5 Manfaat Membaca Buku ketika di Rumah selama Musim Pandemik Covid-19

Terlalu lama di dalam rumah tanpa dibarengi dengan suatu kegiatan tidak hanya bikin bosan tapi juga stress hingga sakit. Untuk itu, sebelum mengisolasi diri dirumah karena sedang musim pandemik covid-19, selain mempersiapkan kebutuhan pangan kamu juga butuh mempersiapkan kebutuhan untuk menghibur diri kamu selama berdiam diri di rumah.

Dari sekian banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah. Membaca bisa menjadi pilihan yang menyenangkan juga loh. Membaca bisa membuat kamu sukar merasakan cepatnya waktu berlalu, tidak membutuhkan banyak energi, ilmu baru dan banyak lagi manfaat lainnya seperti berikut ini:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memberi Insight Baru

  insight

Bukan hal baru jika dengan membaca akan mendapat sebuah insight atau pemahaman baru. ketika membaca, hal-hal yang sebelumnya belum diketahui akan terjawab secara gamblang. 

Demikian pula ketika banyak ungkapan bahwa dengan membaca akan membuka jendela dunia. Hal ini bukannya tanpa alasan. Dengan membaca, akan banyak hal-hal baru yang diketahui.

Baca Juga:  5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres Buat Milenial 

2. Membaca sebagai Asupan Otak

makanan otak  

Otak tak akan berkembang jika tidak digunakan. Membaca adalah salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir. Dengan membaca, akan menambah asupan-asupan yang ada di dalam otak.

Membaca dapat diibaratkan makanan bernutrisi bagi otak. Semakin banyak membaca, semakin banyak pula nutrisi yang mengalir di dalam otak. Sehingga otak akan terus dalam keadaan sehat. 

Selain itu, dengan membaca juga dapat memperlambat penurunan daya ingat serta fungsi otak. 

3. Mencegah Alzheimer 

  alzheimer

Siapa yang tidak tau penyakit Alzheimer? Alzheimer adalah salah satu penyakit yang menyerang otak, menyebabkan hancurnya memori dan fungsi mental lainnya. Alzheimer selama ini menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Karena penyakit ini akan menghilangkan segala memori yang ada di dalam otak.

Namun, peluang Alzheimer dapat dicegah sedini mungkin. Salah satunya yaitu dengan sering membaca. Ketika membaca, otak akan senantiasa bekerja dan mengolahnya menjadi ingatan. Dengan membuat otak senantiasa bekerja, akan menurunkan potensi Alzheimer. 

4. Self Healing

  self healing

Bagi beberapa orang, membaca buku adalah salah satu bentuk self healing. Dengan membaca apa yang diinginkan ataupun disukai, akan mengurangi stres. Selain itu, dengan membaca akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tidur menjadi lebih berkualitas. 

Memilih buku yang disukai di kala stres kemudian membacanya dalam keadaan santai akan menenangkan jiwa. Selain itu, gesekan kertas juga menambah kesan rileks yang dapat menenangkan otak.

Baca Juga: Menghindari Utang di Usia 20 Tahun, ini Cara Efektifnya 

5. Self Improvement

  self improvement

Saat ini, banyak sekali buku yang bersifat memotivasi pembaca. Dengan membaca, akan meningkatkan kualitas diri, mengurangi insecure serta toxic dalam diri. 

Membaca sebagai Gaya Hidup

Menjadikan kegiatan membaca sebagai salah satu gaya hidup adalah hal yang sangat menakjubkan. Membaca buku setiap harinya akan lebih membuat diri lebih segar dan bugar, khususnya secara psikis. Apapun jenis buku yang dibaca tak akan percuma. semua jenis buku memberi pengetahuan pada porsinya. Oleh karena itu, melatih diri untuk selalu gemar membaca perlu dilakukan sedini mungkin.

Baca Juga: Mengenal Capsule Wardrobe, Cara Hidup Simpel dengan Pakaian yang Sedikit