7 Ide Bisnis Sampingan untuk Ayah, Wajib Dicoba

KOMPAS.com - Memiliki penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama saat ini tentu menjadi keinginan banyak orang, terutama para ayah. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, memulai bisnis sampingan juga bisa sebagai sarana menyalurkan hobi.

Lebih dari itu, bisnis sampingan bahkan juga bisa memperluas jaringan pertemanan atau networking hingga mengamankan kondisi finansial. Tidak jarang bisnis sampingan yang dikerjakan hasilnya bisa jauh lebih besar dibandingkan gaji bulanan dari pekerjaan utama.

Jika demikian, siapa yang tak mau punya bisnis sampingan sendiri. Hanya saja, tidak semua bisnis sampingan cocok dikerjakan oleh para ayah. Ada banyak sekali ide bisnis sampingan pilihan yang bisa dan cocok dilakukan para ayah tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utamanya.

Bahkan, tak sedikit yang bisa dimulai hampir tanpa modal, lho. Berikut ini beberapa diansir dari Cermati.com:

1. Jualan Online

Bisnis sampingan pertama yang cocok dicoba para ayah dan bisa dilakukan tanpa modal adalah berjualan online. Misalnya saja dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Saat ini ada banyak jenis produk yang bisa dijual dengan sistem dropship atau reseller, seperti camilan, baju, kosmetik, perabot rumah tangga dan sebagainya. Pilih salah satu yang paling menarik dan banyak peminatnya.

Meskipun tak punya toko secara fisik, omzet jualan online ini cukup menjanjikan keuntungan yang menarik, lho. Asalkan, bisnis ini dilakukan dengan tekun dan penuh komitmen.

2. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Di rumah banyak perlengkapan bayi yang sudah tak terpakai tapi masih bagus dan hanya tersimpan di gudang? Coba sewakan agar bisa dapat penghasilan tambahan.

Apalagi biasanya ada banyak jenis perlengkapan bayi yang memang hanya digunakan sebentar. Misalnya seperti ayunan, boks tempat tidur, baby walker, stroller, high chair, freezer ASI dan masih banyak lagi.

Nah, daripada beli baru, menyewa bisa jadi opsi alternatif untuk menghemat pengeluaran. Terutama bagi para orang tua baru yang masih belum tahu perlengkapan apa yang cocok bagi bayinya.

Anda dapat mengelola bisnis ini bersama dengan istri. Seiring berjalannya waktu ketika bisnis berkembang dan modal pun sudah semakin bertambah, maka digunakan untuk memperluas jangkauan market.

3. Jualan Minuman atau Makanan Sehat

Ide bisnis sampingan selanjutnya yang bisa dicoba oleh para suami adalah berjualan minuman atau makanan sehat. Apalagi saat ini banyak yang sudah mulai sadar dengan pola hidup sehat. Sehingga kebutuhan akan makanan dan minuman sehat menjadi cukup tinggi.

Anda bisa memproduksi sendiri produk minuman atau makanan sehat yang akan dijual. Atau bisa menjadi menjual produk orang lain dan mengambil selisih keuntungan. Anda bisa coba mengenalkannya lebih dulu pada rekan-rekan di tempat kerja.

Ketika respon yang didapat positif, baru kemudian bisa melebarkan bisnis dengan membuka warung atau toko sendiri. Keuntungan yang diperoleh dari berjualan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau ditabung untuk keperluan lain.

Baca juga: Mau Bisnis dengan Teman Kantor?

4. Guru Les Privat

Ide bisnis sampingan lain yang tak kalah menarik untuk dicoba adalah dengan menjadi guru les privat, lho. Selain bisa menghasilkan cuan, bisnis ini bisa membantu meningkatkan skill mengajar yang dimiliki, lho.

Jadi ketika Anda juga bekerja di ranah pendidikan, akan sangat membantu pekerjaan utama. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa memasang iklan les privat yang ditawarkan melalui media sosial.

Selain itu, bisa juga dengan mempromosikannya langsung ke beberapa orang dan biarkan mereka yang menyebarkan informasinya. Untuk menentukan tarif les, Anda bisa disesuaikan dengan jenjang pendidikan peserta les dan durasi mengajar.

Sementara waktu mengajarnya bisa dilakukan setelah pulang kerja. Jika perlu bisa buat jadwal tersendiri agar tidak bentrok dengan jadwal kegiatan lainnya. Supaya, bisnis sampingan yang dilakukan tidak membuat pekerjaan utama terganggu.

5. Jasa Laundry Kiloan

Bisa dibilang jasa laundry kiloan termasuk salah satu bisnis sampingan yang hampir tak tergerus jaman. Akan selalu ada yang membutuhkan jasa binatu untuk membantu mencuci dan menyetrika bajunya. Bisnis ini akan semakin rame ketika pandai memilih lokasi yang tepat, seperti di dekat kawasan perkantoran atau tempat kost.

Agar mampu menarik pelanggan, pastikan untuk memasang harga yang kompetitif dengan kualitas pelayanan yang maksimal. Ketika layanan yang diberikan terjangkau, pelanggan pasti akan datang lagi dan lagi.

6. Jual Beli Kendaraan Bekas

Buat para ayah yang hobi otak-atik mesin otomotif, jual beli kendaraan bekas bisa jadi opsi menarik untuk dicoba. Apalagi jika, Anda termasuk pecinta otomotif.

Maka jangan lewatkan kesempatan untuk menghasilkan cuan lebih dari hobi ini. Anda bisa beli kendaraan bekas lawas yang perlu perbaikan, kemudian perbaiki sendiri hingga layak pakai.

Apalagi jika punya kemampuan memperbaiki kendaraan sendiri, jadi ongkos di bengkel bisa ditekan. Keuntungan yang diperoleh pun tak main-main, lho.

7. Jasa Desain

Punya kemampuan desain yang mumpuni? Jangan sia-siakan, ambil kesempatan untuk menjadikannya ladang cuan dengan memulai bisnis jasa desain.

Apalagi di era seperti saat ini kebutuhan akan desain yang menarik dan estetik sangatlah tinggi. Anda bisa memulai bisnis ini dengan menjadi freelancer, menjual desain di marketplace desain dan sebagainya.

Pilih yang sesuai dengan kesibukan saat ini, agar pekerjaan utama tidak terganggu. Bisnis sampingan bisa membantu Anda mendapatkan peluang menarik yang mungkin tak didapatkan dari pekerjaan utama, lho.

Ditambah lagi ada banyak jenis bisnis sampingan yang bisa dipilih sesuai hobi atau passion dan dilakukan tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa ide bisnis sampingan di atas.