7 Cara Menurunkan Berat Badan saat Puasa Ramadhan

Setiap umat islam terutama pada kaum hawa yang menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, tentunya memiliki harapan yang lebih. Selain berlomba-lomba beribadah untuk mendapatkan banyak pahala, mereka juga menjadikan puasa sebagai ajang diet sehingga bisa menurunkan berat badannya secara drastis.

Namun, pada kenyataannya berbeda. Tidak sedikit wanita yang mengalami gagal diet, yakni berat badan tidak berkurang justru bertambah. Padahal, dirinya sudah berhati-hati sejak hari pertama menjalankan puasa. Hal ini sering kali membuat mereka kesal bahkan mengalami stress.

Bertambahnya berat badan dalam waktu singkat bisa terjadi kapan saja. N amun umumnya hal ini disebabkan pola hidup yang diterapkan tidak benar. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kasus yang sama, segeralah rubah pola hidup tersebut sebelum terlambat.

Berikut ini beberapa cara diet sehat yang bisa diterapkan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

1. Atur Jadwal Makan dengan Benar

loader
Atur Jadwal Makan dengan Tepat

Walau di bulan Ramadhan, kamu harus tetap mengatur jadwal makan dengan tepat seperti biasanya, yaitu dengan membagi waktu makan tiga kali dalam sehari.

Tentunya ada perbedaan pada waktu pelaksanaannya, misalnya makan sahur diibaratkan dengan makan pagi atau sarapan, buka puasa dengan menyantap makanan ringan secukupnya dan makan malam setelah melakukan sholat maghrib.

Dengan mengatur jadwal makan yang seperti ini akan membuat pencernaan tetap berjalan dengan baik.

2. Pastikan Karbohidrat Kompleks Tercukupi

loader
Karbohidrat Kompleks harus Tercukupi

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa membuat berat badan lebih mudah bertambah sehingga mereka memutuskan menolak makanan tersebut. Hal itu tidaklah benar, justru mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat puasa sangatlah diperlukan.

Alasannya, serat yang terkandung di dalamnya membuat sistem pencernaan akan tetap terjaga, diantaranya bisa meningkatkan kadar glukosa darah, bisa membantu menjaga kestabilan tubuh dan mampu menetralkan kadar asam pada lambung sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada lambung.

Pastikan karbohidrat komplek kamu tercukupi dengan memilih makanan yang disukai, misalnya saja oatmeal, beras merah, kentang, pisang, jagung, ubi jalar, roti gandum, buah-buahan, kacang, sayur-sayuran dan sebagainya

Baca Juga: 25 Cara Hidup Sehat

3. Mengurangi Mengonsumsi Makanan Manis

loader
Jangan Mengonsumsi Makanan Manis Berlebihan

Ketika berbicara mengenai menu makanan saat berbuka puasa, tentu banyak orang yang gemar dengan makanan manis seperti coklat, kolak pisang, dan lainnya.

Sebenarnya makanan manis boleh saja dikonsumsi tetapi jika berlebihan bisa menyebabkan kegemukan karena bisa membuat jumlah insulin dalam badan meningkat yang membuat produksi lemak juga akan meningkat. 

Apalagi jika berlebihan, hal ini dapat menghambat hormon leptin sehingga tidak bisa membuat yang mengonsumsinya merasa kenyang dan kalori yang terkandung pada gula juga bersifat kosong. 

Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam memilih makanan manis, usahakan pilihlah makanan yang memiliki kadar manis alami dan tidak berlebihan. Makanan manis alamai bisa dikonsumsi yaitu berupa kurma, madu, buah-buahan ataupun jus buah. 

4. Hindari Makan Gorengan

loader
Jangan Makanan Gorengan

Siapa sih yang tidak suka dengan gorengan, rasanya yang gurih dan renyah membuat orang cinta kepadanya sehingga membuat gorengan menjadikan hidangan paling favorit atau menu yang wajib ada saat berbuka puasa.

Padalah, gorengan yang dibeli ataupun yang dibuat sendiri mengandung banyak minyak dan bumbu penambah rasa yang bisa membuat lemak pada tubuh bertambah banyak.

Jika tidak mau berat badan bertambah, sebaiknya hindari makan gorengan. Ganti menu tersebut dengan menu makanan yang lebih sehat, seperti makanan yang direbus, dipanggang, sayur, buah dan sebagainya.

Baca Juga: Macam-macam Jenis Diet, Kamu Pilih Mana?

5. Rutin Lakukan Olahraga Kecil

loader
Lakukan Olahraga Ringan secara Rutin

Olahraga sangat penting dilakukan, salah satu manfaatnya adalah membakar lemak pada tubuh. Lakukanlah secara rutin dengan membagi waktu dua kali dalam sehari, yaitu di pagi hari atau setelah sholat subuh dan sore hari setelah pulang kantor.

Cukup dengan melakukan olahraga kecil dengan waktu 15-30 menit seperti, jalan-jalan kecil, yoga dan sebagainya. Dengan begitu, metabolisme tubuh tentu akan tetap terjaga dengan baik, pikiran menjadi fresh dan tentunya kalori yang ada pada tubuh akan banyak terbakar.

6. Wajib Makan Sahur

loader
Wajib Makan Sahur

Mengingat dari pagi hingga sore hari akan melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah, maka pastikan terlebih dahulu kalau nutrisi pada tubuh sudah tercukupi. Karena disaat bulan puasa kondisi tubuh akan memerlukan nutrisi lebih banyak daripada biasanya.

Maka, sangat dianjurkan untuk makan sahur dengan mengonsumsi makanan yang bergizi sebelum berpuasa sebagai penunjang tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Selain itu, lengkapi juga dengan buah-buahan dan air putih yang cukup. Sehingga kegiatan akan berjalan dengan lancar tanpa ada rasa lemas atau lelah berlebihan.

7. Buka Puasa dengan Makanan yang Berserat untuk Mencukupi Kebutuhan Vitamin

loader

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar meskipun berpuasa selama lebih dari 12 jam, selain memakan makanan yang bergizi ketika sahur, penting juga untuk melakukan hal yang sama ketika berbuka puasa. Utamakan mengonsumsi makanan yang berserat dan mengandung vitamin juga anti-oksidan yang tinggi seperti sayur dan buah agar kebutuhan vitamin tubuh tetap tercukupi dan tentunya menjadi kenyang lebih lama. Membuat kamu tidak akan lapar lagi sampai waktu sahur tiba.

Lakukan Pola Hidup Sehat

Tidak ada salahnya melakukan penurunan berat badan untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat. Namun, jangan sampai cara yang dilakukan justru membuat berat badan menjadi bertambah dan menimbulkan penyakit.

Lakukan diet sehat dengan membiasakan diri melakukan pola hidup yang sehat. Mulailah cerdas memilah makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Jangan lupa seimbangkan juga dengan buah-buahan, olahraga, serta air putih yang cukup. Tanpa disadari berat badan akan turun secara bertahap dan tentunya tubuh tetap sehat.

Baca Juga: Tetap Semangat dan Sehat Saat Puasa, Ini Dia Caranya