Rekomendasi Rumah Sakit Ibu dan Anak di Jakarta

Selain rumah sakit umum, rumah sakit ibu dan anak atau RSIA kerap menjadi pilihan para orang tua saat anaknya menderita masalah kesehatan. 

Tidak hanya itu, rumah sakit khusus ibu dan anak juga selalu bisa menjadi pilihan rujukan bagi calon ibu yang berencana mengikuti program kehamilan maupun ingin melakukan persalinan. Para orang tua dapat dengan tepat memilih keahlian dokter spesialis guna menangani proses persalinan dan kehamilan secara optimal. 

Tentunya, pilihan RS ibu dan anak pun cukup beragam dengan kualitas dan kelengkapan fasilitasnya masing-masing. Di Jakarta sendiri, ada banyak RSIA yang bisa dipilih tergantung dari lokasi dan kemudahan aksesnya dari tempat tinggal kamu. Mulai dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan, inilah rekomendasi rumah sakit ibu dan anak di Jakarta.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit Pemerintah di Jakarta, Ini Alamat dan Nomor Teleponnya

Daftar Rumah Sakit Ibu dan Anak di Jakarta

  1. RSIA Tambak

    loader

    Sumber: www.top-rated.online

    RSIA Tambak adalah rumah sakit ibu dan anak di Jakarta yang telah didirikan pada tahun 2003 dan sudah mendapatkan akreditasi dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan. Rumah sakit ini dikhususkan untuk melayani perawatan dan pengobatan bagi ibu, anak, dan wanita. 

    RSIA Tambak menerapkan program Inisiasi Menyusui Dini atau IMD. Program IMD tersebut secara umum mendorong ibu untuk segera menyusukan bayinya setelah melakukan persalinan. Dengan begitu, hubungan kasih sayang antara ibu dan anak bisa langsung terjalin semenjak masa persalinan. 

    Tidak hanya itu, RSIA Tambak juga mempunyai klinik laktasi, klinik hypnobirthing, serta klinik psikologi. Dengan begitu, ibu bisa menjamin kelancaran program IMD dan proses persalinan di rumah sakit ini. 

    Alamat: Jalan Tambak Nomor 18, Jakarta Pusat.

    Telepon: 021 2303444 atau 0878 80676072 untuk bagian Front Office.

    WhatsApp: 0857 14427874.

    Email: we_care@rsiatambak.com.

  2. RSIA Bunda Jakarta

    loader

    Sumber: www.momsindonesia.com

    Berawal sebagai klinik praktik pribadi milik Dr. Rizal Sini, RSIA Bunda adalah rumah sakit yang tergabung ke dalam grup RS Bunda. Rumah sakit ini mempunyai beragam poliklinik yang melayani berbagai kebutuhan ibu serta anak. Beberapa di antaranya adalah klinik kandungan dan kebidanan, anak, tumbuh kembang, alergi anak, dan juga umum.

    RSIA Bunda juga mempunyai poliklinik untuk menangani penyakit dalam serta laktasi. Tidak hanya itu, terkait program kesehatan yang disediakan, masyarakat bisa mengikuti program maternity class, juga 1 day care. 

    Alamat: Jalan Teuku Cik Ditiro Nomor 21, Jakarta Pusat.

    Telepon: 1500799.

    Email: bundamedik@bunda.co.id.

  3. Rumah Sakit YPK Mandiri

    loader

    Sumber: www.avitaliahealth.com

    Didirikan di tahun 1960, rumah sakit ini mulanya merupakan RS Bersalin dan kemudian bertransformasi sebagai Pusat Layanan Medis Ibu dan Anak atau RSIA. Kini, RS YPK Mandiri juga sudah menyesuaikan dengan tuntutan dari aturan layanan kesehatan dan menjadi RS umum. 

    Beberapa layanan dan fasilitas unggulan yang dimiliki oleh rumah sakit ini adalah Pusat Layanan Obstetrik, Anak, dan Ginekologi, termasuk infertilitas dan juga endokrinologi. Selain itu, RS YPK Mandiri juga menyediakan layanan tumbuh kembang dan saraf anak, serta poliklinik Kebidanan, Psikologi, Andrologi, THT, Laktasi, Kulit & Kelamin, Anak, dan Penyakit Dalam & Bedah. 

