13 Langkah Sukses Membangun Bisnis Skincare dari Nol

Skincare menjadi salah satu produk yang belakangan ini banyak sekali dicari. Bukan hanya oleh kaum hawa saja, sebagian pria juga rutin menggunakan skincare untuk merawat kulit mereka. Pasarnya yang luas membuat bisnis ini begitu menarik dan memiliki peluang sukses yang terbilang besar. Jika ingin terjun menekuni bisnis kecantikan, ini bisa saja menjadi waktu yang paling tepat untuk kamu.

Berbanding lurus dengan banyaknya peminat, pelaku bisnis skincare ini juga terbilang sangat banyak. Artinya, kamu akan memasuki bisnis yang memiliki tingkat persaingan cukup ketat. Namun, jangan khawatir, jika direncanakan dengan baik, bisnis ini bisa saja berjalan dengan lancar ke depannya. Mulai persiapkan diri kamu untuk terjun dan menekuni bisnis skincare ini dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis skincare dari nol.

Baca juga: Tips Mengelola Biaya Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Tips Memulai Bisnis Skincare dari Nol

loader

Bisnis Skincare

  1. Tentukan Konsep Bisnis

    Konsep menjadi poin utama yang wajib diputuskan sebelum memulai bisnis skincare ini. Pemilihan konsep ini harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, agar ke depannya bisnis bisa berjalan dengan lancar. Jika hanya memiliki modal terbatas, maka menjadi dropshipper tentu akan jadi pilihan tepat. Jika memiliki sedikit modal yang memadai, maka menjalankan bisnis ini sebagai reseller bisa menjadi pertimbangan. Namun jika memiliki modal yang cukup besar, membangun bisnis skincare dengan brand sendiri tentu sangat mungkin dilakukan.

  2. Lakukan Riset Pasar dengan Baik

    Langkah selanjutnya adalah riset pasar. Hal ini akan sangat membantu melihat kondisi pasar secara jelas, termasuk melihat bagaimana persaingan dalam bisnis tersebut. Pelajari kondisi pasar dan juga kompetitor sehingga kelak berbagai halangan dalam bisnis ini bisa diatasi dengan baik. Jika akan menjadi dropshipper atau reseller, dalam tahap ini pencarian supplier juga sudah bisa dilakukan.

  3. Mulai Product Development

    Tahap ini dibutuhkan jika kamu akan membangun brand skincare sendiri. Lakukan produk development dengan baik, di mana pengadaan produk direncanakan secara menyeluruh.

    Setidaknya ada dua pilihan cara produksi yang dapat dijadikan pertimbangan, yaitu membuka laboratorium dan melakukan aktivitas produksi secara mandiri di sana dan menggunakan jasa pabrik lain untuk kegiatan produksi agar produk yang dihasilkan akan sesuai dengan brand dan keinginan kamu selaku pemilik brand tersebut.

  4. Tetapkan Target Pasar

    Dalam membangun bisnis, menetapkan target pasar yang tepat juga tak kalah pentingnya. Target pasar yang tepat akan membantu bisnis berkembang dengan maksimal, bahkan mungkin saja dalam waktu cepat.

    Tentukan target yang tepat di dalam bisnis dan pahamilah kebutuhan skincare mereka dengan tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti jenis kulit atau bahkan usia para calon pelanggan tersebut.
  5. Tentukan Brand yang akan Digunakan

    Penting untuk memilih nama brand yang tepat dalam bisnis, agar mudah dikenal dan diingat oleh calon pelanggan maupun pelanggan itu sendiri. Gunakanlah nama yang tepat, unik dan bisa merepresentasikan produk secara utuh, tetapi tetap mudah diingat. Jika sudah menentukan nama brand ini, segera lakukan pendaftaran hak ciptanya, agar tidak terjadi masalah terkait hal tersebut di masa yang akan datang.

  6. Desain Kemasan Produk

    Kemasan selalu memiliki nilai tersendiri dalam setiap produk. Jangan abaikan hal yang satu ini dalam bisnis skincare. Selain untuk membuat produk lebih menarik, kemasan juga seringkali berperan penting untuk menjaga kualitas produk itu sendiri. Buatlah kemasan produk yang tepat, unik, cantik dan bisa mewakili isinya dengan sangat baik.

  7. Pahami Semua Regulasi Bisnis Skincare

    Jangan lupa untuk mempelajari semua regulasi terkait bisnis skincare yang akan kamu geluti. Hal ini penting, terutama terkait izin edar dan yang lainnya. Pastikan semua izin ini sudah diurus dengan baik terlebih dahulu, sebelum aktivitas penjualan produk dilakukan. Selain itu, penuhi juga ketentuan terkait sertifikasi halal untuk masing-masing produk. Hal ini akan memungkinkan produk skincare tersebut lebih mudah diterima pasar yang lebih luas.

  8. Persiapkan Katalog Produk

    Jika kegiatan produksi sudah dilakukan dan produk siap dijual, lakukan langkah yang satu ini. Buatlah katalog produk yang profesional, agar bisa mempromosikan bisnis tersebut dengan baik. Gunakan jasa fotografer yang profesional di bidang ini, agar foto yang dihasilkan juga berkualitas baik. Siapkan katalog terbaik dan menarik, agar lebih mudah untuk mendapatkan respon positif dari calon pelanggan.

  9. Lakukan Promosi melalui Media Sosial

    Lakukan kegiatan promosi secara online melalui media sosial. kamu bisa memanfaatkan Instagram atau Facebook untuk melakukan launching produk tersebut. Namun, hal ini akan jauh lebih efektif, jika media sosial tersebut sudah dikelola dan aktif sejak jauh-jauh hari. Hal ini akan memungkinkan launching produk berjalan maksimal dengan jumlah audiens yang cukup besar.

    Baca juga : 12 Rekomendasi Jualan Online yang Laris, Kisaran Modal dan Tips Suksesnya

  10. Buka Toko di Marketplace

    Segera buka toko di marketplace untuk memasarkan produk skincare ini. kamu bisa memilih lebih dari satu marketplace sekaligus, agar peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan juga besar. Namun, penting untuk memahami aturan dan juga berbagai biaya yang diterapkan oleh masing-masing marketplace terlebih dahulu, agar kelak tidak ada kesalahpahaman.

  11. Bangun Website Resmi sebagai Toko Online

    Membangun website resmi merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat bisnis ini lebih profesional. Cara ini akan membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas terhadap bisnis tersebut. Bisnis akan lebih mudah dikenal dan berkembang ke depannya. Buatlah website resmi untuk bisnis skincare ini, agar lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari banyak orang.

  12. Bekerjasama dengan Influencer

    Menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnis juga bisa menjadi salah satu cara terbaik. Bekerjasamalah dengan influencer yang tepat dan sesuai dengan produk skincare kamu tersebut. Jika belum memungkinkan untuk membayar jasa influencer ternama, maka tidak ada salahnya bekerja sama dengan micro influencer terlebih dahulu. Biasanya, micro influencer seperti ini tidak harus dibayar, cukup dikirimi produk secara gratis saja.

  13. Manfaatkan Fitur ADS

    Gunakan juga fitur ADS untuk mempromosikan produk tersebut secara luas. Fitur ini bisa ditemukan dalam berbagai platform, mulai dari media sosial hingga marketplace sekalipun. Pilih platform yang tepat dan bisa meningkatkan potensi penjualan produk, agar penggunaan fitur ADS ini bisa memberikan manfaat maksimal.

    Baca Juga: Biar Nggak Salah, Ikuti 3 Cara Hitung Jumlah Pinjaman Modal Usaha Berikut!

  14. Jangan Abaikan Trend

    Skincare juga memiliki trend tersendiri, di mana ada item-item tertentu yang sedang diminati pasar. Misalnya, selama beberapa tahun belakangan toner dan serum menjadi trend skincare yang banyak diminati.

