6 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Nyaman dengan komunikasi Lancar

Lingkungan kerja yang nyaman dengan komunikasi lancar merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan bisnis. Lingkungan kerja yang seperti ini akan membuat para karyawan menjadi lebih loyal dan bisa bekerja dengan maksimal sepanjang waktu. 

Namun di dalam prakteknya hal ini tentu tidak selalu mudah diciptakan, mengingat akan ada banyak orang yang bekerja di dalam sebuah lingkungan perusahaan atau bisnis.  

Bagi pebisnis atau yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, kamu mungkin selalu berharap menemukan lingkungan kerja seperti di atas. kamu bisa mengajarkan beberapa hal untuk bisa mewujudkannya. 

Beberapa perubahan mungkin akan dibutuhkan, apalagi jika selama ini lingkungan kerja masih terbilang jauh dari kondisi tersebut. Lakukan perubahan ini dengan cara yang tepat, agar lingkungan kerja kamu bisa menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dengan komunikasi lancar.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menciptakan Lingkungan Kerja Nyaman dengan Komunikasi Lancar

1. Upayakan agar semua karyawan dapat membaur

loader
Lingkungan kerja Nyaman

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat agar semua karyawan di lingkungan kerja kamu membaur. Hal ini berlaku untuk semua level, baik itu untuk atasan maupun yang menjadi bawahan. 

Hindari kondisi lingkungan kerja yang kaku dengan sekat-sekat tertentu yang dipisahkan oleh jabatan. Hal seperti ini akan membuat karyawan kurang nyaman dan tenang selama bekerja. 

Kamu mulai bisa membangun komunikasi awal dengan para pekerja lainnya terlebih dahulu. Lakukan hal ini dengan santai dan tidak terlalu formal, namun tetap dalam batasan yang profesional. 

Jika komunikasi di semua level jabatan sudah berjalan dengan baik, maka kenyamanan di lingkungan kerja juga akan tercipta dengan sendirinya. 

Baca Juga: Lingkungan Kantor Kekang Kreativitasmu? Ini Dia 5 Solusinya

2. Tingkatkan kuantitas serta kualitas dalam komunikasi langsung

Komunikasi yang terbatas juga akan menjadi salah satu penyebab lingkungan kerja menjadi kaku. Hal ini bahkan akan jelas terlihat dalam hubungan kerja antara atasan dengan bawahan. 

Hilangkan kebiasaan yang seperti ini dan mulailah memperbanyak komunikasi di kalangan pekerja. Selain memperlancar urusan kerja, komunikasi yang lebih intens juga akan membangun keterikatan di antara pekerja. 

Namun dalam urusan yang satu ini, hindari penggunaan layanan online maupun aplikasi percakapan lainnya dalam berkomunikasi. Upayakan agar setiap orang bisa berkomunikasi langsung secara heart to heart, tanpa menggunakan alat bantu lainnya. 

Kuantitas dan kualitas komunikasi yang seimbang akan membuat lingkungan kerja menjadi lebih “hangat” dan tetap profesional. 

3. Lakukan aktivitas bersama

Aktivitas bersama di antara para karyawan juga memegang peranan yang sangat penting dalam membangun komunikasi yang baik. Hal ini bukan hanya terkait dengan urusan pekerjaan saja, namun juga aktivitas lainnya. 

Makan siang bersama di jam istirahat menjadi salah satu waktu yang tepat untuk para karyawan agar bisa berkomunikasi dengan lebih santai. 

Mereka bisa membicarakan berbagai hal, termasuk urusan pekerjaan yang sedang mereka tangani. Momen ini bisa menghilangkan sejenak kepenatan selama bekerja dan membuat karyawan menjadi lebih siap untuk bekerja kembali. 

Di lain sisi lingkungan kerja akan terasa lebih nyaman, bahkan meski pekerjaan begitu banyak dan menyita banyak tenaga. 

4. Biasakan untuk menghargai perbedaan pandangan

loader
Lingkungan kerja nyaman

Perbedaan pandangan tentu akan menjadi hal yang lumrah di dalam lingkungan kerja. Ini bisa jadi sebuah tantangan dan sekaligus menjadi hal yang menarik untuk dibahas. 

Tidak perlu antipati dengan pandangan yang berbeda dari pemikiran kamu, apalagi terkait dengan pekerjaan. Biasanya untuk menghargai semua pendapat orang, termasuk pandangan yang berbeda tersebut. 

Jika kamu merasa pandangan tersebut kurang tepat, maka sampaikan hal tersebut serta pandangan kamu dengan cara yang sopan. 

Baca Juga: Begini Cara Mudah Kerja Sama dengan Teman Kerja Sekantor

5. Tetap menjadi diri sendiri

Tak perlu menjadi “orang lain” agar diterima di dalam sebuah lingkungan, terutama di lingkungan kerja. Menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik, daripada kamu menjadi sosok yang berbeda. 

Kamu akan merasa lebih nyaman dan tenang, sehingga bisa menikmati hari dengan maksimal di tempat kerja. Selain itu, lingkungan kerja dan teman-teman kamu juga akan lebih mudah untuk menerima dan memahami diri kamu dengan baik.

6. Selesaikan semua masalah dengan dewasa

Berbagai masalah sangat mungkin terjadi di lingkungan kerja, bahkan masalah-masalah yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. Jangan bersikap ingin menang sendiri, apalagi dengan menggunakan cara-cara yang tidak profesional dalam bekerja. Tetaplah tenang dan selesaikan setiap masalah dengan cara dewasa, sehingga semua orang tetap nyaman. 

Selain itu, sikap seperti ini juga akan mendidik kamu menjadi jauh lebih tangguh dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah-masalah di masa yang akan datang. 

Bangun lingkungan kerja yang nyaman dengan cara tepat

Membangun lingkungan kerja yang nyaman dengan komunikasi yang lancar memang membutuhkan perjuangan. Pastikan kamu memulai hal ini dengan cara yang tepat, agar lingkungan kerja bisa menjadi lebih baik dari sekarang. Hal ini akan membuat kamu dan pekerja lainnya di lingkungan tersebut bisa nyaman dan lebih produktif dalam bekerja.

Baca Juga: Pemimpin, Lakukan ini Supaya Lingkungan Kerja Sehat