    Alamat: Jalan Gereja Theresia Nomor 22, Jakarta Pusat.

    Telepon: 021 3909725.

  4. Primaya Evasari

    loader

    Sumber: www.trackpacking.com

    Primaya Evasari Hospital memiliki layanan khusus untuk kesehatan ibu juga anak, misalnya, layanan USG 3D atau 4D, pemeriksaan jantung atau elektrokardiogram, dan juga inseminasi. 

    Rumah sakit ini juga menawarkan beragam fasilitas penunjang, misalnya, ruang ICU, PICU, dan NICU. Untuk pelayanan rawat inap, rumah sakit ibu dan anak di Jakarta ini juga mempunyai ruangan perawatan bersalin dan ruangan perawatan anak yang dilengkapi dengan fasilitas untuk menunjang kenyamanan keluarga. 

    Alamat: Jalan Rawamangun Nomor 47, Jakarta Pusat. 

    Telepon: 021 4201515.

  5. RSIA Kemang

    loader

    Sumber: kumparan.com

    RSIA Kemang atau Kemang Medical Care adalah rumah sakit yang menawarkan layanan medis berkualitas dengan dedikasi secara eksklusif pada ibu dan anak. Layanan pada rumah sakit ini disajikan sepaket bersama tenaga medis yang profesional, ramah, juga bersahabat. 

    Pengembangan layanan RSIA Kemang didasarkan pada prinsip terkait keamanan pasien, dan mengacu pada Depkes RI, pedoman WHO, dan kebijakan serta profesionalitas dari rumah sakit ternama di dunia. Beberapa layanan yang tersedia di RSIA Kemang adalah klinik Kebidanan dan Kandungan, Kesehatan dan Gizi, Jantung, THT, Psikiatri, Fertilitas, dan tumbuh kembang anak. 

    Alamat: Jalan Ampera Raya Nomor 34, Jakarta Selatan.

    Telepon: 021 27545454.

  6. RSIA Asih

    loader

    Sumber: rsiaasih.co.id

    RSIA Asih menawarkan layanan poliklinik, seperti klinik Kandungan dan Kebidanan, klinik gizi, klinik anak, klinik Parents Education, klinik fertilitas, dan klinik fetomaternal. Rumah sakit khusus ibu dan anak ini juga menawarkan ruang NICU yang ditunjang oleh tenaga medis kompeten dan profesional, mulai dari dokter dan juga perawatnya. 

    Alamat: Jl. Panglima Polim 1 Nomor 34, Jakarta Selatan. 

    Telepon: 021 2700610

  7. RS Brawijaya

    loader

    Sumber: brawijayahospital.com

    Rekomendasi RSIA di Jakarta lainnya adalah RS Brawijaya. RSIA ini menyediakan pelayanan paripurna terlengkap pada kesehatan kandungan, kesehatan wanita, kebidanan, dan juga perawatan pada anak. RSIA Brawijaya memiliki fokus terhadap kualitas dan juga keselamatan pasien via manajemen yang modern serta independen. 

    Sejumlah layanan kesehatan dari RSIA ini, antara lain, kesehatan anak dan wanita, neurologi, psikiatri dan psikologi, kardiologi, bedah, kecantikan, sampai fisiologi. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap dan mumpuni, mulai dari ICU, PICU, dan NICU, ruang menyusui, farmasi, laboratorium, kafe, serta toko perlengkapan bayi. 

    Alamat: Jalan Taman Brawijaya Nomor 1, Jakarta Selatan.

    Telepon: 021 7211337.

  8. RSAB Harapan Kita

    loader

    Sumber: garnesia.com

    Berlanjut ke Jakarta Barat, ada RSAB Harapan Kita yang menawarkan layanan kesehatan bagi perempuan, anak, dan perinatal dengan reputasi dan kualitas terjamin. Layanan utama dari RSAB Harapan Kita adalah BIDIC dan Klinik Bayi Tabung Melati. 

