7 Ide Souvenir Pernikahan yang Unik dan Murah

Bagi pasangan yang ingin menikah, menyiapkan dekorasi ruang pesta, baju pengantin, dan katering saja tidak cukup. Mereka juga harus memikirkan souvenir pernikahan seperti apa yang akan diberikan kepada tamu sebagai bentuk ucapan terima kasih sekaligus kenang-kenangan. Memilih souvenir pun bukan hal yang mudah, mengingat pemberian souvenir menghabiskan budget yang lumayan.

Tapi, hal seperti ini tidak perlu terlalu dipusingkan karena banyak souvenir yang bisa dijadikan referensi. Berikut beberapa ide souvenir yang unik, tapi pas di kantong:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gantungan kunci

gantungan kunci

Souvenir berupa gantungan kunci sering kamu temukan saat menghadiri acara pernikahan teman atau kerabat. Lantas, kenapa tak menjadikan barang yang satu ini sebagai salah satu souvenir di acara pernikahanmu nanti?

Budget untuk membuat gantungan kunci masih sangat terjangkau karena per bijinya masih ada yang dibanderol dengan harga Rp 2.000. Kalau kamu ingin gantungan kunci yang lebih bagus, cukup menaikkan budget menjadi Rp 5.000 per biji. 

Tugasmu sekarang adalah mencari si penjual gantungan kunci tersebut. Cari yang kira-kira menjual gantungan kunci dengan bentuk paling unik, atau menerima pesanan custom. Dengan demikian, souvenir di acara pernikahan lebih berkesan di mata tamu.

2. Dompet uang koin

dompet koin

Melihat fenomena banyaknya uang koin yang terbuang di jalan, kamu bisa tuh menghadiahi tamu undangan dengan sebuah dompet kecil untuk menyimpan uang koin. Dengan demikian, mereka tak punya alasan lagi untuk membuang-buang uang koin di tengah jalan. 

Untuk harga dompetnya sendiri cukup murah. Per bijinya dibanderol seharga Rp2.000 - Rp3.000 saja. Bila tamu yang diundang sebanyak 300 orang, maka kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar 1 juta saja untuk souvenir pernikahan. Sangat ekonomis, bukan?

Baca Juga: Souvenir Pernikahan yang Unik dan Menarik ini Bisa Jadi Inspirasi

3. Mug

mug

Punya budget lebih untuk souvenir pernikahan? Mug menjadi salah satu yang bisa dijadikan pertimbangan. Selain unik, mug juga mempunyai nilai guna yang tinggi karena bisa dipakai untuk menemani aktivitas sehari-hari. Mug yang diberikan sebaiknya terbuat dari kaca. Selain lebih kokoh, mug kaca juga lebih terkesan mewah. 

Tapi sayang, mug kaca lebih mudah pecah. Kalau Sebagai gantinya, kamu bisa memilih mug yang terbuat dari melamin. Selain tidak mudah pecat, mug melamin juga awet. Budget per mug kurang lebih sekitar Rp 15.000 per biji. Apabila tamu undanganmu ada 300 orang, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp 5 juta untuk memberikan souvenir yang satu ini.

4. Lilin aromaterapi

lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi menjadi souvenir pernikahan yang cukup unik dan pastinya jarang terpikirkan oleh orang-orang. Kamu bisa banget menjadikan ini sebagai souvenir di acara paling membahagiakan nanti. Bila dibandingkan dengan mug, maka budget untuk lilin aromaterapi dipastikan lebih mahal. Sebab harga termurah untuk satu buah lilin saja Rp 25.000.

Apabila jumlah tamu undangannya sedikit, maka suvenir berupa lilin aromaterapi ini akan sangat pas. Dari segi budget pun tentunya masih cukup terjangkau untuk kamu dan pasangan tanggung. 

5. Notebook

notebook

Unik, murah, dan multifungsi, itu lah tiga kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan souvenir yang satu ini. Mencari sebuah notebook juga tidak terlalu sulit karena sekarang notebook bisa dibeli di mana saja, baik di toko alat tulis, di supermarket, maupun di warung-warung kecil.

Harga per notebook juga cukup beragam. Ada yang Rp2.000, Rp3.500, Rp5.000, dan seterusnya. Kamu bisa langsung menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki, sehingga kamu tak perlu pusing dan ribet lagi memikirkan urusan untuk souvenir pernikahan.

Baca Juga: Cari Souvenir Pernikahan Unik dan Ekonomis? Pilih Ini Saja

6. Tempat pensil dari kayu

tempat pensil kayu

Terdapat beberapa jenis dan bahan tempat pensil, tetapi tempat pensil yang terbuat dari kayu menjadi souvenir paling pas di acara pernikahanmu. Bentuknya yang kokoh dan tingkat keawetannya yang tinggi menjadi alasan kenapa memilih tempat pensil kayu ini.

Dari segi harga, tempat pensil kayu memang lebih mahal dibandingkan yang terbuat dari kain atau plastik. Perbedaan harganya pun bisa mencapai Rp5.000 per buah. Tapi kalau kamu tidak keberatan dan punya memang budget, tidak ada salahnya untuk memberikan item ini kepada para tamu.

7. Gantungan dinding

gantungan dinding

Dan ide suvenir pernikahan yang terakhir adalah gantungan dinding, yang tentunya bisa dipajang di rumah ruang tamu atau kamar sebagai hiasan. Untuk model gantungan dindingnya sendiri cukup beragam, ada yang berbentuk persegi, lingkaran, segitiga, bahkan dibuat mirip seperti bentuk rumah.  

Untuk menambah keindahan gantungan kunci, kamu bisa menambahkan ukiran namamu dan pasangan di dalamnya. Sedangkan untuk satu gantungan dinding biasanya dibanderol seharga Rp5.000 - Rp7.000 per buah. Bila jumlah tamu undangannya 300-400 orang, itu artinya budget yang kamu perlukan berkisar Rp1,5 - 2,8 juta saja.

Sesuaikan Souvenir dengan Seleramu dan Pasangan

Mengingat souvenir di acara pernikahan sangat beragam, pilih lah satu jenis souvenir yang sesuai dengan seleramu dan pasangan. Usahakan agar jenis souvenirnya seragam untuk menghindari adanya persepsi tamu yang spesial dan tidak spesial. Semoga artikelnya membantu, ya!

Baca Juga: Ini Tempat Beli Souvenir Pernikahan Murah Di Jakarta