6 Strategi Jitu Pemasaran Online dan Tips Penerapannya dalam Bisnis

Bisnis online menjadi salah satu bidang yang paling banyak diminati di era digital ini. Jika Anda termasuk salah satu pebisnis online, Anda tentu paham benar bagaimana pesatnya perkembangan bisnis ini selama beberapa tahun belakangan. 

Akses internet yang semakin mudah membuat pasar bisnis online semakin luas. Sementara di lain sisi, Anda selaku pebisnis juga harus mengimbanginya dengan langkah yang tepat.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Gunakan strategi pemasaran online yang tepat

loader

Penting untuk memiliki strategi pemasaran online yang jitu, mengingat Anda juga akan berhadapan dengan banyak kompetitor di dalam bisnis online. Jika tidak mampu bersaing, bukan tidak mungkin bisnis hanya akan jalan di tempat. 

Pastikan memilih strategi pemasaran yang paling tepat dan tentunya sesuai dengan bisnis online yang dijalankan. Selain itu, cermati juga penerapan strategi ini di dalam bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran bisnis online yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

1. Content marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran online yang paling populer di kalangan pebisnis online. Anda bisa menjadikan ini sebagai pilihan untuk menjangkau lebih banyak pengunjung ke situs bisnis yang dimiliki, sehingga peluang terciptanya penjualan yang lebih besar juga mungkin didapatkan. Jika sudah begini, kesuksesan bisnis juga sudah ada di depan mata.

Content marketing bisa disajikan dalam beberapa bentuk, seperti: video, artikel, gambar dan yang lainnya. Pada umumnya content marketing ini dikemas dengan sedemikian rupa, sehingga menarik minat banyak orang. 

Namun Anda tetap harus membuat isinya relevan dengan bisnis yang dijalankan. Misalnya, jika bisnis Anda menjual berbagai perabot rumah tangga, maka bisa membuat artikel yang mengulas tips menata rumah agar lebih estetik dan nyaman.

2.  Mobile marketing

Akses internet melalui smartphone dan tablet merupakan salah satu yang paling besar, sebab kedua perangkat ini praktis dan mudah digunakan. Jika ingin situs bisnis lebih banyak diakses orang, maka pertimbangkan poin di atas dengan baik. 

Anda harus membuat tampilan dan desain website yang menarik, sekaligus user friendly bagi para pengguna smartphone dan tablet. Hal ini akan memudahkan mereka mengakses situs bisnis dan melakukan transaksi pembelian dengan cepat

3. Continuous marketing

Sistem pemasaran yang berkelanjutan juga sangat dibutuhkan dalam bisnis online. Hal ini bisa dilakukan melalui pemasangan iklan serta aktivitas lainnya di media sosial, seperti: Facebook, Twitter, dan juga Instagram. 

Anda bisa membangun komunikasi yang baik dan berkelanjutan dengan para pelanggan serta calon pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda memahami pelanggan dan memperbaiki bisnis sehingga lebih maksimal dan memenuhi harapan para pelanggan tersebut.

Baca Juga: Jualan Laris Manis, Pakai 5 Tips Sukses Promosi Lewat Instagram Ini!

4. Integrated digital marketing

Langkah yang satu ini termasuk strategi pemasaran online yang komplit dan efektif.  Pada strategi yang satu ini, Anda akan memanfaatkan semua sistem pemasaran online sekaligus dengan sebaik mungkin. 

Misalnya, membangun blog atau situs bisnis dan melakukan kegiatan promosi melalui Facebook serta Instagram bisnis. Untuk melakukan strategi pemasaran online yang satu ini, Anda bisa saja membutuhkan bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut.

5. Visual marketing

Sebagian orang berpendapat jika gambar akan lebih mudah menarik perhatian dan dipahami oleh banyak orang, jika dibandingkan dengan penggunaan teks. Hal ini juga banyak digunakan dalam pemasaran online, di mana bisnis dipasarkan melalui gambar-gambar yang menarik. 

Anda bisa menerapkannya secara offline melalui brosur atau katalog. Selain itu, gambar visual online juga bisa ditampilkan dengan lebih mudah melalui berbagai media, seperti; YouTube, Instagram, Facebook, Pinterest, dan yang lainnya. 

6. Personalized marketing

Strategi yang satu ini merupakan pilihan yang tepat, jika menginginkan konsumen yang tertarget di dalam bisnis. Hal ini bisa dilakukan dengan membedakan konsumen melalui beberapa kriteria, misalnya: usia, domisili, hobi, aktifitas, dan yang lainnya. 

Strategi pemasaran yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan target pasar yang paling tepat, sehingga peluang terciptanya penjualan juga semakin besar.

Baca Juga: Tips agar Omzet Usaha Tetap Stabil Tanpa Obral Diskon

Tips penerapan strategi pemasaran online terkini

loader

Selain memilih strategi yang tepat, jangan lupa juga melakukan pemasaran online dengan cara yang tepat sejak awal. Hal ini akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas tersebut.

Simak beberapa tips berikut ini, yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan penerapan strategi pemasaran online:

1. Pilih nama yang tepat dan mudah dikenal

Jika ingin melakukan branding dengan tepat, maka harus memilih nama yang tepat untuk bisnis tersebut. Nama ini haruslah mudah diucapkan dan diingat, namun tidak mirip dengan nama bisnis kompetitor. Hal ini akan membuat orang-orang lebih mudah familiar dan menemukannya di pasaran.

2. Tampilkan foto produk yang tepat dan berkualitas baik

Tampilan produk secara online akan menjadi poin penting, terutama ketika melakukan aktivitas promosi. Pastikan selalu menggunakan foto produk yang berkualitas baik dan tepat, sehingga menarik bagi para pelanggan. 

Anda bisa mendapatkan foto seperti ini dengan mengandalkan kamera yang beresolusi baik dan teknik pemotretan yang juga baik.

3. Buat akun media sosial dan situs bisnis  

Jangan lupa untuk membuat akun media sosial khusus untuk bisnis, baik itu akun Facebook maupun yang lainnya. Melalui akun ini Anda bisa berkomunikasi dan sekaligus mempromosikan produk dengan lebih mudah kepada pelanggan. 

Selain itu, Anda juga perlu membangun website bisnis secara profesional, dimana berbagai aktivitas bisnis bisa dilakukan secara online.

4. Lakukan promosi yang tepat

Selain aktivitas promosi reguler, Anda juga bisa membuat promosi berkala atau momen tertentu untuk bisnis online. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi program diskon maupun penawaran menarik lainnya. Lakukan promo seperti ini dalam porsi yang tepat, agar bisnis online tetap berjalan lancar dan menguntungkan.

Pasarkan Bisnis Online dengan Tepat

Melakukan pemasaran online merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan bisnis. dapat memulai hal ini dengan memilih strategi yang tepat terlebih dahulu, tentunya yang sesuai dengan bisnis tersebut. Terapkan strategi pemasaran dengan tepat, sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari penjualan bisnis tersebut.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Memasarkan Produk Jualan Lewat Youtube