7 Hal yang Anda Butuhkan Saat Dilanda Kebosanan

Bosan adalah perasaan alamiah yang terjadi pada siapa saja. Akibat bosan, Anda sering kurang bersemangat saat bekerja yang mengakibatkan performa kerja berkurang.

Akan tetapi, bosan bukanlah perasaan yang boleh dibiarkan terjadi secara berlarut-larut karena ini tidak baik untuk kehidupanmu sekarang dan di masa mendatang.

Setiap kali dilanda bosan, coba lakukan beberapa hal berikut ini. Siapa tahu kamu membutuhkannya dan karenanya pula semangatmu bisa kembali seperti sedia kala: 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Reunian Bersama Teman-Teman Lama

berkumpul dengan teman-teman

Coba hitung sudah berapa lama kamu tidak reunian sama teman-teman semasa sekolah atau kuliah dulu. Bisa jadi karena rindu kepada mereka, kamu jadi cepat bosan dan merasa kalau hari-harimu hampa.

Atau kamu merindukan kegiatan yang dulu sering dilakukan bersama, seperti ngopi, shopping, atau olahraga?

Bila memang ini penyebabnya, ya sudah lebih baik hubungi mereka satu per satu. Tanyakan kapan mereka punya jadwal kosong agar bisa reuni lagi seperti dulu.

Pastikan mereka semua bisa datang karena kehilangan satu personil saja akan membuat suasana terasa berbeda.

2. Kumpul Bersama Keluarga Tercinta

berkumpul bersama dengan keluarga

Bukan hanya teman-teman lama, kebosanan juga disebabkan karena kamu sudah jarang bertemu dengan keluarga.

Jangankan mengobrol, menyapa mereka saja sudah tidak pernah lagi karena setibanya di rumah, mereka sudah pergi ke kamar masing-masing atau tidur. 

Baiknya kamu luangkan waktu untuk kumpul bersama keluarga lagi. Manfaatkan hari libur seperti weekend, lalu pikirkanlah aktivitas menarik apa yang akan dilakukan untuk mengisi weekend.

Dengan demikian, suasana kumpul-kumpul tidak terasa kaku karena semuanya aktif berpartisipasi.

Baca Juga:  Makin Cantik, ini Tips Berhijab Sesuai Bentuk Wajah

3. Luangkan Waktu untuk Merenung

merenung

Jika akhir-akhir ini kamu sering merasa bosan, penyebabnya bisa jadi karena kamu sudah jarang melakukan me time.

Apalagi kalau dulu sering melakukannya, jadi akan sedikit janggal bila kamu berhenti walaupun hanya sekali atau dua kali saja. Sebaiknya luangkan pula waktumu untuk merenung sekaligus introspeksi sama diri sendiri.

Dengan introspeksi, setidaknya kamu tahu apa saja yang telah dilakukan akhir-akhir ini yang membuatmu jadi cepat bosan. Jadi kamu bisa cari cara agar hal yang sama tidak terulang kembali, sehingga kamu tetap semangat menjalani hari meskipun banyak tugas yang mesti diselesaikan.

4. Lakukan Apa Saja yang Pernah Tertunda

to-do list

Mengerjalan aktivitas yang sama setiap hari tentu saja membuatmu cepat bosan, apalagi kalau tanpa rehat.

Untuk itu, beristirahatlah sebentar dari apa saja yang sedang dikerjakan saat ini, lalu alihkan untuk mengerjakan tugas yang pernah tertunda. Aktivitas selingan seperti ini dijamin akan membantu menghilangkan kebosananmu hilang dalam sekejap.

Jika suatu saat kamu merasa bosan, lakukan hal yang sama. Yang pasti aktivitas selingannya harus menyenangkan dan tidak terlalu menguras pikiran dan tenaga. Dengan begini, kamu juga semangat untuk melakukannya bahkan membayar pun tidak masalah untukmu.

5. Carilah Komunitas untuk Bertemu Orang-Orang Baru

komunitas

Sesekali menyendiri itu baik untuk evaluasi diri sendiri, tetapi jangan sampai keterusan karena dapat memicu kebosanan. Ada kalanya kamu harus bergabung ke grup atau komunitas baru untuk memperluas jaringan pertemanan.

Setiap kali merasa bosan, kamu bisa mengajak salah seorang temanmu untuk jalan atau diskusi sehingga kamu tak perlu sendirian lagi.

Carilah komunitas yang dapat membentuk dirimu ke arah yang lebih baik, entah itu pikiran, sikap, maupun kebiasaan. Jadi tak hanya sekedar menghilangkan bosan saja, tapi ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari komunitas yang dimasuki.

Baca Juga: Ini Pentingnya Lakukan Hobi di Tengah Kesibukan

6. Butuh Musik untuk Mengembalikan Mood

dengerin musik

Musik adalah salah satu alat penghilang bosan yang ampuh, dan sampai sekarang belum ada yang bisa menyangkalnya.

Sebaiknya hidupkan musik setiap kali dilanda rasa bosan. Setidaknya dengan mendengar iringan musik, hati dan pikiran merasa lebih baik daripada sebelumnya.

Tapi ingat, dengar musiknya di tempat dan di waktu yang tepat. Jangan memutar musik saat lagi bekerja karena ini dapat merusak konsentrasimu dan sesama rekan kerja. Yang ada mood jadi bertambah jelek karena kamu harus menerima pandangan sinis dari rekan kerja di kantor.

7. Butuh Liburan untuk Menghilangkan Penat

pergi liburan

Kalau enam cara di atas belum berhasil juga, itu artinya kamu benar-benar sudah muak dengan rutinitas dan butuh liburan untuk melepas penat. Pergilah berlibur ke tempat yang menyediakan wisata favoritmu. Tapi sebaiknya, buat planning terlebih dahulu agar liburan berjalan dengan lancar.

Bila perlu, ajaklah satu atau dua orang temanmu untuk liburan bersama. Sebab semakin banyak personil yang berangkat, semakin ramai dan seru pula suasana liburan.

Tapi kalau tidak ada teman, pergi sendiri juga tidak apa-apa asal kamu sudah menyusun daftar aktivitas yang akan dilakukan sesampainya di lokasi liburan.

Pilih Satu yang Paling Dibutuhkan

Di antara tujuh hal di atas, kira-kira yang mana yang paling kamu butuhkan? Apa pun pilihanmu, pastikan itu yang terbaik agar rasa bosan bisa segera hilang dan kamu bisa kembali bekerja dengan produktif.

Baca Juga: 5 Cara Hidup Bahagia Tanpa Stres Buat Milenial