6 Pertimbangan Jika Ditawari Posisi Berbeda Saat Melamar Kerja

Melamar kerja pada bidang yang dikuasai tentu menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para pelamar. Namun dalam prakteknya, sering terjadi juga pewawancara menawarkan kamu posisi yang berbeda dari posisi yang dilamar.

Mungkin, dari hasil penyeleksian hingga wawancara, pihak HR atau pewawancara memiliki nilai kamu lebih cocok pada posisi lain yang ditawarkan. Meski sedikit terkejut dan kurang yakin, jangan mengambil keputusan dengan terburu-buru. Apalagi saat ini benar-benar membutuhkan pekerjaan. 

Pada dasarnya, perusahaan tentu memiliki pertimbangan dalam memberikan penawaran tersebut. Sebagai pelamar juga harus memiliki pertimbangan yang tepat dalam menanggapinya. Jangan sampai menyesal, hanya karena mengambil keputusan yang cepat tanpa pemikiran panjang.

Untuk memudahkan dalam menjawab tawaran ini, berikut ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu lakukan ketika mendapat tawaran posisi berbeda saat melamar kerja. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari tahu alasan yang jelas

loader
Cari tahu alasan yang jelas

Hal pertama yang wajib dilakukan dalam menanggapi penawaran posisi kerja yang berbeda ini adalah mencari tahu alasan di balik penawaran tersebut. Apakah kamu memang dianggap kurang kompeten untuk posisi yang dilamar? Atau justru kamu akan jauh lebih tepat pada posisi yang lainnya di dalam perusahaan. Tanyakan hal tersebut kepada pewawancara. 

Gunakan bahasa yang tepat dan profesional, sehingga tidak terkesan seperti keberatan atas penawaran tersebut. Kamu tetap harus menunjukkan sikap antusias, mengingat peluang baik justru bisa saja datang dari posisi yang ditawarkan tersebut.

2. Lihat nilai jualnya

Saat pihak perusahaan menawarkan posisi yang berbeda, bukan berarti mereka menawarkan posisi yang lebih buruk. Kamu harus menghilangkan anggapan seperti ini, terlebih kamu belum tahu detail posisi yang mereka tawarkan. 

Cobalah untuk melihat secara detail job desc dan hal lainnya terkait posisi yang ditawarkan tersebut. Bisa saja pihak perusahaan justru menawarkan posisi yang lebih bagus daripada posisi yang dilamar sebelumnya. 

Baca Juga: Kerja Online Jadi Alternatif Dapat Penghasilan Cepat dan Mudah, Begini Ulasannya!

3. Tanyakan tawaran lainnya

Pihak perusahaan juga bisa saja tidak hanya menawarkan satu posisi lain. Kondisi seperti ini biasanya terjadi saat perusahaan memiliki beberapa posisi yang kosong sekaligus. Cobalah untuk mencari tahu tawaran-tawaran lainnya tersebut, barangkali kamu justru menemukan salah satu yang paling tepat. 

Namun dalam hal ini, kamu tetap harus mempertimbangkan skill dan juga tanggung jawab ke depannya. Kamu harus bisa melihat apakah tawaran tersebut kelak akan menguntungkan dan bisa dijalankan dengan baik. Jangan sampai mengalami masalah dalam bekerja, hanya karena mengambil tawaran posisi yang tak sesuai sejak awal. 

4. Pastikan kamu bukan cadangan

loader
Pastikan kamu bukan cadangan

Kamu memiliki niat untuk menerima posisi yang ditawarkan oleh pihak perusahaan, maka pastikan kamu adalah calon tunggal pada posisi tersebut. Jangan sampai hanya dijadikan sebagai cadangan, apabila sewaktu-waktu orang yang diharapkan perusahaan tidak bisa menerima posisi tersebut.

Kondisi seperti ini akan merugikan diri sendiri, kalau ternyata posisi tersebut pada akhirnya diambil oleh orang lain yang diharapkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja bagi Fresh Graduate

5. Apakah kamu benar-benar tertarik? 

Meski ditawarkan posisi yang bagus di dalam perusahaan, kamu harus tetap mempertimbangkan poin yang satu ini. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah benar-benar tertarik untuk menempati posisi tersebut? Atau, justru hanya ingin sekedar mendapatkan pekerjaan dengan cepat saja.

Selain kemampuan yang tepat, minat yang besar juga tentu akan sangat penting dalam memilih pekerjaan. Bekerja tidak selalu mudah dan menyenangkan, itulah mengapa sangat penting memilih pekerjaan yang menarik minat. Minat inilah yang kelak memampukan kamu menghadapi semua tantangan dan membuat kinerja jadi maksimal.

6. Pertimbangkan peluang lain

Jangan lupa untuk mempertimbangkan kembali apa saja yang akan kamu dapatkan dalam posisi yang ditawarkan tersebut. Lihatlah apakah di posisi tersebut kelak bisa berkembang dan mendapatkan karir yang cemerlang. 

Jika adanya peluang yang menjanjikan, maka tak ada salahnya untuk mengambil penawaran tersebut. Begitu sebaliknya, jangan ragu untuk menolak tentu akan menjadi keputusan yang bijak.

Ambil Keputusan yang Tepat

Segala sesuatu butuh pertimbangan yang matang untuk mendapatkan jawaban yang tepat, termasuk dalam melamar pekerjaan atau mendapat tawaran kerja yang posisinya berbeda dengan minat kamu. Maka dari itu, sangat penting untuk melihat kembali apa saja yang bisa didapatkan dan bagaimana peluang perkembangan karir kedepannya di posisi tersebut.

Baca Juga: Tips Mengatasi Rasa Gugup Saat Interview Kerja