Berkaca dari kesuksesan Honda di segmen mobil hatchback, Suzuki tak ingin ketinggalan. Melalui Suzuki Swift, Suzuki siap menjajal pangsa pasar mobil hatchback Indonesia. Suzuki Swift pertama kali muncul di peraaban pada bulan November 2005. Berbeda dengan Honda Jazz, mobil hatchback milik Suzuki ini tampil dengan menggabungkan konsep sporty ala mobil Amerika dan desain Elegan ala City Car Eropa. Dengan perpaduan kedua konsep ini, Suzuki Swift memiliki ukuran dimensi yang leibh kecil dari mobil – mobil hacthback lainnya.

Setelah berkarir selama 10 tahun di pangsa pasar small hatchback, Suzuki kembali meluncurkan generasi terbaru dari Suzuki Swift. Yang unik dari generasi terbaru ini adalah proses perakitannya yang di lakukan di Indonesia sehingga konsep Suzuki Swift kini lebih di sesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Generasi terbaru dari Suzuki Swift ini tampil semakin keren. Berbekal mesin tangguh yang berkapasitas 1.600 cc (pada varian tertinggi) dengan teknologi DOHC VVT, mobil ini mampu memuntahkan tenaga cukup di segmen mobil hacthback.

Suzuki Swift juga menawarkan konsep interior yang mewah serta desain eksterior yang keren. Tak hanya itu saja, mobil hacthback milik Suzuki ini menawarkan fitur – fitur keamanan serta keselamatan yang cukup lengkap seperti Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, hingga fitur pengereman yang tangguh berteknologi Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Berbekal kemampuan tersebut, Generasi terbaru Suzuki Swift di segmen mobil hatchback siap merebut tahta Honda Jazz sebagai penguasa pangsa pasar mobil hacthback di Indonesia. Untuk mengenal lebih jauh tentang mobil Suzuki Swift, mari simak review yang telah kami siapkan di bawah ini.

Desain Suzuki Swift

Pada generasi terbaru ini, Suzuki Swift tampil semakin oke dengan perpaduan konsep mobil Eropa dan Amerika seperti jargonnya yaitu “More Swift, More Sporty”. Suzuki memang tak main – main dalam meluncurkan varian terbaru mobil hacthback mereka, pasalnya Suzuki Swift benar – benar tampil sporty ala mobil Amerika serta elegan mirip dengna mobil Eropa. Dengan demikian, Suzuki Swift mampu merubah opini masyarakat yang men-judge bahwa mobil hacthback memiliki desain body yang minimalis.

Desain Suzuki Swift   Desain Suzuki Swift

Di lihat dari bagian fascia depan, Suzuki Swift memiliki headlamp yang di desain sangat tajam berbentuk runcing di sisi sudut bagian dalam sehingga memperkaya tampilannya. Sedangkan pada front grill mobil hatchback ini tampil sangat minimalis, meskipun demikian tampilan mobil ini tetap sporty berkat headlamp berdesain modern. Padat tipe tertinggi dari Suzuki Swift memiliki desain front grill yang lebih stylish dan terlihat seperti menyatu dengan bagian front bumper. Tak hanya itu saja, foglamp milik mobil hatchback ini tampil kokoh di sisi kiri dan kanan bumper yang telah di sertai aksen yang di bingkai dengan tiga garis pada sisinya.

Desain Suzuki Swift

Sekarang kita cermati bagian body samping. Tak banyak yang bisa kita bahas pada bagian body samping mobil hatchback ini. Suzuki Swift cenderung tampil minimalis namun tetap stylish dimana terlihat fender dan siluet yang sangat elegan serta menjadi ciri khas tersendiri serta telah terdapat spion dengan teknologi canggih yang telah terdapat lampu sein. Yang terakhir pada bagian body belakang. Desain body belakang mobil hacthback ini sangat dinamis berkat desain stoplamp yang di rancang mengikuti lekukan – lekukan body belakang.

Interior Suzuki Swift

Interior Suzuki Swift

Setelah kita mengetahui desain eksterior mobil hacthback ini, kini kita akan mengupas bagian interiornya. Suzuki memang mengerti selera masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil hatchback mewah. Pada bagian interior, Suzuki Swift dapat di katakan sebagai mobil kelas premium, pasalnya mobil hacthback ini mengkombinasikan warna hitam dan silver untuk desain interiornya sehingga memancarkan aura mewah.

  Interior Suzuki Swift

Pertama – tama kita lihat bagian dashboardnya. Disini kita akan menemui speedometer yang di desain lebih bergaya serta mewah. Suzuki juga telah menyematkan berbagai panel instrument pendukung pada bagian dashboard diantaranya High-Grade Meter Cluster, AC, Advanced Audio Equipment hingga Multi Information Display (MID). MID milik Suzuki Swift ini telah mendukung fitur – fitur yang sangat lengkap berupa indikator jam, jarak tempuh, suhu luar & dalam hingga konsumsi BBM.

