Dear Orang Tua, Ini 4 Cara Tepat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak

Menjadi orangtua dan memiliki anak, sebagai orangtua tentu sangat antusias mempersiapkan segala kebutuhan buah hati. Hal ini wajar, sebab setiap orangtua akan menginginkan semua hal yang terbaik untuk anak-anaknya hingga masa depannya.

Tidak hanya pendidikan anak saja, tapi kesehatannya juga menjadi poin penting yang tidak bisa diabaikan. Anak yang sehat tentu akan memiliki lebih banyak kesempatan baik untuk menjalani hidup mereka dengan bahagia, bahkan hingga mereka dewasa nanti. 

Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memberikan perlindungan atau asuransi pada kesehatan anak dengan maksimal. Jadi, jika suatu hari anak tiba-tiba sakit, orang tua tak perlu merasa khawatir berlebih, sebab sudah ada asuransi yang menangani.

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan layanan asuransi kesehatan, sehingga para orang tua akan sangat leluasa untuk memilih salah satu di antaranya. Namun, jangan sampai orang tua salah memilih yang nantinya justru membuat anak tidak merasakan manfaat asuransi kesehatan dengan maksimal.

Sebaiknya, simak beberapa cara tepat berikut ini dalam memilih asuransi untuk anak yang telah dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Lakukan pengajuan sedini mungkin

  bayi
Lakukan pengajuan asuransi kesehatan sedini mungkin

Semakin cepat orang tua mengajukan asuransi kesehatan anak, maka akan semakin baik. Hal ini akan membuat orang tua bisa berhemat lebih banyak uang, sebab masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan premi yang lebih ringan. Perusahaan asuransi akan berpotensi memberikan premi yang rendah ketika Anda mengajukan asuransi anak saat usia dini. 

Sementara di lain sisi, pengajuan asuransi kesehatan di saat anak sudah mulai besar justru dianggap lebih berisiko oleh perusahaan asuransi dan biasanya perusahaan asuransi akan menerapkan nilai premi yang lebih mahal. 

Baca Juga: Siapkan Asuransi Kesehatan untuk Bayi Anda Sejak Dini

2. Ajukan asuransi kesehatan saat anak sehat

anak
Ajukan asuransi kesehatan saat anak sehat

Ajukan asuransi kesehatan anak ketika anak dalam kondisi yang sehat, bukan setelah mereka sakit. Ini menjadi salah satu kesalahan yang paling banyak dilakukan, di mana orang tua justru baru mencari asuransi kesehatan dan berniat mengajukannya setelah anak mereka sakit.

Perusahaan asuransi akan melihat riwayat kesehatan anak Anda dan menjadikan hal tersebut sebagai acuan untuk menentukan premi dan juga polis yang didapatkan anak. Beberapa perusahaan asuransi bahkan tidak akan menanggung risiko penyakit yang sudah pernah diderita oleh pemegang polis, sehingga Anda harus mencermati semua hal ini dengan baik sejak awal.

3. Cermati harga premi dan fasilitas yang didapat

asuransi kesehatan
Cermati harga premi dan fasilitas yang didapat

Jangan lupa untuk mencermati dengan baik produk asuransi kesehatan yang akan dibeli, sebab ini akan menjadi sesuatu yang sangat penting bagi anak Anda. Pastikan orang tua memahami dengan baik fasilitas dan penawaran yang diberikan perusahaan asuransi kesehatan, termasuk premi yang akan Anda bayarkan untuk mendapatkan semua itu. 

Orang tua perlu meluangkan waktu untuk membaca semua aturan dan kebijakan setiap produk asuransi secara detail. Selain itu, lakukan perbandingan penawaran antara satu produk dengan produk serupa dari perusahaan lainnya, agar benar-benar menemukan penawaran asuransi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anak nantinya.

Baca Juga: Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Kriterianya

4. Sesuaikan kebutuhan anak dan kemampuan keuangan

uang
Sesuaikan kebutuhan anak dan kemampuan keuangan

Setiap orang tua wajib memahami dengan baik kebutuhan perlindungan kesehatan yang dibutuhkan anak, sehingga orang tua bisa memilih produk yang tepat. Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan produk asuransi kesehatan terbaik bagi anak. Namun di lain sisi, pembelian ini juga harus dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan para orang tua. 

Jangan sampai mengalami masalah atau kendala dalam membayarkan premi asuransi anak, hanya karena memilih produk yang terlalu mahal dengan beragam perlindungan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. 

Fokuslah pada kebutuhan kesehatan anak Anda dan sesuaikan dengan kondisi keuangan, sehingga rencana mengajukan asuransi kesehatan anak ini bisa berjalan lancar. 

Rencanakan dengan Matang

Memberikan perlindungan asuransi kesehatan bagi anak merupakan hal penting yang tidak bisa ditunda. Untuk itu, sebagai orang tua baru harus merencanakan asuransi kesehatan anak sejak awal dengan matang. Sehingga orang tua bisa merasa aman karena anak sudah terlindungi oleh produk asuransi yang memberikan manfaat kesehatan dengan maksimal.

Baca Juga: Pahami Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Berikut untuk Memudahkan Klaim Asuransi