5 Hal yang Membuat Anda Sering Mengabaikan Asuransi Kesehatan 

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Sebagian orang bahkan beranggapan jika kesehatan merupakan investasi yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan maksimal. 

Hal ini tentu sangat masuk akal, mengingat untuk bisa melakukan berbagai aktivitas tubuh harus didukung dengan kesehatan yang prima sepanjang waktu. Selain itu, biaya kesehatan juga tentu tidak bisa dianggap murah.

Tingginya biaya kesehatan menjadi salah satu alasan mengakses layanan asuransi kesehatan. Namun meski sangat penting, sebagian orang justru kerap menunda atau bahkan mengabaikan pengadaan asuransi kesehatan ini. Sementara seiring dengan berlalunya waktu, kesehatan justru membutuhkan perlindungan yang lebih maksimal. 

Ada banyak alasan mengapa kebanyakan orang menunda untuk membeli asuransi kesehatan, meskipun besar kemungkinan yang bersangkutan sudah menyadari bagaimana pentingnya untuk memiliki layanan yang satu ini. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda sering mengabaikan dan menunda untuk memiliki asuransi kesehatan:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Saat ini Fisik Masih Sehat

 

badan sehat

Memiliki kondisi fisik yang masih sehat, Anda tentu merasa tidak membutuhkan layanan kesehatan apapun untuk saat ini. Hal seperti ini sangat banyak dialami oleh anak muda, terutama mereka yang belum memiliki tanggungan dan tidak terlalu memikirkan banyak hal. 

Saat tubuh dalam kondisi yang masih sangat sehat, Anda tentu akan sangat leluasa untuk melakukan aktivitas apapun, bahkan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Kondisi seperti ini tentu tidak akan menumbuhkan keinginan memiliki membeli polis asuransi kesehatan. 

Namun seiring dengan berlalunya waktu, maka usia akan bertambah tua. Tubuh tidak akan sefit dulu lagi dan bahkan akan lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Anda mungkin memiliki lebih banyak urusan dan pekerjaan yang menjadi beban pikiran, sehingga sangat rentan mengalami stres. 

Semua ini tentu akan membuat tubuh lebih rentan sakit dan membutuhkan layanan kesehatan. Di saat seperti inilah Anda akan membutuhkan asuransi kesehatan dan tentu saja Anda harus membayarkan premi yang lebih mahal jika dibandingkan dengan membelinya ketika sehat, sebab resiko terhadap berbagai penyakit sudah lebih besar. 

2. Memboroskan Banyak Uang

boros

Premi asuransi yang terbilang tinggi menjadi alasan umum lainnya yang membuat orang enggan mengakses layanan asuransi kesehatan. Jika mengakses asuransi kesehatan swasta secara mandiri, setidaknya Anda tentu akan membutuhkan 10-20% penghasilan bulanan untuk membayar preminya. Hal ini sering dianggap terlalu berat dan hanya memboroskan uang saja, sebab asuransi kesehatan tersebut juga belum tentu akan terpakai dalam waktu dekat.

Namun sebaliknya, jika Anda sakit dan membutuhkan perawatan di rumah sakit, maka biaya yang dikeluarkan bisa saja berjumlah sangat besar. Hal ini bahkan akan semakin besar, jika ternyata Anda menderita penyakit serius dan membutuhkan perawatan yang cukup lama di rumah sakit. Bila mengingat kenyataan seperti ini, menyisihkan beberapa ratus ribu setiap bulannya untuk membayar premi asuransi tentu bukan hal yang berlebihan.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

3. Sudah ada Asuransi Kesehatan dari Perusahaan

asuransi kesehatan

Jika bekerja kantoran, maka Anda tentu akan mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari perusahaan. Hal ini memang membantu, namun bukan alasan untuk tidak mengakses asuransi kesehatan secara mandiri. Asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan pada umumnya hanya memiliki jumlah flafon terbatas, sehingga tidak bisa memberikan perlindungan yang maksimal. 

Selain itu, beberapa asuransi perusahaan juga hanya memiliki perlindungan yang terbatas, sehingga membutuhkan asuransi tambahan lainnya. Memiliki asuransi kesehatan lainnya sebagai pelengkap asuransi kesehatan yang diberikan pihak perusahaan merupakan keputusan yang tepat.

4. Tidak Menjadikan Kesehatan sebagai Prioritas

kesehatan bukan prioritas

 

Ada banyak orang yang sering melupakan betapa pentingnya kesehatan mereka, apalagi ketika masih dalam kondisi yang benar-benar prima. Alih-alih membeli asuransi kesehatan, asuransi kendaraan atau bahkan asuransi rumah justru dijadikan sebagai prioritas. 

Jika melakukan hal seperti ini, maka Anda tentu tidak akan pernah memiliki asuransi kesehatan. Padahal jika gangguan/ resiko kesehatan terjadi pada diri, maka sudah jelas Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mengakses layanan kesehatan di rumah sakit. 

Selain itu, resiko kehilangan penghasilan juga bisa saja terjadi, jika ternyata penyakit cukup parah dan membuat Anda tak lagi bisa bekerja.

Baca Juga: Dear Orang Tua, Ini 4 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak

5. Tidak akan Kena Musibah

banjir

 

Tak seorangpun menginginkan musibah datang, bahkan Anda juga. Namun pada kenyataannya, musibah bisa datang kapan saja dan menimpa siapa saja tanpa bisa diprediksi. Jika alasantidak membeli polis asuransi kesehatan karena anggapan tidak akan kena musibah, maka Anda salah.

Anda bisa saja memiliki anggapan seperti ini, namun tetap harus mempersiapkan diri untuk menghadapainya, jika sewaktu-waktu musibah tersebut datang dan menghampiri, bukan?

Segera Miliki Asuransi Kesehatan yang Tepat

Asuransi kesehatan merupakan kebutuhan penting yang harus dipenuhi dengan baik, sebab produk ini memberikan perlindungan bagi kesehatan. Jika selama ini Anda memiliki banyak alasan untuk menunda memilikinya, maka segera ubah pandangan tersebut. Miliki asuransi kesehatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga bisa mendapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal.

Baca Juga: Hemat dan Praktis, Ini Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Keluarga