7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

Demam kpop saat ini sedang banyak melanda banyak orang. Peminat dari kpop sendiri banyak datang dari usia remaja sampai dewasa. Big Bang, Super Junior, SNSD adalah contoh kecil para idol dari Korea Selatan yang banyak memiliki penggemar di Indonesia. Dan mereka sukses membawa musik sampai tren gaya hidup Korea Selatan dikenal sampai ke Indonesia.

Bicara soal tren kpop, tidak hanya taste musik saja yang bisa digemari, tapi juga para pelakunya (penyanyi/grup idol) dan lifestyle mereka. Bagi para kpopers veteran pasti sudah tidak asing lagi dong sama rutinitas menabung untuk beli album atau tiket konser dari penyanyi dan grup favorit.

Memang, hobi menggemari kpop bisa banyak menghabiskan uang guna menunjukkan kecintaan terhadap penyanyi/grup favorit.  Tidak hanya sekedar beli album atau tiket konser lagi, kebanyakan kpopers juga berkeinginan memiliki lifestyle dan fashion yang sama dengan idolanya.

Seperti ingin beli sepatu yang sama dengan ‘oppa’ , memakai tas yang sama dengan penyanyi dari grup itu lah, bahkan ada yang rela membeli barang apapun dan semahal apapun itu jika idola favorit mereka yang menjadi model iklannya. Bilangnya sih sebagai bentuk dukungan, tapi ternyata lumayan loh menghabiskan uangnya.

Dari sini bisa disimpulkan, rata-rata para penggemar kpop memiliki sifat militan dan fanatik yang tentunya bisa jadi ladang uang untuk kamu kpopers yang pintar melihat peluang usaha dari tren musik asal negara ginseng ini.  Kamu yang juga penggemar kpoper tidak capek harus hemat-hemat uang jajan biar bisa beli album ‘oppa’? Tidak coba untuk mencari penghasilan tambahan yang bisa memaksimalkan hobi kpop kamu?

Nah, ini dia beberapa bisnis online  dengan keuntungan lumayan yang bisa ditekuni oleh para kpopers:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jadi Admin Fan Account Grup Idol Tertentu

Admin Fan Account
Admin Fan Account

Biasanya banyak orang akan langsung memilih menjadi memilih membuat sebuah akun sosial media dengan klasifikasi yang sangat  general dan hanya membahas informasi tentang kpop secara umum. Namun ini tentu akan cukup merepotkan, dan tentunya membutuhkan banyak waktu luang, karena intesitas update informasi yang harus konsisten dan banyak.

Tips: Jika ingin lebih sederhana tapi juga cukup menjanjikan, kamu bisa menjadi fan account untuk grup tertentu saja atau grup idola kamu saja. Lebih menyenangkan bukan kegiatan mencari tau dan update info idola sendiri?

Building akun seperti ini memang membutuhkan waktu lebih lama dari akun kpop dengan klasifikasi yang lebih general. Tapi ketika akun kamu telah banjir followers yang royal dan loyal, bisa dipastikan penawaran endorsing dan paid promote akan banyak ngantre di akun kamu, karena followers yang fanatik terhadap idolanya tidak akan segan membeli semua barang-barang unik dan lucu asal isinya tentang idolanya sendiri.

2. PO Import Barang-Barang Korea

Toko Pakaian di Korea Selatan
Toko Pakaian di Korea Selatan

Serba canggih, jenis usaha ini pun bisa kamu mulai walaupun hanya menggunakan akun sosial media saja. Seperti jasa titip-beli barang, kamu tetap bisa menjual produk Korea asli yang sering dipakai oleh para artis kpop tanpa harus datang jauh-jauh ke Korea.

Tips: Tinggal pesan ke toko atau distribusi barangnya langsung di korea. Tenang, mencari tokonya tidak sulit kok, karena kebanyakan mereka telah memiliki website resmi untuk itu. Langkah berikutnya tinggal melakukan negosiasi harga untuk setiap barang yang akan dipesan, biasanya jika kamu berani memesan dengan jumlah besar akan ada pengurangan harga. Tentu saja semakin murah harga yang kamu dapat, semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

Barang-barang yang banyak diinginkan biasanya pakaian, celana, topi, sepatu, aksesoris dan make up. Jadi, kunci sukses untuk menjalankan bisnis ini adalah kamu harus-harus rajin update tentang apa tren fashion apa yang sedang happening di Korea dan tentunya diminati oleh para kpopers Indonesia.

Untuk memasarkan bisnis ini, kamu bisa bekerja sama dengan berbagi akun-akun sosial media kpop dan fan accountnya.

Baca Juga: Tips Liburan Murah ke Korea Selatan

3. Menjual Frozen Food dan Snack Khas Negara Korea

Frozen Food Khas Korea Selatan
Frozen Food
Khas Korea Selatan

“Pokoknya kalau ‘oppa’ makan snack itu, aku juga harus makan!”

Fans kpop sejati pasti pernah dong merasakan hal ini. Sekarang demam kpop tidak hanya membuat ‘ngiler’ para penggemarnya dengan style dan visual para artisnya. Tapi juga sampai kemakanannya pun ikutan menjadi viral.

