10 Film Inspiratif yang Memberi Motivasi Bagi Entrepreneur

Inspirasi memulai usaha bisa datang dari mana saja, bahkan dari berbagai hal yang tidak pernah Anda duga sebelumnya. Jika mendengar cerita para entrepreneur sukses, inspirasi mereka dalam memulai usaha berbeda satu sama lain walaupun beberapa memiliki kesamaan.

Setiap orang mungkin akan menemukan inspirasi tersebut dengan cara yang unik, bahkan melalui film sekalipun. Ada banyak film yang bisa memberikan inspirasi positif bagi Anda yang ingin memulai usaha. Film-film berikut bercerita mengenai lika-liku entrepreneur dalam menjalankan usahanya. Apa saja film-film tersebut?

Baca Juga: Kartu Kredit Terbaik Bagi Anda Para Pengusaha

1. Pirates of Silicon Valley

Pirates of Silicon Valley entrepreneur
Pirates of Silicon Valley via thestar.com

“You know how you survive? You make people need you. You survive because you make them need what you have. And then they have no where else to go.”

Film yang terinspirasi dari kehidupan Steve Jobs dan Bill Gates ini tentu sangat layak dijadikan sebagai salah satu inspirasi. Dalam film ini, diceritakan bagaimana perubahan serta perkembangan pesat yang terjadi di bidang teknologi selama belasan tahun belakangan. Kelihaian dan optimisme, kedua hal ini jelas disampaikan film ini.

2. Office Space

Office Space entrepreneur
Office Space via wennermedia.com

“So I was sitting in my cubicle today, and I realized, ever since I started working, every single day of my life has been worse than the day before it. So that means that every single day that you see me, that’s on the worst day of my life.”

Terkadang dalam suatu waktu, hidup ini membosankan meskipun memiliki pekerjaan. Hal inilah yang dirasakan Peter Gibbons setelah menyadari bahwa ternyata pekerjaannya terasa semakin berat untuk dijalani.

Bekerja selama bertahun-tahun dan menjalani rutinitas yang sama di kantor membuatnya lelah, terutama ketika berhadapan dengan atasannya Bill Lumbergh yang selalu membuatnya geram. Inilah yang menjadi titik yang mendorong Peter mengambil keputusan untuk berhenti bekerja dan memulai usaha.

3. Citizen Kane

Citizen Kane entrepreneur
Citizen Kane via bbc.com

“Well, it's no trick to make a lot of money... if what you want to do is make a lot of money.”

Film bergenre drama yang sudah sangat lawas ini juga layak dijadikan inspirasi. Terkadang pebisnis yang terlalu sibuk dengan usahanya tidak lagi merasa membutuhkan siapa-siapa dalam kehidupannya.

Charles Foster Kane, pemilik surat kabar besar di New York, menjadi kaya raya berkat usahanya tersebut. Ironisnya, ia meninggal dalam kesepian di rumahnya yang mewah. Menjelang akhir hayatnya, Kane ternyata menyesali apa yang telah dijalaninya selama ini. Kekayaannya tidak membuatnya bahagia.

4. Wall Street

Wall Street entrepreneur
Wall Street via yesmovies.to

"What's worth doing is worth doing for money."

Semangat yang tinggi untuk mencapai kesuksesan sangat dibutuhkan. Film yang menceritakan tentang Bud Fox ini mengambil latar waktu 1980-an dan tempat yang sesuai dengan judulnya, Wall Street. Sebuah kawasan bisnis terpopuler di Amerika Serikat.

Bud Fox yang bekerja sebagai seorang pialang adalah sosok yang sangat ambisius. Demi mencapai tujuannya, ia pun berusaha mendekati Gordon Gekko untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman darinya. Sampai akhirnya tekadnya yang besar membawanya untuk memiliki usaha sendiri.

5. Glengarry Glen Ross

Glengarry Glen Ross entrepreneur
Glengarry Glen Ross via the-toast.net

“Your name is "you're wanting", and you can't play the man's game, you can't close them, and then tell your wife your troubles.”

Bagaimana cara menarik dan mendapatkan pelanggan, dari film ini Anda akan mengetahuinya. Menjadi salesman yang menjual real estate ternyata memerlukan kecerdasan dan rasa percaya diri yang tinggi. Segala cara tampak wajar untuk dilakukan agar target yang ditetapkan tercapai dan kemudian mendapatkan reward.

