10 Penginapan Terapung di Indonesia, Pilihan Liburan ala Maldives

Siapa yang tidak tahu Maldives? Kepulauan yang berada di barat daya Sri Lanka ini sering kali dijadikan sebagai salah satu tujuan berlibur ataupun honeymoon. Pasir pantai yang bersih, jernih dan birunya air laut serta dilengkapi dengan beberapa resort mewah yang terapung membuat suasana eksotis tempat ini semakin terasa. Maka, tak heran kalau Maldives sering disebut sebagai kepulauan layaknya surga dunia. Namun, biaya yang dibutuhkan sangat mahal sehingga banyak orang yang mengurungkan niatnya berlibur ke Maldives.

Tak perlu bersedih karena masih bisa menikmati liburan ala Maldives di Indonesia. Kini banyak destinasi wisata baru di Indonesia yang tidak kalah indahnya bila dibandingkan dengan Maldives. Bahkan, pengembang wisata sengaja membuat mirip destinasi tersebut dengan model penginapan terapungnya baik itu di danau maupun di laut. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sensasi yang tidak jauh berbeda dengan Maldives. Nah, berikut beberapa penginapan terapung ala Maldives yang berada di Indonesia.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Misool Eco Resort

loader
Misool Eco Resort, 
Papua via welcomebeyond.com

Misool Eco merupakan resort cantik yang berada di dalam Kawasan Raja Amat, Papua. Tempatnya yang jauh dari hiruk pikuk keramaian akan membuat Anda merasakan ketenangan dan kenyamanan. Apalagi suasana tersebut juga didukung oleh terbatasnya jumlah pengunjung, yaitu maksimal 40 orang saja. Nah, bagi yang hobi diving, tidak ada salahnya coba di tempat ini.

2. Kampung Sampireun Resort & Spa

loader
Kampung Sampireun Resort & Spa, Garut via saliha.id

Bagi yang berada di wilayah Garut, ada bisa pilih Kampung Sampireun Resort & Spa sebagai tempat berlibur. Penginapan terapung ini berada di tengah-tengah kawasan hutan rindang sehingga dapat memberikan pemandangan hijau serta udara yang segar.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

3. Dusun Bambu

loader
Dusun Bambu, Lembang via dusunbambu.com

Bandung memang sangat terkenal dengan tempat wisatanya yang unik dan menarik, salah satunya yakni Dusun Bambu. Resort ini tepatnya berada di daerah Lembang. Kamar-kamar yang disediakan sengaja dibangun dengan menggunakan bamboo dan berada diatas danau serta dikelilingi hijaunya pepohonan yang menambah keasrian pemandangan di lingkungan Dusun Bambu.

4. Pulau Cinta

loader
Pulau Cinta, Gorontalo via netz.id

Dinamakan pulau cinta karena bentuk penginapan terapung ini berbentuk love. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang berada di Kabupaten Boalemo, Gorontalo ini, harus menggunakan kapal dan butuh waktu sekitar 25 menit dari bibir pantai untuk sampai di pulau cinta tersebut. Sesampainya disana, Anda akan merasakan sensasi berlibur ala Maldives, yaitu menginap di atas lautan biru yang pastinya sangat asyik.

5. Maratua Paradise Resort

loader
Maratua Paradise Resort 
via maratua.com

Maratua Paradise merupakan tempat wisata yang berada di kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Resort ini sudah terkenal dan dijadikan sebagai salah satu surganya wisata di Indonesia. Bahkan, banyak orang yang sudah membuktikan keindahan Maratua Paradise dan menyebutnya sebagai Maldives-nya Indoonesia.

6. Pulau Ayer Resort & Cottages

loader
Pulau Ayer, Kepulauan Seribu via pulauseribu-jakarta.com

Walau penginapan ini sengaja dibuat dari kayu dan berukuran kecil, tapi tetap memberikan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata lain. Kamar yang dibangun di atas laut dan terdapat hutan kecil memberikan kesan yang sulit dilupakan. Resort and Cottages ini berada tak jauh dari DKi Jakarta, tepatnya di deretan Pulau Seribu, yaitu Pulau Ayer.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

7. Montigo Resort Nongsa

loader
Montigo Resort Nongsa, Batam via montigoresorts.com

Selain dikenal sebagai salah satu kota pusat ekonomi, Batam juga memiliki beberapa tempat wisata yang memiliki keindangan luar biasa. Salah satunya adalah Montigo Resort Nongsa yang memiliki hamparan pasir putih sepanjang pantai dan panorama birunya air laut. Penginapan ini juga memberikan sensasi tidur diatas air laut sehingga membuat liburan semakin seru.

8. Wisma Apung Karimunjawa

loader
Wisma Apung Karimunjawa, Kepulauan Karimunjawa via ranselkarimunjawa.co.id

Siapa yang tidak mengenal kepulauan Karimunjawa yang terkenal akan keindahan pantainya. Di sana terdapat penginapan yang berada di atas air laut dan tentunya patut dikunjungi karena memberikan sensasi berlibur yang berbeda, yaitu Wisma Apung. Selain menikmati pemandangan yang indah, Anda juga bisa mencoba berenang bersama dengan bayi-bayi hiu disekitar penginapan tersebut.

9. Papua Paradise Eco Resort

loader
Papua Paradise Eco Resort, Papua via manadosafaris.com

Keindahan alam Raja Ampat tidak ada habisnya, karena selalu memberikan kejutan tempat wisata berlibur yang wajib dikunjungi. Nah, kali ini Anda bisa memilih Papua Paradise Eco Resort sebagai tujuan berlibur. Suasana yang sepi, hamparan laut yang terbentang luas dan deretan pohon yang rindang membuat liburan semakin menyenangkan.

10. Ora Beach Resort

loader
Ora Beach Resort, Maluku via visualitineraries.com

Maluku mulai mengenalkan tempat wisata yang memiliki keindahan pantainya, yaitu Ora Beach Resort yang merupakan penginapan terapung di Pulau Ora, Kecamatan Sera Utara. Penginapan ini menyuguhkan pemandangan air laut yang sangat jernih, bersih dan tenang serta udara yang segar.

Pilih Tempat Wisata yang Berbeda

Tidak ada salahnya mencoba hal baru dengan mengunjungi tempat wisata yang memiliki suasana dan keunikan yang berbeda. Tentunya agar momen liburan menjadi semakin seru, asik, dan pastinya sulit dilupakan. Pilih tempat wisata yang tepat sesuai dengan kantong Anda. Jangan lupa rencanakan waktu liburan dengan matang dari jauh hari.

Baca Juga: 12 Tips Ampuh Agar Tidak Bangkrut Setelah Liburan