4 Langkah Jitu untuk Meningkatkan Harga Jual Rumah

Berniat menjual rumah dalam waktu dekat, kamu tentu sudah mulai mempertimbangkan berbagai hal penting untuk ini. Selain harga jual, kamu juga perlu mempersiapkan kondisi rumah itu sendiri. Jangan sampai harga rumah tidak sesuai pasaran dan harapan, hanya karena memang tidak melakukan beberapa persiapan sebelum penjualan tersebut. Bukannya untung, kesalahan seperti ini justru bisa membuat mengalami kerugian.

Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

Persiapkan Rumah dengan Cara yang Tepat

Meski selama ini tinggal di rumah yang dijual, tetap perlu mempersiapkan kondisi rumah tersebut agar benar-benar layak untuk dijual. 

Beberapa perbaikan akan meningkatkan harga jual rumah, bahkan bisa saja lebih besar dari yang diduga. Jangan lakukan penjualan rumah dengan terburu-buru, agar bisa meluangkan waktu untuk persiapan ini.

Berikut ini adalah beberapa langkah jitu, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan harga rumah bekas:

1. Dandani agar Terlihat Nyaman dan Lebih Menarik

loader

Pada dasarnya, kenyamanan seseorang akan sebuah rumah tentu sangat relatif. Namun sebisa mungkin, harus bisa membuat rumah terlihat lebih nyaman dan menarik di mata calon pembeli. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk urusan yang satu ini, antara lain:

  • Lakukan Pengecatan Ulang

Warna selalu menjadi poin penting untuk membuat sebuah rumah menjadi lebih nyaman dan tidak bisa mengabaikan yang satu ini. Lakukan pengecatan ulang rumah, terutama jika warna cat rumah sudah tampak kusam. Pilih menggunakan paduan warna yang tepat dan sebisa mungkin sedang trend saat ini. 

Ingat, jangan mengikuti selera warna saja, pastikan memilih warna yang kira-kira akan disukai banyak orang dan bisa memberi tampilan segar di rumah tersebut.

  • Rapikan dan Percantik Taman

Taman juga selalu menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Jika selama ini rumah tidak memiliki taman, maka mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuatnya sebelum menjual rumah tersebut. 

Namun jika sudah ada taman, maka hanya perlu mempercantik taman tersebut. Kamu bisa menempatkan beberapa tanaman baru dan juga lampu yang indah di sana. Taman yang indah dan sejuk akan memberi nilai lebih untuk penjualan rumah. 

  • Buat Teras atau Halaman Rumah Menjadi Nyaman

Area teras atau halaman juga menjadi salah satu bagian yang akan langsung terekspos bagi calon pembeli yang datang. Buatlah area ini menjadi nyaman dan terasa hangat untuk dijadikan tempat bersantai. Kamu bisa menempatkan satu set kursi dan meja kecil di sana. Ini akan memberikan suasana yang lebih “hidup” dan nyaman, jika ternyata memiliki taman yang terawat di depannya.

2. Buat Rumah Lebih Ramah Energi 

Pencahayaan alami di seluruh area rumah juga menjadi poin penting. Kamu bisa membuat beberapa bukaan melalui ventilasi dan juga jendela di beberapa area rumah tersebut. 

Selain terang, hal ini juga akan memberikan sirkulasi udara yang sehat sepanjang waktu. Kamu juga bisa membuat rumah ramah energi dengan beberapa langkah berikut:

  • Gunakan Lampu Ramah Energi

Untuk menciptakan rumah ramah energi, ganti lampu di semua area dengan menggunakan lampu hemat energi. Ini akan membuat tampilan rumah tetap nyaman dengan tingkat pencahayaan yang memadai. Namun disisi lain, lampu hemat energi ini juga bisa menekan biaya listrik setiap bulannya. 

  • Buat Ventilasi yang Memadai

Ventilasi pada beberapa area rumah akan membuat bukaan yang baik untuk udara yang lebih segar. Seluruh ruangan akan tetap terasa sejuk, meskipun sedang tidak menggunakan AC di sana. Atur ventilasi rumah dengan tepat, agar seluruh area rumah bisa sejuk dan lebih sehat.

