8 Cara Unik Agar Bisa Wisata ke Luar Negeri

Jalan-jalan ke luar negeri menjadi impian bagi banyak orang. Melihat tempat-tempat baru dengan bahasa dan budaya yang berbeda tentu menjadi pengalaman unik yang membuat wisata ke luar negeri menjadi spesial. Hanya saja, salah satu hambatan wisata ke luar negeri adalah kendala finansial.

Maklum saja, berlibur ke luar biasanya menguras kocek lebih dalam karena biaya tiket, transportasi, dan akomodasi yang umumnya lebih mahal dibanding wisata dalam negeri. Banyak orang yang menyiasatinya dengan menabung sejak jauh hari, namun hal ini juga sering kurang efektif.

Sebenarnya ada juga cara-cara yang jarang dipikirkan untuk membuat wisata ke luar negeri lebih terjangkau. Apa sajakah itu? Simak tips berikut ini:

1. Hubungi Teman di Luar Negeri

menghubungi teman diluar negeri

Hubungi Teman di Luar Negeri via amazonaws.com

 

Apabila memiliki teman yang tinggal di luar negeri, baik teman senegara atau memang orang dari negara tersebut, tidak ada salahnya untuk mengontak mereka. Anda dapat memperoleh referensi akomodasi atau tempat kuliner yang lebih terjangkau sehingga dapat menghemat anggaran.

Apalagi bila ternyata teman Anda tersebut menawarkan akomodasi, tentu ini menjadi suatu keuntungan yang luar biasa bukan? Hanya perlu diingat untuk menyesuaikan diri agar jangan sampai kedatangan kita malah mengganggu teman tersebut.

2. Pilih Negara Bebas Visa

Visa dapat menjadi salah satu pos biaya yang dapat dihindari dengan cara mengunjungi negara yang menerapkan bebas visa bagi warga Indonesia. Tak perlu khawatir kekurangan tempat wisata karena cukup banyak negara yang bebas visa, utamanya di kawasan Asia Tenggara. Selain ASEAN, beberapa negara seperti Hong Kong dan Maroko yang juga bebas visa bagi warga Negara Indonesia.

Baca Juga : Travelling Sendiri? Siapa Takut! Ini Caranya

3. Mengikuti Program ke Luar Negeri

mengikuti program ke luar negeri

Mengikuti Program ke Luar Negeri via hubspot.net

 

Cukup banyak organisasi atau pihak yang memberikan kesempatan ke luar negeri secara gratis dengan syarat atau ketentuan tertentu. Ini tentu pilihan yang cukup menarik apalagi bagi kalangan pelajar. Biasanya program ini diadakan oleh yayasan atau lembaga pendidikan, contohnya WWF, Oxfam, atau UNV. Pada UNV misalnya, Anda dapat jalan-jalan ke luar negeri dengan menjadi sukarelawan untuk diterjunkan ke wilayah tertentu.

4. Open Trip

Carilah open trip yang terpercaya dan bandingkan juga beberapa pilihan agar mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Biasanya tempat menginap, transportasi, dan makan sudah termasuk dalam paket sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurusnya.

5. Menjalani Profesi yang Sering ke Luar Negeri

profesi yang sering ke luar negeri

Profesi yang Sering ke Luar Negeri via ozcontacts.com.au

Ada beberapa profesi yang mengharuskan pekerjanya untuk melakukan pekerjaan ke luar negeri. Meskipun jadwal cukup padat karena pekerjaan, namun biasanya juga ada waktu luang untuk dapat menikmati keindahan negeri tersebut. Beberapa pekerjaan ini contohnya adalah pramugari, pilot, atau tour leader.

Tentu menyenangkan bukan memiliki pekerjaan yang sekaligus membuka kesempatan untuk melihat berbagai negara di dunia?          

6. Cari Kendaraan untuk Menumpang

Di luar negeri, menumpang kendaraan cukup umum untuk dilakukan. Selain menghemat anggaran liburan, Anda juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat sehingga mendapatkan pengalaman baru. Kendaraan yang ditumpangi bervariasi mulai dari kendaraan biasa hingga kendaraan untuk memuat kargo seperti truk. Jadi usahakan untuk selalu berpenampilan rapi agar memberikan kesan yang baik sehingga memudahkan dalam mendapat tumpangan.

Baca Juga : Liburan Sendiri vs Grup, Mana yang Lebih Baik?

7. Menabung dalam Mata Uang Asing

menabung dalam mata uang asing

Menabung dalam Mata Uang Asing via thesinglemother.com

 

Untuk mempersiapkan tujuan ke luar negeri, tentu sebaiknya kita juga menabung dalam mata uang asing karena bila menabung dalam rupiah maka terdapat risiko nilai tukar. Namun bila kita sejak awal sudah menabung dalam mata uang negara tujuan,maka risikonya lebih kecil karena dapat langsung digunakan di negara tersebut.

8. Mencari Tempat Wisata Gratis

Tempat wisata gratis bukan berarti tidak menarik, contohnya Anda dapat menikmati keindahan taman dan berfoto-foto bersama teman atau keluarga. Biasanya museum tertentu juga tidak memungut biaya, sehingga Anda dapat mengisi waktu dengan belajar sambil memahami budaya dan sejarah setempat. Pilihan lain dari tempat wisata gratis

Liburan ke Luar Negeri bukanlah Hal yang Mustahil

Ternyata cukup banyak cara unik untuk berwisata ke luar negeri dengan lebih terjangkau dan bahkan gratis. Carilah informasi sebanyak mungkin dan sesuaikan dengan kondisi sehingga dapat memilih cara yang paling tepat. Apabila Anda berusaha, tentu mewujudkan impian ke luar negeri menjadi tidak mustahil.

Baca Juga : Apakah Bijak Mengutang Rp10 juta untuk Liburan? Ini Jawabannya