7 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga, Simak Tipsnya Agar Sukses

Menjadi ibu rumah tangga yang memiliki cukup banyak waktu luang di rumah, mungkin ada yang tertarik untuk mencoba bisnis. Tak harus bisnis dalam skala besar, menjalankan bisnis rumahan juga bisa menjadi pilihan. 

Ada banyak jenis bisnis rumahan yang bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan modal awal yang terbilang kecil sekalipun. Jika kamu memiliki keahlian tertentu, mengaplikasikan keahlian tersebut dalam bisnis juga bisa menjadi pertimbangan. 

Hal ini bahkan akan jadi lebih menyenangkan, sebab kamu lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dalam bisnis itu sendiri. Segera rencanakan dan mulai bisnis rumahan, agar sejumlah penghasilan tambahan bisa didapatkan.

Bagi kamu yang masih bingung, berikut beberapa ide bisnis rumahan khusus untuk ibu rumah tangga. Jangan lupa juga, simak tipsnya biar bisnis rumahan kamu bisa sukses.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Ide Bisnis Rumahan

1. Gardening

loader
Bisnis Rumahan

Jika memiliki pekarangan yang cukup luas, maka bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan. Ada banyak tanaman herbal dan bumbu dapur yang dapat dibudidayakan dengan mudah, namun tetap memiliki peluang pasar yang menjanjikan, misalnya: jahe, teh, kumis kucing, jahe merah, dan yang lainnya.

Selain itu, berbagai tanaman hias bahkan sangat populer dan banyak dicari. Mulai dari bunga, kaktus dan berbagai tanaman hias populer lainnya juga akan mendatangkan banyak keuntungan, sebab harga jualnya di pasaran juga terbilang sangat mahal. 

2. Jasa Pembuat Hampers

Permintaan akan berbagai hampers menarik untuk kado pernikahan maupun perayaan lainnya semakin tinggi. Isi yang hampers juga sangat beragam, bisa berupa kosmetik, pakaian, aksesoris hingga berbagai makanan dan kue unik dan lezat. 

Ini bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk yang senang berkreasi pada desain-desain kotak dan kemasan hampers lainnya. Agar lebih mudah menjangkau pelanggan, pemasaran online melalui media sosial dan email tentu bisa dimaksimalkan. 

3. Perencana pernikahan

Bisnis yang satu ini cocok untuk orang yang memiliki kemampuan untuk mengatur banyak hal secara bersamaan. Selain kreativitas yang tinggi, kemampuan untuk menggambarkan dan mewujudkan detail pernikahan klien tentu menjadi poin penting. 

Wedding planner biasanya menyediakan beragam paket pernikahan, namun juga harus mampu mewujudkan pernikahan impian setiap kliennya. Ini bisa menjadi pekerjaan yang tepat, jika sebelumnya kamu sudah pernah mengatur sebuah pesta pernikahan dengan sukses, baik itu pernikahan sendiri, saudara atau teman.

4. Penjahit 

loader
Bisnis Rumahan

Jadi penjahit kebaya atau pakaian mungkin cukup rumit, bahkan memiliki persaingan yang ketat. Kamu bisa mencoba untuk menjadi penjahit gorden, seprei atau taplak meja saja. Biar lebih menarik sediakan banyak pilihan desain. 

Terapkan sistem pesanan, dimana konsumen bisa memilih ukuran, warna dan desain yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Selain bisnis menjahit sendiri, menyediakan jasa kursus menjahit privat juga akan bisa mendatangkan uang. 

Baca Juga: Inilah Strategi Marketing Kekinian yang Wajib Dilakukan Setiap Pebisnis Agar Bisnis Semakin Melejit

5. Salon 

Jika memiliki keahlian dalam rambut, maka bisnis yang satu ini akan sangat menjanjikan. Salon bisa saja dimulai dengan modal terbatas, yakni dengan menyediakan layanan potong rambut dan creambath saja. 

Saat memiliki modal yang cukup besar, menyediakan layanan semir rambut dan yang lainnya juga bisa menjadi pertimbangan. Ini termasuk jasa yang mudah dipasarkan dan akan cepat berkembang meski diawali dalam ukuran kecil saja.  

6. Jual pulsa dan paket internet

Pulsa dan paket internet selalu dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil, bahkan beberapa ratus ribu saja.

Kalau kamu punya modal cukup besar, tidak ada salahnya untuk menyediakan lebih banyak layanan, seperti: token listrik, pembayaran iuran BPJS, pembayaran tagihan listrik, transfer uang, dan yang lainnya. Semakin banyak pelanggan, keuntungan bisnis ini juga tentu akan semakin besar. 

7. Budidaya ikan hias

Ikan hias juga selalu memiliki tempat tersendiri di hati banyak orang, terutama masa pandemi ini. Bisnis yang satu ini akan cukup menjanjikan, sebab selalu ada banyak peminat yang mencari berbagai jenis ikan hias. 

Jika telaten, budidaya ikan hias ini juga bisa mendatangkan banyak keuntungan, apalagi jika bisa memasaknya dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Kue Kekinian Bikin Cuan, Ini Tips Menjalankan Bisnis Korean Cake Box

Tips menjalankan bisnis rumahan 

loader
Bisnis Rumahan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk sukses menjalankan bisnis rumahan: 

1. Selalu berpikir positif

Sama dengan bisnis lainnya, bisnis rumahan ini juga akan membutuhkan proses. Dibutuhkan kesabaran dan juga sikap positif untuk membawa bisnis ini sukses. Tetaplah berpikir positif dan menikmati setiap proses dengan tenang, sehingga bisnis bisa bertumbuh dengan baik. 

2. Pahami resiko kerugian 

Setiap bisnis akan memiliki resiko tersendiri, termasuk resiko kerugian. Penting untuk memahami dan mempersiapkan diri untuk kondisi seperti ini. 

Jangan mengharapkan keuntungan di masa-masa awal, sebab bisnis membutuhkan proses untuk bertumbuh. Jika mengalami kerugian, jangan putus asa dan jadikan hal tersebut sebagai pemicu untuk terus mengembangkan bisnis kedepannya. 

3. Bisnis berjalan sesuai rencana 

Bisnis bukan hanya untuk direncanakan, namun harus dijalankan. Sebagus apapun rencana bisnis, tidak akan pernah menghasilkan, jika tidak pernah dilaksanakan. 

Jangan hanya fokus dan berhenti dalam perencanaan saja, sebab itu tidak akan membuat bisnis menjadi kenyataan. Pastikan, kamu menjalankan bisnis sesuai dengan rencana yang telah kamu susun sebelumnya. 

4. Manfaatkan jaringan dan pengalaman 

Manfaatkan jaringan dan juga pengalaman kamu untuk mencapai kesuksesan bisnis. Pasarkan bisnis dengan cara yang tepat kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu. Selain lebih mudah mendapatkan penjualan, cara ini juga akan membuat bisnis tersebut lebih mudah dikenal secara luas. 

Pilih dan Mulai Bisnis Rumahan dengan Cara Tepat

Memulai bisnis rumahan bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki banyak waktu luang di rumah. Pilih bisnis rumahan yang tepat dan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki selama ini. Merencanakan dan memulai bisnis tersebut dengan tepat, agar kamu bisa segera mendapatkan kesuksesan dan keuntungan.

Baca Juga: 8 Bisnis Kekinian yang Bisa jadi Inspirasi Para Calon Pengusaha Muda