Tak hanya itu saja, pada bagian jok penumpang telah menggunakan material yang lebih ergonomis serta telah dilengkapi dengan fitur Seat Height Adjuster sehingga para penumpang dapat mengatur kenyamanan posisi ketika duduk. Seluruh jok milik Suzuki ini telah dilengkapi dengan Seatbelt sehingga dapat mengurangi resiko cedera fatal ketika terjadi kecelakaan atau benturan yang keras. Sebagai mobil hacthback yang mampu menampung penumpang hingga 5 orang dewasa, Suzuki telah menyiapkan mini bagasi pada bagian belakang mobil yang dapat di gunakan untuk menyimpan barang bawaan.

Warna Suzuki Swift

Warna Suzuki Swift

Sebagai salah satu pesaing dari Honda Jazz, mobil hatchback milik Suzuki ini menawarkan berbagai pilihan warna yang stylish untuk anak muda. Suzuki Swift memberikan 3 pilihan warna yang dapat di pilih sesuai selera masing – masing yaitu :

  • Metallic Mineral Grey
  • Metallic Star Silver
  • Pearl Snow White

 

Fitur Suzuki Swift

Hadir sebagai salah satu pesaing Honda Jazz di segmen mobil hatchback, Suzuki Swift menghadirkan fitur – fitur keamanan serta kenyamanan yang cukup lengkap. Fitur keamanan yang dimiliki mobil hatchback ini berupa Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatvelt with technology ELR, ABS + EBD, Immobilizer, Keyless Push Star System, Keyless Entry System, hingga Total Effective Control Technology (TECT) Body System yang siap menjamin keamanan para pengguna.

Fitur Suzuki Swift   Fitur Suzuki Swift

 

Sedangkan fitur kenyamanan yang terdapat pada mobil ini berupa Keyless Push Start, Audio control dan telescopic steering, Audio system modern with USB socket, dan AC Auto Control Switch.

Fitur Suzuki Swift   Fitur Suzuki Swift

Tipe / Jenis Suzuki Swift

Jika kita perhatikan dair kejauhan, tampilan Suzuki Swift mirip dengan mobil mini cooper sehingga tak heran kian hari penjualan mobil hatchback ini semakin melonjak tajam. Pada generasi terbaru ini, Suzuki Swift menghadirkan 3 pilihan tipe yaitu GX dan GS dan Sport. Ke tiga tipe ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan maka tak heran harganya pun terpaut cukup jauh.

Di bagian mesin, tipe GX dan GS menggunakan mesin berjenis K14B DOHC VVT dengan kapasitas 1.372 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 95 PS pada putaran mesin 6.000 rpm sedangkan torsi maksimal mampu mencapai 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Berbeda dengan tipe Sport, tipe ini memiliki mesin yang lebih tangguh berjenis M16A berkapasitas 1.586 cc yang mempu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 160 PS pada putaran mesin 4.400 rpm dengan torsi maksimal mencapai 160 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm. Tah hanya itu saja, perbandingan kompresi kedua mesin ini juga berbeda yang mana tipe GX dan GL sebesar 1:10 sedangkan tipe Sport mampu mencapai 1:11.

Jika dilihat dari ukuran, ketiga tipe ini kembali menunjukan perbedaan. Tipe GX dan GS memiliki dimensi dengan panjang 3.850 mm dengan bobot mencapai 1.480 kg. Sedangkan tipe Sport memiliki ukuran yang lebih panjang yaitu dengan panjang 3.890 mm dengan bobot mencapai 1.520 kg, ukuran lebar dan tinggi ketiga mobil ini sama saja yaitu lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Tipe GX dan GS memiliki jarak pijak depan 1.480 mm, jarak pijak belakang 1.485 mm, jarak terendah ke tahan 140 mm, sedangkan tipe sport memiliki jarak yang lebih rendah dimana jarak pijak depan hanya 1.470 mm, jarak pijak belakang 1.475 mm dan jarak terendah ke tanah hanya 130 mm.

Perbedaan selanjutnya pun dapat kita lihat pada bagian kerangka dan transmisi. Pada bagian transmisi, tipe Sport telah memiliki pilihan transmisi CVT, sedangkan tipe GX dan GS hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual dan otomatis. Di bagian kerangka, kembali tipe GX dan GS memiliki spesifikasi yang sama yaitu sama – sama menggunakan sistem kemudi Electric Power Steering (EPS) dan ukuran ban 185/55 R16. Sedangkan tipe Sport memiliki spesifikasi yang berbeda pada bagian kerangka dimanan sistem kemudinya telah menggunakan Rack & Pinion dan ukuran ban 195/50 R16.

