10 Trik Menabung Paling Ampuh, Patut Dicoba!

Menabung merupakan salah satu cara mengelola uang paling sederhana, tapi kalau tidak dibiasakan sejak kecil, yang ada pasti selalu gagal melakukannya. Tak heran kalau banyak orang yang mencari cara paling efektif untuk menabung. 

Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, tenang saja. Ikuti 10 trik menabung paling ampuh berikut, dijamin kamu akan terbiasa menabung, deh!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Menabung setiap hari

loader

Kalau kamu takut tidak bisa menabung bulanan, coba nabung harian. Sisihkan uang sesuai kemampuan finansial mu, bisa Rp 20.000, Rp 30.000, atau lebih besar. Lakukan setiap hari selama satu bulan.

Siapkan satu celengan khusus untuk menyimpan uang yang disisihkan, jadi uangnya tidak terpakai untuk hal lain. Cara ini terbilang efektif. Kalau dilakukan secara disiplin, uang yang ditabung lumayan, lho!

2. Jangan malu mengumpulkan uang receh

Banyak orang yang menyepelekan uang receh. Padahal kalau dikumpul-kumpulkan, nominal uang recehnya bisa jadi besar, lho! Bayangkan kalau kamu bisa mengumpulkan recehan Rp 500 setiap hari, dalam satu bulan bisa terkumpul Rp 15.000.

Lumayan untuk beli bumbu dapur, kan? Jadi jangan pernah menyepelekan uang, berapapun nominalnya. Lebih baik kumpulkan dan lihat berapa besar nominal uangnya di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Ide Menabung Jangka Pendek yang Bisa Kamu Coba

3. Siapkan amplop khusus

loader

Amplop ini berfungsi untuk menyimpan uang yang sudah kamu alokasikan per pos pengeluaran. Jadi untuk biaya makan, listrik, transportasi, internet, semuanya sudah dipisah-pisahkan dalam amplop yang berbeda.

Tujuannya agar kamu patuh pada anggaran, jadi tidak ada pemakaian di luar pos yang semestinya. Cara ini membuatmu terbiasa disiplin mengelola uang, jadi menabung bukan hal yang sulit lagi untukmu.

4. Tentukan tanggal menabung

Menabung itu sebaiknya dilakukan di awal, bukan di akhir. Jadi uang yang ditabung bukan uang sisa, melainkan uang yang sama sekali belum digunakan. Kalau biasanya kamu menabung setiap tanggal 25, maka di bulan berikutnya juga harus di tanggal yang sama.

Tanggalnya ini bisa disesuaikan sendiri, misalnya saat gajian. Yang penting uangnya sudah harus ditabung saja saat tanggal tersebut tiba, jadi tidak terlanjur dipakai untuk belanja konsumtif.

5. Pisahkan rekening milikmu

loader

Kalau menurutmu menyisihkan uang di amplop terlalu ribet, kamu bisa sisihkan ke rekening. Asalkan rekeningnya dipisahkan antara rekening pribadi dan pengeluaran. Jadi rekening pengeluaran untuk semua pengeluaran, sedangkan pribadi untuk tabungan dan investasi. 

Dengan begini, kamu tidak tergoda menggunakan uang di luar anggaran. Alhasil, jumlah tabunganmu selalu bertambah setiap bulan. 

6. Jangan malu beli barang obral

Kalau dibandingkan dengan barang yang digantung di hanger, harga barang obral jauh lebih murah. Jadi tak ada salahnya melirik barang obral saat berbelanja. Siapa tahu ada yang cocok, kamu bisa menghemat jumlah uang yang lumayan, lho!

Sisa uang untuk belanja bisa kamu masukkan ke rekening tabungan. Hanya saja, kamu perlu teliti memilih barang obralan. Biasanya barang yang diobral memiliki beberapa defect atau kekurangan. 

Baca Juga: Begini Caranya Bisa Nabung Tanpa Harus Makan Mi Instan Tiap Hari

7. Bijak memanfaatkan diskon

loader

Selain diobral, beberapa barang yang dijual di mall sering kali didiskon. Manfaatkan diskon ini untuk mengurangi jumlah uang keluar, ya! Jangan ragu memakai e-wallet atau kartu kredit saat bertransaksi kalau memang harga barangnya jadi lebih murah.

Khusus untuk kartu kredit, ada baiknya kamu langsung sisihkan uang untuk membayar tagihannya setelah berbelanja. Saat tagihan jatuh tempo, kamu tinggal bayar dan tidak perlu membuat alokasi khusus di bulan mendatang. Jadi, kegiatan menabung tidak terancam. 

8. Hilangkan gengsi yang berlebihan

Kalau mau sukses menabung, sebaiknya hilangkan gengsi karena tak ada gunanya. Gengsi inilah yang terkadang membuat keuanganmu terjerumus. Kamu yang tadinya ingin menabung terpaksa membatalkan keinginan ini cuma karena mau ikut-ikutan teman jadi anak kekinian. 

Misalnya untuk hal nongkrong. Kamu tidak melulu harus nongkrong di kafe mahal kalau seandainya ada cafe yang lebih murah, menunya bervariasi, dan enak. Intinya kan perut kenyang dan kamu bisa kumpul sama teman.

9. Bawa uang secukupnya

loader

Kalau mau keluar rumah, sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Siapa tahu kamu ingin beli sesuatu di warung atau toko kelontong, jadi bisa pakai uang ini. Tidak perlu gesek sana sini yang membuat pengeluaranmu jadi tidak terkendali.

Tapi ingat, secukupnya saja. Jangan berlebihan karena takutnya sifat impulsif kamu kambuh, jadi tidak bisa mengontrol diri saat melihat barang menarik di sekelilingmu.

10. Menahan diri

Trik menabung paling ampuh terakhir adalah berani menahan diri, baik saat berbelanja, nongkrong, pokoknya saat kamu ada di luar rumah. Jangan sering melirik kesana-sini supaya kamu tidak tergoda. 

Kalaupun sudah sempat tergoda, tarik nafas dalam-dalam dan ingat tujuanmu, yaitu menabung. Dijamin keinginan untuk belanja pada momen yang tidak tepat dapat dihindari.

Lakukan Demi Kebaikan Finansialmu

Menabung bukan hal yang sulit, tapi butuh kedisiplinan tinggi kalau mau berhasil. Kalau kamu bersikeras ingin menabung, lakukan trik menabung paling ampuh di atas. Sebaiknya lakukan dengan tulus hati demi kebaikan finansialmu, sehingga prosesnya menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Tips Menabung Jutaan Rupiah Dalam Waktu 30 Hari di Bulan Puasa