7 Orang Tersohor ini Dulunya adalah Seorang Buruh

Bertepatan hari ini tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau MayDay. Hari Buruh Internasional ada semenjak tahun 1886 oleh Federation of Organized Trades and Labor Unions sebagai peringatan momen bersejarah untuk para buruh dalam memperjuangkan hak-haknya.

Pada hari ini juga, seluruh orang yang ada dalam kelas pekerja diseluruh dunia merayakannya dengan berbagai cara. Di Indonesia, hari buruh dirayakan dengan suara para pekerja yang berpartisipasi dalam aksi demo buruh mereka menuntut hak dan kesejahteraan yang layak.

Anda bisa memanfaatkan hari libur buruh ini untuk beristirahat dan mencari inspirasi. Tidak perlu malu ketika Anda di katakan berstatus sebagai buruh atau kelas pekerja. Apapun pekerjaan Anda saat ini bukan berarti itu adalah penentu masa depan kelak, anggap saja sebagai langkah awal menuju kesuksesan.

Tengok saja beberapa nama inspirator berikut ini, mereka mengawali perjalanan sukses dari menjadi seorang pekerja pada awal karir hingga akhirnya sukses di bidangnya, bahkan namanya kini menjadi tersohor. Yuk, kenali siapa saja mereka!

Baca Juga : 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

1. Agus Pramono (Office Boy)

agus pramono
Agus Pramono via klimg.com

Siapa yang tidak kenal dengan Ayam Bakar Mas Mono? Bagi Anda yang seorang pecinta kuliner pasti tidak asing lagi dengan nama tersebut. Agus Pramono bisa dikatakan sebagai pengusaha makanan tersukses saat ini di Indonesia.

Menjadi office boy dan sales adalah pekerjaan yang pernah digelutinya terlebih dahulu sebelum akhirnya dia memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai bisnis ayam bakarnya. Dari gajinya sebagai office boy dan sales dia tabungkan sedikit demi sedikit agar bisa memiliki modal sebagai pedagang gorengan dari SD ke SD.

Merasa dengan menjadi pedagang gorengan tidak memberikan tambahan terhadap penghasilannya, dia akhirnya memutuskan beralih menjadi pedagang ayam bakar. Dengan hanya bermodal Rp500.000 dan sebuah gerobak, secara perlahan Agus mulai meningkatkan jumlah penjualannya. Yang tadinya hanya menjual 5 ekor ayam/ hari menjadi 10 ekor, 80 ekor dan terus berkembang hingga ia memiliki lebih dari 20 cabang usaha ayam bakarnya yang tersebar di seluruh Jabodetabek.

2. Zhang Xin (Buruh Pabrik)

zhang xin
Zhang Xin via i-scmp.com

Zhang Xin saat ini disebut sebagai ratu untuk bisnis properti dan real estate karena kesuksesannya menjadi CEO sekaligus Co-Founder dari SOHO China yaitu Perusahaan pengembangan real estate komersial utama terbesar di Beijing dan Shanghai.

Prestasi nya tidak sampai disitu dia juga pernah di nobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia versi majalah Forbes pada tahun 2015. Bahkan pernah terdengar kabar bahwa kekayaan yang dimiliki oleh Zhang Xin lebih banyak dibandingkan Donald Trump yang dijuluki raja properti dan real estate.

Zhang Xin terlahir dari keluarga yang kurang berkecukupan. Sehingga untuk bisa membiayai pendidikannya, dia harus rela bekerja menjadi seorang buruh pabrik dengan shift 12 jam kerja. Karena gajinya sebagai buruh yang tidak seberapa, Zhang Xin harus ekstra sabar dalam menabung gajinya sekaligus memenuhi kebutuhannya pada saat yang sama.

Setelah sukses menabung uang yang cukup untuk melanjutkan pendidikannya, dia akhirnya hijrah ke Inggris untuk kuliah di Universitas Sussex, hidup dari uang tabungan dan beasiswa yang berhasil didapatkannya. Setelah itu dia kembali lagi berkuliah di Universitas Cambridge Amerika untuk mendapatkan gelar masternya.

Sukses menamatkan pendidikannya, Zhang Xin dan suami akhirnya mulai terjun berbisnis di dunia properti dan real estate. Dalam membangun perusahaannya dia harus rela kembali hidup dalam kekurangan demi menghemat pengeluaran perusahaannya dan sekaligus mencicil hutang perusahaannya. Sifat pantang menyerah Zhang Xin dan suaminya berbuah manis, perusahaannya SOHO China akhirnya menjadi perusahaan properti yang semakin maju dan sukses.