Di sisi keamanan, tipe GS dan Sport memiliki spesifikasi yang lebih lengkap dimana telah tersedianya fitur Keyless entry, push start sistem, Dual SRS Airbags, dan Anti-lock Brake Sistem (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD). Sedangkan tipe GX tidak memiliki fitur ini. perbedaan selanjutnya terdapat pada bagian Cluster meter dimana tipe GS dan Sport telah memiliki fitur ini di tambah displays output sehingga memudahkan pengemudi untuk mengetahui informasi secara real time berkat dengan teknologi MID. Selain itu, tipe GS dan Sport kembali menang berkat sistem audio yang telah lengkap dimana telah menggunakan 4 speaker dan 2 tweeter hingga fitur kenyamanan berupa Tilt Telescoping Steering yang mana fitur – fitur ini belum tersedian untuk tipe GX. Untuk lebih jelasnya, kami telah menyediakan tabel perbedaan tipe – tipe Suzuki Swift di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Suzuki Swift

Tipe

GX

GS

Sport

Jenis Mesin

K14B, DOHC, VVT

M16A

Kapasitas Isi Silender

1.372 cc

1.586 cc

Diameter X Langkah

73,0 x 82,0 mm

78.0 x 83.0 mm

Perbandingan Kompresi

1:10,0

1:11

Daya Maksimum

95PS/6.000rpm

160PS/4.400rpm

Torsi Maksimum

130Nm/4.000rpm

160Nm/4.400rpm

P x L x T

3.850 x 1.695 x 1.510 mm

3.890 x 1.695 x 1.510 mm

Jarak Pijak Depan

1.480 mm

1.470 mm

Jarak Pijak Belakang

1.485 mm

1.475 mm

Jarak Terendah

140 mm

130 mm

Berat Kotor

1.480 kg

1.520 kg

Tipe Transmisi

5-Speed Manual / 4-Speed Automatic

6-Speed Manual / CVT A/T

Perbandingan Gigi Akhir

4.105 (GX MT), 4.375 (GX AT)

6-Speed Manual:3.944, CVT:4.011

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Rack & Pinion

Ukuran Ban

185/55 R16

195/50R16

Keyless entry

-

Ya

Push start sistem

-

Ya

Dual SRS Airbags

-

Ya

ABS + EBD

-

Ya

MID

Ya

Ya, with Cluster meter

Audio

Ya

Ya, with 4 speaker and 2 tweeter

Tilt Telescoping Steering

-

Ya

         

 

 

Spesifikasi Suzuki Swift

Setelah kita mengetahui desain eksterior, kemewahan interior, pilihan warna, fitur – fitur keamanan & kenyamanan hingga perbedaan tipe – tipe Suzuki Swift, kini kita akan melirik spesifikasi mobil ini lebih dalam. Mari simak tabel spesifikasi Suzuki Swift di bawah ini :

Spesifikasi Suzuki Swift

Tipe

GX

GS

Sport

Mesin

Jenis Mesin

K14B, DOHC, VVT

M16A

Kapasitas Isi Silender

1.372 cc

1.586 cc

Jumlah Katup

16

Jumlah Silinder

4 inline

Diameter X Langkah

73,0 x 82,0 mm

78.0 x 83.0 mm

Perbandingan Kompresi

1:10,0

1:11

Daya Maksimum

95PS/6.000rpm

160PS/4.400rpm

Torsi Maksimum

130Nm/4.000rpm

160Nm/4.400rpm

Sistem Bahan Bakar

Multipoint Injection

Dimensi

P x L x T

3.850 x 1.695 x 1.510 mm

3.890 x 1.695 x 1.510 mm

Jarak Poros Roda

2.430 mm

Jarak Pijak Depan

1.480 mm

1.470 mm

Jarak Pijak Belakang

1.485 mm

1.475 mm

Jarak Terendah

140 mm

130 mm

Radius Putar Minimum

5.2 m

Berat Kosong

980 kg (GX/GS MT), 1.000 kg (GX/GS AT)

1.070 kg

Berat Kotor

1.480 kg

1.520 kg

Transmisi

Tipe Transmisi

5-Speed Manual / 4-Speed Automatic

6-Speed Manual / CVT A/T

Perbandingan Gigi Akhir

4.105 (GX MT), 4.375 (GX AT)

6-Speed Manual:3.944, CVT:4.011

Rangka

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Rack & Pinion

Suspensi Depan

McPherson Strut & Coil Spring

MacPherson Strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam & Coil Spring

Torsion beam with coil spring

Rem Depan

Ventilated disc

Vertilated disc

Rem Belakang

Disc

Disc

Ukuran Ban

185/55 R16

195/50R16

Kapasitas

Tempat Duduk

5 Persons

Tangki Bahan Bakar

42 Liter

 

Teknologi Mesin Suzuki Swift

Disisi jantung pacu, Suzuki Swift menggunakan 2 tipe mesin yang berbeda dimana tipe tertinggi telah menggunakan mesin tipe M16A berkapasitas 1.586 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 160 PS/4.400 rpm dengan torsi maksimal mencapai 160 Nm/4.400 rpm. Sedangkan tipe GX dan GS menggunakan mesin dengan tipe K14B DOHC VVT berkapasitas 1.372 cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 95 PS/6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 130 Nm/4.000 rpm. Meskipun memiliki performa yang berbeda, ke dua mesin ini sama – sama memiliki 16 katup pada 4 silinder segaris dengan teknologi Multipoint Injection sehingga tak hanya mampu menghasilkan tenaga yang kuat, mobil ini juga tergolong hemat konsumsi bahan bakar.

 

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit suzuki swift : 

Syarat Kredit Suzuki Swift

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan BCA
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil Suzuki Swift, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.