5 Tanda HP Perlu Diganti dan Tips Membeli HP

Setiap tahunnya, ada banyak model handphone terbaru yang dikeluarkan oleh suatu brand. Tentunya dengan spesifikasi yang berbeda-beda untuk setiap modelnya. 

Pertanyaannya, apakah Anda perlu mengganti handphone sewaktu model terbaru bermunculan di pasar? Jawabannya tidak. Penggantian akan lebih baik dilakukan apabila HP Anda mulai menunjukkan tanda-tanda berikut. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Baterai cepat drop

loader

Performa baterai yang cepat menurun menjadi tanda kalau Anda perlu mengganti HP baru. Jika baterainya kurang awet, HP harus bolak-balik dicas yang tentunya akan menghambat keleluasaan saat menggunakannya. Bayangkan kalau HP drop saat lagi butuh, semua pekerjaan pasti akan tertunda. 

Memang, kini kondisi seperti ini bisa diatasi dengan selalu membawa power bank saat bepergian. Sayangnya, penggunaan power bank secara terus-menerus tidak dianjurkan karena dapat mempercepat kerusakan baterai HP.

2. Performa melambat

Apabila kinerja HP mulai lambat saat membuka aplikasi yang sering dibuka, sebaiknya banyak-banyak menabung dari sekarang. Ini tandanya usia HP tersebut tidak akan lama lagi karena harus diganti dengan yang baru. 

Melambatnya performa disebabkan karena HP sudah tidak sanggup lagi menerima pembaruan aplikasi yang dikembangkan dari waktu ke waktu. Maka wajar apabila performanya tidak maksimal, bahkan aplikasi sering keluar sendiri saat sedang loading.

Baca Juga: Kamu Wajib Lakukan Ini untuk Melacak HP yang Hilang

3. HP sering restart sendiri

loader

HP sering restart secara tiba-tiba tentu membuat penggunanya jengkel, apalagi kalau sedang asyik browsing atau buka sosial media. Bukan tanpa alasan, seringnya restart disebabkan karena usia HP yang sudah terlalu tua, cepat panas, dan terdapat virus di dalamnya. 

Jika ketiganya terjadi pada HP, disarankan untuk langsung menggantinya dengan yang baru daripada memperbaikinya ke counter. Sebab, biaya untuk memperbaiki biasanya beda tipis dengan beli baru karena banyaknya perbaikan yang harus dilakukan agar performa HP kembali maksimal seperti sedia kala.

4. Ingin spesifikasi lebih bagus

Jika Anda merasa spesifikasi HP saat ini sudah terlalu ketinggalan zaman, seperti hasil jepretan kamera yang kurang bagus, maka pertimbangkanlah cara untuk segera upgrade ke spesifikasi lebih tinggi. Saat ini banyak HP keluaran terbaru yang memiliki fitur canggih. Tidak hanya kamera dengan wide angle saja, tapi juga fitur face recognition dan finger print. 

Spesifikasi yang lebih bagus tentu akan membuat Anda semakin betah menggunakan HP tersebut. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja, tapi juga untuk bisnis dan pekerjaan. Dengan demikian, seluruh aktivitas dapat terselesaikan dengan cepat dan mudah. 

5. Memori terbatas

loader

Memori HP 128 GB sudah pasti kurang, terutama untuk Anda yang hobi foto, merekam video, dan download aplikasi. Memang, sekarang sudah tersedia Google Photos untuk Android dan iCloud untuk pengguna Apple yang bisa digunakan sebagai memori tambahan. 

Sayangnya, ada harga yang harus dibayar sesuai kapasitas memori tambahan yang diinginkan. Hitung-hitung bayar memori tambahan per bulan atau per tahun, lebih baik ganti HP, bukan? Dengan ganti HP, Anda bisa memanfaatkan fitur terbaru dan tercanggih yang ditawarkan. 

Baca Juga:  WhatsApp Pensiun Beroperasi di Sederet Smartphone Ini. Apakah HP Anda Salah Satunya?

Tips Membeli HP Baru

1. Tentukan model HP yang diinginkan

Saat ini terdapat banyak model HP yang dijual di pasar gadget. Pilihlah salah satu yang sesuai kebutuhan dengan melihat spesifikasi di dalamnya. Misalnya, jika Anda butuh kamera bagus untuk kebutuhan fotografi, pilihlah HP yang menyediakan fitur wide angle, DXOMark tinggi, dan lain sebagainya.

Memang, akan ada harga yang dibayar untuk mendapatkan spesifikasi HP sesuai kebutuhan. Jika Anda tidak keberatan bayar lebih, maka jangan ragu untuk mengubah keinginan mengganti HP menjadi kenyataan. 

2. Hitung uang yang terkumpul

Selanjutnya adalah melihat kondisi keuangan pribadi. Sudah berapa banyak uang yang berhasil dikumpulkan sejauh ini untuk ganti HP baru? Jika nyatanya jumlah tersebut masih jauh dari harga HP yang ingin dibeli, itu artinya Anda butuh waktu lebih lama untuk menabung sampai uangnya terkumpul.

Kurangilah kebiasaan belanja konsumtif, hang out, atau jalan-jalan untuk sementara waktu. Anda harus mengorbankan atau mengurangi salah satu pos pengeluaran demi terwujudnya keinginan mengganti HP. 

3. Beli di toko resmi

Tips saat membeli HP terakhir adalah datangi toko resmi untuk menghindari produk palsu atau sparepart bekas. Toko resmi sudah pasti menjual produk baru dan bersegel, jadi bisa dipastikan produknya asli. 

Disarankan juga untuk tidak meninggalkan toko tersebut selama proses penginstalan atau penyetelan aplikasi. Tujuannya agar HP tidak diotak-atik atau diganti sparepart-nya karena ada beberapa penjual terkadang suka iseng.

Ganti HP pada Waktu yang Tepat

Sah-sah saja kalau mau mengganti HP, tapi gantilah pada waktu yang tepat. Saat HP sudah menunjukkan salah satu dari lima tanda yang dijelaskan di atas. Perhatikan jugalah kebutuhan sebelum menggantinya, jadi HP baru nanti benar-benar berfungsi maksimal bagi Anda.

Baca Juga: 6 Penyebab yang Bikin Hp Lola, ini Tips Praktis untuk Mengatasinya