3. Andrie Wongso (Salesman)

andrie wongso
Andrie Wongso via ggpht.com

Memang nama Andri Wongso tidaklah terlalu dikenal, akan tetapi di dunia bisnis nama Andrie Wongso dikenal sebagai sosok yang sukses dan menginspirasi. Tidak hanya berhasil menyandang julukan sebagai pengusaha sukses, Andrie Wongso juga dikenal sebagai pembicara dan motivator ternama di Indonesia.

Sebelum sukses Andrie Wongso lahir di keluarga miskin, tidak hanya itu, Andrie mau tidak mau harus berhenti sekolah di usia 11 tahun (6 SD) karena sekolahnya ditutup, dan orang tuanya tidak memiliki dana untuk membayar uang kepindahannya. Sehingga dari kecil Andrie harus bekerja berjualan kue-kue kering dari pasar ke pasar.

Pada usia 22 tahun, Andrie bertekad ke Jakarta guna mendapatkan pekerjaan lebih baik segala pekerjaan pun dia lakukan demi keinginannya untuk mengubah nasibnya dan keluarganya menjadi lebih baik. Dia pun rela bekerja sebagai salesman produk sabun sampai menjadi pelayan toko.

Karena hobinya yang senang menulis kata-kata mutiara memberikannya ide untuk membuka usaha. Bersama dengan istrinya dia memulai bisnis menjual kartu ucapan dengan merek HARVEST. Tidak sampai disitu dia juga merambah ke bisnis baru di bidang holograf, mainan, bahkan mengelola beberapa foodcourt.

Kesuksesannya mengantarkan dia sebagai sosok yang sangat menginspirasi, tidak mau orang-orang yang bernasib sama sepertinya ketika susah menjadi mudah menyerah. Andrie pun membangun AW motivation training dimana dia juga menjadi motivator juga dan AW publishing.

4. Bill Gates (Office Boy)

bill gates
Bill Gates via shutterstock.com

Pengusaha software Bill Gates tidak hanya sukses tapi tidak pernah absen dari deretan orang-orang terkaya di dunia selama 10 tahun berturut-turut. Tidak hanya itu perusahaannya Microsoft menjadi perusahaan perangkat lunak terbesar dan tersukses di dunia.

Bill Gates lahir sebagai anak yang cerdas itu mengapa dia bisa masuk sebagai mahasiswa di universitas bergengsi Harvard Amerika tanpa kesulitan. Di Harvard Bill bertemu dengan Paul Allen rekannya yang juga mendalami ilmu komputer sepertinya, dan bersama-sama membangun Microsoft Corporation saat itu. Namun Bill memutuskan untuk keluar (drop out) dari kampusnya agar bisa lebih banyak memiliki waktu untuk perusahaannya.

Namun tidak semudah itu untuk bisa menjalani perusahaannya tanpa modal yang cukup. Bill Gates mau tidak mau harus bekerja sebagai office boy kongres di Washington State Capital. Dimana gajinya saat itu harus dia gunakan untuk memenuhi kebutuhannya sekaligus ditabung untuk bisa mendanai perusahaannya.

Bekerja sambil mengurus perusahaannya menjadi tidak sia-sia karena hasil diberikan berbuah manis. Microsoft milik Bill Gates akhirnya sukses, dan berhasil menyebarkan produknya hampir seluruh dunia. Meski telah berlimpah kekayaan Bill Gates tetap memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dia terus menyumbangkan sebagian kekayaannya kepada yayasan-yayasan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga : 8 Orang Wanita Inspiratif di Dunia

5. Jackie Chan (Buruh Bangunan)

jackie chan
Jackie Chan via shutterstock.com

Jackie Chan adalah aktor kenamaan Asia yang memiliki prestasi gemilang di dunia akting. Tidak hanya di Asia, nama Jackie Chan juga banyak di puja di hampir seluruh dunia. Aktor yang jago bela diri ini telah banyak meraih penghargaan akting bergengsi baik dari skala asia ataupun skala global.

Namun sebelum sesukses sekarang, Jackie Chan dulu hidup serba kekurangan. Dia telah mencoba berbagai pekerjaan seperti sebagai pelayan restoran dan buruh konstruksi. Semua itu dia lakukan agar dia bisa menghidupi dirinya selagi dia mengejar cita-citanya sebagai seorang aktor.