    Rumah sakit ini merupakan salah satu pelopor dari program medis bayi tabung yang ada di Indonesia dan pertama kali dilangsungkan di tahun 1987. Program tersebut berhasil melahirkan bayi melalui proses tabung yang pertama di Indonesia setahun berselang, dan menjadi cikal bakal munculnya banyak kelahiran dari bayi tabung lainnya di Indonesia. 

    Di sisi lain, BIDIC merupakan pusat pelayanan kelainan dari lahir yang dijalankan dengan layanan serta fasilitas terintegrasi dan komprehensif. 

    Alamat: Jalan Letjen S. Parman, Kavling 87, Jakarta Barat.

    Telepon: 021 39731255.

    Email: info@rsabhk.co.id.

  9. RSIA SamMarie Basra

    loader

    Sumber: mapio.net

    Selain itu, ada pula RSIA SamMarie Basra yang menawarkan fasilitas klinik persalinan dan kehamilan, klinik umum, klinik perawatan kulit, dan kesehatan gigi. 

    Layanan unggulan yang dimiliki oleh rumah sakit ini meliputi fertilitas, imunisasi leukosit pada suami, dan juga program memilih jenis kelamin pada bayi. Untuk informasi lebih lanjut dan keterangan mengenai layanan yang tersedia, masyarakat bisa menghubungi rumah sakit ini di:

    Alamat: Jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 31, Jakarta Timur.

    Telepon: 021 86613145.

  10. Rumah Sakit Hermina Jatinegara

    loader

    Sumber: www.avitaliahealth.com

    Hermina Group adalah suatu kelompok usaha yang menyelenggarakan rumah sakit dan mengkhususkan dirinya pada bidang layanan spesialistik kebidanan. Tidak hanya itu, rumah sakit khusus ibu dan anak ini juga menyediakan layanan penyakit kandungan serta kesehatan anak yang ditunjang dengan fasilitas dan unit layanan spesialistik lain. 

    Dalam menjalankan perannya, Hermina menawarkan layanan kesehatan bagi perempuan dan anak via layanan yang profesional dan optimal kepada pasien, keluarga, maupun dokter provider. Layanan unggulan dari Rumah Sakit Hermina antara lain, fetomaternal, perina, klinik tumbuh kembang, ICU, dan gigi spesialistik. 

    Alamat: Jalan Raya Jatinegara Barat Nomor 126, Jakarta Timur. 

    Telepon: 021 8191223.

  11. RSIA Grand Family

    loader

    Sumber: familyhospitals.com

    Rekomendasi rumah sakit ibu dan anak di Jakarta yang terakhir adalah RSIA Grand Family. Berpengalaman selama 10 tahun lebih, RS ini kerap dijadikan pilihan utama dalam penyedia layanan medis bagi ibu dan juga anak di Jakarta Utara maupun sekitarnya. 

    RSIA ini menyediakan pelayanan medis terintegrasi bagi ibu dan anak, termasuk layanan kandungan dan kebidanan, kesehatan anak, sampai pelayanan sub spesialis. Produk unggulan yang ditawarkan oleh rumah sakit tersebut meliputi ABVS, USG 4 dimensi, klinik fertilitas, Dermaglam, serta layanan bayi tabung. 

    Alamat: Elang Laut Boulevard, Jalan Pantai Indah Selatan 1 Nomor 1, Jakarta Utara.

    Telepon: 021 29673777 dan 29673737.

    Email: crm.gf@familyhospitals.com.

Baca Juga: Biar Gak Bingung, Ini Persiapan Ibu Hamil di Trimester Satu, Dua, dan Tiga

Jangan Sampai Salah Tentukan Pilihan RSIA

Itulah daftar rekomendasi RSIA di Jakarta yang bisa orang tua pilih untuk mendapatkan layanan kesehatan atau sekadar berkonsultasi seputar kandungan maupun kesehatan anak. Yang utama, pastikan untuk memberikan fasilitas kesehatan yang terbaik terhadap proses kehamilan, persalinan, atau pengobatan anak guna meminimalkan risiko terjadinya hal tak diinginkan. Berulah dengan begitu proses kehamilan, persalinan, maupun pengobatan anak juga pasti akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Daftar Rumah Sakit Jantung di Indonesia, Mana yang Paling Direkomendasikan?