Apa yang bisa dipelajari entrepreneur dalam film ini adalah dunia bisnis bagaikan hutan rimba yang berisi banyak bahaya. Untuk bertahan, Anda harus cepat dalam memikirkan caranya dan memanfaatkan sebaik-baiknya peluang yang ada. Ceroboh dan gegabah sekali saja, siap-siap keganasan dunia bisnis melahap Anda.

6. Crocodile in The Yangtze

Crocodile in The Yangtze entrepreneur
Crocodile in The Yangtze via chinapersonified.com

“Ebay may be a shark in the ocean, but I’m a crocodile in the Yangtze River. If we fight in the ocean, we lose, but if we fight in the river, we win.”

Disajikan dalam bentuk dokumenter, Crocodile in The Yangtze berkisah tentang kehidupan Jack Ma, pendiri alibaba.com. Dari guru kemudian menjadi pemilik startup, perjalanan Jack Ma tergambar jelas dalam film ini, termasuk perkembangan alibaba.com. Bagi Anda yang berkeinginan membangun startup, menonton Crocodile in The Yangtze merupakan pilihan yang tepat.

7. The Pursuit of Happiness

The Pursuit of Happiness entrepreneur
The Pursuit of Happiness via movpins.com

“This part of my life. This part right here. This is called happiness.”

Film bergenre drama ini menceritakan kisah nyata tentang Chris Gardner yang begitu gigih dalam mengejar mimpi-mimpinya. Dalam film ini, dikisahkan bagaimana Chris jatuh bangun dan harus menjalani kehidupan yang sangat sulit bersama anaknya. Bahkan, mereka harus kehilangan rumahnya. Jalan menuju sukses tidak selalu mulus dan mudah. Begitu kira-kira pesan yang disampaikan film ini.

8. The Social Network

The Social Network entrepreneur
The Social Network via themoviejerk.co.uk

“You know, you really don't need a forensics team to get to the bottom of this. If you guys were the inventors of Facebook, you'd have invented Facebook.”

Facebook telah menjadi salah satu startup yang paling sukses yang pernah ada. Tentu sangat menarik untuk mengetahui sisi kehidupan sang pendirinya. Film ini menceritakan tentang Mark Zuckerberg yang sukses memulai dan mengembangkan ide Facebook-nya yang awalnya sekadar iseng. Dalam The Social Network, Anda bisa melihat bagaimana Mark memulai dan menjalankan Facebook.

9. Moneyball

Moneyball entrepreneur
Moneyball via npr.org

“When your enemy's making mistakes, don't interrupt him.”

Moneyball akan mengajarkan bagaimana sebuah usaha selalu membutuhkan inovasi dan kreativitas yang tinggi. Film ini menceritakan sebuah tim yang telah sukses, tetapi tersandung masalah yang kemudian membuat mereka kehilangan banyak uang.

Bukan hanya itu saja, sang manajer juga harus menerima kenyataan bahwa anggota timnya banyak yang hengkang ke tim lain yang lebih kaya. Brad Pitt yang berperan sebagai manajer kembali membangun timnya dari awal dan membuat mereka berbeda dengan tim sebelumnya.

10. Rocky

Rocky entrepreneur
Rocky via filmlinc.org

“I guess what I’m trying to say is, if I can change, and you can change, everybody can change.”

Film yang dibintang Sylvester Stallone ini memang berkisah tentang seorang petinju. Rocky Balboa awalnya adalah petinju miskin. Suatu ketika Apollo Creed, petinju kelas berat saat itu, sedang mencari lawan baru.

Audisi yang dibuka Apollo menarik perhatian Rocky. Singkat cerita, latihan keras yang dijalani Rocky demi bisa memenangkan audisi tersebut membuahkan hasil. Akhirnya, Rocky keluar sebagai pemenang mengalahkan Apollo.

Pesan yang inspiratif yang disampaikan dan berguna bagi entrepreneur teruslah bertarung. Jangan pernah berhenti sekalipun dunia berkata Anda tidak akan mungkin bisa.

Baca Juga: 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia

Dapatkan dan Pelajari Banyak Hal

Meskipun baru akan memulai usaha untuk pertama kalinya, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak film yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai usaha. Anda bisa mempelajari banyak hal yang bermanfaat tentang usaha itu sendiri. Luangkan waktu untuk menonton dan menikmati film-film yang akan memberikan motivasi bagi entrepreneur.

Baca Juga: 4 Tips Mencari Pekerjaan Sampingan Tanpa Mengganggu Pekerjaan Utama