Setelah berhasil mendapatkan kesempatan untuk bermain film pertamanya, Jackie Chan terus populer namanya hingga sampai saat ini dia tidak hanya menjadi aktor sukses yang telah bermain di lebih dari 50 film, dia juga menjadi produser dan sutradara di banyak film yang dia mainkan sehingga akhirnya Jackie Chan telah menjadi sosok yang menginspirasi semua orang.

6. Tukul Arwana (Supir)

tukul arwana
Tukul Arwana via klimg.com

Presenter sekaligus pelawak favorit Indonesia ini telah banyak meraih prestasi di bidang pertelevisian. Banyak acara yang di pandu oleh Tukul mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat, meraih rating yang tinggi, bahkan penghargaan bergengsi.

Namun sebelum bisa menjadi terkenal seperti saat ini, Tukul Arwana juga mengalami kehidupan yang sulit. Dimana dia susah sekali hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari karena tidak punya uang.

Pelawak yang bernama asli Tukul Riyanto ini harus bekerja serabutan untuk mendapatkan uang. Tukul pernah berprofesi sebagai supir angkot, ke supir truk sampai menjadi supir pribadi sebelum akhirnya memutuskan hijrah ke Jakarta untuk mendalami dunia seni lawak.

Menjadi pelawak memang sudah menjadi cita-cita Tukul sejak lama. Dengan tekad yang kuat untuk menjadi pelawak, setelah hijrah ke Jakarta dia akhirnya melamar kerja di Radio Humor SK bersama dengan para pelawak lainnya. Sampai akhirnya namanya melejit karena diajak untuk ikut produksi Lenong Rumpi yang saat itu menjadi acara komedi favorit masyarakat Indonesia hingga terus sukses berkarir dan masuk jajaran pelawak terpopuler di Indonesia.

7. Madonna (Pelayan Restoran)

madonna
Madonna via shutterstock.com

Masih dari dunia Entertainment, penyanyi terkenal Madonna selain sukses menorehkan sejarah di dunia tarik suara sebagai salah satu penyanyi wanita paling sukses di dunia ini lagunya tidak pernah absen menempati posisi tinggi di tangga-tangga lagu internasional. Tidak hanya selalu sukses menjual albumnya, Madonna juga selalu sukses menggelar konsernya di negara manapun, konsernya selalu dihadiri oleh ratusan ribu penggemarnya mulai dari yang remaja sampai dewasa.

Madonna yang memang memiliki bakat seni dari kecil sudah sering mengikut acara perlombaan menari sejak masih duduk di bangku sekolah. Demi mengejar impiannya sebagai penari, Madonna nekat berhenti dari kuliahnya dan pindah ke kota New York dengan hanya bermodal US$35. Karena tidak cukup membayar sewa apartemen dan kebutuhan sehari-harinya, Madonna yang saat itu sudah ikut sanggar tari itu pun harus bekerja sebagai pelayan di salah satu makanan cepat saji.

Bekerja dan menari dilakukannya beriringan hingga akhirnya kerja kerasnya terbayar dia berhasil menjadi salah satu penari latar di konser salah satu penyanyi era 70-an. Tidak hanya itu ia juga berhasil berkenalan dengan para musisi yang akhirnya mengantarkan dia menjadi penyanyi sukses hingga saat ini.

Madonna tidak hanya bergelung di dunia tarik suara, ia pun berhasil menjadi aktris bahkan menjadi pengusaha sukses. Ia saat ini telah memiliki bisnis di dunia fashion baik di Clothing Line dan Minyak Wangi. Perusahaannya ini dinamakan Madonna's Material Girl dimana dia dan anak perempuannya Lourdes Maria juga ikut menjadi desainernya.

Sukses : Kerja Keras & Pantang Menyerah

Untuk meraih kesuksesan yang sejati, langkah awal dari proses Anda meraih kesuksesan adalah kerja keras. Hal yang paling penting, jangan mudah menyerah pada keadaan dan kesulitan yang Anda hadapi dalam meraih keinginan Anda. Sosok-sosok menginspirasi diatas bahkan rela bekerja serabutan dan harus puas dengan gaji yang tidak seberapa agar bisa semakin dekat dengan cita-cita mereka. Jadi apapun profesi Anda saat ini walaupun kurang menyukainya janganlah merasa tertekan tapi anggaplah sebagai batu loncatan menuju kesuksesan. Jadi banyak-banyaklah belajar dan perbanyak pengalaman selagi masih ada kesempatan.

Baca Juga : 7 Profil Pengusaha Muda dan Sukses di Indonesia