6 Tips Melatih Pola Pikir Out of The Box

Saat ini, bukan hanya orang-orang yang bekerja di dunia kreatif saja yang dituntut untuk berpikiran out of the box, tapi semuanya. Pola pikir seperti ini dipercaya dapat menghasilkan ide-ide cemerlang yang berguna untuk kemajuan perusahaan. Tak heran kalau beberapa perusahaan mencantumkan kreativitas sebagai syarat saat melamar kerja.

Sudahkah pola pikirmu out of the box? Kalau belum, kamu bisa menerapkan beberapa tips melatih pola pikir out of the box berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Melatih Pola Pikir Out of The Box

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

informasi
Cari informasi sebanyak-banyaknya

Setiap informasi yang didapatkan, baik dari buku, koran, hingga sosial media dapat menambah wawasanmu tentang suatu hal. Ini secara otomatis akan melatih kinerja otak, yang membuat kemampuan berpikirmu terhadap suatu hal meningkat.

Informasi yang dibaca tidak melulu sains, sejarah, atau politik, tapi juga tentang informasi yang akan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya, tentang cara bagaimana menyulap kamar tidur menjadi ruang kerja yang nyaman.

Semakin banyak wawasan yang masuk ke dalam otak, semakin kamu bisa untuk berpikir out of the box. Jadi, cabang ilmunya tidak stuck pada satu hal saja, melainkan pada banyak hal sekaligus.

2. Perluas relasi

Lingkungan pergaulan secara otomatis mempengaruhi caramu berpikir. Kamu tidak akan bisa menjadi orang yang out of the box kalau lingkunganmu diisi oleh orang-orang toxic, yang tahunya cuma gosip dan merendahkan kemampuan orang lain.

Cobalah bergaul dengan orang-orang yang pola pikirnya sudah out of the box, sehingga pola pikirmu akan menjadi serupa seiring berjalannya waktu. Sebab, yang menjadi bahan diskusi bukan kesuksesan orang lain, melainkan kesuksesan diri sendiri.

Disini kalian akan lebih banyak bertukar pikiran, mencari ide yang bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Alhasil, ide-ide menjadi terealisasi, bukan stuck.

3. Gigih mencari pengalaman

pengalaman
Gigih mencari pengalaman

Tahukah kamu apa yang lebih penting daripada objek? Jawabannya pengalaman. Ya, pengalaman inilah yang membuatmu bisa melangkah sejauh sekarang, membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Selama kamu hidup, coba perkaya dirimu dengan pengalaman, terutama yang ada kaitannya dengan membangun pola pikir. Misalnya, mengikuti seminar, pelatihan, komunitas, atau bahkan sekolah lagi ke jenjang yang lebih tinggi.

Memang, kamu harus mengorbankan waktu, tenaga, dan materi untuk menambah pengalaman. Tapi, apa yang dikeluarkan akan sebanding dengan yang didapatkan. 

Baca Juga: 10 Cara Berpikir Positif di Kantor Agar Pekerjaan Selesai dengan Lancar

4. Menambahkan hal-hal baru dalam rutinitas

Cara lain supaya kamu bisa berpikiran out of the box adalah mencoba menambah hal-hal baru dalam rutinitas. Kamu yang tadinya tidak pernah olahraga di pagi hari, sesekali bisa olahraga supaya tubuh lebih bugar saat beraktivitas. Selain itu, kinerja otak juga lebih fresh.

Masih banyak hal lain yang bisa dijadikan referensi untuk mengubah pola pikirmu. Sesuaikan dengan apa yang disukai agar kamu senang saat melakukannya.

Jangan lupa lakukan shifting agar kamu tidak bosan pada rutinitas sehari-hari. Jadi hari baru, rutinitas baru juga, sehingga kamu merasa lebih bahagia.  

5. Terbuka pada masukan orang lain

terbuka
Terbuka dengan masukan orang lain

Kalau kamu mau menjadi orang yang out of tbe box, latihlah dirimu supaya bisa lebih terbuka menerima masukan dari orang lain. Masukan ini tujuannya bagus, yaitu untuk membangun dan membentuk dirimu menjadi lebih baik. Jadi, jangan pernah menutup diri kalau orang lain memberi masukan apapun kepadamu. Masukan ini ruang lingkupnya luas. Bisa sifat, sikap, cara berpakaian, berbicara, hingga cara berpikir. 

Bukan sakit hati, kamu harusnya bersyukur kalau masih ada orang yang suka memberikan masukan kepadamu. Tidak bermaksud untuk mengubahmu menjadi apa yang mereka inginkan. Mereka cuma ingin kamu lebih baik, sehingga hasil yang kamu dapatkan nanti menjadi lebih baik juga.

Baca Juga: Ini 6 Cara Kembalikan Semangat Kerja

6. Berpikir secara kritis

Agar keinginan untuk out of the box berhasil, mulailah melatih diri untuk berpikir secara kritis. Artinya jangan terlalu mudah setuju pada hal-hal yang disampaikan orang lain sebelum orang tersebut memberikan penjelasan detail. 

Kalau ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan. Kamu berhak mengetahui hal-hal yang belum sepenuhnya kamu ketahui guna menghindari salah paham. 

Berpikir kritis tidak hanya mengasah otak untuk berpikir lebih jauh, tapi juga membuatmu disenangi oleh atasan dan rekan kerja di kantor. Pasalnya, kamu berhasil mengutarakan hal penting yang selama ini belum pernah diutarakan orang lain.

Lakukan Secara Rutin untuk Hasil Optimal

Itu dia beberapa tips melatih pola pikir out of the box yang bisa langsung kamu praktekkan. Kuncinya adalah lakukan secara rutin, secara berulang, sehingga hasil yang didapat menjadi lebih optimal. Semoga pola pikir out of the box bisa membawamu sukses dalam meniti karier yang lebih cemerlang dari hari ini.

Baca Juga: Meningkatkan Produktivitas Melalui Cara Berpikir Positif Ini