4 Tips Sukses Membangun Bisnis Skincare

Berkecimpung di dunia kecantikan memang memiliki peluang yang besar. Mengingat sekarang ini, semakin banyak orang baik wanita - pria, anak muda

Bisnis skincare memang terbilang menjanjikan, terutama setelah maraknya sistem belanja online yang memungkinkan terbukanya pasar yang lebih luas di bidang ini. Meski begitu, kamu juga tidak bisa mengabaikan ketatnya persaingan dalam bisnis yang satu ini.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tips Membangun Bisnis Skincare dengan Sukses

Skincare pada umumnya dijual dalam bentuk set maupun satuan, di mana pelanggan bisa menyesuaikan setiap produk dengan kebutuhan kulit mereka. 

Penting untuk merencanakan bisnis skincare yang baik sejak awal, mengingat ada banyak produk yang perlu disediakan di pasar. Inilah salah satu alasan mengapa riset dan analisa pasar sangat diperlukan dalam bisnis yang satu ini.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis skincare dengan sukses:

1. Pahami target market dengan tepat

loader
Pahami target pasar

Bisnis yang sukses tentu bisnis yang menemukan target pasar yang tepat sejak awal. Hal ini berlaku juga di dalam bisnis skincare yang pada umumnya menyediakan beberapa jenis produk yang berbeda. 

Tentukan target yang tepat di dalam bisnis dan pahamilah kebutuhan skincare mereka dengan tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti jenis kulit atau bahkan usia para calon pelanggan tersebut.

Baca Juga: Biar Nggak Salah, Ikuti 3 Cara Hitung Jumlah Pinjaman Modal Usaha Berikut!

2. Jangan abaikan trend

Skincare juga memiliki trend tersendiri, di mana ada item-item tertentu yang sedang diminati pasar. Misalnya, selama beberapa tahun belakangan toner dan serum menjadi trend skincare yang banyak diminati. 

Cermati trend ini dengan baik sejak awal, sebelum akhirnya melakukan kegiatan produksi. Hal ini akan memungkinkan kamu menghasilkan produk yang tepat dan sesuai trend, sehingga laris manis di pasaran.

3. Lihat kebiasaan calon pelanggan

Masing-masing orang tentu akan memiliki ritual tersendiri dalam merawat kulit dan wajahnya. Namun pada dasarnya, setiap orang tentu akan membersihkan wajah mereka, baik itu dengan menggunakan sabun wajah, micellar maupun produk lainnya.

Jika kamu belum memiliki modal besar untuk memulai bisnis skincare ini, maka tidak ada salahnya untuk fokus pada produk-produk tertentu terlebih dahulu, misalnya pembersih wajah dan tonernya.

Baca Juga: Tips Budgeting Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing

4. Produk Skincare Unggulan 

loader
Produk skincare ungglan

Sebelum kamu, tentu sudah banyak pebisnis skincare lainnya yang sukses di pasaran. Ini menjadi peluang kamu untuk belajar dari kesuksesan mereka. Lihatlah produk apa yang menjadi keunggulan bisnis kompetitor, agar bisa membuat produk sejenis, tentunya yang lebih unggul. 

Melakukan inovasi pada produk unggulan di pasar merupakan salah satu langkah mudah untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis skincare ini. Agar bisnis skincare segera bisa berjalan, setidaknya kamu harus memproduksi beberapa item skincare wajib berikut ini:

  • Cleanser

Cleanser merupakan produk wajib di dalam bisnis skincare, sebab semua orang akan membutuhkannya. Ada banyak jenis cleanser yang bisa dijadikan pertimbangan, mulai dari milk cleanser, cleansing tissue, dan yang lainnya. 

Kamu juga mungkin perlu menyediakan cleanser ini dalam beberapa pilihan yang berbeda, sesuai jenis kulit atau usia.

  • Toner

Toner juga menjadi item wajib yang ada dalam rangkaian skincare. Produk ini akan melengkapi ritual membersihkan wajah, sehingga hampir semua pelanggan akan menggunakannya. 

Kamu bisa membuat toner dengan berbagai bahan alami. Pada umumnya toner ini hadir dalam 2 pilihan, yakni eksfoliator dan toner yang melembabkan.

  • Serum

Serum menjadi salah satu jenis skincare yang paling banyak dicari belakangan ini, jadi wajib diproduksi. Pada dasarnya, serum hadir dalam berbagai varian yang berbeda, termasuk manfaatnya yang disesuaikan dengan berbagai jenis kulit wajah.

  • Moisturizer

Moisturizer biasanya dibuat dalam bentuk ringan, sehingga mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Meski tidak semua orang rajin menggunakan produk ini, namun tak sedikit juga orang menjadikannya sebagai bagian dari ritual perawatan wajah mereka.

  • Sunscreen

Sunscreen menjadi salah satu item skincare yang banyak dicari, terutama oleh mereka yang terbiasa menggunakan seri perawatan wajah lengkap. Bukan hanya untuk orang dewasa, tapi kamu bisa menyediakan sunscreen untuk anak remaja.

Gunakan Bahan Skincare yang Sesuai Aturan BPOM

Bagi kamu yang ingin segera memulai bisnis skincare, pastikan kamu merencanakan segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Kamu perlu memilih produk skincare yang tepat dan memiliki pangsa pasar yang luas. Namun, yang perlu kamu perhatikan dengan baik, yaitu gunakan bahan skincare yang aman dan alami atau sesuai dengan aturan dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, produk skincare kamu akan menjadi incaran banyak orang.

Baca Juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari