5 Fasilitas Online Terbaik untuk Memasarkan Bisnis Anda

Di era digital ini, sudah banyak hal yang menjadi lebih mudah dilakukan dibandingkan dulu. Salah satunya adalah bisnis, karena rupanya sudah banyak tools dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis baru Anda. Selain dibuat untuk membuat pengeluaran lebih hemat, aplikasi ini juga bisa membuat jalannya bisnis menjadi lebih efekif.

Ada tools dan fasilitas di internet yang bisa Anda manfaatkan, bahkan banyak diantaranya bisa dikelola secara gratis. Apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa membantu pemasaran bisnis Anda? Cek list-nya satu per satu di bawah ini.

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Website

loader
Website

Website adalah alat digital penting yang harus Anda miliki terlepas dari jenis bisnis yang dijalankan. Apapun bisnis tersebut, baik berupa penawaran barang maupun jasa, rasanya sudah saatnya mulai memasarkannya secara online. Website membantu Anda untuk meraih pasar lain yang luasnya tak terbatas sekaligus menjadi profil utama yang penting untuk menunjukkan eksistensi bisnis tersebut.

Dengan memiliki website, maka alat digital ini bisa menjadi basis bagi Anda melakukan upaya pemasaran melalui sosial media yang langsung terhubung dengan website. Sehingga calon konsumen bisa memperoleh informasi yang komprehensif mengenai barang atau jasa ditawarkan, kontak yang harus dihubungi, serta prosedur pemesaanan misalnya. Selain efektif, website juga mempermudah kinerja pemasaran serta membangun branding.

Kalau masih ragu untuk membuat website dan takut harganya mahal? Kekhawatiran itu sebaiknya perlu Anda buang jauh-jauh. Karena Anda bisa memanfaatkan paltform pembuatan website secara gratis, salah satunya adalah www.wix.com.

Wix menyediakan berbagai jenis desain template website untuk tujuan komersil, menghubungkan website dengan media sosial, blog dan sebagainya. Anda bisa membuat situs secara gratis hanya dengan mendaftar menggunakan email kemudian memilih desain website yang diinginkan. Mudah bukan?

2. Mailing List

loader
Mailing Chimp

Dengan mempunyai Mailing List, maka Anda akan dipermudah memilih informasi email dari klien, partner bisnis atau konsumer potensial yang dimiliki. Meski sekarang sudah ada banyak situs email seperti Gmail dan Yahoo. Tetap saja Anda membutuhkan layanan dengan fitur untuk mengelompokkan kontak penting yang ingin di-update informasinya tiap hari secara efisien.

Ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan mailing list. Salah satunya menggunakan alat digital bernama MailChimp yang dapat secara gratis digunakan. Melalui MailChimp, Anda dapat mengolah newsletter bisnis dengan berbagai template atau cetakan yang sudah disediakan. Kita juga bisa mendapatkan data statistik tentang pandangan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan, laporan pendapatan, dan sebagainya. Semuanya akan berguna untuk memasarkan bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto ini Bikin Feed Instagram Jualan Makin Menarik

3. Software Pembuat Desain

loader
Canva

Berbagai desain barang atau informasi jasa, poster, brosur ataupun materi pemasaran lainnya merupakan hal dasar yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Desain yang menarik pada akhirnya akan menentukan keberhasilan Anda untuk mendapatkan konsumen potensial. Terkait dengan masalah itu, Anda tak perlu repot mengeluarkan pengeluaran tambahan hanya untuk sekedar membuat desain materi pemasaran dari menyewa jasa desain grafis.

Saah satu layanan yang bisa dimanfaatkan adalah Canva. Yakni software desain yang bisa diakses secara gratis. Canva menyediakan template untuk berbagai jenis desain materi pemasaran berupa poster, brosur, flyer bahkan kartu nama bisnis.

4. Manajemen dan Analisa Sosial Media

loader
Logo Sproutsocial.com via dmnews.com

Status Facebook, filter instagram, hashtag di Twitter dan parameter tren lain di sosial media lainnya juga dapat membantu pemasaran bisnis Anda. Selain itu dia juga bisa memudahkan branding produk yang kita miliki kepada publik. Untuk memudahkan Anda memantau tren di sosial media dan bagaimana produk Anda direspon oleh publik, ada satu tools yang bisa digunakan, yaitu Sprout Social.

Alat ini akan membantu Anda menganalisa posting tentang produk yang ditawarkan di sosial media sesuai sasaran. Alat ini juga membantu Anda merangkai isi kalimat pemasaran yang dituliskan di sosial media dalam satu platform, serta mengurutkan berbagai komentar, pertanyaan dan feedback dari konsumen pada satu layar. Tool ini bisa digunakan secara gratis pada bulan pertama, untuk selanjutnya Anda hanya perlu membayar USD 59 atau sekitar Rp767 ribu tiap bulan. Agak mahal mungkin, tapi sebanding dengan manfaat yang akan didapat.

5. Melalui E-Commerce

loader
Tokopedia salah satu e-commerce Indonesia

Sekarang ini sudah banyak wadah yang memberikan peluang kepada Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih luas lagi, yaitu situs e-commerce. Di e-commerce tentunya akan lebih menarik konsumen lebih banyak, mengingat banyak promo-promo yang ditawarkan. E-commerce yang kini menjada idola para pengembang bisnis, di antaranya Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan masih banyak lagi. Tak ada salahnya, miliki akun jualan di setiap e-commerce agar bisnis semakin dikenal banyak orang dan pelanggan juga akan terus bertambah.

Baca Juga: 5 Aplikasi Yang Mempermudah Kamu Mengelola Pengeluaran

Berbisnis Sudah Semakin Mudah

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fasilitas online yang bisa dimanfaatkan untuk membantu jalannya bisnis Anda. Sekarang semuanya kembali lagi kepada Anda, apakah mau menjalankannya atau tidak. Bisnis tidak sekedar membutuhkan modal saja, tetapi juga butuh alat atau sumber untuk memasarkannya kepada masyarakat. Jadi, yuk mulai berbisnis.

Baca Juga: 4 Aplikasi Transportasi Publik Yang Menghemat Uang dan Waktu