6 Cara Melindungi Keuangan Dari Biaya Medis Tak Terduga

Pepatah mengatakan, kesehatan itu mahal harganya. Tak hanya menghambat aktivitas dan produktifitas Anda dalam pekerjaan. Masalah kesehatan juga akan berefek pada rencana finansial Anda. Dalam hidup, segala sesuatu memang dapat terjadi, terluka atau mengidap penyakit, dan apapun yang bisa mengubah hidup kita. Tapi, ada hal yang bisa Anda lakukan agar bahaya penyakit tak serta merta merugikan Anda secara finansial.

Sehingga Anda bisa menghadapinya dan kemudian menjalani proses penyembuhan untuk menjadi manusia yang sehat. Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk agar keuangan Anda siap menghadapi masalah medis yang mungkin terjadi? Berikut diantaranya :

1. Kelola Dana Darurat Medis Anda

Siapkan Dana Darurat

Siapkan Dana Darurat via wheremilan.com

 

Anda tak akan pernah tahu apa yang terjadi sekarang dan esok hari. Sehingga memiliki tabungan yang cukup untuk kejadian darurat akan membuat Anda berpikir lebih tenang. Berdasarkan survey yang dilakukan Cigna, hanya 59% individu yang mengatakan mereka sudah punya keamanan finansial selama 12 bulan tanpa ada pendapatan.

Lainnya sebesar 29% mengatakan rencana finansial mereka hanya aman dalam jangka waktu satu bulan saja. Jika Anda termasuk tipikal orang yang terdapat pada kelompok tersebut, tentunya perlu mengatur ulang rencana keuangan itu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah menyediakan dana darurat untuk keperluan medis yang tak terduga.

2. Gunakan Dana Darurat Hanya Untuk Keperluan Mendesak

Jangan Belanjakan Dana Darurat

Jangan Belanjakan Dana Darurat via tstatic.net

 

Sekarang kita sudah memiliki dana darurat di tabungan? Tantangan selanjutnya adalah, Anda harus taat menggunakan dana tersebut untuk keperluan darurat saja. Jangan pernah tergoda untuk membelanjakannya demi keperluan harian atau bulanan yang terkadang tidak diperlukan. Pikirkan saat di mana Anda mengalami masalah kesehatan yang membutuhkan banyak uang untuk pengobatan. Tentu Anda butuh uang yang cukup untuk sembuh dari penyakit itu. Terlebih selama masa sakit, kita tidak bisa bekerja dan menghasilkan uang.

3. Pahami Sinyal Kondisi Tubuh Anda

Pahami Kondisi Tubuh

Pahami Kondisi Tubuh via nordress.hi.is

 

Sangat penting bagi Anda untuk memahami kondisi tubuh diri sendiri dan bagaimana badan bereaksi terhadap situasi tertentu. Kita harus tahu kapan tubuh perlu istirahat yang cukup dan kapan harus menemui dokter untuk memeriksa kesehatan. Sebelum sakit, ada baiknya Anda bisa merawat tubuh berdasarkan saran dokter agar terhindar dari sakit yang lebih berat dan membutuhkan banyak biaya. Intinya adalah, segala sesuatu tentang kesehatan tubuh Anda harus dikontrol dengan baik.

4. Hilangkan Anggapan, "Masih Mudah Itu Bebas Ngapain Aja"

Jaga Kesehatan Selagi Muda

Jaga Kesehatan Selagi Muda via ipadminiwallpaper.net

 

Anda mungkin masih muda, sehat, bugar dan berpikir kalau sistem tubuh masih bekerja dengan baik. Tapi tahukah Anda bahwa kesuksesan masa depan sangat bergantung pada cara kita menjaga tubuh saat ini. Berdasarkan survei, banyak kaum muda mengorbankan dana perawatan kesehatan mereka untuk tujuan konsumsi yang tidak perlu. Contohnya seperti makan berlebihan dan belanja barang yang tidak perlu.

Setidaknya, sepertiga kaum muda menerapkan pengelolaan finansial yang mementingkan kebutuhan barang saat ini ketimbang memikirkan perencanaan dana kesehatan. Ingat, segala sesuatu dapat terjadi kapan saja, sehingga memprioritaskan kebutuhan kesehatan di atas yang lainnya juga penting untuk dilakukan. Kondisi kesehatan yang buruk pada saat muda akan sulit disembuhkan seiring usia yang semakin bertambah dan menua.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan: Perhatikan 12 Hal Ini Sebelum Membeli

5. Pelajari Pengobatan Preventif

Cari Pengobatan Preventif

Cari Pengobatan Preventif via barokahassyifa.com

 

Meningkatkan kondisi kesehatan tubuh tak hanya sekedar menjalani gaya hidup yang sehat. Jika Anda telah didiagnosa mempunyai penyakit tertentu oleh dokter. Ada baiknya mempelajari kemungkinan pengobatan preventif sebelum penyakit tersebut semakin memburuk. Kuncinya adalah, Anda perlu mempelajari berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kondisi kesehatan. Konsultasilah dengan dokter tentang cara-cara yang efektif untuk meningkatkan kondisi medis. Jangan ragu untuk bertanya dengan pasien lain yang memiliki masalah serupa agar bisa saling berbagi. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh informasi tentang cara-cara pengobatan preventif agar penyakit itu tidak semakin memburuk.

6. Jalani Gaya Hidup Lebih Sehat

Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat via campusplus.com.my

 

Banyak studi yang membuktikan bahwa individu yang memiliki kualitas kesehatan yang bagus karena menjalani pola hidup yang bagus pula. Orang-orang yang mengalami masalah kesehatan kerapkali disebabkan menjalani gaya hidup yang buruk, seperti merokok. Kebiasan tersebut bisa berakibat pada munculnya masalah kesehatan yang pada akhirnya akan menyulitkan Anda. Daripada beresiko merugi secara finansial, ada baiknya untuk mengubah gaya hidup tidak sehat sehingga terhindar dari resiko tersebut. Menjaga kesehatan dapat membuat diri Anda lebih bahagia, dan tentunya membuat bisa membuat lebih banyak uang untuk disimpan.

Baca juga : Keuangan Sehat, dan Manfaat Hidup Hemat Lainnya

Lebih Baik Menjaga Daripada Mengobati

Apapun masalah kesehatan atau persiapan menghadapi penyakit yang Anda sudah lakukan. Rasanya itu semua percuma kalau penyakit itu terus datang tanpa berhenti. Karena itu, rasanya sangat tepat ungkapan yang menyebutkan “lebih baik menjaga daripada mengobati”. Karena itu, jaga kesehatan, dan mulailah menyiapkan dana darurat untuk menghadapi masalah keuangan ketika penyakit datang.

Baca Juga: Mana yang Lebih Baik: BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan?