5 Tips Sukses Mengadakan Event Online untuk Meningkatkan Bisnis

Dunia bisnis selalu penuh dengan tantangan dan persaingan, Anda para pebisnis tentu sudah memahami hal ini. Untuk menjangkau pelanggan, berbagai cara kerap dilakukan. 

Belakangan ini, mengadakan event online menjadi pilihan banyak pebisnis dan perusahaan dalam mendapatkan konsumen. Hal ini tentu patut dicoba, apalagi jika Anda berniat mendapatkan penjualan yang lebih tinggi ke depannya. 

Event online merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian dari para pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari mengadakan webinar hingga acara workshop online yang mendatangkan narasumber yang ahli di bidang tertentu. 

Namun pada dasarnya, event online ini ditujukan untuk aktivitas pemasaran bisnis atau perusahaan. Lalu, apakah Anda sudah bisa membuat event online yang tepat bagi bisnis?

Berikut ini adalah beberapa poin penting, yang wajib dicermati saat akan membuat event online:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tentukan peserta yang tepat

loader

Apapun sistem pemasaran yang dilakukan, memilih target pasar yang tepat tentu akan selalu menjadi poin penting. Hal ini juga berlaku saat akan mengadakan event online. Anda harus bisa menentukan siapa saja yang menjadi target tepat untuk aktifitas yang dilakukan ini. 

Apakah target konsumen Anda cukup paham dan bisa menjadi peserta event online? Atau, Anda cenderung melihat jika aktivitas ini tidak sesuai dengan karakteristik konsumen bisnis Anda.

Untuk memahami target yang tepat di dalam event online tersebut, Anda perlu jawaban atas beberapa pertanyaan dasar ini terlebih dahulu, antara lain:

  • Hal apa saja yang menarik minat konsumen di industri yang digeluti?
  • Seberapa familiar calon konsumen dengan berbagai media sosial dasar?
  • Cara penawaran seperti apa yang biasanya ditanggapi oleh calon konsumen?

Berbagai pertanyaan di atas dapat Anda kirimkan melalui survey. Anda bisa mengirimkan survey online ini dalam bentuk kuisioner yang simpel, lalu bagikan melalui media sosial bisnis. 

2. Tentukan konsep event online 

loader

Konsep event online tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan event itu sendiri. Anda harus menentukan konsep yang jelas sejak awal, sehingga bisa merencanakannya dengan lebih matang. Ada beberapa konsep yang dapat Anda jadikan pertimbangan, mulai dari webinar hingga diskusi yang lebih santai. 

Dalam kegiatan ini, Anda harus fokus untuk menciptakan sebuah pengalaman yang berbeda (unik) bagi para audiens, dimana hal tersebut belum pernah dilakukan para pesaing bisnis. 

Pemilihan tema juga akan menjadi poin yang sangat penting. Anda bisa membuat sebuah “storyboard” yang sesuai dengan tema ini, agar event online yang Anda gelar semakin menarik secara visual.

Baca Juga: Meeting Online Saat Pandemi, Ini Tips agar Kuota Internet Tetap Aman

3. Pilih platform yang tepat

loader

Untuk mengadakan event online, Anda akan menemukan banyak pilihan platform, seperti: Facebook Livestream, Zoom, Periscope, YouTube Live, dan yang lainnya. Pada dasarnya, semua layanan ini memiliki fitur yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk membuat event online Anda menjadi jauh lebih menarik.

Namun pastikan Anda memilih platform yang tepat dan sesuai dengan konsep event online itu sendiri. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan platform ini dengan para audiens yang menjadi target di dalam event tersebut. 

Jika ingin lebih mudah, lakukan uji coba gratis terlebih dahulu. Hal ini juga akan memudahkan Anda memahami dan menggunakan berbagai fitur yang terdapat di dalamnya. 

4. Lakukan di waktu yang paling tepat

loader

Umumnya event online akan sukses jika diadakan pada akhir pekan di mana sebagian besar orang sedang santai dari rutinitas harian. Namun hal ini juga tetap harus dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti: apakah di hari tersebut ada event olahraga populer yang ditayangkan televisi? Apakah ada acara konser atau pagelaran musik? 

Berbagai hal di atas patut menjadi pertimbangan, sebab bisa membuat Anda tidak mendapatkan audiens dalam jumlah yang besar. Pilih waktu yang tepat untuk mengadakan event online ini dengan baik. 

Bila ternyata kesulitan untuk menentukannya, maka mintalah saran kepada para audiens, kapan kira-kira bisa mendapatkan banyak audiens untuk event tersebut.

Baca Juga: Jangan Buang-Buang Waktu, ini Tips Biar Meeting Berjalan Maksimal

5. Lakukan sosialisasi 

loader

Selain semua persiapan diatas, sosialisasi juga menjadi poin penting yang tak bisa diabaikan. Anda bisa memanfaatkan media sosial  seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya untuk mempromosikan event online tersebut. 

Jangan lupa untuk melengkapi halaman promosi Anda dengan beberapa hal yang memudahkan audiens, seperti: formulir pendaftaran, profil speaker yang ditampilkan, bahkan video singkat berisi tata cara mengikuti event online tersebut. Gunakan juga hashtag menarik, agar orang lebih mudah untuk tertarik mengikutinya. 

Siapkan Event Online Anda dengan Matang

Mengadakan event online bisa menjadi pilihan untuk memasarkan bisnis dengan simpel. Pelajari dan pilih konsep yang tepat untuk event online Anda. Siapkan segala sesuatunya dengan matang, agar event tersebut bisa berjalan lancar dan mencapai target dengan baik.

Baca Juga: Tetap Produktif Saat WFH, Berikut Tips Memilih Provider WiFi yang Tepat