10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Patut Dicoba!

Tidak melulu di tempat kerja, di rumah pun seseorang bisa memperoleh penghasilan yang cukup lumayan. Caranya mudah, yaitu dengan membuka usaha. 

Ada banyak usaha rumahan yang dapat dijadikan peluang. Menariknya lagi, bisnis rumahan ini lagi trend juga, lho! Apa saja kira-kira?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Usaha katering

usaha katering

Suka memasak? Pertanda baik karena kesukaan ini bisa dijadikan sebagai ladang uang, yaitu dengan membuka usaha katering. Tentu dengan pangsa pasar yang beragam, mulai dari anak sekolah hingga para karyawan kantoran.

Cukup skala kecil-kecilan saja di awal. Nanti kalau sudah semakin dikenal baru buka usaha katering yang lebih besar. Pastikan cita rasa makanan buatanmu enak, jadi keinginan untuk ekspansi ini dapat terwujud seiring berjalannya waktu.

2. Fotokopi

fotokopi

Jika tempat tinggalmu dekat dengan area sekolah atau kampus, maka usaha fotokopi cukup menjanjikan. Terlebih lagi kalau tidak ada pesaing di sekelilingmu, maka usaha fotokopi pasti ramai. Setiap jam ada saja yang ingin fotokopi atau print out tugas. 

Sebaiknya dikerjakan satu atau dua orang karyawan untuk membantu melancarkan usaha ini. Sebab, melayani seluruh konsumen sendirian dapat membuat kamu menjadi kewalahan nantinya.

3. Makanan frozen

frozen food

Frozen food tengah menjadi trend akhir-akhir ini. Alasannya karena makanan lebih tahan lama dengan cita rasa yang sama seperti makanan jadi. Sangat cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, maupun karyawan yang ingin membuat stok bahan makanan di dalam kulkas.

Ada frozen food dalam bentuk buah-buahan, gorengan, dan donat yang bisa dijadikan referensi. Tinggal pilih mana yang menurutmu paling digemari masyarakat. Jika memungkinkan, kamu bisa menjual ketiganya.

Baca Juga: Mau Usaha yang Gak Perlu Modal, Tapi Malah Dapat Uang? Cobain Bisnis Ini

4. Usaha kartu internet

kartu internet

Sekarang memang sudah zamannya Wi-Fi, tapi kartu internet tidak bisa dilupakan begitu saja. Tetap dibutuhkan untuk jaga-jaga barang kali Wi-Fi rusak atau terputus. Lagipula, tidak semua tempat di tanah air menyediakan fasilitas Wi-Fi.

Untuk menjalankan bisnis ini, ada baiknya bangun kerja sama dengan provider kartu yang bersangkutan. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik yang pastinya dapat menambah keuntungan saat menjalankan usaha.

5. Dropshipper

Dropshipper

Ingin membuka usaha tanpa mengeluarkan banyak modal? Jadilah dropshipper yang tugasnya cuma menjual kembali barang dagangan supplier, namun dengan harga lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan.

Mekanismenya, tentukan dulu barang yang ingin dijual, cari supplier yang menawarkan harga murah, lalu buat toko online sendiri menggunakan barang dari supplier dengan harga lebih mahal. Bayangkan berapa banyak keuntungan yang didapat kalau banyak yang beli barang di tokomu.

6. Usaha potong dan menjahit kain

potong dan menjahit kain

Kelihatannya sepele, tapi percayalah ini peluang usaha yang cukup menjanjikan. Selain karena pangsa pasarnya besar, modal untuk menjalankan usahanya kecil, dan skill yang dibutuhkan bukanlah skill penjahit pada umumnya.

Disini kamu hanya perlu tahu cara memotong kain, lalu melipat, dan menjahit pinggiran kain yang dipotong agar terlihat seperti aslinya. Setelah itu, kamu memperoleh upah seperti yang telah disepakati di awal.

Baca Juga: Minat di Teknologi? Ini 12 Peluang Bisnis Digital yang Sangat Menjanjikan

7. Mencuci sepeda motor

steam motor

Jika kamu punya garasi atau halaman depan rumah yang cukup luas, pergunakan untuk membuka usaha cuci motor. Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai belasan juta per bulan, lho!

Apalagi disini kamu tidak perlu menyewa tempat lagi, yang diperlukan hanya alat-alat pencucian kendaraan, lampu, dan karyawan agar usaha dapat berjalan dengan lancar.

8. Jual buah dan sayur

menjual buah dan sayur

Kamu tidak perlu ke pasar untuk berjualan buah dan sayur. Jika teras rumah cukup luas dan tidak dipakai, maka bisa disulap sebagai tempat berjualan sederhana. Pembelinya tak lain adalah tetangga sekitar. 

Keuntungannya lumayan untuk uang tambahan ke dapur. Daripada sama sekali tidak menghasilkan uang, usaha ini tentunya lebih baik.

9. Buka les privat

guru privat

Jika kamu dapat menguasai satu bidang dengan baik, seperti bahasa, matematika, atau seni, maka tak ada salahnya membuka les privat. Murid-muridnya bisa datang dari mana saja, bisa tetangga, anak teman atau keluarga, dan lain sebagainya.

Kunci sukses usaha ini adalah sabar karena mengajari seseorang tidaklah mudah. Tapi sekali kamu sabar, pasti banyak yang suka diajari olehmu. Muridmu juga bertambah banyak setiap waktunya.

10. Warteg

warteg

Bisnis selanjutnya sekaligus yang terakhir adalah usaha warteg. Jauh lebih sederhana dengan menu yang bervariasi dan harga bersahabat. Dipastikan laku, terutama kalau warteg sudah buka sejak pagi.

Sebab, tidak semua orang sempat masak di pagi hari. Kehadiran usaha warteg milikmu tentunya akan sangat membantu para pekerja untuk mengisi perut sebelum bekerja. 

Tekuni dengan Sungguh-sungguh Sampai Berhasil

Agar usaha rumahan milikmu sukses, sebaiknya tingkatkan porsi sabar sebelum memulainya. Pastikan juga kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh karena kesungguhan inilah yang sejatinya akan membawa kamu pada keberhasilan. Untuk yang ingin mendapatkan modal usaha secara cepat, kamu bisa mengajukan kartu kredit atau KTA di Cermati.com. Proses lebih mudah dan tidak perlu repot-repot ke Bank.

Baca Juga: Mumpung WFH, Yuk Coba 9 Ide Bisnis Ini untuk Tambah Income!