7 Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Argan Oil merupakan minyak yang didapat dari buah pada pohon argan, biasanya banyak terdapat di negara Maroko. Untuk kamu yang sangat memperhatikan kesehatan maupun kecantikan pasti tahu dengan minyak yang satu ini. Karena argan oil banyak digunakan di beberapa produk kecantikan maupun kesehatan.

Salah satu kandungan yang ada di argan oil yaitu vitamin E. Vitamin E sendiri memiliki khasiat dalam kesehatan kulit, selain itu masih banyak lagi kandungan argan oil yang bermanfaat lainnya. Berikut ini tujuh manfaat lain dari argan oil, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan tubuh.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mengurangi Sebum pada Wajah Serta Menghilangkan Jerawat

loader
Jerawat pada wajah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari argan oil adalah berkurangnya sebum wajah dan dapat menghilangkan jerawat. Hal ini dikonfirmasi pada sebuah studi yang mengatakan bahwa menggunakan argan oil memiliki pengaruh yang baik. Yakni seperti yang telah disebutkan diatas, dengan pemakaian yang rutin selama satu bulan.

Jadikanlah argan oil ini sebagai alat membantu membersihkan wajah, selama satu bulan penuh. Tuangkan ke kapas, kemudian usapkan kapas ke wajah, dan bilaslah menggunakan sabun cuci muka. Perubahan signifikan yakni berkurangnya minyak dan hilangnya jerawat akan tampak dalam satu bulan.

2. Mengurangi Keriput dan Melembabkan Wajah

Selain bisa mengurangi minyak dan menghempas jerawat, argan oil pun dapat mengurangi keriput serta melembabkan wajah, lho. Hal ini dikarenakan argan oil mampu menghambat timbulnya penuaan usia. Karena seiring dengan bertambahnya usia, perlahan kulit juga akan kehilangan kolagen serta elastisitasnya.

Selain mengurangi keriput dengan menghambat timbulnya tanda penuaan, argan oil juga bisa melembabkan wajah. Karena argan oil dibekali dengan vitamin E yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, fungsi vitamin E pada skin barrier yakni membantu mengencangkan, sehingga kulit tampak lebih sehat.

Baca Juga: Berbagai Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

3. Mengatasi Masalah Kulit Kepala yang Kering dan Menghilangkan Ketombe

Apakah kamu sedang memiliki masalah pada kulit kepala yang kering atau masalah ketombe yang cukup meresahkan? Jika iya, tenang saja karena argan oil juga bisa membantu mengatasi dua masalah ini. Dengan pemakaian yang rutin, maka masalah-masalah tersebut akan perlahan hilang dengan sendirinya.

Cara pengaplikasiaannya adalah adalah dengan memberi beberapa tetes argan oil pada kulit kepala. Lakukanlah sebelum tidur, pijat selama beberapa saat supaya sirkulasi darah menjadi lancar. Pergi tidur dan diamkan selama semalam, bilas pada pagi harinya.

4. Jadikan Sebagai Masker Rambut

loader
Jadikan sebagai masker rambut via healthline.com

Selain berkhasiat untuk masalah rambut diatas, argan oil masih memiliki manfaat lain. Kamu bisa menggunakan argan oil sebagai pengganti masker rambut agar lebih efisien. Seperti yang kita ketahui bahwa masker rambut sangat berguna bagi kesehatan dan keindahan rambut.

Cara penggunaan argan oil sebagai masker rambut tergolong cukup mudah. Pertama, pastikan rambutmu telah dibersihkan, kemudian berikan argan oil dan diamkan selama kurun waktu 20 menit. Jika sudah selesai, bilaslah dengan air bersih, dan lihat perbedaan rambut menjadi lebih bersinar dan lembut.

Baca Juga: Manfaatkan Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat selanjutnya ketika mengonsumsi argan oil yakni bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Banyak orang dan ahli yang percaya bahwa argan oil dapat menghambat penyerapan kolesterol yang jahat. Selain bisa untuk kecantikan, argan oil juga bisa menjaga kesehatan, bukan?

Gunakanlah argan oil sebagai pengganti minyak goreng dalam memasak makanan. Jangan lupa untuk mengkonsumsi juga suplemen yang ada kandungan argan oil didalamnya. Hidup sehat dengan argan oil akan membuat kadar kolesterol terhempas dari tubuh.

6. Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat keenam yang terdapat didalam argan oil yaitu bisa membantu menghambat tumbuhnya sel kanker. Beberapa sumber mengatakan bahwa, kandungan polifenol yang ada di dalam argan oil sangat berkhasiat. Terutama untuk menghambat tumbuhnya suatu sel kanker tertentu.

Sel kanker yang dapat dibunuh oleh argan oil yaitu sel kanker prostat. Sedangkan untuk penyakit usus besar dan kanker payudara, bisa memilih mengkonsumsi argan oil dan vitamin E. 

7. Melindungi dari Bahaya Paparan Sinar Matahari

loader
Melindungi dari bahayanya paparan sinar matahari

Manfaat terakhir dari argan oil yaitu bisa melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari. Karena argan oil memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Tak hanya itu, penggunaan jangka panjang argan oil, bisa mencegah kanker kulit, kerusakan kulit, bahkan melanoma.

Konsumsi Argan Oil dengan Rutin

Argan oil memiliki banyak sekali kandungan baik, seperti asam oleat, asam lemak, polifenol, asam linoleate, vitamin E, serta antioksidan. Semua  kandungan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan wajah. Penggunaannya  bisa dengan diaplikasikan langsung ataupun dengan dikonsumsi.

Baca Juga: Selain untuk Memasak, Inilah 8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit