6 Manfaat Mengikuti Kursus Bahasa Jepang untuk Tingkatkan Karir

Di era globalisasi seperti saat ini, ada banyak sekali perubahan yang terjadi di masyarakat mulai dari makanan, gaya busana, hingga penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa memang menjadi salah satu yang cepat berkembang lantaran komunikasi dilakukan dengan bermacam orang dari berbagai negara berbeda.

Disamping bahasa Inggris dan bahasa Mandarin, bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa global yang penting untuk dikuasai. Cara terbaik untuk cepat bisa menguasai bahasa Jepang adalah dengan mengikuti kursus. Jangan khawatir, bahasa Jepang tidak sesulit yang banyak orang pikirkan. Meskipun sekilas terlihat sulit namun akan sangat mudah jika sudah dipelajari dengan serius.

Jika sudah mengikuti kursus dan menguasai bahasa Jepang, ada banyak manfaat yang nantinya akan Kamu dapatkan. Manfaat tersebut akan berpengaruh besar pada karirmu dan menjadi peluang yang baik untuk meningkatkan jenjang karir. 

Penasaran apa saja manfaat kursus bahasa Jepang? Simak langsung pembahasannya berikut:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Meningkatkan Skill Individu

skill bahasa jepang

Mengikuti kursus bahasa asing saat memiliki waktu luang merupakan hal yang sangat bermanfaat. Artinya waktu luang yang Kamu miliki diisi oleh hal yang akan berdampak baik di kemudian hari. Pasalnya, mengikuti kursus dan mempelajari bahasa baru membuatmu mendapatkan skill individu yang memang seharusnya dimiliki oleh setiap orang untuk bersaing di dunia kerja.

Selain itu, belajar bahasa asing secara profesional lewat kursus juga bisa membantumu untuk berkembang dan mendapatkan pengetahuan yang tidak dimiliki sebelumnya. Jika pada awalnya Kamu tidak bisa bahasa asing apapun, menjadi bisa berbicara bahasa Jepang dengan lancar. Dengan begitu ada suatu skill individu yang Kamu miliki namun tidak dimiliki orang lain.

2. Memiliki Kesempatan Bekerja di Perusahaan Asing

bekerja di perusahaan asing

Saat ini sudah banyak perusahaan asing yang membuka kantor cabang di Indonesia, termasuk dengan perusahaan Jepang. Perusahaan-perusahaan Jepang tersebut biasanya merekrut karyawan yang memiliki kemampuan bahasa Jepang agar mudah berkomunikasi. 

Skill bahasa jepang yang Kamu dapatkan saat selesai kursus bisa menjadi modal terbaik untuk mendaftarkan diri di perusahaan Jepang. Namun pastikan juga posisi yang diambil sesuai dengan kemampuan lain yang Kamu miliki selain kemampuan bahasa Jepang.

Baca Juga: Para Introvert Ini Dia Profesi Paling Cocok Buat Kamu

3. Dapat Menambah Lingkaran Pertemanan

menambah teman

Mengikuti kursus bahasa Jepang akan membuatmu menguasai salah satu bahasa yang sering digunakan di dunia. Dengan begitu Kamu bisa menambah lingkaran pertemanan dari orang-orang berbahasa Jepang di seluruh dunia. Bagaimana bisa? Aplikasi maupun sosial media saat ini memungkinkan dua orang di belahan dunia berbeda untuk berkomunikasi dengan mudah.

Selain mendapatkan teman berbahasa Jepang yang ada di negara lain, Kamu juga bisa menambah teman baru di tempat kursus. Interaksi dengan teman kelas yang juga mengikuti kursus bahasa Jepang maupun guru yang mengajar bisa menambah lingkaran pertemanan. Lingkar pertemanan yang luas tersebut nantinya akan membantumu untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

4. Lebih Mudah Saat Traveling ke Jepang

travelling ke jepang

Jepang merupakan negara indah yang menjadi salah satu tujuan wisata menarik. Jika Kamu berniat mengunjungi negeri sakura tersebut, maka bahasa Jepang yang kamu kuasai lewat kursus akan sangat membantu. Pasalnya, kursus bahasa Jepang akan membantumu menguasai beragam tulisan mulai dari Hiragana, Kanji, maupun Katakana. 

Tulisan-tulisan tersebut menjadi huruf yang paling banyak digunakan warga Jepang sehingga Kamu bisa membaca dengan mudah tulisan di tempat umum. Selain itu, jika menguasai bahasa Jepang maka Kamu bisa bertanya pada masyarakat Jepang dengan mudah. Menguasai bahasa Jepang juga sangat bermanfaat dalam karir ketika Kamu ditugaskan untuk bekerja di negara Jepang.

5. Bisa Menjadi Peluang Usaha

peluang usaha

Kemampuan atau skill bahasa Jepang yang akan Kamu dapatkan dari kursus tidak hanya bermanfaat saat akan melamar pekerjaan di perusahaan Jepang saja. Skill tersebut juga bisa Kamu manfaatkan sebagai peluang usaha yang menghasilkan. Ada cukup banyak peluang yang bisa Kamu dapatkan dengan kemampuan yang tidak dimiliki semua orang tersebut.

Peluang pertama yaitu dengan memberikan les atau kursus kepada orang lain yang ingin mempelajari bahasa Jepang. Jika merasa tidak berbakat dalam mengajar, Kamu bisa menjadi tour guide bagi wisatawan Jepang yang berlibur di Indonesia. Bahkan di era digital saat ini, Kamu bisa memanfaatkan kemampuan tersebut dengan membuat konten youtube yang bermanfaat.

6. Menjadi Motivasi Untuk Menguasai Bahasa Asing Lain

belajar bahasa

Kemampuan bahasa Jepang merupakan kemampuan yang tidak dimiliki oleh semua orang sehingga bisa membuatmu merasa bangga memilikinya. Jika Kamu sudah merasakan banyak manfaat dari kemampuan bahasa Jepang tersebut maka akan tertarik dengan budaya dan bahasa negara lain. 

Mempelajari banyak bahasa baru juga bisa membuatmu terus berkembang di era globalisasi seperti sekarang. Semua bahasa asing yang dikuasai akan membuat kehidupan maupun karir yang Kamu miliki berkembang.

Baca Juga: Pekerjaan Baru di Era Millenial yang Cocok Jadi Part Time Job

Belajar Bahasa Jepang Sangat Bermanfaat untuk Karir

Itulah 6 manfaat yang akan Kamu dapatkan untuk karir jika mengikuti kursus bahasa Jepang. Saat ini sudah banyak orang yang membuka kursus bahasa Jepang demi memberikan kemudahan untuk orang yang ingin belajar. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, maka Kamu harus belajar dengan serius sehingga mampu menguasai bahasa Jepang dengan lancar.

Baca Juga: Sering Terlambat ke Kantor Karena Macet Jakarta? Berikut Ini 4 Tips Menghindarinya