    Cermati trend ini dengan baik sejak awal, sebelum akhirnya melakukan kegiatan produksi. Hal ini akan memungkinkan kamu menghasilkan produk yang tepat dan sesuai trend, sehingga laris manis di pasaran.

  15. Lihat Kebiasaan Calon Pelanggan

    Masing-masing orang tentu akan memiliki ritual tersendiri dalam merawat kulit dan wajahnya. Namun pada dasarnya, setiap orang tentu akan membersihkan wajah mereka, baik itu dengan menggunakan sabun wajah, micellar maupun produk lainnya.

    Jika kamu belum memiliki modal besar untuk memulai bisnis skincare ini, maka tidak ada salahnya untuk fokus pada produk-produk tertentu terlebih dahulu, misalnya pembersih wajah dan tonernya.

    Baca Juga: Tips Budgeting Skincare Biar Dompet Tak Boncos, Wajah Tetap Glowing

  16. Ketahui Produk Skincare Unggulan

    Sebelum kamu, tentu sudah banyak pebisnis skincare lainnya yang sukses di pasaran. Ini menjadi peluang kamu untuk belajar dari kesuksesan mereka. Lihatlah produk apa yang menjadi keunggulan bisnis kompetitor, agar bisa membuat produk sejenis, tentunya yang lebih unggul.

    Melakukan inovasi pada produk unggulan di pasar merupakan salah satu langkah mudah untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis skincare ini. Agar bisnis skincare segera bisa berjalan, setidaknya kamu harus memproduksi beberapa item skincare wajib berikut ini:

    • Cleanser

      Cleanser merupakan produk wajib di dalam bisnis skincare, sebab semua orang akan membutuhkannya. Ada banyak jenis cleanser yang bisa dijadikan pertimbangan, mulai dari milk cleanser, cleansing tissue, dan yang lainnya.

      Kamu juga mungkin perlu menyediakan cleanser ini dalam beberapa pilihan yang berbeda, sesuai jenis kulit atau usia.

    • Toner

      Toner juga menjadi item wajib yang ada dalam rangkaian skincare. Produk ini akan melengkapi ritual membersihkan wajah sehingga hampir semua pelanggan akan menggunakannya.

      Kamu bisa membuat toner dengan berbagai bahan alami. Pada umumnya, toner ini hadir dalam 2 pilihan, yakni eksfoliator dan toner yang melembabkan.

    • Serum

      Serum menjadi salah satu jenis skincare yang paling banyak dicari belakangan ini, jadi wajib diproduksi. Pada dasarnya, serum hadir dalam berbagai varian yang berbeda, termasuk manfaatnya yang disesuaikan dengan berbagai jenis kulit wajah.

    • Moisturizer

      Moisturizer biasanya dibuat dalam bentuk ringan sehingga mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Meski tidak semua orang rajin menggunakan produk ini, tak sedikit juga orang menjadikannya sebagai bagian dari ritual perawatan wajah mereka.

    • Sunscreen

      Sunscreen menjadi salah satu item skincare yang banyak dicari, terutama oleh mereka yang terbiasa menggunakan seri perawatan wajah lengkap. Bukan hanya untuk orang dewasa, tapi kamu bisa menyediakan sunscreen untuk anak remaja.

Baca juga: Jangan Asal Apply! Inilah Urutan Pemakaian Skincare Wajah Pagi Hari dan Malam Hari

Bisnis Skincare Menggaet Pasar yang Besar

Pasar pengguna skincare sangatlah besar, sebab saat ini masyarakat sudah mulai menyadari kepentingan akan penggunaan skincare. Target pasarnya pun tidak tertutup hanya pada perempuan, tetapi kesadaran menggunakan skincare juga sudah tinggi di kalangan pria.

Maka, memulai bisnis skincare sangatlah menjanjikan. Jika kamu memiliki ketertarikan pada dunia skincare, mulailah mendapatkan uang dengan membuat bisnis skincare.