Mau Bisnis dengan Teman Kantor? Coba 7 Ide Bisnis Ini

Pada dasarnya semua orang menginginkan penghasilan tambahan, termasuk karyawan kantoran. Mempunyai penghasilan tambahan tentunya membuat seseorang lega secara finansial karena total penghasilan tidak mentok pada satu sumber saja.

Berbicara mengenai penghasilan tambahan, maka berbisnis adalah cara yang paling tepat dilakukan. Jika Anda tidak mau membuka bisnis seorang diri, tidak ada salahnya mengajak teman sekantor yang mau diajak bekerja sama membangun bisnis.

Lantas, bisnis seperti apa yang bisa dijalankan bersama dengan teman satu kantor?

Berikut ide bisnis yang bisa Anda coba bersama teman sekantor yang telah Cermati.com kumpulkan dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Bisnis makanan

loader
Bisnis makanan

Bisnis makanan adalah bisnis yang tak akan pernah ada matinya. Siapa pun butuh makanan, tapi makanan yang dijual disini bukanlah makanan berat melainkan makanan ringan.

Makanan ringan dijamin laku keras di kalangan pekerja kantor. Di kala pekerjaan menumpuk, misalnya, maka yang dicari pertama kali adalah snack sebagai camilan. 

Sebaiknya tentukan tugas masing-masing, mulai dari siapa yang akan mencari pemasok, berbelanja, dan memasak. Jangan lupa bawa tester produk terlebih dahulu sebelum menjualnya. Jika mereka pada suka, Anda bisa langsung berjualan keesokan harinya.

2. Bisnis seputar hobi

Pada punya hobi, ‘kan? Jika hobinya seputar fotografi, Anda dan teman sekantor bisa coba menjadi fotografer. Satu bertugas untuk memotret, sedangkan satunya sebagai objek.

Buatkan portofolio hasil fotografi yang bisa dilihat orang lain. Jika mereka menyukai hasilnya, pasti akan ada tawaran untuk memotret. Entah itu foro pra wedding, acara ulang tahun, atau pregnancy.

Jika beruntung, bisa ada tawaran endorsement juga, lho! Lumayan uangnya bisa untuk tambah-tambah penghasilan bulanan. 

3. Menjadi youtuber

loader
Menjadi Youtuber

Jika Anda suka berbicara di depan kamera dan kebetulan ketemu teman kantor yang suka melakukan hal yang sama, kenapa tidak coba menjadi youtuber saja? Disini kalian bisa buat channel bersama untuk dibagikan kepada penonton.

Isi channel bisa beragam, bisa seputar kecantikan, lifestylei, fashion, atau tips-tips seputar dunia kerja. Apapun bisa dijadikan topik untuk channel Youtube, yang pasti isi kontennya harus berbobot.

Perhatikan angle pengambilan video, pencahayaan, dan cara penyampaian informasi. Pilih juga kata-kata yang umum, yang lebih mudah dicerna agar penonton benar-benar mendapat ilmu setelah menonton video kalian.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber

4. Menjadi penasehat keuangan

Jika Anda kebetulan bekerja di bagian keuangan atau punya pemahaman yang baik tentang keuangan, bisa coba bisnis ini bersama teman sekantor. Pastinya sangat menyenangkan karena disini Anda akan berbagai banyak tips seputar keuangan.

Mulai dari tips menabung, berinvestasi yang benar, dan tips mengelola keuangan untuk penghasilan pas-pasan. Ada banyak topik keuangan yang menarik untuk dibicarakan.

Anda maupun teman sekantor bisa buatkan satu akun sosial media khusus untuk membagikan tips-tips keuangan ini. Kelola akun dengan baik dan coba lebih disiplin membuat konten. Jika pengikut akunnya sudah banyak, pasti ada tawaran endorse.

5. Online shop

loader
Online Shope

Bisnis online menjadi salah satu bisnis favorit anak muda zaman sekarang. Bagaimana tidak, bisnis ini cukup fleksibel. Kapan dan dimana saja bisa dilakukan, bahkan di sela-sela jam istirahat kerja Anda bisa memonitori orderan.

Jika Anda tidak sanggup mengelola bisnis sendirian, maka ajaklah teman sekantor untuk bergabung. Buatkan pembagian tugas masing-masing. Mulai dari siapa yang mencatat stok barang, menghubungi pemasok, melayani pembeli, dan mengelola akun online shop.

Sesekali Anda bisa tawarkan produknya kepada rekan kantor, keluarga, atau teman-teman sekolah dulu. Lalu, mintalah bantuan mereka untuk mempromosikan bisnis online agar jangkauan pasarnya semakin luas. 

6. Waralaba

Jika Anda menginginkan bisnis yang simpel, tapi efektif, maka bisnis waralaba patut dilirik. Tidak ada yang namanya belanja bahan, menghubungi pemasok, hingga membeli peralatan untuk keperluan bisnis karena semuanya sudah disediakan oleh pemilik bisnis. Jadi, disini Anda cuma memakai nama brand-nya saja.

Sayangnya, modal untuk membuka bisnis waralaba cukup mahal. Tapi dengan mengajak teman sekantor, setidaknya akan meringankan beban finansial Anda.

Diskusikan bisnis waralaba apa yang ingin dijalankan. Jika melihat trend gaya hidup anak muda zaman sekarang, maka waralaba coffee shop menarik dicoba. 

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

7. Personal shopper

loader
Personal Shopper

Pernah dengar bisnis jasa titip (jastip) barang? Nah, nama lain bisnis ini adalah personal shopper. Tugas Anda disini adalah mencari barang yang konsumen butuhkan atau titip.

Mengingat bisnis jastip menguras waktu, akan lebih efektif jika bisnis ini dikelola bersama seorang teman sekantor. Jadi, beban tugasnya tidak ditanggung seorang diri.

Nanti ada yang bertugas mencatat orderan masuk, menghubungi pemasok, dan pick up barang. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Anda harus belanja ke luar negeri apabila barang yang konsumen minta tidak ada di Indonesia. Lumayan kan berbisnis sambil jalan-jalan?

Pilihlah Partner Bisnis yang Tepat

Mengingat bisnis erat kaitannya dengan uang, sebaiknya pilih partner bisnis yang tepat. Dalam arti jujur, pekerja keras, dan bisa bekerja secara profesional sehingga bisnis berjalan lancar. Jangan lupa komunikasikan segala sesuatunya secara empat mata, baik dalam menyelesaikan masalah maupun mengambil keputusan.

Baca Juga: Kiat Sukses Bangun Bisnis Bareng Sahabat, Dijamin Langgeng Terus