7 Tips Sukses Memasarkan Produk Jualan Lewat Youtube

Melakukan pemasaran merupakan salah satu kunci penting untuk bisa mendapatkan kesuksesan dalam bisnis. Ini berlaku untuk semua bisnis, terutama jika bisnis baru saja dirintis. 

Pemasaran yang tepat akan membuat bisnis lebih mudah dikenal secara luas, sehingga peluang mendapatkan angka penjualan yang tinggi juga semakin besar. Di era digital ini, memanfaatkan berbagai media pemasaran online merupakan keuntungan tersendiri.

Di antara banyak pilihan, YouTube menjadi salah satu media yang paling menjanjikan. Bagaimana tidak, platform yang satu ini memiliki jutaan penonton dari berbagai belahan dunia, sehingga promosi yang kamu lakukan tentu akan lebih maksimal. 

Namun, pastikan kamu melakukan promosi di YouTube dengan cara yang tepat sejak awal, agar target pemasaran tercapai dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah, yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk lewat YouTube.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Pilih tema yang tepat

loader
Pilih tema yang tepat

Pemilihan tema yang tepat menjadi poin penting dalam rencana pemasaran yang akan dilakukan. Selain menarik, tema ini haruslah berkaitan erat dengan produk yang akan dipasarkan. 

Jika belum memiliki gambaran atau ide terkait tema ini, maka tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada yang sudah ahli. Kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan tim, sehingga ide kreatif yang dihasilkan benar-benar sesuai untuk promosi produk tersebut.

2. Tentukan pesan video

Pesan dari iklan merupakan hal penting lainnya yang tak bisa diabaikan. Ini berkaitan dengan apa yang hendak kamu sampaikan atau harapkan dari para penonton iklan tersebut. 

Meski tidak begitu mencolok, pesan ini diharapkan dapat membuat penonton mengingat atau terkesan dengan produk yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menentukan pesan yang tepat dalam video yang dibuat nanti.

Baca Juga: Kenali 4 Level Jualan Biar Bisnis Makin Meningkat, Kamu yang Mana?

3. Tampilkan video yang unik dan menarik

Video yang biasa saja tidak akan berkesan bagi penonton. Bagaimanapun juga, kamu tentu mengerti bahwa di YouTube ada jutaan iklan yang bergantian tayang sepanjang waktu. 

Artinya, jika iklan tidak unik dan menarik, maka orang akan mengabaikannya. Berikan kesan yang mendalam dalam iklan produk jualan kamu tersebut. Tampilkanlah video yang unik dan menarik, sehingga orang mudah mendapatkan kesan positif untuk mengingat dan menyukai produkmu.

4. Ciptakan cerita yang kuat dan mudah dimengerti

loader
Ciptakan cerita yang mudah dimengerti

Kamu tidak perlu membuat cerita yang panjang dalam iklan, sebab ini justru rentan menimbulkan rasa bosan bagi penonton. Jika sudah menemukan ide cerita yang tepat, maka pastikan bahwa ide cerita tersebut cukup kuat dan bisa menarik perhatian penonton. 

Selain itu, ide cerita ini juga harus mudah dimengerti dan tidak berkesan menggurui. Misalnya, kamu bisa mendapatkan perhatian penonton dengan membuat cerita yang menyentuh dan mengingatkan mereka pada hal-hal yang penting.

5. Fokuslah pada emosi dan body language

Dalam video, kamu mungkin saja akan menggunakan aktor/ aktris yang memerankan iklan produk jualanmu. Hindari untuk menggunakan terlalu banyak dialog atau kata-kata panjang yang membosankan. 

Selain menghabiskan durasi, hal ini juga tidak efektif dan membosankan. Fokuskan pada segi emosi dan juga body language, sehingga penonton lebih mudah tersentuh dan memahami iklan kamu dengan cepat. 

Kedua hal tersebut akan lebih mudah dipahami, daripada kamu menggunakan kata-kata yang panjang dan tidak to the point.

Baca Juga: Stop Perang Harga! Begini 5 Cara Berhasil Jualan Banjir Orderan

6. Pilih bahasa yang mudah dipahami

Pemilihan bahasa juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya dalam iklan, bahkan dalam iklan berbentuk video sekalipun. Siapa yang ditargetkan dan bagaimana karakter target ini? 

Kedua pertanyaan ini tentu akan mempermudah kamu memilih bahasa yang tepat untuk iklan tersebut. Jika target market adalah anak-anak muda luar negeri, maka tentu harus menggunakan bahasa Inggris. 

Hal yang sama juga berlaku sebaliknya, jika kamu menargetkan penonton anak muda yang ada di dalam negeri.

7. Kualitas video

Kualitas video juga akan sangat menjadi perhatian dalam sebuah iklan. Ingat, ini sudah era digital, di mana orang-orang memahami dan membutuhkan berbagai tontonan yang berkualitas baik. Jika menggunakan video yang tidak jernih dan berkualitas baik, maka penonton juga tentu akan malas melihat iklan kamu.

Gunakan video yang berkualitas baik dan jernih untuk iklan produk ini. Hal ini akan mempermudah kamu menampilkan iklan dalam porsi yang layak dan profesional. Bagaimanapun juga, kepuasan penonton selalu menjadi poin yang penting, bukan?

Buat Video Iklan Terbaik Agar Penjualan Tinggi

Membuat iklan produk melalui video YouTube merupakan salah satu cara tepat untuk melakukan promosi maksimal. Lakukan hal ini dengan langkah tepat, sehingga iklan yang kamu buat layak dan bisa tampil profesional di mata penonton. Hal ini akan memudahkan kamu mendapatkan angka penjualan maksimal dari bisnismu.

Baca Juga: Go Internasional, Begini Cara Ekspor Produk Jualan di E-Commerce Biar Bisnis Maju