  • Atur Pencahayaan Alami

Tak perlu menggunakan lampu sepanjang waktu, jika bisa mengatur pencahayaan alami di rumah tersebut. Beberapa jendela dan ventilasi bisa membantu mengatur pencahayaan alami masuk ke area rumah sepanjang hari. 

Selain itu, pintu kaca juga akan cukup membantu membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah, sehingga rumah hanya perlu menggunakan lampu di malam hari saja.

Baca Juga: Perbedaan Membeli KPR Rumah Baru dan Rumah Bekas

3. Gunakan Teknologi Rumah Pintar

loader

Untuk meningkatkan harga jual rumah, bisa juga menggunakan teknologi smart home. Ada beberapa fitur yang dapat dijadikan sebagai pilihan, seperti:

  • Fitur Smart Door Lock

Fitur yang satu ini memang belum begitu banyak digunakan untuk hunian pribadi, namun tak ada salahnya dipertimbangkan. Smart door lock akan memberikan perlindungan ganda pada rumah, sehingga resiko keamanan bisa ditekan dengan baik. Selain canggih, penggunaan fitur ini juga akan begitu simpel dan tidak merepotkan. 

  • Fitur Smart Lamp

Menggunakan lampu pintar juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual rumah. Penggunaan lampu ini bahkan sudah cukup familiar dan terjangkau. Lampu pintar seperti ini jauh lebih praktis dan bisa dikendalikan dengan mudah dari jarak jauh, bahkan melalui smartphone saja.

  • Pasang CCTV

CCTV sudah menjadi kebutuhan tersendiri untuk setiap rumah, barangkali kamu bahkan sudah menggunakan produk ini. CCTV akan membuat kemudahan untuk mengawasi keamanan rumah, bahkan saat rumah dalam kondisi kosong. Menggunakan produk ini di rumah, akan membantu meningkatkan daya jualnya. 

4. Tingkatkan Strategi Marketing 

Jangan abaikan strategi marketing, sebab langkah ini bisa meningkatkan harga jual rumah dengan baik. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk hal ini, yakni:

  • Gratis Furnitur

Menjual rumah lengkap dengan furnitur gratis merupakan daya tarik tersendiri di dalam iklan yang dipasang. Ini akan membuat pembeli mudah tertarik, apalagi jika furnitur yang disertakan terbilang lengkap. Kamu bisa menyertakan beberapa furniture sebagai paket gratis ini, seperti sofa, set meja makan, dan yang lainnya.

  • Berikan Diskon

Diskon selalu menjadi daya tarik besar bagi pembeli, begitu juga saat seseorang ingin membeli rumah. Bisa menggunakan strategi ini untuk meningkatkan peluang penjualan. Namun pastikan masih tetap mendapatkan keuntungan saat menawarkan harga diskon rumah tersebut.

  • Berikan Garansi 3 Bulan

Jaminan dalam bentuk garansi juga bisa menjadi daya jual tersendiri rumah. Namun layanan perbaikan melalui garansi ini akan membutuhkan biaya yang besar, jadi pertimbangkan dan perhitungkan dengan baik. 

Tentukan poin-poin apa saja yang masuk dalam perjanjian garansi dan berikan layanan ini dalam 3 bulan pertama setelah penjualan rumah tersebut.

Baca Juga: 9 Tips Cerdas saat Negosiasi dengan Penjual Rumah

Siapkan Rumah dan Dapatkan Harga Terbaik

Bagi yang berniat menjual rumah dalam waktu dekat, pastikan meluangkan waktu untuk mempersiapkan rumah tersebut. Kamu perlu mendandani dan meningkatkan daya jualnya terlebih dahulu. Hal ini penting, untuk memastikan agar bisa mendapatkan harga terbaik dan paling menguntungkan dari penjualan rumah yang dilakukan.

Baca Juga: 3 Cara Jual Rumah saat Cicilan KPR Belum Lunas