Tips:  Tidak sulit lagi kok menjual makanan beku dan snack Korea, karena barangnya yang sudah mudah di dapat, dan tentunya bisa dipesan dengan jumlah yang banyak. Makanan beku dan snack khas Korea yang bisa kamu jual adalah kue beras tteokbokki, fish cake atau eomuk, kimchi, mandu (dimsum versi Korea), gochujang (saus pedas khas Korea), ramyeon (mie instan khas Korea), jajangmyeon (black noodles khas korea) dan untuk camilannya ada banyak ciki-ciki, minuman, dan permen dengan berbagai varian dan rasa khas Korea tapi masih sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Dari semua bisnis ala Korea yang bisa diterapkan, bisa dikatakan bisnis ini adalah yang paling mudah dan paling sedikit membutuhkan usaha. Tidak hanya bisa berjualan secara online, dengan cara offline pun sama menguntungkannya.

4. Menjadi Official Distributor Album dan Tiket Konser

Distributor Album Resmi via Youtube
Distributor Album Resmi via Youtube.com

Memiliki seluruh album dan datang ke konser idola adalah hal wajib untuk para kpopers. Untuk kamu yang telah berpengalaman dalam hal ini, pasti sudah sangat hapal dimana kamu bisa membeli album dan tiket konser sendiri. Pengalaman kamu ini bisa jadi modal besar untuk bisnis ini.

Tips:  Pamor dari official distributor untuk penjualan tiket konser dan album resmi grup kpop di Indonesia tidak lah terlalu besar. Untuk itu banyak, baik dari distributor dan promotor bekerja sama dengan official fan account dan akun sosial media kpop untuk memasarkan sampai menjual tiket dan album.

Kamu sendiri bisa menjadi fasilitator untuk pembelian tiket konser dan album kpop dengan menjadi pembeli borongan. Biasanya yang senang dengan penjual jasa seperti ini adalah para fan account yang ingin membantu para pengikutnya mendapatkan tiket konser dan album secara kolektif dan dalam jumlah yang banyak.

5. Menjual Pernak-Pernik serba Kpop

Aksesoris Light Stick Kpop via Koreaboo.com
Aksesoris Light Stick Kpop via Koreaboo.com

Hal lain yang tidak pernah lepas dari seorang penggemar kpop adalah segala aksesoris lucu dan imut dengan gambar wajah idolanya. Kamu yang jago gambar dan punya skill di bidang design tentu harus banget mencoba bisnis ala kpop ini.

Tips: Jenis barang ala kpop yang paling banyak dibeli adalah light stick, photo card, kalender, sticker, notebook, kipas tangan, gelang, botol minum, hard case untuk handphone, tas, topi, kaos dengan gambar dari member grup atau penyanyi idola yang paling banyak diminati

Kamu bisa menggunakan berbagai strategi promosi yang unik seperti give away, quiz-quiz berhadiah, dan diskon dengan angka-angka yang unik untuk memperkenalkan akun dagang kamu kebanyak orang.

Baca Juga: Jadikan Nyata Impian Traveling ke Jepang dengan Tips Berikut Ini

6. Social Media Buzzer

Social Media Buzzer
Social Media Buzzer

Memang kesannya musiman sih, tapi sebenarnya tidak juga kok, dan hasilnya lumayan. Kalau kamu terpatok hanya pada event-event besar berarti kamu belum bisa dikatakan kpopers sejati.

Komunitas kpop biasanya akan banyak mengadakan fan meeting, meet up antar fandom dan berbagai event seru lain, dan jangan salah acara seperti ini juga memiliki banyak sponsor. Karena itu Social media buzzer untuk event seperti ini akan sangat dibutuhkan.

Tips: Untuk kamu yang telah memiliki banyak followers di sosial media kamu boleh ikutan untuk menjadi social media buzzer, tidak usah repot-repot cari vacancy untuk job ini, jika memang kualitas akun kamu baik, banyak dikenal dan kaya followers, kamu pasti akan dicari.

Ini tidak cuman berlaku sama akun sosial media saja, bisa blog atau website pribadi atau akun youtube.

7. Translator Program Televisi Korea

Jadi Translator untuk Drama dan Variety Show TV Korea via viu.com
Jadi Translator untuk Drama dan Variety Show TV Korea via viu.com

Kamu yang jago bahasa Inggris dan Korea, bisa banget mencoba bisnis seperti ini. Jual kemampuan translating kamu dengan menjadi freelance sebagai translator untuk website-website besar yang berisi drama atau program-program televisi Korea yang telah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Indonesia.

Tips:  Biasanya kamu akan di bayar per project. Project disini artinya 1 episode untuk 1 program acara. Jadi semakin kamu banyak memegang project semakin mahal juga kamu di bayar. Pilih program acara yang kamu suka, agar kegiatan menerjemahkan program ini menjadi menyenangkan untuk kamu.

Maksimalkan Hobi, Tambah Pemasukkan

Tidak harus selalu kamu yang mengeluarkan uang demi hobi. Jika kamu pintar mencari peluang, menjadikan hobi sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan tentu bukan sekedar mimpi lagi. Yang terpenting dari menjalankan sebuah bisnis online adalah menjaga komitmen dan kualitas dari akun kamu. Jadi siapkan waktu luang khusus untuk mengerjakannya, agar tidak tercampur dan mengganggu kegiatan kamu yang lain.

Baca Juga: Bisa Kaya Dari Hobi, Simak Tips Berikut Ini