7 Tips Sukses Bekerja di Perusahaan Multinasional Biar Bikin Orang Tua Bangga

Siapa yang tidak ingin bekerja di perusahaan multinasional? Pasti jawabannya hampir semua pekerja mendambakannya.

Berkarier di perusahaan besar yang punya kantor cabang di mana-mana, termasuk luar negeri memberi banyak keuntungan. Baik itu jenjang karier, gaji besar, serta menaikkan gengsi karyawannya.

Meskipun berskala internasional, perusahaan multinasional tidak hanya untuk kamu yang sudah berpengalaman saja. Tetapi juga mencari talenta terbaik fresh graduate.

Memang menjanjikan, namun bekerja di perusahaan multinasional saingannya ketat. Antar provinsi, bahkan dengan negara lain.

Agar tidak kalah saing, berikut tips berkarier di perusahaan multinasional biar kamu sukses dan berkembang:

Baca Juga: 8 Prospek Kerja untuk Lulusan Ekonomi Pembangunan

Anda Bingung Cari Produk KPR Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KPR Terbaik! 

karier
Bekerja di perusahaan multinasional adalah dambaan hampir semua orang

1. Fasih Bahasa Inggris

Saat bekerja di perusahaan multinasional, kamu akan berhadapan dengan orang dari negara berbeda. Tidak hanya rekan kerja, tapi juga klien.

Untuk itu, penting membekali diri dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik agar komunikasi berjalan lancar. Bahasa Inggris merupakan bahasa universal.

Tanpa bekal tersebut, kamu bisa saja kesulitan saat harus bekerja sama dengan tim, meeting, negosiasi dengan klien, dan lainnya.

Hal ini otomatis menghambatmu untuk berkembang di perusahaan. Tak heran bila salah satu syarat melamar kerja di perusahaan multinasional adalah fasih berbahasa Inggris.

Jika belum lancar, kamu bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggris dengan ikut kursus gratis maupun berbayar, rajin menonton dan mendengar lagu barat, atau banyak berlatih bicara Bahasa Inggris.

2. Pelajari budaya masing-masing rekan kerja

Setiap negara mempunyai budaya yang berbeda. Bahkan negara yang masih berada dalam satu benua pun.

Maka penting untuk mempelajari budaya masing-masing sebelum akhirnya bekerja sama dengan mereka dalam satu tim. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan diri.

Kamu tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bekerja. Jadi perselisihan di dalam tim dapat diminimalisir. Untuk mengetahui budaya ini, kamu perlu mengamati masing-masing rekan kerja selama bekerja.

Baca Juga: 5 Prospek karir untuk kamu Lulusan Sastra Inggris

3. Menghargai perbedaan pendapat

Berbeda pendapat adalah hal yang sangat wajar dalam dunia kerja, terutama saat meeting berlangsung. Tetapi kamu tidak boleh membesar-besarkan perbedaan ini hingga menimbulkan suatu perpecahan dalam tim.

Usahakan untuk menerima segala bentuk perbedaan dan coba mencari jalan tengahnya. Jika nanti idemu ditolak dan ide rekan kerja diterima, tidak boleh sakit hati. Jalankan saja apa yang sudah diputuskan secara bersama agar hasilnya maksimal.

Toh, jika kamu menghargai ide orang lain, idemu nanti akan juga dihargai orang lain.  Kamu cuma perlu belajar berpikir lebih kritis lagi agar ide yang disampaikan di kemudian hari diperhitungkan dalam meeting.

karier
Berkarier di perusahaan multinasional kamu akan menemui rekan kerja dan klien lintas negara

4. Haus hal-hal baru

Selalu haus akan hal-hal baru merupakan salah satu bentuk etos kerja yang harus dimiliki setiap orang yang ingin bekerja di perusahaan multinasional.

Jadi, jangan pernah bangga dengan hasil yang sudah dicapai dalam beberapa bulan atau tahun terakhir. Ingat, perjalananmu bukan hanya sampai di situ saja.

Perjalanan masih panjang yang akan diimbangi dengan hadirnya ide-ide brilian dari orang lain. Jika kamu gampang berpuas diri dan berhenti belajar, yang ada kariermu malah mandek.

Luangkanlah waktu sebanyak mungkin untuk menggali potensi dalam diri. Selanjutnya bisa diaplikasikan dalam bekerja.

Baca Juga: Hal Penting yang Wajib Dipahami jika Ijazah Ditahan Perusahaan

5. Tampil dengan percaya diri

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional, buang jauh-jauh rasa malu dan gengsi yang melekat dalam dirimu. Mental seperti ini sama sekali tidak dibutuhkan karena banyak orang di luar sana yang siap antre menggantikan posisimu.

Jika kamu tidak bisa memberikan yang terbaik, perusahaan akan memecatmu kapan saja karena dianggap tidak memberikan kontribusi selama bekerja. Jadi, cobalah untuk tampil percaya diri dalam setiap kesempatan.

Rasa percaya diri akan memudahkanmu untuk tampil maksimal dalam bekerja. Jadilah salah satu orang yang diperhitungkan di perusahaan demi menunjang kesuksesan karier.

karier
Percaya diri dan selalu optimistis menjadi kunci kesuksesan bekerja di perusahaan multinasional

6. Meningkatkan kemampuan networking

Kiat sukses berikutnya ialah mengasah kemampuan networking dari waktu ke waktu. Kemampuan ini membantumu memperluas relasi dengan orang-orang di luar perusahaan, yang tentunya akan sangat berguna untuk perusahaan itu sendiri.

Dengan networking yang baik, kamu bisa mencari klien sebanyak-banyaknya. Membuat perusahaan lebih maju pesat.

Kemampuan networking dapat diasah dari orang yang sudah profesional. Bisa dari seniormu di kantor, rekan kerja, maupun klien. Asal dibarengi niat baik, maka seniormu pasti akan dengan senang hati membantu. 

7. Selalu optimis dalam berkarier

Jadilah pribadi yang optimis, selalu bersemangat dan memancarkan aura positif saat bekerja, sehingga hasil yang diperoleh juga baik.

Jangan terlalu mudah menyerah kalau kamu menghadapi masalah bertubi-tubi di kantor. Atau mengalami kegagalan dalam bekerja.

Percayalah kariermu akan cemerlang cepat atau lambat. Biarkan sang  waktu yang menjawabnya asalkan kamu selalu optimis.

Pengorbanan akan Sebanding dengan Hasil

Berkarier di perusahaan multinasional bukan suatu hal mudah. Tapi dengan tekad yang kuat, kamu bisa memperoleh hasil memuaskan. Percayalah kalau apa yang kamu korbankan hari ini akan sebanding dengan hasilnya di kemudian hari.

Baca Juga: Lowongan CPNS 2021 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya di sscasn.bkn.go.id