tabel spesifikasi yang telah kami sediakan di bawah ini :

Spesifikasi Mazda 6

Mesin

Tipe

SKYACTIV-G 2.5L Inline 4 cylinder DOHC valve

Kapasitas

2488cc

Rasio Kompresi

13.0:1

Bore x Stroke

89.0 x 100.0

Power Maksimum

138kW (187PS) / 5700rpm

Torsi Maksimum

250 Nm (25.5kgm) / 3250 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronically controlled Direct Injection

Kapasitas Tangki

62L

Jenis Bahan Bakar

Unleaded Gasoline 9ORON or above

Bodi

Panjang x Lebar x Tinggi

4865mm x 1840mm x 1450mm

Jarak Antar Roda

2830mm

Jarak Dengan Tanah

165mm

Kapasitas Angkutan (max)

1498kg

Radius Putar Minimal

5.6m

Kemudi

Tipe

Rack & Pinion

Tipe Power Assist

Electric Power-Assisted Steering (EPAS) system

Sasis

Suspensi Depan

SKYACTIV-CHASSIS independent MacPherson struts

Suspensi Belakang

SKYACTIV-CHASSIS independent Multi-link

Transmisi

Tipe

SKYACTIV-DRIVE 6

Speed Activematic with Direct Mode & Active Adaptive

Shift

Rasio Gir (:1)

3.552 1st / 2.022 2nd / 1.452 3rd / 1.000 4th / 0.708 5th / 3.893 6th / 4.056 reverse / final

Drive Wheel

Front Wheel Drive (FWD)

Pengereman

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Solid Discs

Kaki-kaki

Ban dan Velg

19 x 7-1/2 J Alumunium / 224/45R19

Fitur

Keamanan

Advanced Keyless Entry System (keyless entry, trunk release and start)

Remote keyless entry system with trunk release

Speed-sensing power door locks

Dual front air bags, dual front side air bags and dual side air curtains

Rearview camera, etc.

Kenyamanan

Air conditioning with manual climate controls

Dual-zone automatic climate controls

Rear seat heater ducts with HVAC controls

6-way manually adjustable driver’s seat

6-way power-adjustable driver’s seat

Premium cloth upholstery, etc.

Audio

AM/FM/HD Radio CD player with 6 speakers

Speaker premium Bose® audio system with Centerpoint® Surround Sound System and AudioPilot® noise compensation technology

Bluetooth® with Audio Profile, etc.

 

Teknologi Mesin Mazda 6

Sebelumnya telah berkali – kali kita singgung mengenai mesin yang di gunakan oleh Mazda untuk mobil pada segmen sedan high class miliknya ini. Pada point ini kami akan menjelaskan secara mendalam mengenai teknologi mesin yang di gunakan oleh Mazda 6. Pada umumnya, mobil – mobil sedan di khususkan untuk pengemudi yang mengutamakan kenyamanan dalam berkendara. Namun Mazda mampu memadukan kenyamanan dan kecepatan berkendara berkat fitur dan teknologi mesin yang di gunakannya. Mazda membekali mesin mobil sedannya ini dengan teknologi SKYACTIV-G 2.5 L 4 cylinder DOHC berkapasitas 2.488 cc. Mesin SKYACTIV milik Mazda 6 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 187 Ps / 5.700 rpm dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm / 3.250 rpm. Sedangkan pada bagian transmisi, mesin SKYACTIV ini menggunakan 6 percepatan. Selain itu, Mazda juga menyematkan teknologi Electronical Controlled Direct Injection yang mana teknologi ini mampu memicu mesin SKYACTIV dalam menghasilkan performa yang lebih optimal dengan konsumsi bahan bakar yang semakin irit.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit mazda mazda 6 : 

Syarat Kredit Mazda Mazda 6

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Mazda 6 Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

F